Mengenal Data Breach dan Kerugiannya Bagi Perusahaan

Mengenal Data Breach dan Kerugiannya Bagi Perusahaan

by
Winda Ayu
September 12, 2022
September 15, 2022

Pelanggaran data atau data breach bisa jauh lebih berbahaya dari sekadar teror, sementara  pelanggaran data dapat dengan mudah merubah jalan bisnis Anda. Baik sektor bisnis, pemerintah, dan individu sama-sama dapat mengalami permasalahan besar dari pengungkapan informasi sensitif data pengguna. Baik secara offline maupun online, peretas dapat menjangkau Anda melalui internet, bluetooth, pesan teks, atau layanan online yang Anda gunakan.

Tanpa ada perhatian yang tepat terhadap pentingnya menjaga data, kelengahan kecil dapat menyebabkan data breach besar-besaran. Sayangnya, tidak banyak orang yang menyadari cara kerja ancaman keamanan digital dan pentingnya menjaga data-data supaya tidak terjadi.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan pelanggaran data dan bagaimana dampaknya terhadap perusahaan.

Apa itu Data Breach?

Data breach atau pelanggaran data dapat didefiniskan: mengekspos informasi rahasia, sensitif, atau dilindungi kepada orang yang tidak berwenang. Dokumen-dokumen dalam pelanggaran data dilihat dan/atau dibagikan tanpa izin.

Siapa pun dapat menghadapi risiko pelanggaran data — mulai dari individu hingga perusahaan tingkat tinggi dan pemerintah. Lebih penting lagi, pelakunya dapat datang dari siapupun dan dapat membahayakan orang lain jika mereka tidak dilindungi.

Secara umum, pelanggaran data dapat terjadi karena terdapat kelemahan pada titik:

  • Teknologi
  • Perilaku pengguna

Apa pun akar penyebab pelanggaran data, informasi yang dicuri dapat membantu hacker mendapatkan keuntungan dengan menjual data atau menggunakannya sebagai bagian dari serangan yang lebih luas. Pelanggaran data biasanya mencakup kehilangan atau pencurian informasi seperti detail rekening bank, nomor kartu kredit, data kesehatan pribadi, dan kredensial login untuk akun email dan situs jejaring sosial.

Tanpa keamanan yang komprehensif baik di tingkat pengguna dan perusahaan, tentunya Anda dijamin berisiko.

Melindungi diri Anda, orang lain bahkan perusahaan dimulai dengan memahami bagaimana pelanggaran data terjadi.

Bagaimana Data Breach dapat Terjadi?

Berikut bagaimana pelanggaran data dapat terjadi:

  1. Peretasan (Hacking)

Hacking menjadi penyebab utama nnomor 1 dari data breach. Terdapat beberapa contoh jenis peretasan mulai dari menggunakan program backdoor, memanfaatkan kelemahan sistem, dan pencurian atau serangan terhadap data kredensial. Menurut data yang dikumpulkan oleh Verizon, serangan dan penyalahgunaan data kredensial menjadi opsi pelanggaran data yang paling sering dilakukan mengingat masih banyak user yang menggunakan password umum seperti "12345", "password", "qwerty" memudahkan peretas untuk melakukan serangan brute force.

  1. Accidental Insider

Accidental insider atau ketidaksengajaan yang disebabkan oleh orang dalam suatu organisasi. Sebagai contoh, ada seorang karyawan yang menggunakan komputer rekan kerja dan membaca file tanpa memiliki izin otorisasi yang tepat. Aksesnya tidak disengaja, dan tidak ada informasi yang dibagikan. Namun, karena dilihat oleh orang yang tidak berwenang, data tersebut dianggap dilanggar.

  1. Error

Error yang terjadi dalam data breach dapat dibedakan menjadi beberapa jenis: Miskonfigurasi misalnya, dimana terdapat kelalaian dalam menyimpan data sensitif dimana biasanya perusahaan menyerahkan begitu saja kepada pihak ketiga tanpa mengecek kembali keamanannya. Terdapat juga Human Error, dimana ada unsur ketidaksengajaan dalam mengirimkan data rahasia kepada orang yang tidak seharusnya menerima atau memiliki akses terhadap informasi tersebut.

  1. Social Attacks

Phising, menjadi salah satu cara favorit dalam melakukan social engineering. Phising adalah sebuah tindakan mengelabui target dengan menyamar sebagai pihak yang dikenal untuk memancing target agar dapat membuka tautan palsu dan mencuri data sensitif target. Contoh yang paling umum seperti clickbait, sms palsu, email palsu, telepon palsu dengan kata-kata yang menarik.

  1. Malware

Malware merupakan singkatan dari Malicous software. Sebuah program yang dirancang untuk mengeksploitasi data-data penting pada sistem dan database. Biasanya malware masuk ke dalam sistem melalui aplikasi yang kita instal sembarangan atau dari mengunduh attachment yang tidak dikenal. Malware mencakup virus, worm, trojan horse, sebagian besar rootkit, spyware, adware dan yang paling terkenal yaitu Ransomware.

Kerusakan yang Diakibatkan oleh Data Breach

  1. Untuk Organisasi Bisnis

Pelanggaran data dapat berdampak buruk pada reputasi dan keuangan organisasi. Perusahaan seperti Equifax, Target, dan Yahoo, misalnya, telah menjadi korban pelanggaran data. Dan hari ini, banyak orang mengasosiasikan/mengingat perusahaan-perusahaan itu untuk insiden pelanggaran data itu sendiri, daripada operasi bisnis mereka yang sebenarnya.

  1. Untuk Organisasi Pemerintah

Data yang dikompromikan dapat berarti mengekspos informasi yang sangat rahasia kepada pihak asing. Operasi militer, urusan politik, dan rincian tentang infrastruktur nasional yang penting dapat menimbulkan ancaman besar bagi pemerintah dan warganya.

  1. Untuk Perseorangan 

Pencurian identitas merupakan ancaman utama bagi korban pelanggaran data. Kebocoran data dapat mengungkapkan segalanya, mulai dari nomor jaminan sosial hingga informasi perbankan. Setelah penjahat memiliki detail ini, mereka dapat terlibat dalam semua jenis penipuan atas nama Anda. Pencurian identitas Anda dapat merusak kredit Anda, menjerat Anda dengan masalah hukum, dan sulit untuk dilawan.

Bagaimana Mencegah Data Breach?

Pencegahan pelanggaran data perlu mencakup semua orang di semua tingkatan — mulai dari pengguna akhir hingga para developer, dan semua orang di antaranya.

Saat Anda mencoba merencanakan cara mencegah serangan atau kebocoran data, setiap orang yang berinteraksi dengan sistem dapat menjadi potensi kerentanan.

Akan tetapi ketakutan Anda tentang data breach dan potensinya untuk mengganggu dan mencuri data-data penting Anda dapat teratasi dengan memilih para developer dan software house yang sudah berpengalaman dan mempunyai standar complience yang tinggi. SoftwareSeni akan menjadi pilihan yang tepat sebagai tempat konsultasi masalah IT perusahaan Anda dan telah dipercaya berbagai perusahaan besar didalam negri maupun luar negri untuk mengelola data-data penting perusahaan.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2022, SoftwareSeni memiliki lebih dari 200 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan-perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni.

FAQ

Daftar Isi

+ Show

Punya Project atau Ingin Membuat Aplikasi?

Hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan digital untuk bisnis Anda lebih lanjut.
Office Address Image

YOGYAKARTA

Unit A & B
Jl. Prof. Herman Yohanes No.1125, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223

SYDNEY

55 Pyrmont Bridge Road,
Pyrmont NSW 2009 Australia
+61 2 8123 0997