OTHERS
Daftar pertanyaan yang sering diajukan oleh klien kami terkait layanan, model kerjasama hingga informasi umum lainnya mengenai Softwareseni.
Referensi konkrit yang Softwareseni sediakan untuk membantu Anda menemukan jawaban atas pertanyaan dan kebutuhan digital Anda.
Rincian kebijakan Softwareseni terkait dengan penggunaan, pengungkapan, penyimpanan, penghapusan, pengiriman dan/atau perlindungan Informasi Pribadi milik klien kami.
ABOUT US
Tentang Softwareseni
Softwareseni adalah salah satu Software House dengan compliance terbaik yang ada di Indonesia. Softwareseni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, aplikasi serta IT developer outsourcing. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara, hingga di 2017 Softwareseni mulai mengerjakan berbagai project digital untuk perusahaan Indonesia.
Indonesia
© 2022 SoftwareSeni all rights reserved.
Blog
Security
Cyber Security, Suatu Keharusan Bagi Perusahaan di Era Digital
Security
Jul 29, 2021
Jan 10, 2023

Cyber Security, Suatu Keharusan Bagi Perusahaan di Era Digital

PENULIS
Ahid Maulana
BAGIKAN ARTIKEL INI

Di era digital saat ini, keamanan cyber menjadi salah satu faktor penting yang harus diperhatikan oleh setiap perusahaan. Hal ini dikarenakan perusahaan-perusahaan saat ini sudah banyak yang mengandalkan teknologi informasi dan jaringan untuk menjalankan kegiatan bisnisnya.

Tetapi, dengan semakin maraknya kejahatan cyber, perusahaan juga harus waspada terhadap berbagai ancaman yang mungkin datang dari sisi cyber yang tentunya hal itu akan mempengaruhi bisnis suatu perusahaan.

Jika terjadi serangan, maka perusahaan bisa saja mengalami kerugian yang sangat besar. Kerugian tersebut tidak hanya terbatas pada hilangnya data atau sistem yang rusak, tetapi juga dapat menyebabkan kerugian reputasi perusahaan yang tentunya akan berdampak pada penurunan pendapatan.

Jenis-Jenis Serangan Cyber

Ada berbagai macam serangan cyber, dan berikut adalah beberapa serangan cyber yang umum terjadi dikalangan bisnis perusahaan.

Malware

Malware adalah software jahat yang dapat merusak sistem atau mencuri data. Malware dapat berupa virus, worm, trojan, ransomware, dll. Malware dapat masuk ke sistem melalui email spam, unduhan yang tidak aman, atau bahkan melalui perangkat yang terinfeksi.

Phishing

Phishing adalah serangan yang menyerupai email atau website resmi yang sebenarnya tidak valid. Tujuan dari serangan ini adalah menipu pengguna agar memberikan informasi pribadi atau login ke sistem yang tidak aman.

DDoS (Distributed Denial of Service)

DDoS adalah serangan yang menyerang website atau sistem dengan mengirimkan jumlah permintaan yang sangat besar sehingga sistem tidak dapat melayani permintaan yang valid. Tujuan dari serangan ini adalah mengganggu kegiatan bisnis perusahaan yang menggunakan website atau sistem tersebut.

SQL injection

SQL injection adalah serangan yang menyisipkan perintah SQL (Structured Query Language) ke dalam database yang tidak aman. Tujuan dari serangan ini adalah mengambil alih database atau mengubah data yang tersimpan di dalamnya.

Man-in-the-middle (MITM)

MITM adalah serangan yang mengambil alih koneksi antara dua perangkat dengan cara menyisipkan perangkat tambahan di tengah-tengah. Tujuan dari serangan ini adalah mencuri informasi yang dikirim antara dua perangkat tersebut.

Cross-site scripting (XSS)

XSS adalah serangan yang menyisipkan kode jahat ke dalam website yang tidak aman. Tujuan dari serangan ini adalah mencuri informasi pribadi pengguna yang mengunjungi website tersebut.

Industri yang Kerap Jadi Sasaran Kejahatan Cyber

Kejahatan cyber memang tak pandang bulu, namun ada beberapa industri yang “kerap” menjadi target dari kerjahatan cyber, tentu dengan tujuan dan motif yang berbeda-beda. Berikut adalah beberapa industri yang acap kali menjadi sasaran kejahatan cyber.

Industri keuangan

Sudah bukan rahasia lagi jika industri keuangan merupakan salah satu industri yang paling sering dijadikan sasaran serangan cyber. Ini karena industri keuangan menyimpan banyak informasi penting seperti nomor kartu kredit, nomor rekening bank, dan lainnya

Industri perawatan kesehatan

Industri perawatan kesehatan juga sering dijadikan sasaran serangan cyber. Ini karena industri ini menyimpan banyak informasi sensitif seperti riwayat medis, hasil tes laboratorium, dll.

Industri teknologi

Industri teknologi juga sering dijadikan sasaran serangan cyber. Ini karena industri ini mengembangkan teknologi-teknologi yang canggih dan menyimpan banyak informasi penting seperti desain produk, strategi bisnis, dll.

Industri jasa

Industri jasa juga sering dijadikan sasaran serangan cyber. Ini karena industri ini menyimpan banyak informasi penting seperti data pelanggan, data transaksi, dll.

Industri manufaktur

Industri manufaktur juga sering dijadikan sasaran serangan cyber. Ini karena industri ini menyimpan banyak informasi penting seperti desain produk, proses produksi, dll.

Bagaimana Menangani Serangan Cyber pada Bisnis Perusahaan?

Lalu, bagaimana menangani serangan cyber jika ternyata hal tersebut terjadi pada suatu perusahaan. Setidaknya ada beberapa langkah yang dapat dilakukan jika serangan cyber pada terjadi pada suatu perusahaan:

Identifikasi serangan

Identifikasi serangan cyber yang sedang terjadi. Cari tahu apakah serangan tersebut merupakan malware, phishing, DDoS, atau jenis serangan lainnya. Hal ini penting agar dapat dilakukan tindakan yang tepat untuk menangani serangan tersebut.

Tangani serangan segera

Jangan biarkan serangan cyber berlangsung terlalu lama. Segera tangani serangan tersebut agar tidak menyebabkan kerugian yang lebih besar.

Blokir sumber serangan

Blokir sumber serangan agar serangan tidak dapat terus berlangsung. Cari tahu apakah serangan tersebut datang dari email spam, unduhan yang tidak aman, atau perangkat yang terinfeksi. Blokir sumber tersebut agar serangan tidak dapat terus berlangsung.

Gunakan teknologi keamanan yang tepat

Gunakan teknologi keamanan yang tepat untuk menangani serangan tersebut. Teknologi ini dapat berupa firewall, antivirus, sistem deteksi ancaman (IDS), dll. Pastikan teknologi tersebut terupdate agar dapat menangani serangan yang mungkin datang.

Tinjau ulang kebijakan keamanan cyber

Setelah menangani serangan, tinjau ulang kebijakan keamanan cyber yang ada. Cari tahu apakah kebijakan tersebut masih sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau perlu diperbarui.

Pelajari dari serangan yang terjadi

Pelajari dari serangan yang terjadi agar dapat mencegah serangan yang sama terjadi di kemudian hari. Cari tahu apa yang menyebabkan serangan tersebut terjadi dan bagaimana cara mencegah serangan tersebut di masa yang akan datang.

Oleh karena itu penting bagi perusahaan untuk senantiasa memperhatikan dan menerapkan keamanan cyber padaperusahaan mereka, terlebih bagi perusahaan menggunakan teknologi informasi dan jaringan untuk menjalankan kegiatan bisnisnya.

Dan berikut ini adalah upaya yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan cyber security perusahaan mereka. 

Menetapkan kebijakan keamanan cyber

Tetapkan kebijakan keamanan cyber yang jelas agar karyawan tahu bagaimana cara bertindak jika terjadi serangan cyber. Kebijakan ini harus mencakup aspek-aspek seperti password, akses ke sistem, penggunaan perangkat, dll.

Menyediakan pelatihan keamanan cyber

Berikan pelatihan keamanan cyber kepada karyawan agar mereka tahu bagaimana cara mencegah serangan cyber dan bagaimana cara bertindak jika terjadi serangan cyber. Pelatihan ini dapat dilakukan secara teratur agar karyawan selalu memperbarui pengetahuannya mengenai keamanan cyber.

Mengimplementasikan teknologi keamanan yang sesuai

Implementasikan teknologi keamanan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Teknologi ini dapat berupa firewall, antivirus, sistem deteksi ancaman (IDS), dll. Pastikan teknologi tersebut terupdate agar dapat melindungi perusahaan dari serangan cyber yang mungkin datang.

Memiliki tim keamanan cyber yang terlatih dan handal

Bentuk tim keamanan cyber yang terdiri dari ahli keamanan cyber yang terlatih dan handal. Tim ini harus selalu siap menangani serangan cyber yang mungkin datang dan memperbarui sistem keamanan sesuai dengan perkembangan teknologi terbaru.

Memiliki prosedur yang jelas untuk menangani serangan cyber

Tetapkan prosedur yang jelas untuk menangani serangan cyber agar dapat dilakukan dengan cepat dan tepat. Prosedur ini harus mencakup langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencegah serangan cyber, mengidentifikasi serangan cyber yang sedang terjadi, dan menangani serangan cyber yang telah terjadi.

Memperbarui sistem keamanan secara teratur

Pastikan sistem keamanan perusahaan selalu terupdate agar dapat melindungi perusahaan dari serangan cyber yang mungkin datang. Update sistem keamanan secara teratur agar dapat mengikuti perkembangan teknologi terbaru.

Dengan menerapkan sistem keamanan cyber yang baik, perusahaan dapat terhindar dari serangan cyber yang mungkin datang. 

Langkah Melakukan Audit Keamanan Cyber pada Bisnis Perusahaan

Hal lainnya yang bisa dilakukan oleh perusahaan adalah dengan melakukan audit berkala pada sistem keamanan perusahaan mereka. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk melakukan audit keamanan cyber pada bisnis perusahaan:

Tentukan tujuan audit

Tentukan tujuan audit keamanan cyber agar dapat menentukan aspek-aspek apa saja yang perlu diperiksa. Tujuan audit ini dapat berupa mengevaluasi keamanan sistem, mencari celah keamanan, atau mengevaluasi kepatuhan terhadap standar keamanan yang berlaku.

Buat daftar aspek yang perlu diperiksa

Buat daftar aspek yang perlu diperiksa selama audit keamanan cyber. Aspek-aspek ini dapat berupa kebijakan keamanan cyber, teknologi keamanan yang digunakan, sikap karyawan terhadap keamanan cyber, dll.

Tentukan sumber daya yang dibutuhkan

Tentukan sumber daya yang dibutuhkan untuk melakukan audit keamanan cyber. Sumber daya ini dapat berupa tim audit, perangkat keras, perangkat lunak, dll.

Lakukan audit keamanan cyber

Lakukan audit keamanan cyber sesuai dengan daftar aspek yang telah ditentukan. Gunakan sumber daya yang telah disiapkan untuk melakukan audit ini.

Analisis hasil audit

Analisis hasil audit keamanan cyber untuk menentukan kelemahan-kelemahan yang ada. Buat laporan hasil audit yang mencakup rekomendasi perbaikan yang perlu dilakukan.

Tindak lanjuti rekomendasi perbaikan

Tindak lanjuti rekomendasi perbaikan yang diusulkan dalam laporan hasil audit. Pastikan perbaikan yang dilakukan sesuai dengan standar keamanan yang berlaku dan dapat memperkuat sistem keamanan cyber perusahaan.

Dengan melakukan audit keamanan cyber secara berkala, perusahaan dapat mengevaluasi keamanan sistem yang ada dan memperbaikinya sesuai dengan standar keamanan yang berlaku. Audit keamanan cyber juga dapat membantu perusahaan dalam menjaga kepercayaan pelanggan dan reputasi perusahaan serta menekan biaya yang mungkin dikeluarkan untuk menangani serangan cyber.

Hal lainnya perusahaan juga dapat terhindar dari kegagalan sistem yang dapat mengganggu kegiatan bisnis. Dengan demikian, menerapkan sistem keamanan cyber merupakan langkah yang sangat penting bagi perusahaan untuk menjalankan bisnisnya secara aman dan lancar di era digital saat ini.

Pada akhirnya, pentingnya keamanan cyber di era digital ini tidak dapat dipandang sebelah mata. Perusahaan harus memperhatikan keamanan cyber ini agar dapat terhindar dari berbagai ancaman yang mungkin datang dari sisi cyber. Hal ini akan sangat membantu perusahaan dalam menjalankan kegiatan bisnisnya secara efektif dan efisien.

PENULIS
Ahid Maulana
BAGIKAN ARTIKEL INI

Let's Talk!

Punya Project atau Ingin Bekerja Sama?
Hubungi kami dan kembangkan Software impianmu, sekarang!