Memahami Pentingnya Cyber Security Pada Website Perusahaan

Memahami Pentingnya Cyber Security Pada Website Perusahaan

by
Winda Ayu
January 3, 2022

Internet memungkinkan semua perusahaan ataupun pelaku bisnis, besar maupun kecil, dapat menjangkau pasar yang lebih luas dan efisien dengan penggunaan alat berbasis komputer. Perusahaan atau pelaku bisnis yang mengimplementasikan sistem teknologi informasi (TI) lebih berpotensi mendapat ancaman siber (cyber attack) Maka dari itu sebuah perusahaan dan pelaku bisnis yang sudah menggunakan sistem digital juga harus memikirkan pentingnya keamanan siber (cyber security).

Cyber security menjadi hal yang wajib diketahui untuk melindungi data-data penting perusahaan karena menyimpan data penting serta informasi dari pelanggan/customer. Fakta yang terjadi saat ini, penipuan digital menjadi jenis kejahatan yang sering terjadi dibandingkan penipuan secara fisik. Cyber attack menjadi sebuah ancaman bagi perusahaan besar maupun kecil. Menurut laporan dari FBI Internet Crime Report, kerugian yang ditaksir dari kejahatan digital di tahun 2021 saja hampir menyentuh 40 miliar rupiah.

Cyber attack atau serangan digital terjadi pada perusahaan kecil karena biasanya perusahaan kecil tidak memiliki infrastruktur keamanan yang tinggi seperti perusahaan besar. Namun, tidak menutup kemungkinan perusahaan besar juga bisa saja menjadi sasaran dari cyber attack. Semakin banyak jumlah data yang dimiliki perusahaan besar, maka akan semakin akan semakin banyak keuntungan yang didapat oleh cyber criminals.

Nah, sudah ada gambaran kan seberapa bahayanya apabila tidak membekali sistem teknologi informasi kita dengan cyber security yang tepat? Mari simak lebih jauh bagaimana cara agar terhindar dari cyber attack.

Apa Itu Cyber Security?

Cyber security merupakan teknologi, proses dan praktik yang dirancang untuk melindungi jaringan, komputer, program dan data dari serangan, kerusakan atau akses yang tidak sah lainnya. Cyber security juga disebut sebagai upaya untuk melindungi informasi dari adanya cyber attack. Cyber attack dalam operasi informasi adalah semua jenis tindakan yang sengaja dilakukan untuk mengganggu kerahasiaan (confidentiality), integritas (integrity), dan ketersediaan (availability) informasi.

Berikut adalah penjelasan singkat dari setiap konsep tersebut:

Confidentiality — sesuai namanya, confidentiality (kerahasiaan) adalah upaya untuk merahasiakan sebuah informasi dan data agar tidak terjadi pencurian maupun kebocoran data.

Integrity —  integrity (integritas) memastikan bahwa semua data dan informasi yang diberikan tetap konsisten, akurat, dan juga terpercaya. 

Availability — sesuai namanya, availability (ketersediaan) adalah dimana data dan informasi yang ada dapat diakses dengan lancar dan mudah tanpa halangan.

Semua perusahaan maupun pelaku bisnis yang bertransformasi dari data berbasis digital sangat dianjurkan untuk memperhatikan dan menggunakan cyber security dalam menyimpan, mengakses dan mengambil informasi penting. Melindungi informasi dan data merupakan kebutuhan sebagian besar perusahaan dan instansi pemerintah di seluruh dunia karena data merupakan aset berharga dari suatu perusahaan dan bisa menjadi masalah di kemudian hari apabila data tersebut jatuh ke tangan orang yang tidak berhak.

Jenis-jenis Serangan Siber (Cyber Attack)

Kerugian yang disebabkan oleh serangan siber justru bisa lebih besar karena menyasar ke banyak titik secara bersamaan. Sebuah perusahaan tak boleh abai jika hal tersebut terjadi. Berikut jenis-jenis serangan siber yang kerap muncul dan perlu diwaspadai:

Denial of Service

Serangan dengan jenis Denial of Service memanipulasi sistem, jaringan, maupun aplikasi sehingga kinerjanya menjadi sangat berat dan menguras daya. Jika sistem perusahaan terkena serangan ini, peretas bisa saja menuntut uang tebusan kalau ingin mengembalikan ke kondisi semula.

Malware dan Virus

Malware atau virus umumnya memakai program jahat yang sengaja disusupkan. Serangan ini dapat dijumpai dan tersebar melalui e-mail, website mencurigakan, maupun perangkat keras yang dihubungkan ke dalam piranti sistem perusahaan.

Virus yang masuk melalui program mampu merusak data yang ada sesuai dengan tujuan pembuatannya. Tujuannya pun bermacam-macam, ada yang sekedar menyembunyikan data dan ada juga yang sampai merusak maupun menghapusnya.

Scareware

Nama lain dari scareware adalah “peringatan keamanan palsu” dan termasuk sebagai salah satu tipe scam atau tipuan. Scam tersebut biasa digunakan oleh penjahat siber untuk mengecoh pengguna karena bentuknya yang seperti pop-up peringatan dari sistem. Ketika berhasil masuk ke dalam jebakan, maka pengguna atau target sasaran diarahkan untuk melakukan tindakan tertentu yang ujung-ujungnya masuk ke dalam penipuan.

Botnets dan Zombies

Cyber crime jenis botnets atau robot network (robot jaringan) melakukan penyerangan pada komputer yang terhubung ke jaringan tersentral. Korbannya disebut dengan istilah zombies karena posisi mereka berada di bawah kendali hacker atau peretas. Data yang dicuri nantinya Botnet nantinya akan terus meningkatkan kemampuan enkripsinya sehingga makin sulit untuk dideteksi.

Apa Manfaat Penggunaan Cyber Security?

Penggunaan cyber security membawa manfaat bagi individu maupun perusahaan. Diantaranya adalah:

  • Data sensitif terlindungi — seluruh data perusahaan bisa terlindungi dengan lebih baik dan terhindar dari ancaman identity theft.
  • Menjaga produktivitas — dengan cyber security, sistem dan jaringan perusahaan akan terlindungi dari malware dan ancaman lainnya, sehingga perusahaan tetap bisa bekerja dengan lebih produktif dan aman.   
  • Waktu pemulihan yang lebih singkat — meski mengalami data breach atau gangguan lainnya, perusahaan bisa dengan cepat melakukan proses pemulihan dan mencegah kerugian yang berlipat ganda.  
  • Membangun kepercayaan customers — dengan sistem keamanan yang kuat, pelanggan tak akan cemas jika data sensitif mereka dieksploitasi oleh hacker dan semakin yakin untuk memilih produk/layanan perusahaan.    

Elemen Apa Saja Yang Ada Pada Cyber Security ?

  • Dokumen security policy — merupakan dokumen standar yang dijadikan acuan dalam menjalankan semua proses terkait keamanan informasi.
  • Information infrastructure — merupakan media yang berperan dalam kelangsungan operasi informasi meliputi hardware dan software. Contohnya adalah router, switch, server, sistem operasi, database, dan website.
  • Perimeter defense — merupakan media yang berperan sebagai komponen pertahanan pada infrastruktur informasi misalnya IDS, IPS, dan firewall.
  • Network monitoring system — merupakan media yang berperan untuk memonitor kelayakan, utilisasi, dan performance infrastruktur informasi.
  • System information and event management — merupakan media yang berperan dalam memonitor berbagai kejadian di jaringan termasuk kejadian terkait pada insiden keamanan.
  • Network security assessment — merupakan elemen cyber security yang berperan sebagai mekanisme kontrol dan memberikan measurement level keamanan informasi.
  • Human resource dan security awareness — berkaitan dengan sumber daya manusia dan awareness-nya pada keamanan informasi.

Nah, sekarang sudah tahu kan pentingnya menjaga aset sistem informasi yang ada di perusahaan. Tertarik untuk membangun sistem cyber security Anda sendiri? SoftwareSeni siap membantu Anda untuk membangun sistem cyber security yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis atau perusahaan Anda.

Softwareseni adalah salah satu software house dengan compliance terbaik yang ada di Indonesia. Softwareseni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, dan aplikasi. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara hingga di 2017, Softwareseni mulai bekerja dengan perusahaan Indonesia.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2021, SoftwareSeni memiliki lebih dari 200 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan-perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni.


FAQ

Daftar Isi

+ Show

Punya Project atau Ingin Membuat Aplikasi?

Hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan digital untuk bisnis Anda lebih lanjut.
Office Address Image

YOGYAKARTA

Unit A & B
Jl. Prof. Herman Yohanes No.1125, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223

SYDNEY

55 Pyrmont Bridge Road,
Pyrmont NSW 2009 Australia
+61 2 8123 0997