OTHERS
Daftar pertanyaan yang sering diajukan oleh klien kami terkait layanan, model kerjasama hingga informasi umum lainnya mengenai Softwareseni.
Referensi konkrit yang Softwareseni sediakan untuk membantu Anda menemukan jawaban atas pertanyaan dan kebutuhan digital Anda.
Rincian kebijakan Softwareseni terkait dengan penggunaan, pengungkapan, penyimpanan, penghapusan, pengiriman dan/atau perlindungan Informasi Pribadi milik klien kami.
ABOUT US
Tentang Softwareseni
Softwareseni adalah salah satu Software House dengan compliance terbaik yang ada di Indonesia. Softwareseni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, aplikasi serta IT developer outsourcing. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara, hingga di 2017 Softwareseni mulai mengerjakan berbagai project digital untuk perusahaan Indonesia.
Indonesia
© 2022 SoftwareSeni all rights reserved.
Blog
Design
Bagaimana UI/UX Bisa Mempengaruhi Strategi Digital Marketing Bisnis Anda
Jelajahi lebih jauh berbagai layanan otomotif kami di sini!
MULAI
MULAI
Design
Dec 20, 2023
Nov 29, 2021

Bagaimana UI/UX Bisa Mempengaruhi Strategi Digital Marketing Bisnis Anda

PENULIS
Ahid Maulana
BAGIKAN ARTIKEL INI

Packaging atau kemasan suatu produk memiliki maksud tersendiri dalam strategi pemasaran suatu bisnis. Tidak hanya sebagai “bungkus” atau sekedar hiasan suatu produk semata, nyatanya kemasan juga berfungsi sebagai daya tarik bagi konsumen hingga dapat mempengaruhi keputusan konsumen ketika ingin membeli suatu produk atau menggunakan suatu jasa. 

Dengan kemasan yang menarik, nilai valuasi dari suatu produk akan dapat ditingkatkan. Ini menunjukan bahwa kemasan juga memiliki peranan penting dalam strategi pemasaran suatu produk untuk menarik minat dan perhatian dari konsumen yang disasar.

Dalam pemasaran digital, khususnya platform digital seperti website dan mobile app, UI/UX “memainkan” peranan seperti halnya suatu kemasan pada sebuah produk. UI/UX berfungsi sebagai daya tarik bagi konsumen yang dapat mempengaruhi keputusan konsumen ketika ingin membeli suatu produk.

Seperti yang kita telah ketahui bersama, bahwa minat dan perilaku konsumen, khususnya berbelanja telah berubah. Banyak konsumen yang akhirnya lebih memilih untuk berbelanja online dibandingkan berbelanja offline. Hal itulah yang kemudian mentransformasi UI/UX sebagai bagian dari strategi pemasaran suatu produk, khususnya pemasaran suatu produk melalui platform digital seperti website ataupun mobile app.

Manfaat UI/UX dalam Strategi Bisnis

Ada beberapa manfaat dari UI/UX untuk meningkatkan strategi bisnis, diantaranya adalah sebagai berikut

Daya Tarik Konsumen

User interface (UI) yang menarik, dibalut dengan User experience (UX) yang interaktif dan atraktif memiliki daya tarik tersendiri bagi konsumen. Kombinasi UI & UX yang baik akan membuat konsumen menjadi nyaman ketika menjelajah dan berinteraksi dengan platform digital bisnis Anda, sehingga konsumen mendapatkan pengalaman yang menyenangkan ketika mengakses platform digital Anda. 

Jika konsumen sudah mendapatkan kenyamanan pada platform Anda, bukan tidak mungkin konsumen akan menjadi lebih loyal dan bertahan menggunakan platform digital Anda.

Branding Perusahaan

Tentunya setiap perusahaan mengharapkan brand mereka dikenal di masyarakat luas, dengan begitu bisnis mereka akan menjangkau lebih banyak konsumen lagi. UI/UX dalam sebuah platform digital merupakan representasi dari bisnis yang Anda jalankan pada saat ini, oleh karena itu penting bagi Anda untuk menciptakan UI/UX yang memiliki karakter kuat.

Dengan UI/UX yang memiliki karakter kuat, brand perusahaan Anda akan memiliki ciri khas tersendiri di mata konsumen, sehingga konsumen akan mudah mengingat brand dari perusahaan Anda, dan secara tidak langsung akan meningkatkan brand awareness perusahaan Anda di masyarakat luas.

Meningkatkan Daya Beli Produk

Seperti yang telah dijelaskan pada poin diatas, UI/UX yang baik akan memberikan efek “domino” pada bisnis Anda, bukan efek yang negatif namun justru sebaliknya. Mengapa demikian? Dengan memiliki UI/UX yang baik, konsumen akan mendapatkan pengalaman jelajah yang menyenangkan, dari situlah akan timbul rasa “ketergantungan” sehingga konsumen akan cenderung lebih loyal dalam menggunakan platform digital tersebut, dari sinilah Anda bisa memanfaatkan UI/UX untuk meningkatkan daya beli suatu produk.

Dengan konsumen yang loyal, Anda juga akan lebih mudah dalam memasarkan produk Anda. Membuat kampanye promosi pun akan menjadi lebih efektif. Perlu diingat bahwa kebutuhan sebuah bisnis tergantung pada tingginya minat konsumen. Dimana dalam hal ini peningkatan minat dapat tergantung pada visualisasi (UI) suatu platform digital, serta kenyamanan pengguna saat menggunakan platform tersebut (UX).

Meningkatkan Keberhasilan Strategi Digital Marketing Perusahaan

UI/UX juga merupakan salah satu faktor penunjang dalam keberhasilan strategi digital marketing dari suatu bisnis, khususnya jika perusahaan tersebut memilih SEO sebagai metode untuk kampanye strategi digital marketing mereka.

Bukan tanpa sebab, UI/UX telah bertransformasi menjadi salah satu faktor penilaian SEO dari suatu platform digital seperti website, semenjak Google meluncurkan core web vital sebagai parameter penilaian dari sebuah website, dan seperti yang bisa Anda tebak, UI/UX masuk dalam salah satu parameter penilaian tersebut. 

Dari faktor itulah, UI/UX berperan dalam keberhasilan strategi digital marketing suatu perusahaan. Semakin baik UI/UX yang ditawarkan pada konsumen, semakin tinggi pula prosentase keberhasilan strategi digital marketing Anda, walaupun tidak menutup fakta bahwa keberhasilan strategi digital marketing suatu bisnis tidak hanya bergantung pada UI/UX saja.

Besarnya manfaat dan potensi yang dimiliki UI/UX, akan sangat disayangkan jika Anda mengabaikannya begitu saja ketika Anda membangun platform digital untuk bisnis Anda. Oleh sebab itu penting bagi Anda untuk merancang UI/UX pada platform digital dengan sebaik mungkin, dimana UI/UX tersebut dapat merepresentasikan dari bisnis yang Anda jalankan, serta memiliki karakter dan persona yang kuat, sehingga brand bisnis Anda akan mudah diingat oleh konsumen.

Lalu bagaimana caranya membangun sebuah platform digital yang mempunyai karakteristik UI/UX yang kuat? Jika dalam perusahaan Anda terdapat divisi IT dan divisi design yang solid, Anda bisa memaparkan ide dan gagasan mengenai platform digital yang akan Anda bangun pada mereka (divisi IT dan design) dan mereka akan membuatkan mock up dari platform digital yang akan Anda bangun, sehingga Anda dapat menilai, apakah sudah dalam mock up yang dibuat sudah terdapat UI/UX dengan karakter yang kuat disana. Jika dalam perusahaan Anda belum atau tidak memiliki divisi IT dan divisi design, maka bekerjasama dengan suatu perusahaan pengembang atau software house merupakan solusi yang tepat bagi Anda.

Softwareseni adalah salah satu perusahaan pengembang atau software house yang memiliki layanan IT terlengkap yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Softwareseni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, dan aplikasi. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara hingga di 2017, Softwareseni mulai bekerja dengan perusahaan Indonesia.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2021, SoftwareSeni memiliki lebih dari 200 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan - perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni.


PENULIS
Ahid Maulana
BAGIKAN ARTIKEL INI
Jelajahi lebih jauh berbagai layanan otomotif kami di sini!
MULAI
MULAI

Let's Talk!

Punya Project atau Ingin Bekerja Sama?
Hubungi kami dan kembangkan Software impianmu, sekarang!