Menentukan Brand Color untuk Sebuah Website

Menentukan Brand Color untuk Sebuah Website

by
Winda Ayu
July 12, 2022
July 15, 2022

Pernah mendengar pepatah klasik “Don’t judge book by its cover”? Apa hubungannya dengan brand color pada website yang akan kita bahas? Bukankah yang paling penting dari sebuah website adalah konten yang berkualitas?

Memang benar bahwa konten merupakan hal yang penting untuk sebuah website. Akan tetapi padanan warna dalam desain sebuah website juga dapat mempengaruhi pengunjung untuk tinggal di website Anda atau malah pergi karena terganggu dengan kombinasi warna yang tidak cocok. Dengan kombinasi warna yang relevan dengan produk Anda, calon pelanggan akan mendapatkan kesan yang baik  ketika mereka mengunjungi website Anda. Sehingga mereka akan kembali lagi  dan meningkatkan kemungkinan untuk membeli produk Anda.

Tips Memilih Color Palette pada Website

Ada beberapa tips dan trik untuk membuat kombinasi warna yang menarik dan sesuai dengan brand yang Anda kembangkan, diantaranya:

Menggunakan Color Theory

Color theory merupakan tools yang membantu Anda membuat warna yang menarik dan nyaman untuk dilihat. Website dengan menggunakan warna yang harmoni akan menampilkan keseimbangan (keselarasan warna) sehingga mampu membuat pengunjung berada di dalam website lebih lama.

Ada tiga skema warna yang bisa dijadikan acuan:

  1. Warna Analogous

Sumber: engrasia.com

Merupakan warna yang cukup sulit untuk di mix and match. Hal ini dikarenakan warna ini memiliki karakter yang kuat. Skema warna analogus menjadi skema warna yang vibrant. Skema warna ini cocok digunakan bagi Anda yang ingin memiliki website dengan kesan colorful (warna-warni).

Sumber: pinterest.com

  1. Warna Monochrome

Sumber: engrasia.com

Warna monochrome adalah warna yang paling mudah untuk di mix and match. Hal ini dikarenakan warna ini bersifat general (dapat dengan mudah dipadu-padankan) dan paling aman digunakan.

Sumber: pinterest.com

  1. Warna Complementary

Sumber: hgtv.com

Skema warna ini berada diantara skema warna analogus dan skema warna monochrome. Warna complementary memiliki warna yang beragam namun tidak terkesan bising. Warna satu dengan warna lainnya bisa saling menyatu dan memberikan kesan harmoni. Anda yang ingin memiliki website yang colorful tanpa terkesan bising, skema warna ini cocok untuk digunakan.

Sumber: pinterest.com

Anda bisa melihat color theory pada gambar berikut:

Sumber: pinterest.com

Mempelajari Psychology of Color

Selain color theory, Anda juga perlu mempelajari psychology of color. Hal ini akan sangat berpengaruh pada sisi reaksi atau kesan pengunjung ketika mengunjungi website Anda.

Misalnya ketika Anda menggunakan kuning, maka warna ini akan memberikan kesan optimis, ceria, enerjik, dan bahagia. Atau menggunakan warna hijau akan menimbulkan kesan fresh, santai dan nyaman.

Pada gambar dibawah, Anda bisa melihat psychology of color untuk berbagai warna:

Sumber: pinterest.com

Menciptakan Branding Perusahaan

Warna menjadi salah satu cara untuk menciptakan branding perusahaan (meningkatkan brand awareness). Melalui warna yang menjadi identitas bisnis, orang-orang bisa mengingat bisnis Anda.

Maka dari itu, Anda juga perlu menciptakan warna yang menjadi karakteristik bisnis Anda. Untuk memilih warna yang tepat, Anda juga perlu 2 poin sebelumnya (menggunakan color theory dan mempelajari psychology of color).

Memakai Perpaduan Warna yang Tepat

Untuk menghasilkan desain website yang powerful, tentu Anda tidak menggunakan satu warna saja. Anda membutuhkan beberapa warna untuk setiap elemen, misalnya warna yang berbeda untuk tombol CTA, background, header atau footer.

Nah, pengunjung website biasanya akan lebih senang melihat kombinasi warna yang seragam. Mereka juga lebih suka dengan warna yang kontras dengan warna utama.

Jadi, meskipun Anda memilih warna dengan aksen yang kuat, Anda hanya perlu memperhatikan warna palet lainnya yang relatif sama atau cocok di mix and match (dipadu-padankan) dengan warna tersebut.

Menciptakan Brand Color Website Terbaik

Telah dijelaskan diatas, bahwa sebuah warna dapat berpengaruh terhadap sebuah brand dan juga kelangsungan hidup sebuah brand melalui pendekatan kepada pengunjung website sehingga melakukan aktivitas pembelian yang menjadi sebuah keuntungan perusahaan.

Memang jika dirasa, menguasai sebuah ilmu menempatkan warna-warna yang tepat untuk sebuah website bukanlah perkara yang mudah dan instan, melainkan membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga Anda akan dapat mengkombinasikan warna yang tepat untuk merepresentasikan brand Anda .

Lalu, bagaimana caranya Anda mendapatkan kombinasi warna yang tepat untuk kebutuhan brand pada website atau aplikasi yang ingin Anda bangun?

Saat ini, Anda bisa berkolaborasi dengan perusahaan pengembang atau software house untuk menciptakan kombinasi warna yang pas dan sesuai dengan kebutuhan brand pada website atau aplikasi mobile bisnis Anda. Dan salah satu perusahaan pengembang yang telah banyak dipercaya oleh perusahaan besar di Indonesia adalah Softwareseni. 

Selain memiliki talenta-talenta terbaik pada bidang development website dan aplikasi, SoftwareSeni pun juga memiliki orang-orang terbaik dalam urusan desain (UI/UX design) untuk website, aplikasi maupun branding perusahaan Anda.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2022, SoftwareSeni memiliki lebih dari 200 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan-perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni.

FAQ

Daftar Isi

+ Show

Punya Project atau Ingin Membuat Aplikasi?

Hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan digital untuk bisnis Anda lebih lanjut.
Office Address Image

YOGYAKARTA

Unit A & B
Jl. Prof. Herman Yohanes No.1125, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223

SYDNEY

55 Pyrmont Bridge Road,
Pyrmont NSW 2009 Australia
+61 2 8123 0997