10 Manfaat Menggunakan Teknologi Digital Dalam Bisnis

10 Manfaat Menggunakan Teknologi Digital Dalam Bisnis

by
Rian Romadhon
August 18, 2021

Zaman yang semakin maju dengan diikuti oleh perkembangan teknologi digital yang semakin pesat secara tidak langsung memberikan banyak perubahan yang terbilang signifikan dalam kehidupan. Kehadiran internet kini banyak dimanfaatkan oleh pemilik usaha untuk menunjang aktivitas operasional pekerjaan, mencari informasi, hingga menjadi salah satu cara untuk mengenalkan produk atau bisnis. 

Secara sederhana, teknologi sekarang menjadi salah satu kebutuhan mutlak masyarakat, mulai dari anak, remaja, hingga usia dewasa produktif. Lalu, bagaimana teknologi bisa membantu mengembangkan bisnis? Mudah saja. Menyusul perkembangan digital yang semakin melesat, persaingan bisnis pun semakin ketat. Ini artinya, para pengusaha harus bisa menemukan cara terbaik agar usahanya bisa tetap bisa bertahan dan tidak tergeser oleh ketatnya persaingan.

Salah satu caranya adalah dengan turut memanfaatkan internet dengan menggunakan metode yang dikenal dengan digital marketing. Melalui metode ini, bisnis tidak hanya bisa tetap eksis, tetapi bisa berkembang dan turut bersaing dengan para kompetitor. Lantas, apakah metode pemasaran digital ini memang efektif untuk sektor bisnis?

Pentingnya Menggunakan Teknologi Digital dalam Bisnis

Jika Anda masih beranggapan bahwa penggunaan teknologi untuk melakukan pemasaran secara daring tidak memberikan pengaruh yang besar terhadap bisnis, coba pikirkan kembali. Pasalnya, terhitung mulai tahun 2014, jumlah iklan yang terpampang di internet sudah jauh lebih banyak dibandingkan dengan iklan yang ditayangkan di televisi maupun jaringan televisi yang menggunakan kabel.

Kini, beriklan secara tradisional tidak lagi menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan penjualan dalam bisnis. Tidak heran, karena pemasaran secara daring terus mengalami peningkatan hingga lebih dari 137%. Belum lagi dengan lebih dari 500% brand yang telah menggunakan strategi pemasaran digital untuk mengembangkan bisnis dan meningkatkan penjualan. 

Setidaknya, sekitar 72% pelanggan atau konsumen telah terkoneksi dengan brand atau produk pilihan mereka melalui berbagai platform pemasaran digital yang ada. Sebenarnya, metode digital marketing tidak sesulit yang Anda pikirkan, bahkan manfaatnya pun akan lebih besar untuk bisnis yang sedang Anda jalankan. 

Secara sederhana, digital marketing atau dikenal pula dengan istilah inbound marketing merupakan teknik pemasaran atau promosi dan penjualan produk yang dilakukan dengan memanfaatkan teknologi, dalam hal ini internet dan perangkat elektronik seperti gawai atau laptop. Berikut beberapa media beriklan secara online yang bisa Anda gunakan:

1. Media Sosial

Media ini masih menjadi yang paling utama dan paling sering digunakan. Tidak heran, karena media sosial paling banyak diakses oleh pengguna internet di seluruh dunia. Tidak hanya untuk bertukar informasi dengan kolega, teman, atau keluarga, tetapi juga untuk mencari produk atau jasa yang mungkin saat itu sedang mereka butuhkan. 

Media sosial, hingga kini, masih menjadi tempat beriklan yang paling murah, tetapi paling banyak mendapatkan angka konversi dan engagement. Beberapa di antaranya yang hingga kini masih menjadi juara adalah Facebook, Instagram, Twitter, dan YouTube. Bentuknya iklannya bisa berupa gambar maupun video.

2. Website

Selain media sosial, website menjadi tempat beriklan dan promosi produk yang dipercaya oleh pelanggan. Melalui website, pelanggan bisa mengakses dan mendapatkan banyak informasi dari produk atau jasa yang hendak mereka gunakan. Bukan tidak mungkin, mereka justru menemukan produk alternatif yang lebih sesuai dengan kebutuhan. 

Membuat website sebenarnya tidak sulit dan tidak mahal. Namun, memang dibutuhkan keahlian khusus agar website memiliki tampilan yang ramah pengguna, baik jika diakses melalui laptop atau komputer maupun dari ponsel. Sekarang, banyak sekali jasa yang menawarkan website development untuk menunjang bisnis Anda, sehingga memiliki website untuk beriklan yang mumpuni pun tak lagi sulit didapatkan. 

3. Konten Berbasis SEO (Search Engine Optimization)

Sebagian besar pengguna internet mencari informasi dengan mengetikkan kata tertentu dalam mesin pencari, salah satunya pada Google. Nah, agar produk atau bisnis Anda mendapatkan target yang sesuai, Anda bisa membuat banyak konten yang telah dioptimasi oleh SEO. Dengan memanfaatkan mesin pencari, peluang Anda untuk mendapatkan banyak pengunjung website atau calon pelanggan pun akan lebih besar.

4. Content Marketing

Selain menggunakan optimasi SEO, Anda juga bisa memanfaatkan konten pemasaran atau content marketing untuk media beriklan di media sosial atau website. Konten ini dibuat dengan basis pemasaran, yaitu meningkatkan penjualan atau brand awareness terhadap produk Anda. Diharapkan, setelah membacanya, calon pelanggan akan melakukan pembelian melalui CTA atau Call to Action yang Anda sisipkan.

5. Email Marketing

Mungkin, Anda pernah menerima email yang berisi tentang promosi atau iklan dari suatu produk. Inilah yang dinamakan email marketing, pemasaran melalui email sebagai media untuk memasarkan produk atau bisnis. Namun, tidak asal kirim, Anda setidaknya harus memiliki data email calon konsumen yang sesuai dengan produk atau jasa yang Anda miliki.

6. SEM (Search Engine Marketing)

Teknologi digital juga memungkinkan Anda beriklan dengan memanfaatkan SEM pada Google, Facebook atau Instagram, yang dikenal dengan istilah Ads. Dibandingkan dengan SEO, beriklan dengan SEM memang membutuhkan biaya yang sedikit lebih tinggi. Namun, hasilnya disinyalir jauh lebih cepat, karena metode iklan ini memungkinkan iklan Anda selalu tampil pada halaman pertama mesin pencari atau media sosial dengan target pasar yang sesuai. 

Anda tidak harus menggunakan semua metode di atas untuk mengiklankan produk atau mempromosikan bisnis. Pilihlah metode iklan yang paling sesuai dengan jenis bisnis dan bajet yang Anda miliki, lalu maksimalkan untuk melakukan promosi dan penjualan melalui media yang Anda pilih. 

Manfaat Menggunakan Teknologi Digital dalam Bisnis

Beralih ke metode pemasaran digital memang bukan hal yang mudah, terlebih bagi para pemilik usaha kelas menengah ke bawah yang cenderung tidak peka terhadap perubahan. Namun, sebenarnya, ada banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh jika memanfaatkan teknologi digital dalam bisnis, berikut beberapa di antaranya:

1. Bisnis Dilakukan Secara Online

Memiliki bisnis atau usaha sendiri sudah menjadi impian banyak orang. Pasalnya, Anda tidak lagi memiliki jam kerja yang ketat, bahkan Anda adalah bos dari bisnis Anda sendiri. Namun, sudah pasti akan sangat merepotkan apabila bisnis Anda dijalankan secara konvensional, karena pergerakan Anda sebagai pemilik bisnis akan sangat terbatas dan harus mengeluarkan biaya ekstra untuk melakukan rekrut karyawan.

Kini, dengan adanya internet, Anda akan lebih leluasa dalam mengatur dan menjalankan bisnis. Sudah pasti metode pemasaran bisnis pun tidak lagi sekadar informasi dari mulut ke mulut atau menggunakan brosur. Anda bisa memperkenalkan sekaligus mempromosikan bisnis secara digital alias online. Salah satu cara pengenalan dan promosi yang sangat sederhana yaitu melalui platform media sosial, seperti misalnya Facebook atau Instagram.

2. Menekan Biaya Modal dan Operasional

Manfaat bisnis yang telah go-online lainnya adalah mampu menekan atau bahkan mengurangi biaya produksi dan operasional yang dikeluarkan. Biaya produksi ini termasuk modal yang harus Anda siapkan untuk membuka toko dan melakukan renovasi. Sementara biaya operasional termasuk membayar gaji karyawan hingga pembelian listrik. Sekarang, Anda hanya perlu berbekal ponsel atau laptop untuk menjalankan bisnis.

Data dari HubSpot menunjukkan cara pemasaran bisnis terbaik adalah melalui sosial media dan email marketing. Teknik yang disebut dengan copywriting menjadi strategi khusus untuk keberhasilan penggunaan dua platform digital tersebut. Dampaknya? Survey yang dilakukan oleh Gartner Digital Marketing menunjukkan, sebanyak 40% pengusaha mengaku adanya penghematan yang signifikan dan 28% memutuskan untuk mulai bergeser dari cara tradisional ke teknologi digital. 

3. Lebih Cepat Terhubung dengan Konsumen

Anda pasti ingin bisnis tidak hanya sebatas pada konsumen lokal, bukan? Jika memang memungkinkan, mendapatkan konsumen dari luar kota, pulau atau bahkan internasional pasti menjadi satu kebanggaan. Namun, dengan memasarkan produk secara tradisional, sudah tentu hal tersebut sangat sulit diwujudkan. 

Pemanfaatan digital marketing untuk bisnis akan lebih memudahkan Anda menjangkau konsumen dari berbagai wilayah, bahkan hingga ke luar negeri. Teknologi melalui internet menjadi penghubung masyarakat di seluruh dunia yang paling baik, dan media sosial menjadi tempat yang paling tepat untuk terkoneksi satu sama lain dan mendapatkan calon konsumen potensial.

4. Pengelompokan Target Pasar yang Jauh Lebih Mudah

Adanya internet sebagai dampak dari pesatnya perkembangan teknologi tidak hanya memudahkan Anda dalam beriklan dan memasarkan produk, tetapi juga menentukan dan mengelompokkan target pasar yang sesuai dengan bisnis Anda. Pengelompokan ini bisa dilakukan berdasarkan ketertarikan atau hobi, usia, jenis kelamin, hingga kemampuan atau daya beli. 

Melalui strategi pemasaran digital yang tepat, Anda akan jauh lebih mudah dalam menentukan target pasar ini. Cukup dengan memilih media yang sesuai dengan segmentasi bisnis Anda atau mengatur semua klasifikasi tersebut ketika hendak beriklan. Nantinya, hanya orang-orang yang sesuai dengan target Andalah yang akan mendapatkan iklan yang Anda buat.

5. Memberikan Pemasukan Lebih Banyak

Masih berkaitan dengan konversi, angkanya yang tinggi akan membantu meningkatkan penjualan. Artinya, pemasukan pun akan mengalami peningkatan dan keuntungan pun sudah pasti di tangan. Namun, tingginya angka konversi hanya bisa dicapai dengan teknik pemasaran digital yang tepat dan efektif. Teknik yang salah justru akan menurunkan nilai konversi dan menghabiskan modal.

Data dari Google menunjukkan, bisnis yang menerapkan metode digital marketing memiliki harapan peningkatan pendapatan hingga tiga kali lebih besar. Sementara bagi bisnis berskala kecil dan menengah yang turut memanfaatkan teknik pemasaran digital ini memiliki kesempatan untuk membesarkan usahanya hingga 4 kali lebih baik. 

6. Memudahkan Proses Transaksi

Selain mudahnya mengelompokkan pasar sesuai dengan target dan menjangkau konsumen, peran teknologi digital dalam dunia usaha atau bisnis adalah kemudahan dalam bertransaksi. Metode pembayaran langsung atau secara tunai akan sangat merepotkan apabila proses jual beli terjadi di wilayah yang berbeda. 

Kini, adanya metode pembayaran cashless atau digital melalui internet banking, sms banking, atau mobile banking, transaksi apa pun sudah pasti lebih mudah, karena bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Berbekal akses internet dan ponsel serta aplikasi perbankan, semua pembayaran tak lagi terkendala. 

7. Menganalisis Pasar Lebih Cepat

Bagaimana Anda melakukan riset untuk membuat suatu produk atau jasa dan mengembangkannya menjadi bisnis yang memiliki nilai jual dan keuntungan? Harus turun langsung ke lapangan sudah pasti sangat membuang waktu, biaya, dan tenaga, bukan? Belum lagi jika harus mencari target yang sesuai.

Namun, sekarang, hal tersebut tidak perlu lagi dilakukan. Melalui internet, Anda bisa melakukan riset atau analisa pasar lebih cepat. Pasalnya, Anda langsung berhadapan dengan konsumen, sehingga Anda bisa mendapatkan informasi tentang produk yang dibutuhkan langsung dari konsumen yang sesuai. Anda pun bisa melakukan riset mengenai kompetitor dan menghasilkan inovasi baru melalui internet. 

8. Membantu Membangun Reputasi Bisnis

Sebagai pebisnis, membangun reputasi brand menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk mempertahankan eksistensi bisnis dan tetap mampu bersaing di era global dengan para kompetitor. Adanya internet yang dibantu dengan teknik pemasaran digital akan lebih memudahkan Anda untuk membangun reputasi bisnis melalui awareness ketika Anda beriklan di media sosial.

Namun, agar reputasi tetap baik, jadilah pemilik bisnis yang konsisten dan jujur. Artinya, berikan pelanggan produk yang sesuai dengan apa yang Anda janjikan saat beriklan. Dampaknya, Anda akan mendapatkan banyak pelanggan yang loyal untuk terus menggunakan produk tersebut, meski banyak sekali produk serupa dari para kompetitor.

9. Membangun Kepercayaan Pelanggan

Anda perlu tahu bahwa kesuksesan metode digital marketing yang Anda gunakan sangat berpengaruh pada media sosial dan testimoni atau penilaian dari konsumen yang telah melakukan pembelian produk atau menggunakan jasa pada bisnis Anda. Sudah tentu, penilaian menjadi nilai penting bagi bisnis untuk meningkatkan angka penjualan.

Pasalnya, survei yang dilakukan oleh Nielsen Global Online Consumer Survey mengemukakan bahwa sebanyak 90% konsumen menyebutkan bahwa mereka percaya akan informasi dari sebuah produk, layanan, atau brand melalui kolega, teman, atau keluarga yang telah memberikan penilaian atau rekomendasi. Jadi, tidak hanya kualitas produk, Anda pun harus bisa meningkatkan kepuasan dan kepercayaan pelanggan dengan interaksi yang intens.

10. Melakukan Beragam Cara Promosi

Memasang iklan menggunakan baliho, spanduk, atau brosur dan beriklan melalui telepon menjadi cara promosi bisnis yang sudah terbilang kuno dan ketinggalan zaman, terlebih di era canggih seperti saat ini. Bahkan, Anda bisa mengeluarkan biaya lebih banyak dengan beriklan secara tradisional tersebut, tetapi pendapatan yang Anda hasilkan pun belum tentu lebih tinggi dibandingkan dengan angka pengeluaran.

Jika memanfaatkan teknologi digital melalui metode digital marketing, Anda memiliki banyak sekali variasi dalam beriklan dengan biaya yang sangat terjangkau. Selain beriklan melalui media sosial dalam bentuk posting, Anda bisa menggunakan gambar, video, hingga memanfaatkan content marketing yang berbasis SEO pada blog atau website. Tidak mampu membuat website sendiri karena terbatasnya ilmu dan keahlian? Tidak perlu khawatir, kini sudah banyak jasa yang menyediakan website development hingga software development

Selain itu, bisnis yang menggunakan metode pemasaran digital akan lebih siap untuk bersaing dengan bisnis skala besar dan menyambut datangnya era Internet of Things, era ketika semua hal akan saling terintegrasi dengan digital atau internet. Kini, Anda pasti sudah menemukan bahwa tidak hanya telepon dan perangkat elektronik, tetapi juga jam tangan yang turut terkoneksi dengan internet.

Kenali Dampak Teknologi Digital dalam Bisnis

Survei yang dilakukan oleh Nielsen dan KCPB menunjukkan bahwa sebesar 87% masyarakat Indonesia lebih suka menggunakan suatu produk atau jasa yang bersumber dari share community atau penilaian dari pelanggan lainnya. Semakin lama, tren tersebut semakin menguat di sentra bisnis, bisa Anda lihat contohnya dari penyedia jasa penginapan secara online.

Dahulu, orang-orang menginap di hotel yang nyaman dan lebih terjaga privasinya. Namun, kini mereka beralih ke penginapan dengan harga yang lebih terjangkau dan ditawarkan langsung oleh pemilik. Bahkan, mereka pun mencoba untuk saling berbagi fasilitas yang ada di penginapan tersebut guna mendapatkan pengalaman lokal baru yang terbilang unik. Ditambah lagi, kini telah muncul jasa transportasi berbasis digital yang memudahkan mobilitas masyarakat. 

Ini artinya, bisnis yang masih bertahan dengan metode tradisional dan konvensional harus melakukan perubahan strategi yang mengarah pada teknologi digital guna bisa bertahan dan mampu bersaing dengan bisnis lain yang serupa. Pergeseran dan pemanfaatan teknologi terhadap sektor bisnis dan industri bisa memicu terjadinya dampak yang cukup signifikan, yaitu:

1. Akses yang Lebih Cepat bagi Pelanggan

Sekarang, pelanggan bisa menikmati banyak layanan cukup dengan satu aplikasi. Bahkan, akses masih bisa dilakukan meski koneksi internet terbilang tak terlalu baik. Misalnya saja jasa transportasi online yang berhasil mentransformasikan transportasi ojek konvensional. Bahkan, pelanggan tidak perlu lagi berjalan kaki untuk mendapatkan kendaraan, karena pengemudi akan menjemput dan mengantarkan sesuai dengan lokasi yang ditentukan. 

Tidak hanya kemudahan transportasi melalui kendaraan roda dua atau empat, melalui aplikasi yang sama, pelanggan pun bisa mengirimkan barang dalam satu hari dan memesan berbagai jenis makanan. 

2. Inovasi Baru dalam Melakukan Inteligensi Bisnis

Kini, dengan adanya teknologi digital, pemilik usaha akan lebih mudah mendapatkan segala informasi terkait calon pelanggan yang bahkan belum pernah didapat sebelumnya. Riset informasi yang mendalam dalam dunia digital dapat dimanfaatkan untuk memprediksi perilaku konsumen, mencari target pasar baru yang sesuai, bahkan dijadikan dasar untuk pengambilan solusi dan kebijakan. 

Salah satu contohnya adalah Perusahaan Alipay asal Cina yang bergerak di bidang pembiayaan. Perusahaan ini memanfaatkan data dari transaksi yang dilakukan oleh setiap pelanggan melalui e-commerce sebagai salah satu acuan untuk mengambil keputusan, apakah seseorang bisa mendapatkan pinjaman tanpa pernah melihat jenis aset yang dimiliki. Selain itu, kini perusahaan pun bisa melakukan pembelian data melalui sumber lain seperti media sosial.

3. Infrastruktur Berbasis Digital

Melalui teknologi, pemilik bisnis bisa lebih menghemat biaya operasional dan produksi. Pasalnya, kini Anda tidak perlu lagi mempersiapkan infrastruktur bisnis dalam bentuk fisik. Misalnya, bisnis Anda bergerak dalam bidang retail yang harus mengeluarkan biaya produksi yang terbilang besar ketika hendak membuka satu cabang usaha. 

Sekarang, dengan memanfaatkan teknologi, Anda hanya perlu membuka toko secara online. Selain menghemat biaya produksi dan operasional, Anda pun bisa mematok harga barang dengan lebih terjangkau dibandingkan ketika harus menjualnya secara offline. Ini, tentu saja, tidak hanya memberikan manfaat bagi Anda sebagai pemilik usaha, tetapi juga pelanggan yang menggunakan produk Anda. 

Sebagai pengusaha, Anda sudah seharusnya memahami peran penting teknologi digital dalam bisnis agar bisa meraup keuntungan yang menjanjikan tanpa pernah melakukan pengeluaran dalam jumlah besar. Namun, dalam pelaksanaannya, Anda sudah pasti membutuhkan jasa untuk memudahkan bisnis Anda dikelola secara daring. Tidak perlu khawatir, percayakan saja pada SoftwareSeni. 

Melalui tenaga IT consultant yang profesional, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu sebelum memutuskan membuat website atau aplikasi guna mendukung kelancaran bisnis. Memili standar internasional, SoftwareSeni menjamin keamanan data dan privasi dari bisnis Anda. Bahkan, Anda bisa menikmati layanan service on demand guna memastikan bahwa produk digital, baik website maupun aplikasi bisnis Anda telah bekerja dengan optimal. 

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, Anda telah paham tentang pentingnya menggunakan teknologi digital dalam bisnis. Tidak hanya itu, Anda juga sudah mengerti manfaat menggunakan teknologi digital untuk meningkatkan bisnis. Anda juga diharapkan mengerti dampak dari teknologi digital.

Jadi, sudahkah Anda merasakan adanya dampak dari pesatnya perkembangan teknologi digital terhadap bisnis Anda? Jangan menunggu untuk melakukan transformasi digital, segera temukan model bisnis yang baru agar bisnis Anda bisa terus bertahan dan menang dalam persaingan yang ketat.

Teknologi digital juga tidak lepas dari peran aplikasi yang terus berkembang; baik itu aplikasi website ataupun aplikasi mobile. Jika perusahaan anda menginginkan software house yang terpercaya dan terjamin kualitasnya untuk membuat aplikasi untuk bisnis Anda, SoftwareSeni adalah jawabannya. Dengan dukungan developer-developer profesional, SoftwareSeni menjanjikan aplikasi yang berkualitas, aman dan efisien. Jadi, tunggu apalagi? Hubungi SoftwareSeni sekarang juga!


FAQ

Table of Contents

+ Show

Punya Project atau Ingin Membuat Aplikasi?

Hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan aplikasi Anda lebih lanjut
Office Address Image

SYDNEY

55 Pyrmont Bridge Road,
Pyrmont NSW 2009 Australia
+61 2 8123 0997

YOGYAKARTA

Unit A & B
Jl. Prof. Herman Yohanes No.1125, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223
+62 858 6514 9577