Blog
Tech
Sukseskan Bisnis Anda dengan Conversational Marketing Tools
Tech
Dec 21, 2021
Nov 17, 2022

Sukseskan Bisnis Anda dengan Conversational Marketing Tools

PENULIS
Winda Ayu
BAGIKAN ARTIKEL INI

Telah menjadi pengetahuan umum bahwa conversational marketing memberikan manfaat positif bagi sebuah brand. Lebih dari itu, conversational marketing sebenarnya sudah ada sejak lama, bahkan sebelum e-commerce ramai digunakan dan sebelum banyak perusahaan yang “bermain” di bidang digital.

Perusahaan yang telah menggunakan conversational marketing dalam brand mereka pasti dapat merekomendasikan efektivitas yang diberikan hal ini kepada performa brand.

Mari kita kenali lebih jauh menyoal conversational marketing dan manfaatnya bagi bisnis perusahaan.

Apa itu Conversational Marketing?

Conversational marketing adalah pendekatan marketing one-to-one yang digunakan perusahaan untuk mempersingkat sales journey mereka, mempelajari tentang pelanggan, dan menciptakan pengalaman pembelian yang lebih nyaman dan bisa diterima untuk pelanggan.

Dari definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa percakapan antara sales di toko juga masuk kedalam kategori conversational marketing. Ini tandanya, conversational marketing bahkan sudah ada jauh sebagai bentuk promosi yang efektif.

Mengapa Conversational Marketing itu Penting?

Di dalam operasional bisnis, conversation marketing memiliki peran yang sangat penting. Seperti memberikan informasi, membujuk, mengingatkan para konsumen baik secara langsung maupun tidak langsung tentang produk dan merek yang dijual dan ditawarkan.

Komunikasi pemasaran (marketing communication) juga memiliki banyak fungsi bagi konsumen, terutama untuk memberitahu dan memperlihatkan bagaimana dan mengapa produk digunakan, mengetahui produk lebih dalam, serta dimana dan kapan produk itu dapat diperoleh.

  1. Merespon Lebih Cepat

Dengan menggunakan bantuan conversational marketing tools, tentunya kecepatan merespon pertanyaan dari pelanggan akan dengan mudah teratasi. Hal ini akan mempersingkat waktu dan efisiensi karyawan yang bertugas. Ketika ekspektasi pelanggan akan perusahaan yang responsif terpenuhi, hal ini juga akan berdampak kepada kepuasan pelanggan

  1. Mempermudah Sales Journey

Dengan bantuan berbagai macam kemudahan memakai conversational marketing tools, seperti broadcast, chatbot tentunya mempermudah sales funnel journey dan mempermudah kegiatan marketing dalam memasarkan informasi terupdate dari perusahaan.

  1. Meningkatkan Retention

Tidak hanya memfasilitasi interaksi dan meningkatkan pengalaman pembeli, conversational marketing juga dapat membantu mendorong penjualan bisnis perusahaan Anda. Dikarenakan bantuan conversational marketing, pelanggan lebih bisa merasakan kehadiran brand sebagai penjual yang dekat dengan pelanggan sebab terjadi obrolan secara real-time melalui conversational marketing.

  1. Efisiensi Waktu

Dengan menggunakan conversational marketing tools, pada dasarnya Anda sudah menghemat banyak waktu dan tenaga yang dikeluarkan oleh perusahaan Anda. Semua pekerjaan yang dilakukan oleh conversational marketing tools diproses dengan otomatis.

Mulai Menggunakan Conversational Marketing

Ada beberapa tips dalam penggunaan conversational marketing ke dalam bisnis Anda:

  1. Keep It Short and Simple

Hindari mengisi obrolan WhatsApp kepada pelanggan Anda dengan kalimat bertele-tele dan jangan melakukan spamming kepada mereka. Kedua hal ini berisiko menyebabkan kesalahpahaman, menimbulkan konflik, dan berpotensi kehilangan pelanggan.

  1. Memaksimalkan Fitur Tools Marketing

Penggunaan conversational marketing dapat dibantu dengan berbagai macam tools seperti WhatsApp, chatbot, CRM, dan sebagainya. Dengan berbagai macam pilihan tools yang tersedia, baik halnya apabila memaksimalkan fitur-fitur setiap toolsnya. Misalnya, Anda dapat mengkostumasi CTA WhatsApp dengan informasi ataupun business journey yang sesuai dengan perusahaan Anda.

  1. Personalisasi Pesan

Anda dapat membuat pelanggan Anda merasa nyaman dengan conversational marketing. Anda dapat mempersonalisasi setiap pesan yang Anda kirimkan kepada pelanggan Anda. Personalisasi pesan juga dapat memperkuar kepercayaan pelanggan terhadap brand Anda.

  1. Mulai Mengotomasi Conversational Marketing

Dengan mengetahui berbagai manfaat dan dampak positif yang akan Anda dapatkan apabila Anda menggunakan conversational marketing tools untuk perusahaan Anda, kini saat yang tepat untuk mulai merencanakan dan mengintegrasikannya kedalam bisnis Anda.

Apabila Anda kesulitan untuk memulainya, Anda dapat mulai berkonsultasi dengan ahlinya. Telah tersedia banyak pilihan perusahaan penyedia layanan konsultasi dan jasa developer di Indonesia yang menawarkan berbagai pelayanan menarik dan juga talenta-talenta terbaik untuk memenuhi kebutuhan akan pengembangan conversational marketing untuk bisnis Anda, salah satunya adalah SoftwareSeni Indonesia.

SoftwareSeni dikenal sebagai salah satu software house dengan standar tim yang tinggi dan terpercaya. Berpengalaman dalam mengerjakan berbagai macam jenis proyek dari beberapa klien yang berbeda, membuat SoftwareSeni mampu menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk membantu Anda mempersiapkan dan mengintegrasikan conversational marketing untuk bisnis Anda.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2022, SoftwareSeni memiliki lebih dari 200 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan-perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni.

PENULIS
Winda Ayu
BAGIKAN ARTIKEL INI

Punya Project atau Ingin Membuat Aplikasi?

Hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan digital untuk bisnis Anda lebih lanjut.
Office Address Image

SYDNEY

55 Pyrmont Bridge Road,
Pyrmont NSW 2009 Australia
+61 2 8123 0997

JAKARTA

Level 17, Sequis Tower,
Jl. Jenderal Sudirman No.71, Senayan,
Kec. Kebayoran Baru, Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12190
+62 858-6514-9577

YOGYAKARTA

Unit A & B
Jl. Prof. Herman Yohanes No.1125, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223