OTHERS
Daftar pertanyaan yang sering diajukan oleh klien kami terkait layanan, model kerjasama hingga informasi umum lainnya mengenai Softwareseni.
Referensi konkrit yang Softwareseni sediakan untuk membantu Anda menemukan jawaban atas pertanyaan dan kebutuhan digital Anda.
Rincian kebijakan Softwareseni terkait dengan penggunaan, pengungkapan, penyimpanan, penghapusan, pengiriman dan/atau perlindungan Informasi Pribadi milik klien kami.
ABOUT US
Tentang Softwareseni
Softwareseni adalah salah satu Software House dengan compliance terbaik yang ada di Indonesia. Softwareseni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, aplikasi serta IT developer outsourcing. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara, hingga di 2017 Softwareseni mulai mengerjakan berbagai project digital untuk perusahaan Indonesia.
Indonesia
© 2022 SoftwareSeni all rights reserved.
Blog
Security
SSO untuk Keamanan Sistem Perusahaan Anda
Jelajahi lebih jauh berbagai layanan otomotif kami di sini!
MULAI
MULAI
Security
Dec 20, 2023
Apr 11, 2022

SSO untuk Keamanan Sistem Perusahaan Anda

PENULIS
Winda Ayu
BAGIKAN ARTIKEL INI

Dengan pesatnya perkembangan teknologi saat ini, banyak kebutuhan-kebutuhan dasar hingga sekunder maupun tersier terpenuhi melalui kemajuan teknologi.

Seperti maraknya platform baik website maupun aplikasi yang kemudian menjandi solusi atas berbagai kebutuhan suatu perusashaan. Yang mana, hampir semua aplikasi mewajibkan kita sebagai pengguna untuk membuat akun dan password. Hal ini tentunya menjadi hal yang positif untuk menunjang personalisasi kebutuhan dan rahasia data kita pada platform terkait.

Sayangnya karena cukup banyak aplikasi yang kita gunakan, seringkali kita lupa dengan nama akun dan password yang telah kita buat pada aplikasi-aplikasi tersebut. Masalah semacam inilah yang kemudian membuat sistem login Single Sign On (SSO) hadir sebagai solusinya.

Apa yang Dimaksud dengan Single Sign On (SSO)?

Single Sign On (SSO) merupakan sistem autentikasi yang memiliki fungsi untuk mengatasi masalah lupa nama akun / email dan password yang digunakan untuk login / masuk ke dalam suatu aplikasi, baik mobile atau pun website.

Sistem login SSO memungkinkan kita sebagai pengguna untuk login sekali saja untuk bisa langsung masuk ke dalam beberapa aplikasi.  

Dengan kata lain, SSO memudahkan kita untuk mengakses program dan data yang dibutuhkan dengan menghapus langkah ekstra masuk dan keluar dari setiap aplikasi terpisah. Sebagai gantinya, pihak ketiga bertindak sebagai autentikator pusat, mengonfirmasi identitas pengguna secara otomatis saat mereka berpindah dari halaman ke halaman dan situs ke situs.

SSO mengelola dan menyimpan informasi kredensial tersebut hingga bisa digunakan juga pada beragam aplikasi lainnya. Tentunya, keamanan sistem SSO juga terpercaya dan dapat diandalkan. Sistem login SSO juga dapat kita implementasikan untuk kebutuhan bisnis, seperti dalam pengaturan nama akun / email dan password untuk aplikasi-aplikasi yang biasa perusahaan gunakan.

Manfaat Penggunaan SSO

Efisiensi dan efektivitas benar-benar penting di era serba cepat seperti sekarang. SSO menjadi pilihan yang lebih tepat dibandingkan dengan sistem login same sign on, karena dapat membuat pengguna mengakses beberapa aplikasi hanya melalui satu kali login.

Selain itu, berikut ini adalah beberapa manfaat lainnya yang bisa kita dapatkan dari menggunakan sistem login SSO pada perusahaan atau unit bisnis kita:

Pemrosesan Data yang Mudah

Di saat ada pegawai kantor yang keluar, implementasi sistem SSO akan meringankan pekerjaan admin dan meminimalisir adanya kesalahan administrasi terkait pengelolaan akun kantor pegawai yang bersangkutan. Pegawai yang sudah bukan lagi menjadi bagian dari perusahaan akan otomatis tidak memiliki akses untuk melakukan login ke akun kantornya

Di sisi lain, penyedia dan pengelola akun-akun pegawai di kantor juga tidak perlu pusing saat ada pegawai yang lupa nama akun / email dan password akun kantornya. Sistem SSO akan mengatasi masalah ini dan memudahkan para pegawai dalam bekerja. Kita bisa mendaftarkan akun kantor pada aplikasi-aplikasi yang memang kita gunakan untuk bekerja.

Keamanan Terjamin

Penggunaan sistem login SSO di kantor dapat membuat identitas para pegawainya terjaga dengan baik. Keamanan identitas pegawai bisa kita tingkatkan dengan melakukan aktivasi teknik autentikasi. Contohnya seperti dengan mengaktifkan two-factor authentication (2FA) atau multi factor authentication (MFA).

Mempersingkat Waktu

Mempunyai banyak aplikasi akan terasa sangat merepotkan jika setiap aplikasi tersebut menuntut kita untuk mendaftarkan kredensial yang berbeda-beda. Belum lagi jika kita lupa akan kredensial yang sudah kita daftarkan. Penggunaan sistem login SSO membuat kita hanya perlu mengingat satu kredensial, meliputi nama akun / email dan password, untuk masuk ke berbagai aplikasi yang perlu kita gunakan.

Pada beberapa kasus, kita perlu dengan sangat cepat mengakses aplikasi-aplikasi kebutuhan kantor. Bahkan kecepatan di dalam mengakses aplikasi bisa saja sangat menentukan dan jika kurang cepat dapat berakibat fatal. Hal semacam ini mungkin sering terjadi di rumah sakit. Pegawai rumah sakit memerlukan cara yang cepat dan tepat untuk mengakses beragam aplikasi penunjang rumah sakit. Sistem login SSO dapat meningkatkan efektivitas untuk kasus seperti ini, sehingga kemungkinan untuk terjadi  risiko-risiko yang fatal akan menurun.

Mempermudah Pekerjaan

Penggunaan SSO pada kantor, baik kepada para pegawai atau pun untuk para pengguna aplikasi produk perusahaan dapat mengurangi jumlah pengaduan terkait masalah lupa kredensial. Admin pun dapat lebih menghemat tenaga dan waktu dalam menangani masalah-masalah terkait kredensial. Tingkat produktivitas dan keamanan perusahaan pun dapat meningkat.

Mitigasi Risiko Bisnis

Implementasi sistem login SSO juga dapat mendukung baik atau tidaknya relasi perusahaan dengan pelanggan dan partner. Khususnya untuk masalah-masalah keamanan data dan kredensial. Sistem login SSO merupakan solusi yang tepat untuk menjaga kepercayaan pelanggan dan partner kepada perusahaan kita.

Membuat SSO Perusahaan Anda Sendiri

Sistem login SSO dapat menjadi solusi praktis untuk meningkatkan efektivitas kerja pada suatu perusahaan. Jika efektivitas kerja meningkat, maka performa dan produktivitas kerja perusahaan pun juga akan meningkat. Hasilnya adalah beragam keuntungan yang bisa langsung perusahaan panen dan berdampak positif untuk seluruh pegawai.

Sayangnya, untuk membangun atau mengimplementasikan sistem SSO pada suatu perusahaan bukanlah perkara yang mudah dan murah. Butuh proses yang cukup panjang ketika kita ingin menerapkan sistem ini pada perusahaan kita. Keberhasilan dalam mengintegrasi antar aplikasi merupakan kunci sukses dalam membangun suatu sistem SSO, dan untuk melakukan hal itu tentunya diperlukan tim developer yang berpengalaman dan profesional.

Softwareseni siap membantu Anda dalam mengimplementasikan sistem SSO pada perusahaan Anda.  Softwareseni telah berpengalaman dalam membangun sistem SSO, dan telah dipercaya oleh perusahaan besar seperti BPKH dan juga Angkasa Pura untuk membangun sistem SSO.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2022, SoftwareSeni memiliki lebih dari 200 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan-perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni.

PENULIS
Winda Ayu
BAGIKAN ARTIKEL INI
Jelajahi lebih jauh berbagai layanan otomotif kami di sini!
MULAI
MULAI

Let's Talk!

Punya Project atau Ingin Bekerja Sama?
Hubungi kami dan kembangkan Software impianmu, sekarang!