Bagimana Memilih Software House Sebelum Membangun Website atau Mobile App

Bagimana Memilih Software House Sebelum Membangun Website atau Mobile App

by
Ahid Maulana
November 1, 2021

Era digital dan pasar bebas membawa babak baru dalam strategi bisnis perusahaan. Tak sedikit perusahaan yang mentransformasi bisnis mereka ke strategi pemasaran digital demi mendapatkan lebih banyak pelanggan, sisanya masih keukeuh dan bertahan pada strategi pemasaran konvensional, yang sekarang mulai ditinggalkan masyarakat.

Tak ayal, hal itu membuat kebutuhan akan tenaga IT terus naik, apalagi dengan melihat geliat tren pasar digital yang begitu menggiurkan. Tren pasar digital sendiri terus meningkat seiring adanya perubahan minat dan perilaku belanja masyarakat. Masyarakat cenderung memilih layanan digital karena kemudahan yang diberikan, fleksibilitas, serta lebih praktis. 

Hal itulah yang kemudian mendorong banyak perusahaan pengembang (software house) berlomba - lomba untuk menyediakan layanan IT seperti website development, integrasi website e commerce, mobile app (Android & iOS) hingga layanan IT outsourcing, dimana mereka menyewakan tenaga IT secara penuh untuk membangun sistem yang dibutuhkan oleh pelanggannya.

Banyaknya perusahaan pengembang, membuat Anda yang membutuhkan tenaga IT memiliki banyak pilihan. Anda tidak perlu lagi khawatir mengenai ketersediaan tenaga IT yang Anda butuhkan. Sayangnya, semakin banyak pilihan yang tersedia, terkadang membuat Anda bingung dalam memilih perusahaan pengembang yang tepat dan sesuai kebutuhan bisnis Anda.

Lalu bagaimana memilih perusahaan pengembang yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda? Sebelum ke arah sana, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan terlebih dahulu, sebelum Anda berdiskusi dengan perusahaan pengembang untuk membangun sistem yang Anda butuhkan.

Teknologi yang Akan Digunakan

Ketika Anda akan membangun sebuah sistem, penting bagi Anda untuk mengetahui teknologi apa yang akan Anda adopsi guna membantu Anda mengembangkan bisnis Anda.

Setidaknya Anda perlu riset target pasar bisnis Anda terlebih dahulu, seperti demografi pelanggan Anda, interest mereka, serta behavior mereka sebelum memutuskan akan membangun sistem untuk bisnis Anda. 

Contohnya, ketika target pelanggan Anda adalah orang yang “hobi” menggunakan smartphone mereka di setiap aktivitas mereka, baik hanya sekedar untuk mencari informasi di internet atau bahkan berbelanja, maka Anda bisa membangun sebuah website yang mobile friendly atau membangun mobile app.

Hal lainnya adalah jika Anda secara spesifik mengetahui teknologi apa yang akan Anda gunakan, seperti programming language apa yang akan diadopsi, framework apa yang akan digunakan untuk membangun sistem, itu jauh lebih baik. 

Selain akan memudahkan Anda dalam berdiskusi dengan perusahaan pengembang, hal itu juga mempercepat proses development sistem Anda. Anda juga bisa meminta saran pada perusahaan pengembang teknologi apa yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan Anda, bila Anda belum memiliki referensi mengenai teknologi yang akan Anda gunakan.

Flow Business dari Sistem yang Akan Dibangun

Hal krusial lainnya adalah Anda harus benar - benar memahami flow business dari sistem yang akan Anda bangun. Mengapa demikian? Karena hal itu akan menjadi pertimbangan bagi perusahaan pengembang untuk kebutuhan fitur yang ada dalam sistem yang akan Anda bangun. 

Jika Anda tidak benar - benar memahami flow business Anda, maka perusahaan pengembang pun akan kebingungan dalam mengubah ide atau gagasan bisnis Anda dalam sebuah sistem digital. Hal ini tentunya terlalu beresiko, selain dapat menyebabkan kerugian finansial, Anda juga akan “dihantui” oleh sistem yang tidak relevan dengan model bisnis Anda, karena tidak ada “pakem” yang jelas ketika Anda membangun sistem tersebut.

Ketersediaan Biaya untuk Membangun Sistem

Biaya adalah hal lain yang tidak kalah krusialnya. Ketika Anda ingin membangun sebuah sistem digital, Anda harus dapat memperkirakan biaya yang harus Anda keluarkan untuk membangun sistem tersebut. Seperti yang kita tahu membangun sebuah sistem digital untuk keperluan bisnis bukanlah perkara yang murah, apalagi jika Anda menginginkan sebuah sistem yang komplek untuk bisnis Anda.

Estimasi terlebih dahulu kebutuhan biaya yang harus Anda keluarkan untuk membangun sistem digital bisnis Anda, sebelum berdiskusi dengan perusahaan pengembang.

Sistem yang Mudah Dikembangkan

Hal terakhir yang perlu Anda perhatikan adalah apakah sistem yang Anda bangun mudah dikembangkan atau disesuaikan dengan kebutuhan yang akan datang? Disini kecermatan Anda dalam memilih teknologi apa yang digunakan untuk membangun sistem akan diuji. 

Seperti yang kita tahu perkembangan teknologi semakin cepat, tren pasar digital yang semakin sulit diprediksi, membuat Anda harus pintar dalam mengembangkan sistem digital untuk kebutuhan bisnis jangka panjang. Selain menghemat biaya, Anda juga tidak perlu membangun sistem dari awal lagi, ketika ada perubahan pada flow bisnis Anda.

Setelah hal - hal di atas sudah Anda benar - benar pahami, selanjutnya adalah memilih perusahaan pengembang yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Ada beberapa poin penting yang harus Anda perhatikan, sebelum memilih perusahaan pengembang untuk membangun sistem digital bisnis Anda.

Cari Perusahaan Pengembang yang Bisa Menjadi Partner Bisnis Anda

Tidak mudah memang, mencari perusahaan pengembang yang bisa Anda jadikan sebagai partner bisnis perusahaan Anda. Partner bisnis yang dimaksud di sini adalah perusahaan software house yang tidak hanya memberikan Anda solusi dengan membangun sistem digital yang Anda butuhkan, namun juga secara sukarela memberikan saran mengenai sistem digital yang Anda bangun, baik teknologi yang akan digunakan, atau fitur - fitur yang perlu ditambahkan pada sistem Anda, berdasarkan flow business yang telah Anda jabarkan.

Dari situ Anda akan memiliki lebih dari satu pilihan untuk membangun sistem Anda, sehingga sistem yang dibangun akan lebih efektif dan relevan dengan bisnis yang Anda jalani saat ini. Tentu bukan perkara mudah mendapatkan partner bisnis (red. Perusahaan pengembang) seperti itu, tentu hanya perusahaan pengembang dengan pengalaman yang banyak dalam menyelesaikan berbagai kebutuhan client serta profesionalitas yang tinggi yang bisa Anda pilih sebagai partner atau mitra bisnis Anda.

Guarantee & Support After Development

Hampir semua perusahaan pengembang memberikan garansi pada sistem digital yang mereka bangun untuk client mereka, namun tidak semua pengembang memiliki layanan support after development. Hal ini penting mengingat teknologi terus berkembang, kebutuhan bisnis yang terus meningkat, dan mungkin ditemukannya bugs pada sistem dikemudian hari.

Layanan support after development juga menunjukkan dedikasi yang besar dan profesionalitas perusahaan pengembang atas sistem yang dibangun.

Memiliki Banyak Model Kerjasama

Dengan banyaknya model kerjasama yang dapat ditawarkan oleh perusahaan pengembang, menjadikan Anda lebih banyak opsi untuk memilih model kerjasama yang benar - benar sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Hal ini juga memudahkan Anda dalam mengkalkulasikan estimasi biaya yang diperlukan untuk membangun sistem digital bisnis Anda.

Beberapa model kerjasama yang populer saat ini dikalangan perusahaan pengembang adalah model kerjasama IT outsourcing, add-on, dan project based

Memiliki Banyak Sumber Daya

Semakin banyak sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan pengembang berarti semakin banyak juga variasi teknologi yang ditawarkan. Hal ini menguntungkan bagi Anda, dengan banyaknya variasi teknologi yang ditawarkan membuat Anda bisa memilih teknologi yang benar - benar proper dan sustainable dengan model bisnis Anda yang sedang berjalan.  

Telah Dipercaya Banyak Perusahaan

Tidak bisa dipungkiri, testimoni dan portfolio merupakan salah satu faktor penunjang sebelum kita memutuskan untuk membeli suatu produk ataupun menggunakan suatu jasa. Pun hal yang sama terjadi pada industri pengembangan software

Pilihlah perusahan pengembang yang telah memiliki testimoni positif dari banyak client dan portfolio. Semakin banyak portfolio yang dimiliki oleh perusahaan pengembang, semakin baik juga reputasi perusahaan pengembang tersebut. Karena dengan semakin banyaknya portfolio yang mereka miliki artinya mereka memiliki banyak pengalaman dalam memenuhi setiap requirement client mereka dalam mengembangkan sistem digital.

Dan Softwareseni adalah salah satu software house terbaik yang ada di Indonesia. Softwareseni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, dan aplikasi. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara hingga di 2017, Softwareseni mulai bekerja dengan perusahaan Indonesia.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2021, SoftwareSeni memiliki lebih dari 190 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan - perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni.



FAQ

Table of Contents

+ Show

Punya Project atau Ingin Membuat Aplikasi?

Hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan aplikasi Anda lebih lanjut
Office Address Image

SYDNEY

55 Pyrmont Bridge Road,
Pyrmont NSW 2009 Australia
+61 2 8123 0997

YOGYAKARTA

Unit A & B
Jl. Prof. Herman Yohanes No.1125, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223