Meningkatkan Kinerja WFH Karyawan dengan Sistem Timesheet Management

Meningkatkan Kinerja WFH Karyawan dengan Sistem Timesheet Management

by
Ahid Maulana
August 24, 2021

Sejak awal kemunculannya di Indonesia pada tahun 2020 lalu, Covid-19 memberi dampak yang luar biasa bahkan hampir di semua sektor kehidupan, tidak terkecuali pada sektor bisnis. Banyak pebisnis yang memutar otak agar bisnis mereka tetap berjalan di kondisi pandemi Covid-19.

Hal ini membuat sebagian perusahaan perusahaan “merumahkan” atau lebih dikenal dengan WFH (Work From Home) karyawan mereka untuk meminimalisir proses penyebaran virus Covid-19. Namun, tidak bisa dipungkiri juga, WFH membuat performa kinerja karyawan perusahaan cenderung menurun. 

Sistem Timesheet Management bisa menjadi solusi tepat untuk meningkatkan kinerja karyawan di saat WFH.

Apa itu Sistem Timesheet Management

Apa itu Sistem Timesheet Management?

Secara sederhana Sistem Timesheet Management adalah sebuah sistem yang digunakan untuk mengelola jam kehadiran dan pulang karyawan dalam sebuah perusahaan. Tentu kegunaan utamanya adalah untuk mencatat jam kerja karyawan apakah karyawan telah bekerja sesuai pada jam kerja yang telah ditentukan atau tidak. 

Manfaat Sistem Timesheet Management Pada Perusahaan

Manajemen Waktu Kerja

Tim HRD dapat memantau bagaimana jam kerja karyawan. Dengan jam kerja yang telah ditentukan, apakah pekerjaan harian dari karyawan tersebut dapat diselesaikan sesuai dengan jam kerja yang tersedia atau tidak. 

Dengan sistem ini Tim HRD juga dapat memantau job load dari tiap karyawan. Jika job load dari karyawan melebihi kapasitas jam kerja harian dari karyawan tersebut, maka karyawan itu akan terhitung melakukan lembur.

Sumber Data untuk Keperluan Gaji

Sistem timesheet management juga memungkinkan Tim HRD untuk menentukan setiap gaji karyawan dalam suatu perusahaan. Dengan data yang telah dikumpulkan melalui sistem ini, Tim HRD lebih mudah melihat apakah karyawan mengajukan cuti pada periode tertentu, atau melakukan lembur kerja. 

Dari data tersebut nantinya karyawan akan menerima gaji sesuai dengan perjanjian kerja yang telah ditentukan, termasuk di dalamnya upah lembur karyawan. Sistem timesheet management juga membuat proses gaji karyawan menjadi lebih transparan, sehingga karyawan mengetahui bahwa gaji yang diterima telah sesuai dengan kinerja yang mereka berikan untuk perusahaan.

Monitoring Kinerja Karyawan

Dengan sistem timesheet management, Tim HRD akan dengan mudah memonitor performa kinerja tiap-tiap karyawan. Nantinya data yang terkumpul dapat dijadikan bahan analisis dan evaluasi terhadap masing-masing karyawan. 

Hal ini tentu akan memudahkan HRD dalam melakukan keputusan setelah dilakukannya evaluasi, dan dapat menarik kesimpulan mengapa kinerja karyawan menurun? Bagaimana cara untuk memperbaikinya? Hingga bagaimana menciptakan ekosistem kerja yang lebih efektif dan efisien sehingga goal perusahaan akan lebih mudah tercapai berdasarkan data yang telah dikumpulkan melalui sistem timesheet management.

Fitur - Fitur pada Sistem Timesheet Management.

Fitur - Fitur pada Sistem Timesheet Management.

Time Tracker

Berfungsi untuk memonitoring performa kinerja karyawan, mulai dari jam kerja, waktu lembur, cuti, hingga waktu meeting. Nantinya data ini bisa digunakan untuk menganalisa produktivitas karyawan sebelum dilakukannya evaluasi.

Sistem Penggajian Karyawan

Fitur yang diperuntukan untuk mengelola gaji karyawan, upah lembur, hingga bonus yang dapat disesuaikan dengan performa kinerja karyawan berdasarkan data yang tersimpan dalam sistem timesheet management.

Penjadwalan Tugas Karyawan

Digunakan untuk mengelola tugas - tugas karyawan, termasuk meeting yang harus dilakukan, sehingga tugas karyawan dapat tersusun lebih rapi dan lebih terorganisir.

Laporan Kinerja

Berfungsi untuk menampilkan rincian dari hasil kinerja karyawan dalam bentuk laporan yang mudah di baca, dan visualisasi diagram sehingga laporan lebih mudah dipahami.

Dapat Diintegrasikan dengan Biometric

Sistem timesheet management juga dapat diintegrasikan dengan alat pendeteksi biometrik seperti sidik jari. Ini tentu akan lebih memudahkan.

Bagaimana Merancang Sistem atau Aplikasi eCommerce yang Baik?

Bagaimana Merancang Sistem atau Aplikasi eCommerce yang Baik?

Jika perusahaan Anda sebelumnya menggunakan sistem absensi dan manajemen karyawan manual, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum akhirnya memutuskan untuk beralih menggunakan Sistem Timesheet Management. 

Kebutuhan bisnis, budget yang dibutuhkan, tim eksekutor, hingga value dari sistem itu sendiri yang membuat perusahaan Anda menjadi lebih berkembang.

Beberapa hal lain yang anda harus perhatikan sebelum membuat sistem Timesheet Management adalah sebagai berikut.

Fitur yang Sesuai dengan Kebutuhan

Sistem yang baik adalah sistem yang dapat mengefisiensikan pekerjaan Anda. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk menentukan fitur - fitur yang Anda butuhkan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, sehingga fitur yang dirancang dalam sistem tersebut menjadi fitur yang tepat guna.

Mudah Digunakan

Selain fitur yang tepat guna, sistem yang baik juga harus mudah digunakan. Hal ini penting jika nantinya ada karyawan baru, atau Anda sebagai admin dari sistem ini tidak bingung dalam mengoperasikannya, sehingga karyawan akan mudah beradaptasi dengan sistem yang dirancang

Pertimbangkan Budget yang Anda Miliki

Membuat sebuah sistem dengan fitur yang lengkap bukanlah perkara yang murah. Sehingga ada perlu mempertimbangkan biaya yang Anda harus keluarkan untuk merancang sistem seperti sistem Timesheet Management ini. 

Sebuah sistem yang konkrit biasanya sejalan dengan biaya yang harus dikeluarkan, oleh karena itu Anda perlu untuk melakukan estimasi biaya untuk pembuatan sistem tersebut, dan pastinya sistem tersebut haruslah tepat guna untuk kebutuhan perusahaan Anda, sehingga biaya yang Anda keluarkan tidak menjadi sia - sia.

Pilihlah Software House yang Tepat

Jika anda tidak memiliki tim dedicated untuk membuat sendiri sistem Timesheet Management, maka software house merupakan alternatif solusi dari hal tersebut.

Pertanyaan lainnya adalah, bagaimana memilih software house yang tepat untuk membuat sistem Timesheet Management yang sesuai dengan kebutuhan bisnis anda? Sedangkan memilih software house yang tepat anda untuk kebutuhan bisnis Anda bukanlah perkara yang mudah.

Profesionalisme dari tim software house, harga yang ditawarkan, hingga bagaimana software house tersebut dapat menjaga privasi dan kerahasiaan data perusahaan anda adalah hal-hal yang harus anda perhatikan sebelum hire software house untuk memenuhi kebutuhan anda.

SoftwareSeni merupakan salah satu software house terbaik di Indonesia yang bisa menjadi pilihan tepat untuk anda dalam membangunsistem Timesheet Management yang sesuai kebutuhan bisnis anda.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2021, SoftwareSeni memiliki lebih dari 190 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan - perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni

Jadi jika anda adalah seorang pebisnis yang sedang mencari software house untuk kebutuhan sistem Timesheet Management di perusahaan anda, SoftwareSeni adalah pilihan software house yang tepat bagi Anda untuk memenuhi kebutuhan digitalisasi perusahaan anda.

Berminat untuk mengembangkan sistem Timesheet Management bersama SoftwareSeni?


FAQ

Table of Contents

+ Show

Punya Project atau Ingin Membuat Aplikasi?

Hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan aplikasi Anda lebih lanjut
Office Address Image

SYDNEY

55 Pyrmont Bridge Road,
Pyrmont NSW 2009 Australia
+61 2 8123 0997

YOGYAKARTA

Unit A & B
Jl. Prof. Herman Yohanes No.1125, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223
+62 858 6514 9577