Blog
Tech
Petingnya Single Sign-On Bagi Perusahaan: Ketika Keamanan dan Kemudahan Menjadi Satu
Tech
Jul 29, 2021
Dec 26, 2022

Petingnya Single Sign-On Bagi Perusahaan: Ketika Keamanan dan Kemudahan Menjadi Satu

PENULIS
Ahid Maulana
BAGIKAN ARTIKEL INI

Keamanan dan kemudahan merupakan dua faktor penting ketika perusahaan atau bisnis ingin cepat bertumbuh, terutama di era digital seperti sekarang ini. Kemanan membuat suatu perusahan bebas bereksplorasi untuk mengembangkan bisnisnya, sedangkan kemudahan membuat perusahaan lebih cepat dalam mengeksekusi segala sesuatunya untuk mencapai target bisnis yang diinginkan. 

Dan salah satu sistem yang acapkali diadopsi oleh perusahaan untuk mempermudah bisnis mereka adalah Single Sign-On, atau lebih dikenal dengan sistem SSO.

Pengertian Single Sign-On: Apa itu Sistem SSO?

Single sign-on (SSO) adalah sistem yang memungkinkan pengguna untuk masuk ke berbagai aplikasi dan sistem dengan menggunakan satu set identitas dan kata sandi saja. Ini bermanfaat bagi perusahaan skala besar karena dapat mengurangi waktu yang dihabiskan oleh karyawan untuk masuk ke aplikasi yang berbeda dan mengelola banyak set identitas dan kata sandi yang berbeda. Dengan SSO, karyawan hanya perlu masuk ke satu aplikasi untuk memiliki akses ke semua aplikasi yang diperlukan, sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas. SSO juga dapat membantu meningkatkan keamanan dengan mengurangi risiko kehilangan atau pencurian kata sandi.

Manfaat Utama Single Sign-On (SSO) Bagi Perusahaan

Ada beberapa manfaat utama yang dapat diperoleh perusahaan dengan menggunakan single sign-on (SSO):

  • Meningkatkan efisiensi: SSO memungkinkan karyawan untuk masuk ke semua aplikasi yang diperlukan dengan satu set identitas dan kata sandi saja, sehingga mengurangi waktu yang dihabiskan untuk masuk ke aplikasi yang berbeda.
  • Meningkatkan produktivitas: Dengan SSO, karyawan tidak perlu khawatir tentang kehilangan atau lupa kata sandi, sehingga dapat lebih fokus pada pekerjaan mereka.
  • Meningkatkan keamanan: SSO dapat mengurangi risiko kehilangan atau pencurian kata sandi dengan menyediakan satu set identitas dan kata sandi saja untuk masuk ke semua aplikasi.
  • Meringkas proses pengelolaan akses: SSO membantu perusahaan dengan mengelola akses karyawan ke aplikasi secara central, sehingga lebih mudah untuk menambah atau menghapus akses karyawan ke aplikasi yang berbeda.
  • Meningkatkan kepercayaan pelanggan: SSO dapat membantu perusahaan meningkatkan kepercayaan pelanggan dengan menyediakan tingkat keamanan yang lebih tinggi untuk akses ke aplikasi dan data pelanggan.

Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Membangun Sistem Single Sign-On (SSO)

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membangun single sign-on (SSO):

  • Integrasi aplikasi: Pastikan bahwa semua aplikasi yang akan diintegrasikan dengan SSO mendukung fitur tersebut. Jika tidak, maka aplikasi tersebut mungkin harus diubah atau diperbaharui agar dapat terintegrasi dengan SSO.
  • Keamanan: Pastikan bahwa SSO yang dibangun memenuhi standar keamanan yang tinggi untuk mencegah akses yang tidak sah ke aplikasi dan data perusahaan.
  • Skalabilitas: Pastikan bahwa SSO dapat menangani jumlah pengguna yang tinggi dan dapat diperluas sesuai kebutuhan perusahaan.
  • Kebijakan penggunaan: Buat kebijakan penggunaan yang jelas untuk menentukan siapa yang dapat mengakses aplikasi dan data yang terintegrasi dengan SSO.
  • Dokumentasi: Buat dokumentasi yang jelas mengenai proses SSO dan cara penggunaannya agar mudah dipahami oleh karyawan.
  • Latihan: Sediakan latihan kepada karyawan tentang cara menggunakan SSO agar mereka dapat menggunakannya dengan efisien.

Langkah - Langkah Membangun Sistem Single Sign-On

Untuk membangun single sign-on (SSO) yang baik, pertama-tama perlu dilakukan beberapa langkah berikut:

  • Identifikasi kebutuhan: Identifikasi terlebih dahulu aplikasi dan sistem yang akan diintegrasikan dengan SSO, serta kebutuhan akses karyawan ke masing-masing aplikasi tersebut.
  • Analisis risiko: Lakukan analisis risiko terhadap aplikasi dan data yang akan diintegrasikan dengan SSO untuk menentukan tingkat keamanan yang diperlukan.
  • Pilih teknologi SSO: Pilih teknologi SSO yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, seperti SAML, OAuth, atau OpenID Connect.
  • Integrasi aplikasi: Integrasikan aplikasi yang akan diintegrasikan dengan SSO dengan mengikuti petunjuk teknis yang disediakan oleh vendor SSO.
  • Uji coba: Uji coba SSO dengan menggunakan beberapa akun pengguna untuk memastikan bahwa SSO berfungsi dengan baik.
  • Dokumentasi: Buat dokumentasi yang jelas mengenai proses SSO dan cara penggunaannya agar mudah dipahami oleh karyawan.
  • Latihan: Sediakan latihan kepada karyawan tentang cara menggunakan SSO agar mereka dapat menggunakannya dengan efisien.
  • Monitor dan evaluasi: Monitor dan evaluasi kinerja SSO secara teratur untuk memastikan bahwa SSO terus berfungsi dengan baik dan memenuhi kebutuhan perusahaan.

Memilih Software House Penyedia Jasa Pembuatan Single Sign-On

Untuk memilih software house yang tepat untuk membangun single sign-on (SSO), pertimbangkan beberapa hal berikut:

  • Reputasi: Cari tahu reputasi software house tersebut di industri dan lihat apakah mereka memiliki track record yang baik dalam membangun SSO.
  • Kemampuan teknis: Pastikan bahwa software house yang dipilih memiliki kemampuan teknis yang cukup untuk membangun SSO yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
  • Harga: Bandingkan harga yang ditawarkan oleh beberapa software house untuk membangun SSO dan pilih yang paling sesuai dengan anggaran perusahaan.
  • Waktu penyelesaian: Tentukan waktu penyelesaian yang diinginkan untuk proyek SSO dan pastikan bahwa software house yang dipilih dapat menyelesaikan proyek tersebut sesuai dengan waktu yang ditentukan.
  • Konsultasi: Carilah software house yang siap untuk memberikan konsultasi yang baik dan membantu menentukan solusi SSO yang tepat sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
  • Dukungan purna jual: Pastikan bahwa software house yang dipilih memberikan dukungan purna jual yang memadai setelah SSO selesai dibangun.

Softwareseni merupakan salah satu software house atau perusahaan pengembang yang telah banyak berkecimpung dan membantu perusahaan dalam membangun sistem single sign-on. Angkasa Pura & BPKH merupakan beberapa client Softwareseni yang mempercayakan pembangunan sistem single sign-on mereka pada Softwareseni.

Softwareseni sendiri merupakan salah satu perusahaan pengembang atau software house yang memiliki layanan IT terlengkap yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Softwareseni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, dan aplikasi. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara hingga di 2017, Softwareseni mulai bekerja dengan perusahaan Indonesia.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2022, SoftwareSeni memiliki lebih dari 200 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan - perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni

PENULIS
Ahid Maulana
BAGIKAN ARTIKEL INI

Punya Project atau Ingin Membuat Aplikasi?

Hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan digital untuk bisnis Anda lebih lanjut.
Office Address Image

SYDNEY

55 Pyrmont Bridge Road,
Pyrmont NSW 2009 Australia
+61 2 8123 0997

JAKARTA

Level 17, Sequis Tower,
Jl. Jenderal Sudirman No.71, Senayan,
Kec. Kebayoran Baru, Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12190
+62 858-6514-9577

YOGYAKARTA

Unit A & B
Jl. Prof. Herman Yohanes No.1125, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223