OTHERS
Daftar pertanyaan yang sering diajukan oleh klien kami terkait layanan, model kerjasama hingga informasi umum lainnya mengenai Softwareseni.
Referensi konkrit yang Softwareseni sediakan untuk membantu Anda menemukan jawaban atas pertanyaan dan kebutuhan digital Anda.
Rincian kebijakan Softwareseni terkait dengan penggunaan, pengungkapan, penyimpanan, penghapusan, pengiriman dan/atau perlindungan Informasi Pribadi milik klien kami.
ABOUT US
Tentang Softwareseni
Softwareseni adalah salah satu Software House dengan compliance terbaik yang ada di Indonesia. Softwareseni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, aplikasi serta IT developer outsourcing. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara, hingga di 2017 Softwareseni mulai mengerjakan berbagai project digital untuk perusahaan Indonesia.
Indonesia
© 2022 SoftwareSeni all rights reserved.
Blog
Security
Pentingnya Memahami dan Menjaga Data Perusahaan dalam Software Development
Jelajahi lebih jauh berbagai layanan otomotif kami di sini!
MULAI
MULAI
Security
Dec 20, 2023
Jul 6, 2022

Pentingnya Memahami dan Menjaga Data Perusahaan dalam Software Development

PENULIS
Winda Ayu
BAGIKAN ARTIKEL INI

Dalam membangun sebuah software development, data menjadi “barang” yang sangat penting. Seiring dengan berkembangnya teknologi, di sisi lain akan memunculkan celah bagi para pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan tindak kriminal; seperti peretasan ataupun pencurian data.

Pelanggaran data memungkinkan peretas mendapat akses tidak sah ke dalam sistem sehingga mereka dapat mencuri, menyalin, atau mengubah data-data penting di dalamnya. Hal ini tentu akan membawa banyak kerugian baik bagi perusahaan maupun pelanggan.

Dengan menerapkan mekanisme dan prosedur keamanan sesuai standar, data-data sensitif akan lebih terlindungi. Terjaminnya keamanan pelanggan juga akan membantu perusahaan untuk mendapat kepercayaan sehingga perusahaan dapat lebih berkembang.

Sehingga penting bagi perusahaan untuk berusaha menjaga data sebaik mungkin agar terhindar dari pencurian data penting perusahaan, termasuk dalam proses software development ketika perusahaan memutuskan untuk mengubah perusahaan ke arah digital.

Seberapa Penting Menjaga Keamanan Informasi Perusahaan?

Bagi sebuah bisnis, informasi dan data perusahaan merupakan aset yang sangat penting. Informasi dan data yang tersimpan dengan aman secara tidak langsung mampu memastikan kontinuitas bisnis, menurunkan risiko serta memaksimalkan return of investment serta peluang perusahaan. Karena informasi perusahaan bisa diakses oleh banyak orang, risiko terjadinya kerusakan atau kebocoran bisa saja terjadi. Dengan menciptakan sistem keamanan informasi yang baik, Anda bisa mencegah data perusahaan digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Berikut adalah 3 aspek keamanan informasi dalam sebuah bisnis yang dilansir dari ResearchGate:

Kerahasiaan (Confidentiality)

Proses ini menjamin seluruh data dan informasi yang tersimpan hanya bisa diakses oleh orang-orang yang sudah diberi izin. Termasuk menjamin bahwa setiap proses pengiriman, penerimaan, dan penyimpanan data dilakukan dengan aman

Integritas (Integrity)

Integritas adalah bentuk jaminan bahwa semua data tidak dapat diubah tanpa izin oleh pihak yang berwenang. Dengan begitu keutuhan serta keakuratan data tetap terjaga sebagaimana mestinya

Ketersediaan (Availability)

Aspek ini merupakan bentuk jaminan bahwa semua data akan tersedia ketika dibutuhkan serta memastikan bahwa pihak yang berhak bisa menggunakan informasi maupun perangkat yang berhubungan jika dibutuhkan.

Memilih Partner yang Mengerti Pentingnya Menjaga Keamanan Data Perusahaan

Setelah mengenal dan mengetahui pentingnya menjagaa data perusahaan yang jika dikelompokan terdiri dari 3 aspek penting; Kerahasiaan (Confidentiality), Integritas (Integrity), dan Ketersediaan (Availability), penting halnya untuk memiliki dan memilih partner dalam mengerjakan software development perusahaan. 

Perlu sebuah kehati-hatian dalam memilih partner yang akan bekerjasama dengan perusahaan Anda. Jangan gampang tergiur dengan harga yang murah tanpa ada jaminan keamanan data perusahaan. Karena data sebuah perusahaan merupakan hal yang “berharga” dan memilih partner merupakan sebuah “investasi” jangka panjang.

Namun, segala ketakutan Anda akan keamanan data perusahaan tidak perlu diperpanjang. Sebab, sudah tersedia software house yang reliable untuk menjadi jembatan Anda dalam mewujudakan digitalisasi bisnis Anda. SoftwareSeni hadir dengan pelayan complience prima untuk membantu Anda mewujudkan digitalisasi perusahaan sekaligus menjaga data keamanan perusahaan Anda.

Menggunakan Akses VPN

SoftwareSeni menggunakan akses VPN khusus dalam mengerjakan project klien. Hal ini dilakukan untuk menjaga data dan informasi perusahaan klien dari segala jenis kejahatan siber.

Melakukan NDA Penuh

Dalam proses software development di SoftwareSeni, semuanya akan menggunakan perjanjian dengan NDA (Non-disclosure Agreement). NDA merupakan kontrak landasan dari sebuah hubungan profesional yang mengikat secara hukum untuk melindungi informasi sensitif, menjaga hak paten, dan memberi batasan yang jelas antara klien dan SoftwareSeni selama proses development berlangsung bahkan setelah project tersebut selesai.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2022, SoftwareSeni memiliki lebih dari 200 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan-perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni.

PENULIS
Winda Ayu
BAGIKAN ARTIKEL INI
Jelajahi lebih jauh berbagai layanan otomotif kami di sini!
MULAI
MULAI

Let's Talk!

Punya Project atau Ingin Bekerja Sama?
Hubungi kami dan kembangkan Software impianmu, sekarang!