Blog
Tech
Mudahnya Mengelola Stok Barang dengan Sistem Manajemen Gudang
Tech
Jul 29, 2021
Jan 3, 2023

Mudahnya Mengelola Stok Barang dengan Sistem Manajemen Gudang

PENULIS
Ahid Maulana
BAGIKAN ARTIKEL INI

Sistem Manajemen Gudang (Warehouse Management System atau WMS) adalah suatu sistem informasi yang digunakan untuk mengelola dan mengontrol aktivitas di dalam gudang, termasuk penerimaan, penyimpanan, dan pengiriman barang. Tujuan utama sistem manajemen gudang adalah untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasi gudang serta mengurangi biaya yang terkait dengan pengelolaan gudang.

Dengan adanya sistem manajemen gudang pemilik bisnis dapat dengan mudah mengetahui dan mendata setiap stok barang yang ada dalam gudang. Dari sistem ini, pemilik bisnis juga dapat menentukan arah bisnis perusahaan dengan menganalisis kebutuhan perusahaan melalui data yang tersedia dalam sistem manajemen gudang itu sendiri.

Fitur Sistem Manajemen Gudang (Warehouse)

Setidaknya ada beberapa fitur yang harus ada dalam sistem manajemen gudang (warehouse) meliputi:

  1. Penerimaan barang: fitur ini memungkinkan penerimaan barang dari vendor atau supplier yang akan disimpan di gudang.
  2. Penyimpanan barang: fitur ini memungkinkan pencatatan lokasi penyimpanan barang di dalam gudang, termasuk informasi tentang jumlah, kondisi, dan tanggal masuk barang ke gudang.
  3. Pengeluaran barang: fitur ini memungkinkan pengeluaran barang dari gudang sesuai dengan permintaan pelanggan atau permintaan internal perusahaan.
  4. Inventory management: fitur ini memungkinkan pengelolaan inventori di dalam gudang, termasuk pencatatan jumlah barang yang tersedia, barang yang sedang dalam proses pengiriman, dan barang yang sedang dalam proses penerimaan.
  5. Pemantauan pergerakan barang: fitur ini memungkinkan pemantauan pergerakan barang di dalam gudang, termasuk informasi tentang lokasi barang, jumlah barang yang tersedia, dan tanggal masuk atau keluar barang dari gudang.

Proses - Proses yang Terjadi Sistem Manajemen Gudang (Warehouse)

Ada beberapa proses dalam sistem manajemen gudang, yang mana proses itu mereprentasikan minimum fitur yang harus dimiliki oleh sistem tersebut, diantaranya:

  • Penerimaan barang: proses ini meliputi pemeriksaan barang yang masuk ke gudang, verifikasi jumlah dan kualitas barang, serta pencatatan informasi tentang barang yang masuk ke dalam sistem manajemen gudang.
  • Penyimpanan barang: setelah barang teregistrasi di dalam sistem, barang tersebut akan disimpan di lokasi yang telah ditentukan sesuai dengan kriteria penyimpanan yang telah ditetapkan, seperti ukuran, jenis, atau frekuensi pengiriman barang tersebut.
  • Pengeluaran barang: proses ini meliputi pengambilan barang dari gudang sesuai dengan permintaan pelanggan atau permintaan internal perusahaan. Proses ini juga termasuk pemuatan barang ke dalam kendaraan atau pesawat pengangkut untuk dikirim ke tujuan yang ditentukan.
  • Pemantauan inventori: proses ini meliputi pemantauan jumlah barang yang tersedia di dalam gudang dan pergerakan barang masuk atau keluar dari gudang.
  • Pemeliharaan gudang: proses ini meliputi pemeliharaan dan perawatan rutin terhadap fasilitas gudang, termasuk pembersihan, perbaikan, dan pengecekan kondisi gudang.
  • Pencatatan dan pelaporan: proses ini meliputi pencatatan dan pelaporan aktivitas di dalam gudang, termasuk penerimaan, penyimpanan, pengeluaran, dan pemantauan inventori. Laporan ini dapat digunakan oleh perusahaan untuk mengambil keputusan dan mengevaluasi kinerja sistem manajemen gudang.

Manfaat Sistem Manajemen Gudang (Warehouse) Bagi Pemilik Bisnis

Jika anda adalah seorang pemilik bisnis yang memiliki banyak perusahaan cabang, dan memiliki beberapa gudang penyimpanan produk bisnis Anda, ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika Anda menggunakan sistem manajemen gudang, diantaranya:

  1. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasi gudang: dengan menggunakan sistem manajemen gudang, perusahaan dapat mengelola dan mengontrol aktivitas di dalam gudang secara lebih efisien dan efektif, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan mengurangi biaya yang terkait dengan pengelolaan gudang.
  2. Menyediakan informasi yang akurat tentang inventori: sistem manajemen gudang dapat memberikan informasi yang akurat tentang jumlah, kondisi, dan lokasi barang di dalam gudang, sehingga perusahaan dapat lebih mudah mengelola inventori dan memenuhi permintaan pelanggan dengan lebih cepat.
  3. Menyediakan laporan dan analisis yang detail: sistem manajemen gudang dapat menyediakan laporan dan analisis yang detail tentang aktivitas di dalam gudang, seperti jumlah barang yang masuk dan keluar, lokasi penyimpanan barang, dan waktu pengiriman barang. Hal ini dapat membantu perusahaan dalam mengambil keputusan yang tepat.
  4. Mengurangi resiko kehilangan atau kerusakan barang: dengan menggunakan sistem manajemen gudang, perusahaan dapat mengurangi resiko kehilangan atau kerusakan barang dengan mencatat dan mengontrol pergerakan barang di dalam gudang secara lebih baik.
  5. Meningkatkan pelayanan pelanggan: dengan menggunakan sistem manajemen gudang yang efektif, perusahaan dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan dengan menyediakan informasi yang akurat tentang inventori dan memenuhi permintaan pelanggan dengan lebih cepat.

Membangun Sistem Manajemen Gudang yang Ideal Bagi Bisnis

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika ingin mengembangkan sistem manajemen gudang yang ideal untuk bisnis perusahaan Anda, diantaranya:

  • Tentukan tujuan dan kebutuhan perusahaan: pertama-tama, perusahaan harus menentukan tujuan dan kebutuhan yang ingin dicapai dengan menggunakan sistem manajemen gudang. Hal ini akan membantu perusahaan dalam memilih sistem yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan menentukan fitur yang diperlukan dalam sistem tersebut.
  • Cari sistem yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan: setelah menentukan tujuan dan kebutuhan perusahaan, perusahaan dapat mencari sistem manajemen gudang yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Ada banyak pilihan sistem yang tersedia di pasaran, sehingga perusahaan harus mempertimbangkan fitur yang ditawarkan, harga, dan reputasi vendor saat memilih sistem yang sesuai.
  • Tentukan strategi implementasi sistem: setelah memilih sistem yang sesuai, perusahaan harus menentukan strategi implementasi yang tepat untuk sistem tersebut. Hal ini termasuk menentukan jadwal implementasi, mengatur kebutuhan sumber daya, dan melakukan pengujian sistem sebelum implementasi.
  • Terapkan sistem dan lakukan pelatihan: setelah strategi implementasi teridentifikasi, perusahaan dapat mulai menerapkan sistem manajemen gudang. Sebelum menggunakan sistem secara penuh, perusahaan harus melakukan pelatihan kepada karyawan untuk memastikan bahwa semua orang dapat menggunakan sistem dengan baik.
  • Evaluasi kinerja sistem: setelah sistem manajemen gudang diimplementasikan, perusahaan harus terus memantau dan mengevaluasi kinerja sistem tersebut untuk memastikan bahwa sistem tersebut bekerja dengan baik dan memberikan manfaat bagi perusahaan. Jika diperlukan, perusahaan juga dapat melakukan perbaikan atau perubahan pada sistem untuk meningkatkan kinerja sistem tersebut.

Tertarik untuk membangun sistem manajemen gudang? Faktanya membuat sistem manajemen gudang bukanlah perkara yang mudah dan murah, untungnya sekarang sudah banyak perusahaan pengembang yang menyediakan jasa mereka untuk pembuatan sistem membership berbasis website, maupun mobile app. Dan salah satu perusahaan pengembang yang telah dipercaya oleh banyak perusahaan adalah Softwareseni.

Softwareseni sendiri merupakan salah satu perusahaan pengembang atau software house yang memiliki layanan IT terlengkap yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Softwareseni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, dan aplikasi. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara hingga di 2017, Softwareseni mulai bekerja dengan perusahaan Indonesia.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2022, SoftwareSeni memiliki lebih dari 200 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

PENULIS
Ahid Maulana
BAGIKAN ARTIKEL INI

Punya Project atau Ingin Membuat Aplikasi?

Hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan digital untuk bisnis Anda lebih lanjut.
Office Address Image

SYDNEY

55 Pyrmont Bridge Road,
Pyrmont NSW 2009 Australia
+61 2 8123 0997

JAKARTA

Level 17, Sequis Tower,
Jl. Jenderal Sudirman No.71, Senayan,
Kec. Kebayoran Baru, Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12190
+62 858-6514-9577

YOGYAKARTA

Unit A & B
Jl. Prof. Herman Yohanes No.1125, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223