Membangun Project yang Sempurna dengan Agile Project Development

Membangun Project yang Sempurna dengan Agile Project Development

by
Winda Ayu
March 31, 2022
July 13, 2022

Ketika Anda membahas tentang development sistem atau aplikasi dalam sebuah project, itu bukan merupakan perkara yang mudah. Selain dibutuhkan tim dan management yang super tangguh untuk mencapai tujuan project berhasil, terkadang sebuah project juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Banyak metode-metode yang tersedia dalam mewujudkan suatu project dan tentunya hal itu bukan merupakan tugas yang sederhana. 

Salah satu metode project yang ramai dibicarakan adalah metode agile. Lalu, apa yang dimaksud dengan metode agile? Tujuan dan juga manfaat menggunakan metode project agile.

Apa itu Metode Agile?

Agile Software Development merupakan metodologi pengembangan software yang didasarkan pada proses pengerjaan yang dilakukan berulang dimana, aturan dan solusi yang disepakati dilakukan dengan kolaborasi antar tiap tim secara terorganisir dan terstruktur.

Agile development sendiri merupakan model pengembangan perangkat lunak dalam jangka pendek. Metode ini membutuhkan adaptasi yang cepat dalam mengatasi setiap perubahan yang dimungkinkan terjadi. Nilai terpenting dari agile development ini adalah memungkinkan sebuah tim dalam mengambil keputusan dengan cepat, kualitas dan prediksi yang baik, serta memiliki potensi yang baik dalam menangani setiap perubahan yang ada.

Tujuan Agile Development

High Value & Working App System

Tujuan yang pertama, untuk menghasilkan sebuah perangkat lunak dengan nilai jual tinggi serta dapat menekan biaya pembuatan. Dan yang terpenting adalah dapat menghasilkan produk dengan kualitas yang baik.

Iterative, Incremental, Evolutionary

Agile merupakan model pengembangan yang dilakukan secara iteratif, berulang-ulang, dan dapat mengalami perubahan apabila diperlukan. Dapat dikatakan bahwa, metode ini terbilang fleksibel dan dapat digunakan pada proyek pengembangan jangka pendek.

Cost Control & Value-driven Development

Proses pengembangan perangkat lunak sendiri dapat disesuaikan dengan kebutuhan dari pengguna (user). Kemudian, tim developer dapat mengontrol biaya dan waktu yang diperlukan untuk proses pengembangan software sesuai kebutuhan.

High Quality Production

Kualitas dari produk perangkat lunak tetap terjaga dengan baik meskipun biaya dan waktu yang diperlukan terbilang sedikit.

Flexible & Risk Management

Fleksibel disini dapat diartikan dengan pertemuan dengan klien dapat dilakukan kapanpun sehingga fungsionalitas dari perangkat lunak dapat terjaga. Yang terpenting, dapat meminimalisir terjadinya kesalahan pada program maupun produk sebelum dilakukan proses deploy aplikasi.

Collaboration

Proses kolaborasi disini dilakukan oleh setiap tim pengembang untuk mendiskusikan feedback yang diberikan oleh klien. Sehingga perlu adanya komunikasi dan koordinasi yang baik antar tim developer.

Self-organizing & Self-managing Teams

Tujuan terakhir dari metode agile ini adalah pengembang diberikan akses untuk memanajemen sendiri urusan software development. Tugas dari seorang project manager untuk menjadi penghubung antara developer dan klien sehingga dapat mengurangi terjadi miss communication.

Manfaat Penggunaan Metode Agile

Manfaat dari penggunaan metode agile tidak hanya dirasakan dari sisi developer saja. Tetapi dapat dirasakan dari sisi client, vendor, serta project manager pun ikut merasakan manfaat dari penggunaan metode agile. Client dapat memberikan feedback kepada tim developer untuk menambahkan atau mengubah fitur dari aplikasi tersebut sebelum benar-benar dirilis.

Proses yang Cepat

Proses pengembangan perangkat lunak membutuhkan waktu yang relatif cepat dan tidak membutuhkan resources yang besar. Sebab prinsip dari metode ini adalah untuk menekankan pada kepuasan dari klien dengan menjadikannya sebagai prioritas utama dalam menghasilkan produk lebih awal dan berkelanjutan.

Mengatasi Perubahan dengan Cepat

Dalam penggunaan metode agile, perubahan dapat ditangani dengan cepat sesuai dengan kebutuhan klien. Metode ini menerima segala bentuk perubahan saat proses pengembangan software meskipun berada di tahap akhir pengembangan.

Manajemen Komunikasi yang Baik

Klien dapat memberikan feedback kepada tim developer dalam proses pembuatan program melalui bantuan project manager. Komunikasi secara langsung sangat dibutuhkan dalam proses pengembangan sebuah perangkat lunak.

Bangun Project dengan Project Manager Berpengalaman

Telah dijelaskan bahwa metode agile adalah metodologi pengembangan perangkat lunak yang didasarkan pada proses pengerjaan yang dilakukan berulang dimana, aturan dan solusi yang disepakati dilakukan dengan kolaborasi antar tiap tim secara terorganisir dan terstruktur.

Dalam agile sendiri memiliki kelebihan dalam hal proses pengerjaan perangkat lunak serta waktu yang diperlukan terbilang sedikit. 

Apabila Anda berniat untuk membangun sebuah sistem atau aplikasi untuk kebutuhan perusahaan atau startup Anda, maka penting bagi Anda untuk menerapkan metode agile ini, dan memilih developer maupun project manager profesional, sehingga proses development sistem sejalan dengan ekspektasi yang Anda berikan.

Untungnya di era digital seperti saat ini, Anda tidak perlu bingung dalam mencari developer atau project manager profesional. Sudah banyak perusahaan pengembang yang menyediakan jasa development sistem atau aplikasi untuk kebutuhan perusahaan ataupun startup. Dan Softwareseni adalah salah satu dari perusahaan pengembang yang menyediakan layanan untuk kebutuhan developer IT dan project manager professional.

SoftwareSeni sendiri merupakan salah satu software house dengan compliance terbaik yang ada di Indonesia. SoftwareSeni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, dan aplikasi. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara hingga di 2017, SoftwareSeni mulai bekerja dengan perusahaan Indonesia.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2021, SoftwareSeni memiliki lebih dari 200 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan-perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni.

FAQ

Daftar Isi

+ Show

Punya Project atau Ingin Membuat Aplikasi?

Hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan digital untuk bisnis Anda lebih lanjut.
Office Address Image

YOGYAKARTA

Unit A & B
Jl. Prof. Herman Yohanes No.1125, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223

SYDNEY

55 Pyrmont Bridge Road,
Pyrmont NSW 2009 Australia
+61 2 8123 0997