Estimasikan Setiap Kebutuhan Project yang Anda Bangun dengan Specification Document

Estimasikan Setiap Kebutuhan Project yang Anda Bangun dengan Specification Document

by
Ahid Maulana
July 26, 2022
August 11, 2022

Development sebuah produk digital, baik website, mobile app atau yang lainnya cenderung memiliki timeline yang panjang, dan proses yang tidak mudah. Apalagi jika produk digital yang di-develop memiliki kompleksitas yang tinggi. Oleh karena itu perlu adanya dokumentasi yang dijadikan guideline baik ketika pra-development, maupun setelah proses development selesai.

SpecDoc atau yang lebih dikenal dengan Specification Document umumnya berisi mengenai segala sesuatu terkait project yang akan atau sedang dibangun, seperti technical requirement, timeline development, feature hingga project estimation dari project itu sendiri.

Sayangnya tidak sedikit yang mengabaikan dan beberapa yang lain justru tidak peduli ada tidaknya Specification document ketika mereka ingin men-develop suatu produk digital. Mereka beranggapan pernanan Specification Document tidak krusial, padahal kenyataannya specification document penting sebagai fundamental dokumen dalam membangun produk digital. 

Faktor Mengapa Specification Document Penting

Berikut ini adalah beberapa faktor yang menjelaskan mengapa penting bagi Anda untuk memiliki specification document sebelum men-develop suatu product digital

Acuan Kebutuhan Teknikal

Specification document dapat Anda jadikan sebagai acuan untuk memperhitungkan kebutuhan teknikal yang diperlukan untuk membangun produk digital yang Anda inginkan. Specification document dengan rinci akan menjelaskan tentang struktur data, database, pemilihan Bahasa  pemrograman, pemilihan framework, server, pemilihan hardware yang dibutuhkan, dan lainnya.

Acuan Spesifikasi Fungsional Project

Spesifikasi fungsional atau functional specification umumnya menggambarkan tentang  bagaimana sebuah produk dapat berjalan dalam sudut pandang user. Specification document akan secara rinci menjelaskan tentang diagram-diagram, flowchart, user interface, menu-menu, dialog, fitur dan lainnya yang berkaitan dengan produk digital yang akan dibangun.

Estimasi Biaya Development

Pada specification document juga dijelaskan berapa estimasi biaya yang dibutuhkan untuk men-develop produk digital tersebut. Anda bisa mengetahui secara rinci biaya apa saja yang harus Anda keluarkan untuk men-develop produk digital tersebut.

Timeline Pengerjaan Project

Selain estimasi biaya yang harus dikeluarkan, Anda juga akan dapat mengetahui secara detail mengenai timeline pengerjaan project yang sedang Anda bangun. Pada specification document Anda akan secara jelas mengetahu rincian dari waktu pengerjaan mengenai tahapan dan fitur yang akan di-develop berserta berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan tahapan dan fitur tersebut.

Kesimpulan

Dari situ bisa Anda lihat betapa pentingnya peranan specification document untuk kebutuhan development produk digital Anda. specification document tidak hanya menjadi guideline ketika Anda mendevelop produk digital, namun juga mencegah Anda mengalami kerugian yang berlebih dalam proses developement maupun setelahnya.

FAQ

Daftar Isi

+ Show

Punya Project atau Ingin Membuat Aplikasi?

Hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan digital untuk bisnis Anda lebih lanjut.
Office Address Image

YOGYAKARTA

Unit A & B
Jl. Prof. Herman Yohanes No.1125, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223

SYDNEY

55 Pyrmont Bridge Road,
Pyrmont NSW 2009 Australia
+61 2 8123 0997