OTHERS
Daftar pertanyaan yang sering diajukan oleh klien kami terkait layanan, model kerjasama hingga informasi umum lainnya mengenai Softwareseni.
Referensi konkrit yang Softwareseni sediakan untuk membantu Anda menemukan jawaban atas pertanyaan dan kebutuhan digital Anda.
Rincian kebijakan Softwareseni terkait dengan penggunaan, pengungkapan, penyimpanan, penghapusan, pengiriman dan/atau perlindungan Informasi Pribadi milik klien kami.
ABOUT US
Tentang Softwareseni
Softwareseni adalah salah satu Software House dengan compliance terbaik yang ada di Indonesia. Softwareseni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, aplikasi serta IT developer outsourcing. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara, hingga di 2017 Softwareseni mulai mengerjakan berbagai project digital untuk perusahaan Indonesia.
Indonesia
© 2022 SoftwareSeni all rights reserved.
Blog
Project Management
Estimasikan Setiap Kebutuhan Project yang Anda Bangun dengan Specification Document
Jelajahi lebih jauh berbagai layanan otomotif kami di sini!
MULAI
MULAI
Project Management
Dec 20, 2023
Jul 26, 2022

Estimasikan Setiap Kebutuhan Project yang Anda Bangun dengan Specification Document

PENULIS
Ahid Maulana
BAGIKAN ARTIKEL INI

Development sebuah produk digital, baik website, mobile app atau yang lainnya cenderung memiliki timeline yang panjang, dan proses yang tidak mudah. Apalagi jika produk digital yang di-develop memiliki kompleksitas yang tinggi. Oleh karena itu perlu adanya dokumentasi yang dijadikan guideline baik ketika pra-development, maupun setelah proses development selesai.

SpecDoc atau yang lebih dikenal dengan Specification Document umumnya berisi mengenai segala sesuatu terkait project yang akan atau sedang dibangun, seperti technical requirement, timeline development, feature hingga project estimation dari project itu sendiri.

Sayangnya tidak sedikit yang mengabaikan dan beberapa yang lain justru tidak peduli ada tidaknya Specification document ketika mereka ingin men-develop suatu produk digital. Mereka beranggapan pernanan Specification Document tidak krusial, padahal kenyataannya specification document penting sebagai fundamental dokumen dalam membangun produk digital. 

Faktor Mengapa Specification Document Penting

Berikut ini adalah beberapa faktor yang menjelaskan mengapa penting bagi Anda untuk memiliki specification document sebelum men-develop suatu product digital

Acuan Kebutuhan Teknikal

Specification document dapat Anda jadikan sebagai acuan untuk memperhitungkan kebutuhan teknikal yang diperlukan untuk membangun produk digital yang Anda inginkan. Specification document dengan rinci akan menjelaskan tentang struktur data, database, pemilihan Bahasa  pemrograman, pemilihan framework, server, pemilihan hardware yang dibutuhkan, dan lainnya.

Acuan Spesifikasi Fungsional Project

Spesifikasi fungsional atau functional specification umumnya menggambarkan tentang  bagaimana sebuah produk dapat berjalan dalam sudut pandang user. Specification document akan secara rinci menjelaskan tentang diagram-diagram, flowchart, user interface, menu-menu, dialog, fitur dan lainnya yang berkaitan dengan produk digital yang akan dibangun.

Estimasi Biaya Development

Pada specification document juga dijelaskan berapa estimasi biaya yang dibutuhkan untuk men-develop produk digital tersebut. Anda bisa mengetahui secara rinci biaya apa saja yang harus Anda keluarkan untuk men-develop produk digital tersebut.

Timeline Pengerjaan Project

Selain estimasi biaya yang harus dikeluarkan, Anda juga akan dapat mengetahui secara detail mengenai timeline pengerjaan project yang sedang Anda bangun. Pada specification document Anda akan secara jelas mengetahu rincian dari waktu pengerjaan mengenai tahapan dan fitur yang akan di-develop berserta berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan tahapan dan fitur tersebut.

Kesimpulan

Dari situ bisa Anda lihat betapa pentingnya peranan specification document untuk kebutuhan development produk digital Anda. specification document tidak hanya menjadi guideline ketika Anda mendevelop produk digital, namun juga mencegah Anda mengalami kerugian yang berlebih dalam proses developement maupun setelahnya.

PENULIS
Ahid Maulana
BAGIKAN ARTIKEL INI
Jelajahi lebih jauh berbagai layanan otomotif kami di sini!
MULAI
MULAI

Let's Talk!

Punya Project atau Ingin Bekerja Sama?
Hubungi kami dan kembangkan Software impianmu, sekarang!