Learning Management System, Solusi Proses Pembelajaran Disaat Pandemi

Learning Management System, Solusi Proses Pembelajaran Disaat Pandemi

by
Ahid Maulana
October 11, 2021

LMS atau Learning Management System semakin menjadi sistem atau aplikasi yang popular di tahun 2021, khususnya bagi para pengajar. Bukan tanpa sebab, naiknya popularitas sistem LMS disebabkan karena masih adanya pembatasan untuk melakukan proses belajar mengajar secara langsung akibat pandemi covid-19.

Sistem LMS dinilai sebagai sistem yang paling tepat untuk menjembatani para pengajar dan siswa mereka dalam melakukan proses belajar mengajar yang efektif, meskipun proses belajar mengajar tersebut dilakukan secara online.

Pengertian LMS

LMS sendiri merupakan perangkat lunak atau sistem yang dirancang khusus untuk kebutuhan proses belajar mengajar seperti membuat, mendistribusikan, dan mengatur penyampaian konten pembelajaran.

Selain itu sistem ini juga dapat membantu para pengajar untuk merencanakan dan membuat silabus, mengelola bahan pembelajaran, mengelola aktivitas belajar para siswa, mengelola nilai, merekapitulasi absensi para siswa, hingga menampilkan transkrip nilai.

Fitur Utama LMS

Ada beberapa fitur penting yang membuat LMS dinilai sebagai sistem yang tepat untuk melakukan proses belajar mengajar secara online. Adapun fitur - fitur tersebut diantaranya:

Online Class

Tentu fitur utama dari sebuah LMS adalah online class. Dengan fitur ini pengajar untuk mendistribusikan bahan pembelajaran dan menyimpannya secara online, baik video, rekaman suara, ataupun dokumen pembelajaran lainnya, untuk dipelajari oleh siswa secara mandiri.

Selain itu, terdapat fitur video conference yang memungkinkan pengajar dapat bertatap muka dengan para siswanya secara online.

Online Assignment

Dengan fitur ini, pengajar dapat membuat quiz dan ujian secara online untuk kebutuhan evaluasi siswanya. Fitur ini juga mendukung para pengajar dalam pembuatan soal dan pendistribusian soal ujian kepada para siswa.

Ruang Diskusi

Ruang diskusi adalah salah satu fitur LMS yang bertujuan untuk mendukung perkembangan belajar siswa. Dengan fitur ini para pengajar bisa melakukan sesi diskusi bersama para siswanya.

Ruang diskusi ini juga secara tidak langsung membantu komunikasi antara pengajar dan siswa, sehingga pengajar tahu, sejauh mana siswa dapat memahami materi yang telah diajarkan.

Report Dashboard

Fitur report dashboard dapat memudahkan guru dalam memantau perkembangan para siswanya. Fitur ini juga berguna untuk mengecek absensi atau kehadiran para siswa, intensitas siswa dalam mengakses materi pembelajaran, memonitor pengerjaan tugas para siswa, hingga melakukan rekapitulasi jawaban ujian para siswa itu sendiri.

Dari penjabaran fitur di atas, setidaknya ada beberapa kelebihan LMS dibandingkan dengan sistem pembelajaran tatap muka pada umumnya.

Kelebihan LMS (Learning Management System)

  1. Adanya report dashboard yang tersentral, membuat guru lebih mudah untuk memantau perkembangan belajar siswanya, sehingga guru bisa lebih “peka” mengenai kebutuhan belajar para siswanya.
  2. Karena berbasis online, waktu pembelajaran pun tergolong fleksibel. Siswa dapat mengakses materi dari mana saja dan kapan saja asalkan mereka dapat terkoneksi dengan internet.
  3. Memudahkan guru untuk menyusun kurikulum pembelajaran bagi para siswanya, yang tentunya disesuaikan dengan data yang telah didapat guru melalui report dashboard
  4. Proses pembelajaran lebih menyenangkan dan efektif, karena materi pembelajaran dapat divisualisasikan dalam bentuk gambar, video, bahkan animasi yang membuat proses pembelajaran mudah dipahami oleh para siswa.
  5. Proses pembelajaran yang lebih terstruktur dan terdokumentasi. Dengan didukung teknologi informasi, membuat LMS dapat membuat dokumentasi pembelajaran yang telah dilakukan, yang kemudian diarsipkan sebagai data yang bisa digunakan di kemudian hari.
  6. Adanya fitur ruang diskusi, memungkinkan guru dan siswa dapat berinteraksi lebih intens lagi, sehingga materi pembelajaran dapat lebih terserap dengan baik.
  7. Merupakan solusi terbaik disaat pandemi untuk melakukan proses pembelajaran tanpa harus tatap muka secara langsung.

Selain kelebihan di atas, ada beberapa kelemahan yang perlu Anda perhatikan sebelum mengadopsi LMS sebagai metode pembelajaran untuk para siswa Anda.

Kekurangan LMS (Learning Management System)

  1. Memerlukan kecepatan internet yang stabil. Internet yang tidak stabil menyebabkan terhambatnya proses pembelajaran, sehingga proses pembelajaran yang seharusnya bisa efektif, menjadi kurang optimal.
  2. Dibutuhkan perangkat penunjang yang memadai, seperti laptop, PC, ataupun smartphone.
  3. Jika Anda ingin membangun sistem LMS sendiri, maka itu memerlukan biaya yang tidak murah dan waktu yang tidak sedikit.

Peluang Bisnis di dalam LMS

Pandemi covid-19 yang mempengaruhi semua sektor kehidupan, tak terkecuali sektor pendidikan, memunculkan peluang bisnis baru di tengah situasi pandemi yang tidak pasti seperti saat ini. LMS dianggap sebagai solusi yang tepat untuk beralih dari sistem pendidikan tradisional yang mengharuskan seorang guru dan siswa untuk melakukan proses belajar mengajar tatap muka secara langsung, menjadi proses belajar yang lebih modern (red. Online learning).

Perkembangan teknologi yang begitu cepat, secara tidak langsung juga telah menciptakan tren baru dalam dunia pendidikan. Tren online learning perlahan tapi pasti mulai menjadi populer, terlebih lagi pandemi covid-19 telah mengakselerasi tren tersebut secara “ugal-ugalan”. Ini terbukti dengan banyak berkembanganya startup berbasis online learning di Indonesia, sebut saja Ruang Guru, Pintaria, Maubelajarapa, Sekolahmu, PijarMahir, hingga Bahaso. 

Dari situlah kemudian muncul peluang bisnis yang “legit” yang sayang untuk Anda lewatkan. Memang, bukan perkara mudah dan murah untuk membangun sebuah LMS, apalagi dengan banyaknya persaingan antar startup yang semakin kompetitif.

Lalu bagaimana jika Anda ingin membangun sebuah LMS untuk bisnis Anda? Hal pertama yang harus ada adalah divisi IT yang solid, yaitu divisi yang bisa merepresentasikan ide - ide Anda dalam sebuah teknologi LMS, lengkap dengan fitur yang Anda inginkan untuk mencapai rencana bisnis Anda.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, untuk membuat LMS bukanlah perkara mudah dan murah. Butuh proses panjang dan biaya yang tidak sedikit untuk membuat LMS dengan sistem yang komplek. Setidaknya Anda membutuhkan biaya 300 - 500 juta IDR untuk membuat sebuah sistem LMS dengan fitur yang komplek.

Namun bagaimana jika Anda tidak atau belum memiliki divisi IT yang solid dalam perusahaan Anda? Bekerja sama dengan software house merupakan salah satu solusi terbaik bagi Anda yang ingin membangun sistem LMS. 

Softwareseni merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, dan aplikasi. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara hingga di 2017, Softwareseni mulai bekerja dengan perusahaan Indonesia.

Telah dipercaya berbagai perusahaan besar Indonesia seperti, Traveloka, Astra Internasional, Peduli Anak, JHPiego, Angkasa Pura dan masih banyak lagi, membuat Softwareseni terus berbenah dan meningkatkan setiap layanan yang bisa diberikan kepada client Softwareseni.

Keunggulan Softwareseni Lainnya

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2021, SoftwareSeni memiliki lebih dari 190 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan - perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni

Jadi, apakah Anda tertarik untuk membangun sistem LMS bersama Softwareseni?

FAQ

Table of Contents

+ Show

Punya Project atau Ingin Membuat Aplikasi?

Hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan aplikasi Anda lebih lanjut
Office Address Image

SYDNEY

55 Pyrmont Bridge Road,
Pyrmont NSW 2009 Australia
+61 2 8123 0997

YOGYAKARTA

Unit A & B
Jl. Prof. Herman Yohanes No.1125, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223
+62 858 6514 9577