Laravel, Solusi Framework Untuk Digitalisasi Bisnis Anda

Laravel, Solusi Framework Untuk Digitalisasi Bisnis Anda

by
Ahid Maulana
November 22, 2021

Teknologi terus berkembang dengan cepat, telah mempengaruhi setiap lini kehidupan, tak terkecuali dengan lini bisnis. Segala bentuk bisnis kini tuntut untuk dapat beradaptasi dengan cepatnya perkembangan teknologi untuk menyesuaikan tren pasar dan perubahan perilaku pelanggan yang kian sulit untuk ditebak.

Selain mempengaruhi bisnis dari sisi eksternal, seperti tren pasar dan kebutuhan dalam memuaskan pelanggan, nyatanya teknologi juga mempengaruhi bisnis dari sisi internal, seperti manajemen bisnis, keuangan, hingga business development dari suatu bisnis perusahaan.

Tidak heran, jika kita melihat begitu banyak perusahaan yang kemudian mentransformasi bisnis mereka untuk dapat bersaing di tengah ketatnya kompetisi pasar digital dan membantu perusahaan untuk berkembang lebih jauh lagi. Seolah ikut mengamini, banyak teknologi yang kemudian hadir untuk memenuhi segala kebutuhan bisnis masa kini, seperti teknologi web, dan mobile app yang tengah populer untuk saat ini.

Khusus teknologi web sendiri telah mengalami begitu banyak perkembangan dibandingkan dengan saat awal kemunculan teknologi tersebut. Dari situ kemudian banyak lahir framework yang memungkinkan para developer untuk membangun sebuah website dengan lebih terstruktur dan mudah. Dan salah satu framework yang populer pada saat ini adalah Laravel.

Mengenal Lebih Dekat dengan Laravel

Laravel sendiri merupakan salah satu framework PHP yang pertama kali “dikenalkan” pada tahun 2011. Laravel kemudian bermetamorfosis menjadi salah satu framework yang populer di dunia, tak terkecuali di Indonesia sehingga kemudian banyak developer yang menggunakan Laravel sebagai framework pilihan mereka ketika membangun suatu proyek web, baik dalam skala kecil, maupun skala besar.

Laravel juga merupakan framework yang mengikuti struktur MVC (Model View Controller), MVC sendiri adalah metode aplikasi dengan memisahkan data dari tampilan berdasarkan komponen aplikasi, seperti: manipulasi data, controller, dan user interface.

Struktur MVC membuat Laravel mudah untuk dipelajari dan mempercepat proses prototype development suatu aplikasi web. Selain itu Laravel juga menyediakan fitur bawaan yang mumpuni, seperti otentikasi, mail, sesi dan masih banyak lagi.

Kemudahan dalam kustomisasi juga menjadi salah satu faktor mengapa Laravel banyak digemari oleh developer untuk membangun suatu aplikasi atau sistem berbasis web.

Kelebihan Laravel

Selain mudah dikustomisasi, framework Laravel juga masih mempunyai segudang kelebihan dibandingkan dengan framework lainnya, diantaranya adalah sebagai berikut:

Mempunyai Template Layout yang Ringan

Laravel menyediakan template layout yang relatif ringan yang bisa digunakan oleh developer untuk memebangun suatu aplikasi ataupun siste. Template layout ini juga memungkinkan developer untuk menambahkan template additional lainnya. Selain itu Laravel memiliki fitur template engine, dimana fitur tersebut mempunyai banyak bagian yang digunakan dalam proses pembuatan template Laravel

Memiliki Banyak Library Object Oriented

Salah satu kelebihan Laravel dibandingkan dengan framework PHP lainnya adalah Laravel mempunyai berbagai macam library object oriented yang tentunya mempermudah developer dalam membangun suatu aplikasi. 

Dan salah satu library paling penting dalam framework Laravel adalah library autentikasi. Library ini menjadi penting bagi developer untuk membangun aplikasi yang memiliki fitur keamanan yang baik. Library autentikasi pada Laravel juga menyediakan Bcrypt hashing yang merupakan salah satu fitur tercanggih di bidang autentikasi.

Dukungan Framework MVC

Dengan menggunakan struktur MVC, memungkinkan Laravel dapat dengan mudah mengelola database seperti input data, melakukan update data hingga pengelolaan data lainnya. Dengan MVC developer juga dapat mengatur tampilan ke user serta dapat mengontrol antara pengolahan database dan mengatur tampilan ke user.

Adanya Tool Artisan

Terkadang developer memerlukan interaksi antar framework yang satu dengan yang lainnya menggunakan command line. Gunanya untuk membuat dan menangani environment di suatu proyek aplikasi. 

Laravel sendiri mempunyai tool Artisan yang merupakan tool command line. Fungsi utamanya adalah untuk melakukan tugas repetisi dan memproses pemrograman yang kompleks yang terkadang developer mengabaikannya selama proyek berjalan. Artisan juga memungkinkan developer untuk dapat membuat dan melakukan migrasi database dengan mudah.

Pembagian Modul yang Independen

Satu aplikasi Laravel dapat menggunakan lebih dari 20 modul library dimana setiap modul terbagi menjadi beberapa single modul. Modul-modul ini secara independen mengadopsi prinsip PHP modern dan menjaga fungsi penting dari aplikasi Laravel, sehingga aplikasi akan menjadi lebih informatif, modular, dan responsif.


Adanya Unit Testing

Pembuatan aplikasi Laravel terkadang menggunakan konsep “Unit Testing”. Dengan Unit Testing, jumlah pengetesan dalam jumlah banyak dapat dilakukan dalam satu waktu, dengan tujuan memastikan perubahan baru dapat dibuat oleh developer tanpa harus merusak fungsi aplikasi, sehingga aplikasi menjadi lebih responsif.

Dengan segala kelebihannya, tidak heran jika Laravel menjadi “primadona” untuk kategori framework yang paling sering digunakan, baik untuk membangun proyek dengan skala kecil, maupun proyek dengan skala besar.

Tidak heran, selain banyak perusahaan yang akhirnya mengadopsi Laravel sebagai framework yang untuk membangun kebutuhan digital perusahaan, Laravel juga menjadi teknologi yang “umum” ada di perusahaan pengembang atau software house karena banyaknya kebutuhan akan teknologi Laravel tersebut.

Softwareseni adalah salah satu perusahaan pengembang atau software house yang memiliki layanan IT terlengkap yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Softwareseni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, dan aplikasi. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara hingga di 2017, Softwareseni mulai bekerja dengan perusahaan Indonesia.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2021, SoftwareSeni memiliki lebih dari 200 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan - perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni

FAQ

Table of Contents

+ Show

Punya Project atau Ingin Membuat Aplikasi?

Hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan aplikasi Anda lebih lanjut
Office Address Image

SYDNEY

55 Pyrmont Bridge Road,
Pyrmont NSW 2009 Australia
+61 2 8123 0997

YOGYAKARTA

Unit A & B
Jl. Prof. Herman Yohanes No.1125, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223