Kenapa Peminat JavaScript Developer Semakin Banyak? Ini Alasannya!

Kenapa Peminat JavaScript Developer Semakin Banyak? Ini Alasannya!

by
Rian Romadhon
August 6, 2021

Masyarakat urban di era digital seperti sekarang tentu sudah tak asing lagi dengan beraneka produk digital seperti website, aplikasi, hingga ragam hiburan dan permainan di ponsel pintar maupun perangkat komputer. Bahkan, hal-hal tersebut sudah dianggap sebagai bagian kehidupan yang tidak dapat dipisahkan. Ini berarti Anda sudah menikmati hasil kerja terbaik dari para JavaScript Developer yang mempersembahkan berbagai produk digital untuk diakses secara lebih efektif dan praktis oleh semua orang, termasuk Anda.

Sebagian dari Anda mungkin bertanya-tanya: Apa sebenarnya JavaScript itu? Apa hubungan JavaScript dengan produk digital yang diakses dan digunakan sehari-hari? Lalu, bagaimana peran para pengembangnya? 

javascript developer

Percaya atau tidak, JavaScript serta sederet pengembang yang melibatkannya adalah salah satu alasan utama mengapa konten digital bisa berkembang luas saat ini. JavaScript bahkan telah diklaim sebagai bahasa pemrograman paling populer yang prinsipnya dapat diterapkan di berbagai produk digital. Maka, bukan hal yang mengherankan jika kebutuhan publik akan JavaScript developer profesional semakin banyak dan akan terus meningkat.

Sekilas tentang JavaScript

Mulai diperkenalkan oleh Brendan Eich pada tahun 1995, JavaScript (JS) merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang dapat digunakan dalam berbagai platform digital. Sistem yang dikembangkan oleh Mozilla Foundation dan Netscape Communications Corporation ini memiliki peran penting dalam dunia software development. Saat digunakan, JavaScript dapat membuat produk digital dari web hingga aplikasi menjadi lebih dinamis dan interaktif.

Untuk bisa lebih memahami fungsi JavaScript dalam sektor pemrograman, mari mengambil contoh dari cara kerja browser. Anda pasti sudah tak asing lagi dengan konten-konten yang bertebaran di beragam jenis perambah internet.

Konten dalam browser yang Anda akses setiap hari dikembangkan oleh tiga program utama, yakni HTML, CSS, dan JavaScript. Jika HTML dan CSS berperan dalam menyusun struktur dan desain, JavaScript akan menghidupkan susunan tersebut sehingga menjadi konten yang mudah diakses dan dicerna oleh pengguna seperti Anda. Berikut adalah beberapa fungsi JavaScript yang banyak diaplikasikan dalam berbagai konten digital:

  • Format interaktif seperti fitur autocorrect dalam aplikasi penulisan yang dapat mendeteksi kesalahan saat pengguna mengetik atau memasukkan data.
  • Kotak pencarian pada blog, website, maupun perangkat peramban internet yang dapat menemukan data dengan respons yang tepat dan cepat.
  • Pembaruan informasi baru pada website yang dilakukan secara berkala.
  • Penambahan animasi serta efek visual pada halaman web, aplikasi, atau game.
  • Fitur tambahan yang memudahkan Anda dalam menemukan informasi yang dicari. Fitur ini biasanya diterapkan pada website atau aplikasi e-commerce yang perlu menampilkan deskripsi produk serta daftar harga.

Berkat adanya JavaScript, perambahan konten digital dalam browser bisa dilakukan secara lebih cepat dan efektif. Bayangkan saja, dalam waktu dua menit, Anda dapat memuat konten atau data baru tanpa perlu reload halaman.

javascript developer indonesia

Selain itu, Anda juga bisa dengan mudah mengakses menu tersembunyi, menyaksikan berbagai unsur animasi, memasukkan data dan informasi, memainkan audio atau video, dan masih banyak lagi. Semua hal tersebut tidak akan bisa dilakukan dalam program web statis yang mengabaikan JavaScript dalam proses pengembangannya. 

Apa Kegunaan JavaScript?

JavaScript memiliki segudang kegunaan yang dapat menyederhanakan sistem perangkat lunak, kontrol perangkat keras, serta proses otomatisasi produk web yang kompleks. Bahasa pemrograman tersebut membuat JavaScript Developer bisa bekerja secara lebih praktis dan efektif dalam mengembangkan sejumlah produk digital populer berikut ini:

- Website

JavaScript merupakan salah satu elemen terpenting dalam website development. Bahkan, latar belakang penemuannya pun kerap dihubungkan dengan kebutuhan publik akan pengembangan website yang lebih dinamis dan interaktif. Hampir semua website modern yang dikembangkan saat ini pasti selalu melibatkan JavaScript dalam tahap pengembangannya. 

Sejumlah fitur yang menjadi sajian utama dalam sebuah website dapat berfungsi dengan baik karena JavaScript. Selain validasi efek dan penambahan unsur grafis, bahasa pemrograman ini juga berperan dalam pemasangan widget, konten, serta aplikasi flash dalam website.

- Web App dan Mobile App

Dalam beberapa dekade terakhir, perkembangan era digital terus mengandalkan perangkat komputer maupun ponsel pintar dalam berbagai aspek kehidupan. Kondisi ini menjadi alasan utama menjamurnya aplikasi web dan ponsel dengan fokus serta tujuan bervariasi.

Perkembangan tersebut tak dapat dilepaskan dari peran JavaScript sebagai unsur pengembangan web app maupun ponsel. Dalam mobile app development, JavaScript membantu menyempurnakan konsep serta menciptakan aplikasi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. 

- Games

Satu lagi produk digital yang tak dapat dilepaskan dari fungsi utama JavaScript sebagai bahasa pemrograman. Aneka jenis games yang dapat diakses di ponsel pintar maupun perangkat komputer juga menggunakan kombinasi JavaScript dan HTML5 dalam proses pengembangannya.

bahasa javascript developer

Produk yang dihasilkan sudah tentu memuaskan. Games yang dikembangkan dengan basis JavaScript memiliki tampilan grafis prima dengan tingkat kompleksitas yang terus meningkat. Penggunanya pun dapat menikmati pengalaman bermain gim yang lebih nyaman dan menyenangkan.

- Media Presentasi

Kegunaan JavaScript sebagai media presentasi mungkin kalah populer dari fungsinya sebagai elemen pengembangan website atau aplikasi. Namun, tahukah Anda? JavaScript ternyata bisa pula menjadi alternatif media presentasi yang lebih responsif dan interaktif dibandingkan media yang dibuat dalam PowerPoint atau Keynote.

Jika Anda sudah familier dengan konsep CSS dan HTML, mengembangkan media presentasi berbasis JavaScript akan terasa lebih mudah dilakukan. Saat ini, ada sejumlah web app yang memungkinkan Anda untuk menyusun media presentasi sendiri dengan tampilan grafis yang lebih menarik untuk disimak. Beberapa contohnya adalah BespokeJS dan Reveal JS. Aplikasi tersebut tentunya mengandalkan JavaScript sebagai salah satu penggerak utama.

- Seni Digital

Selain digunakan sebagai bahasa pemrograman bagi sederet produk digital bersifat teknis, fungsi JavaScript kini juga merambah pada penyajian seni berbasis digital. Dalam spesifikasi HTML5 berbasis JavaScript, fitur terbaru yang ditawarkannya meliputi elemen kanvas digital yang dapat mengubah browser menjadi bentuk tiga dimensi untuk menyajikan berbagai jenis karya seni.

Media ini menjadi terobosan baru yang dapat digunakan oleh semua pihak. Tak hanya memberi kesempatan bagi kreator seni rupa untuk menyajikan karya terbaiknya, penggunaan JavaScript dalam bidang seni digital juga membuat penikmat seni lebih mudah dalam mengakses karya-karya modern yang beragam.

Tugas Seorang JavaScript Developer

Pada titik ini, Anda sudah dapat memahami jika JavaScript merupakan bahasa pemrograman populer yang dapat diaplikasikan ke berbagai produk digital di platform berbeda-beda. Penerapan dan pengembangan produk-produk tersebut dilakukan oleh JavaScript Developer atau pengembang JavaScript, baik yang bekerja secara perseorangan maupun dalam sebuah tim profesional. 

Secara statistik, Career Explorer mencatat bahwa sekitar 1 dari 3 karier developer di seluruh dunia diisi oleh pengembang JavaScript. Hal ini membuktikan betapa penguasaan JS beserta fungsi dan programnya sangat dibutuhkan untuk memenuhi tuntutan dan kebutuhan digital di masa sekarang.

JavaScript Developer bertanggung jawab dalam menyusun program produk digital sekaligus mengembangkan dan menerapkannya di berbagai platform. Tak hanya menyusun program inti dalam pembuatan website atau aplikasi, pengembang JS juga harus mampu beradaptasi dengan beberapa tugas pemrograman lainnya yang mungkin diperlukan sebagai fasilitas pendukung. 

Karena menggunakan bahasa pemrograman populer yang sudah banyak diaplikasikan pada berbagai produk digital, pengembang dengan keterampilan dasar JavaScript bisa bekerja dengan intensitas dan teknik tingkat tinggi. Ragam produk yang dikembangkannya telah dipercaya memiliki sejumlah keunggulan, meliputi halaman web interaktif, desain responsif, user interface yang rapi, serta keunggulan lain yang memberikan akses yang lebih praktis dan dinamis bagi seluruh penggunanya. 

Umumnya, seorang pengembang JavaScript bekerja sebagai dalam proyek front-end, yakni pengembang website yang memfokuskan pekerjaannya pada tampilan luar sebuah produk digital. Tugas utama pengembang ini adalah menciptakan tampilan website atau aplikasi yang menarik sekaligus menambahkan fitur-fitur tambahan yang membuat pengguna lebih mudah dalam menggunakan produk digital tersebut.

tugas javascript developer

Meski demikian, tak menutup kemungkinan pula jika pengembang JS ikut berkontribusi dalam pengembangan web back-end. Dalam hal ini, JS developer berperan sebagai tim pendukung yang akan memastikan program di balik layar sesuai dan tepat sasaran dengan tampilan di depan layar yang disuguhkan kepada pengguna.

Para pengembang JavaScript dapat ditemukan di berbagai satuan kerja. Mereka bisa bekerja secara individual sebagai freelancer atau konsultan independen. Namun, seiring popularitas JavaScript yang kian meningkat, pekerjaan ini juga dibutuhkan di satuan kerja yang lebih besar, termasuk start-up, perusahaan, organisasi, bahkan lembaga pemerintahan.

Skill yang Pasti Dimiliki JavaScript Developer

Menerapkan konsep logika front-end dan elemen visual dalam produk digital yang dikembangkannya, seorang JavaScript Developer dapat bekerja secara efektif karena telah dibekali sederet skill pendukung. Selain pemahaman luas tentang bahasa pemrograman populer serta fungsi dan implementasinya, berikut adalah sejumlah skill lain yang pasti dimiliki oleh seorang pengembang JavaScript.

  • HTML dan CSS: fondasi utama dalam program web coding. Kemampuan mengaplikasikan kedua bahasa ini menjadi salah satu modal penting yang dibutuhkan pengembang dalam menyelesaikan proyek yang ditanganinya.
  • CSS dan kerangka JavaScript: kolaborasi inti yang menghadirkan fungsionalitas umum dalam pengembangan produk digital. Pemahaman mengenai CSS dan kerangka JavaScript akan memudahkan pengembang untuk bekerja dengan konsep dan aspek yang berbeda-beda. 
  • Prinsip Front-End Development: elemen penting yang dibutuhkan pengembang untuk memulai proyeknya. Keterampilan dan pemahaman tentang konsep ini dianggap sebagai modal berharga yang harus dimiliki seorang pengembang JavaScript. Hal tersebut juga akan memudahkan pengembang untuk beralih dari satu proyek ke proyek lainnya.
  • JavaScript/jQuery: bahasa pemrograman lanjutan yang menangani fungsi sebuah web atau konten digital. Dengan memadukan prinsip JavaScript dan fitur lanjutan dari jQuery, JavaScript Developer dapat menambahkan berbagai ekstensi dan plugins ke dalam produk yang dikembangkannya. Fitur tersebut dapat memudahkan dan mempercepat kerja website.
javascript developer skill
  • Version Control/Git: skill lanjutan dari pemahaman JS, CSS, dan HTML. Keterampilan ini dibutuhkan pengembang untuk mencatat progress kerja mereka serta mengontrol penggunaan kode dan prosedur yang digunakan selama pengembangan suatu produk digital.
  • Performa Web: keterampilan yang akan menyempurnakan konsep awal JS, CSS, dan HTML. Kemampuan dalam mengatur performa web akan memudahkan pengembang JavaScript untuk melakukan evaluasi dan menemukan kesalahan—jika ada—sebelum produk digitalnya diluncurkan ke publik.
  • Command Line: keterampilan yang akan meningkatkan kredibilitas kerja pengembang. Melalui Command Line, pengembang JavaScript akan mampu memberikan kredibilitas yang signifikan terhadap produk yang dikembangkannya. Skill ini juga akan menyempurnakan fitur Graphic User Interface (GUI) yang banyak dilibatkan dalam proyek kerja berbasis JS. 

Selain tujuh keterampilan teknis di atas, seorang pengembang JavaScript juga dituntut untuk memiliki beberapa skill tambahan lainnya. Sejumlah skill berikut dibutuhkan untuk dapat mendukung efektivitas dan produktivitas kerja saat mengembangkan berbagai produk digital berbasis program JS:

  • Memiliki motivasi tinggi dan sikap mudah menyerah.
  • Terampil dalam berkomunikasi dan melakukan kerja kolaborasi bersama unsur pengembang lainnya.
  • Berorientasi detail sekaligus dapat melihat konsep keseluruhan saat mengerjakan suatu proyek pengembangan produk digital.
  • Memiliki pengetahuan lanjutan tentang konsep-konsep abstrak, logika, serta matematika.
  • Mampu terus berusaha dan belajar dalam pengembangan skill. Hal ini diperlukan agar developer bisa menyesuaikan keterampilannya dengan perkembangan zaman dan kebutuhan berbasis JavaScript serta bahasa pemrograman lain yang masih berhubungan.

Mengapa JavaScript Developer Semakin Diminati?

Keberadaan JavaScript Developer kian banyak diminati karena popularitas bahasa pemrograman yang digelutinya juga mampu mencapai tingkat popularitas tertinggi. Berikut adalah beberapa alasan mengapa jumlah pengguna dan peminat JavaScript serta pengembangnya terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu.

1. JavaScript adalah Bahasa Pemrograman Paling Populer Saat Ini

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Stack Overflow di tahun 2016, JavaScript menempati posisi puncak sebagai bahasa pemrograman paling populer di masa sekarang. Popularitas bahasa pemrograman ini membuat Anda lebih mudah dalam mencari tenaga ahli yang dapat mengembangkan produk digital sesuai kebutuhan.

Kepopuleran JavaScript juga memberikan dampak positif bagi kualitas produk yang dihasilkannya. Anda tak perlu meragukan profesionalitas pengembang JS karena standarnya sudah diatur secara global oleh Ecma International. Organisasi yang bergerak di bidang pengawasan mutu sistem informasi dan komunikasi ini selalu melakukan pembaruan dan perbaikan standar penulisan JavaScript secara berkala. Konsepnya pun kerap dijadikan acuan utama bagi komunitas pengembang JS di seluruh dunia.

2. Proyek yang Bisa Dikerjakan Lebih Luas dan Beragam

JavaScript Developer memiliki kesempatan yang luas dalam mengembangkan beragam proyek berbasis bahasa pemrograman populer. Hampir semua produk digital yang bisa Anda temui saat ini melibatkan JavaScript sebagai salah satu bagian penting dalam pengembangannya. 

Pengembang JavaScript tentu memiliki andil yang besar dalam hal ini. Mereka memiliki pemahaman penuh mengenai bahasa, konsep utama, serta pola umum dalam pengembangan JavaScript di berbagai produk digital. Sebagai hasilnya, pengembang JavaScript dapat bekerja sama dengan Anda untuk menciptakan proyek digital yang disesuaikan dengan tujuan dan kebutuhan. 

Saat ini, JavaScript banyak dilibatkan dalam pembuatan dan pengembangan konten digital di berbagai platform. Selain relatif mudah dalam hal penerapannya, kerangka JS juga bisa menciptakan website atau aplikasi yang multifungsi sekaligus bisa bekerja secara cepat dan tepat saat diakses oleh pengguna. Anda pun bisa memilih pemrograman ini untuk menciptakan representasi digital profesional untuk tujuan bisnis maupun kebutuhan perusahaan.

3. Pengembangan Website atau Aplikasi Bisa Dilakukan Secara Efektif

Efektivitas kerja menjadi alasan lain mengapa JavaScript developer kian banyak diminati saat ini. Karena sederet kemampuan programming yang dimilikinya, para pengembang tersebut akan mampu bekerja secara lebih efisien dan tepat sasaran. Pengetahuan akan kerangka dan prinsip JavaScript menciptakan banyak fitur bermanfaat yang juga bisa meningkatkan produktivitas kerja pengembangnya.

Konsep JS juga terbilang mudah dikombinasikan dengan bahasa pemrograman lain yang dapat mendukung pengembangan produk digital menjadi lebih sesuai dengan tujuan dan keinginan pembuatnya. Hal ini membuat pengembang JavaScript memiliki kemampuan untuk bekerja secara lebih cepat, tepat, dan bisa mengerjakan beberapa proyek berbeda dalam waktu relatif singkat.

javascript developer proyek

Kecepatan dan ketepatan pengolahan JavaScript dipengaruhi pula oleh sistem sintaksisnya yang terbilang sederhana. Karena terinspirasi dari konsep Java yang merupakan program pendahulunya, program JS lebih mudah untuk dioperasikan dibanding program populer sejenis seperti C++. Begitu selesai, produk digital yang dikembangkan dengan konsep JavaScript dapat langsung bekerja di berbagai browser berbeda.

4. Produk yang Dikembangkan Lebih Responsif dengan Fitur dan Fungsi Terbaik

Memfokuskan fiturnya pada pengalaman client-or-user-side, JavaScript Developer mampu mengembangkan produk digital yang lebih responsif. Dengan berbagai fitur dan fungsi menarik yang dimilikinya, pengembang web berbasis JavaScript akan membuat pengalaman pengguna menjadi lebih mudah dan cepat. Hal ini menjadi kian optimal saat JavaScript dikombinasikan dengan CSS3 dan HTML5. 

Sejak awal pengembangannya, JavaScript memang sudah menghadirkan fitur interaktif pada user interface. Fungsi utamanya ini kini diterapkan pula pada berbagai aplikasi web untuk pengembangan UX yang lebih menarik. Bahkan, salah satu turunan JavaScript, yakni Vue.js, mampu mengembangkan user interface dengan tampilan animasi dan transisi yang lebih canggih nan modern. 

5. Kebutuhan JavaScript akan Terus Meningkat Seiring Waktu

Tak hanya populer di masa sekarang, JavaScript juga diprediksi akan terus berkembang di masa yang akan datang. Oleh karena itu, bukan hal mustahil jika kebutuhan JavaScript terus mengalami peningkatan seiring waktu, terutama di era digital seperti saat ini. Artinya, ekosistem JavaScript yang melibatkan pengembang, klien, dan pengguna juga akan semakin banyak.

Di masa depan ketika Artificial Intelligence (AI) dan Internet of Things (IoT) dikembangkan secara masif, JavaScript akan mampu beradaptasi untuk menjadi bagian dari sistem pemrograman tersebut. Di sinilah peran pengembang JavaScript dibutuhkan sebagai karakter utamanya. Mereka harus terampil menggerakkan bahasa pemrograman populer menjadi bagian tak terpisahkan dari teknologi futuristik yang jauh lebih canggih.

Kesimpulan

Setelah eksis selama kurang lebih 25 tahun, JavaScript kini dianggap sebagai bahasa pemrograman paling populer yang berfungsi menciptakan dinamika pada beragam produk digital. Kolaborasinya dengan program CSS dan HTML juga membuat JavaScript mampu menghidupkan website dan produk digital lainnya menjadi lebih responsif, interaktif, serta lebih cepat dan mudah untuk diakses oleh pengguna.

Penggunaan JavaScript yang luas dapat diaplikasikan ke dalam berbagai jenis proyek, meliputi website, aplikasi web dan ponsel, games, hingga sebagai alternatif media presentasi dan galeri seni. Dengan cakupan fungsi yang bervariasi, Anda bisa mengandalkan bahasa pemrograman ini untuk menciptakan produk digital yang dapat disesuaikan dengan tujuan dan kebutuhan pribadi maupun perusahaan.

Popularitas JavaScript yang kian meroket tak akan bisa dicapai tanpa kerja keras dan cerdas dari JavaScript Developer yang andal. Para pengembang ini semakin banyak diminati karena telah diakui memiliki skill yang mumpuni serta profesionalitas yang tak perlu diragukan lagi. Proses kerja serta hasil yang dikembangkannya pun menjadi lebih efektif dengan fitur serta fungsi terbaik.

Di SoftwareSeni, Anda akan menemukan IT consultant serta pengembang profesional yang mengandalkan fungsi serta prinsip pengembangan JavaScript untuk berbagai kebutuhan. Dari pengembangan website hingga mobile app, SoftwareSeni adalah solusi bagi Anda yang ingin turut menjadi bagian dari transformasi bisnis di era digital masa kini dan masa depan.

FAQ

Table of Contents

+ Show

Punya Project atau Ingin Membuat Aplikasi?

Hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan aplikasi Anda lebih lanjut
Office Address Image

SYDNEY

55 Pyrmont Bridge Road,
Pyrmont NSW 2009 Australia
+61 2 8123 0997

YOGYAKARTA

Unit A & B
Jl. Prof. Herman Yohanes No.1125, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223