8 Bahasa Pemrograman Paling Populer untuk Pengembangan Aplikasi Mobile

8 Bahasa Pemrograman Paling Populer untuk Pengembangan Aplikasi Mobile

by
Winda Ayu
April 5, 2022
July 13, 2022

Di era sekarang dimana kemajuan dunia teknologi sangatlah pesat, dorongan untuk mempelajari teknologi baru dan pembangunan teknologi baru pun semakin tinggi.

Permintaan akan sumber daya manusia yang mengerti akan teknologi pun juga semakin meningkat. Banyaknya perusahaan, institusi maupun UMKM yang memiliki kebutuhan akan teknologi untuk mengejar pergerakan pasar yang ada di masyarakat melalui sebuah platform digital baik dalam bentuk website maupun aplikasi mobile.

Selain itu, pengguna smartphone yang kian banyak juga mempengaruhi akan tingkat kebutuhan platform digital khususnya aplikasi mobile, dalam memasarkan suatu produk atau jasa.

Oleh karena itu tidak heran, jika perkembangan mengenai bahasa pemrograman yang khusus diperuntukan untuk aplikasi mobile juga semakin pesat. Dan berikut ini adalah beberapa bahasa pemrograman yang bisa digunakan untuk membangun aplikasi mobile untuk bisnis Anda. 

Java

Java adalah bahasa pemrograman teratas yang digunakan oleh banyak pengembang di seluruh dunia untuk membantu memprogram aplikasi Android dan iOS. Bahasa pemrograman ini sangat diperhitungkan karena mudah digunakan, harga murah, dan menawarkan banyak tools dan library yang layak.

Java, dibuat oleh James Gosling dan pertama kali dirilis pada 1995 oleh Sun Microsystems. Java kemudian menjadi bahasa terpopuler kedua di GitHub setelah JavaScript. Saat ini, Java mendukung lebih dari 3 miliar perangkat dan masuk menjadi 70% Top Grossing Mobile OS pada tahun 2016.

Java adalah salah satu bahasa pemrograman paling populer yang cocok untuk mengembangkan aplikasi seluler. Meskipun Java tidak dianggap lintas platform, Java masih berfungsi di banyak sistem operasi termasuk Windows dan OS X.

Objective C

Objective C berasal dari sistem operasi Apple, yang berarti lebih mudah digunakan, lebih sedikit kesalahan, dan membutuhkan lebih sedikit kode. Ada beberapa aplikasi lain yang dikembangkan menggunakan Objective C di Android, namun bahasanya akan sulit digunakan di platform ini.

Saat ini, Swift telah diadopsi secara luas dan bahasa ini unggul dalam pengembangan aplikasi mobile. Anda akan merasa bekerja dengan Swift jauh lebih cepat daripada Objective C atau Java. Objective C merupakan bahasa lintas platform, berorientasi objek, dan salah satu bahasa paling menonjol dalam pengembangan aplikasi mobile

Objective C dikembangkan oleh Brad Cox dan Tom Love pada tahun 1984 dan telah disempurnakan sejak saat itu. Hal ini berarti bahwa Objective C tidak hanya dirancang untuk bekerja pada sistem operasi Apple tetapi juga untuk Windows dan Linux; dimana Objective C memiliki keuntungan saat mengkodekan grafik, menjadikannya pilihan yang sangat populer di kalangan para developer.

Swift

Sepintas, Swift mungkin tidak tampak seperti bahasa pemrograman yang digunakan karena relatif baru dan tidak ada di GitHub. Tetapi, Swift telah mengalami peningkatan pesat dan pada tahun 2015 dinobatkan sebagai bahasa pemrograman yang paling disukai oleh Stack Exchange.

Salah satu fitur unggulan dari Swift adalah model terpadu yang menampilkan bahasa berorientasi objek dan imperatif modern. Swift telah dikembangkan sejak 2009 yang berarti bukan merupakan bahasa yang baru dan ketinggalan zaman. Pada tahun 2016, Swift memutuskan untuk membuat dampak besar dalam dunia pengembangan aplikasi mobile. Yang pada dasarnya menggabungkan Objective-C dan C# ke dalam satu bahasa dengan banyak manfaat.

JavaScript

JavaScript adalah bahasa pemrograman web inovatif yang memungkinkan halaman web berinteraksi dengan objek lain di dalam web. JavaScript menggunakan berbagai jenis skrip dan dijalankan secara dinamis di mesin, server, atau cloud klien.

Sebagai salah satu bahasa pemrograman paling populer untuk pengembangan aplikasi mobile, kode JavaScript dapat dilakukan dengan cukup cepat untuk menghasilkan aplikasi yang kuat dan layak. Ada banyak bahasa pemrograman populer untuk pengembangan aplikasi mobile yang tersedia, tetapi JavaScript dipilih karena merupakan bahasa yang serbaguna dan juga berfungsi dengan baik dengan API dari berbagai perusahaan, selain kemampuan pemrograman lintas platformnya. Selain menjadi salah satu bahasa pemrograman paling trending di Stack Overflow, JavaScript juga sejauh ini yang paling fleksibel.

Dart

Dart adalah bahasa yang lebih ringan dan lebih cepat jika dibandigkan dengan Java atau Objective-C, sehingga membantu aplikasi mobile memuat lebih cepat.

Selain itu, bahasa ini memiliki beberapa fitur yang akan membantu Anda meningkatkan konsumsi memorinya seperti tipe aljabar, akses asinkron ke data statis, dan pustaka untuk pengujian unit. Dart dapat dibilang sebagai bahasa pemrograman paling kuat untuk pengembangan aplikasi mobile. Bahasa ini juga memiliki dasar yang kuat untuk kecerdasan mesin dan terbukti telah digunakan oleh Uber dan Tesla.

Dart merupakan bahasa pemrograman open source yang dikembangkan oleh Google. Bahasa ini pertama kali diperkenalkan pada 2010. 1 tahun kemudian dirilis sebagai platform untuk pengembangan aplikasi mobile. Bahasa ini menawarkan fitur-fitur berikut; Dart VM, perpustakaan memori dan abstraksi.

Kotlin

Bahasa pemrograman aplikasi mobile Kotlin adalah bahasa skrip Java/Kotlin yang kompatibel untuk lintas platform yang dibuat oleh JetBrains pada tahun 2009. 

Kotlin digunakan oleh banyak perusahaan untuk membuat aplikasi mereka, dan merupakan alternatif terbaik untuk Swift, Java, C# dan Objective-C yang telah populer sebelum Kotlin. Bahasa pemrograman ini telah digunakan untuk pengembangan Android hingga baru-baru ini Apple mengumumkan bahwa mereka akan membuka kemungkinan untuk portal iOS juga. 

Kotlin adalah bahasa pemrograman yang ditulis secara statis dan dirancang untuk bekerja cepat dan praktis. Dibandingkan dengan Java dan Swift, Kotlin menghilangkan ambiguitas sintaksis dan membuat pengembangan aplikasi multi-platform lebih mudah.

React.js

React.js adalah library dari JavaScript yang biasa digunakan saat membangun UI (User Interface) suatu website atau aplikasi web.

React.js juga dianggap seperti library yang berisi berbagai kode JavaScript yang sudah tertulis (pre-written). Kode sudah tersedia dan developer tinggal mengambil kode yang ingin Anda gunakan. Sehingga, ini membuat proses coding menjadi lebih efisien. 

Library ini juga bersifat open source yang berarti akan terus berkembang karena semua orang bebas memodifikasi kode di dalamnya.

React.js merupakan salah satu library yang sangat populer. Saat ini ada lebih dari satu juta website yang sudah menggunakannya, bahkan website-website terkenal seperti bbc.com, paypal.com, dan yahoo.com juga menggunakannya.

Flutter

Flutter adalah Software Development Kit (SDK) yang diperuntukan untuk membantu para developer untuk membuat aplikasi mobile cross platform.

Flutter sendiri merupakan teknologi open source yang dikembangkan pertama kali oleh Google dan pertama kali rilis pada Mei 2017. Flutter memungkinkan para developer membuat aplikasi mobile cross platform seperti Android, iOS, Linux, Mac, Windows, Google Fuchsia, hingga Web platform, hanya dengan menggunakan single codebase.

Flutter menyediakan user interface widgets yang mana fitur ini akan memudahkan developer dalam membangun aplikasi mobile. Widgets ini dapat kustomisasi dengan mudah, tanpa perlu menulis coding dari nol. 

Buat Aplikasi Mobile Bisnismu Sendiri

Permintaan pasar mengenai pengembangan aplikasi mobile terus meningkat seiring pertumbuhan dunia digital yang kian pesat. Berbagai macam industri bermuara pada tersedianya layanan digital sebagai kanal marketing perusahaan. 

Hal itu menyebabkan tingkat kebutuhan akan developer guna mengembangkan aplikasi mobile juga kian besar, sehingga ketersediaan sumber daya yang berpengalaman dan profesional pun kian sedikit. 

Untungnya sekarang telah banyak perusahaan pengembang yang menyediakan service untuk membangun aplikasi mobile guna kebutuhan perusahaan korporasi ataupun startup. Dan salah satu perusahaan pengembang yang memiliki developer berpengalaman dan profesional adalah Softwareseni.

SoftwareSeni sendiri merupakan salah satu software house dengan compliance terbaik yang ada di Indonesia. SoftwareSeni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, dan aplikasi. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara hingga di 2017, SoftwareSeni mulai bekerja dengan perusahaan Indonesia.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2022, SoftwareSeni memiliki lebih dari 200 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan-perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni.

FAQ

Daftar Isi

+ Show

Punya Project atau Ingin Membuat Aplikasi?

Hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan digital untuk bisnis Anda lebih lanjut.
Office Address Image

YOGYAKARTA

Unit A & B
Jl. Prof. Herman Yohanes No.1125, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223

SYDNEY

55 Pyrmont Bridge Road,
Pyrmont NSW 2009 Australia
+61 2 8123 0997