10 Alasan Website Company Profile Perusahaan Itu Penting

10 Alasan Website Company Profile Perusahaan Itu Penting

by
Ahid Maulana
October 4, 2021

Sebagaimana diketahui, perilaku konsumen mengalami perubahan seiring waktu untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi di era digital. Berbekal internet, Anda bisa mengembangkan bisnis dan menjangkau konsumen lebih luas. Jika dulu selebaran atau brosur digunakan untuk mempromosikan bisnis, maka kini Anda hanya perlu membuat company profile perusahaan.  

Pentingnya Company Profile untuk Bisnis

Company profile memudahkan audiens menemukan bisnis Anda. Tidak hanya di sekitar Anda, melainkan ke seluruh penjuru dunia. Dengan informasi yang lengkap dan tampilan menarik, company profile efektif meningkatkan kesadaran merek konsumen dan menjangkau klien potensial. 

Tanpa company profile, audiens tidak akan mendapatkan informasi detail terkait perusahaan, seperti nama jelas, lokasi, produk yang ditawarkan, sejarah perusahaan, prestasi, dan lainnya.

Apa Itu Company Profile Perusahaan?

Company profile atau yang sering disebut comprof adalah perkenalan singkat atau ringkasan profesional perusahaan. Company profile memungkinkan berbagai kalangan mendapatkan gambaran umum tentang produk atau layanan perusahaan, target pasarnya, kekuatan uniknya, rekam jejaknya, dan entitas bisnis.

Company profile sangat penting karena menjadi sumber utama informasi tentang perusahaan. Selain menyatakan fakta tentang perusahaan, company profile harus berisikan nilai utama dan budaya perusahaan. Hal ini akan menunjukkan seberapa efektif perusahaan dalam memenuhi kebutuhan klien.

Pada dasarnya, audiens yang melihat profil perusahaan memiliki peluang untuk bekerja sama di masa depan. Oleh karena itu, company profile harus dioptimalkan sebaik mungkin. Sesuai dengan tujuan dari company profile itu sendiri, yakni meningkatkan kredibilitas perusahaan. 

Kendati tidak memberikan pemasukan langsung layaknya toko online, company profile akan memudahkan klien untuk mengenal perusahaan tanpa perlu mencari informasi dari media konvensional lain, seperti surat kabar, papan reklame, atau brosur.

Umumnya, company profile bisa ditemukan pada website resmi perusahaan. Profil perusahaan wajib dirancang dengan baik agar tujuan dari pembuatannya tersampaikan. Company profile yang buruk tidak akan mampu menarik atensi dan mempengaruhi klien atau calon investor potensial. 

Agar company profile tampak unik dan menonjol dibandingkan pesaingnya, tak sedikit perusahaan menggunakan jasa web developer untuk menyelesaikan proyek website development perusahaan.

Fungsi Company Profile

Dari penjelasan yang telah dijabarkan, dapat disimpulkan bahwa company profile perusahaan memiliki sejumlah fungsi, antara lain: 

  • Sebagai media yang berfungsi untuk menyampaikan informasi tentang perusahaan kepada pihak yang membutuhkan. 
  • Memberi gambaran singkat mengenai bisnis perusahaan kepada audiens. Dengan begitu, klien mengetahui apa saja yang ditawarkan oleh perusahaan dan apakah penawaran tersebut memenuhi kebutuhan klien atau tidak. 
  • Membantu perusahaan menciptakan brand story. Meskipun tampak sepele, brand story merupakan cara terbaik untuk menarik klien potensial. Dengan brand story, perusahaan bisa menceritakan tentang sejarah pendirian, bisnis, apa yang berusaha visi dan misi, pencapaian, dan produk atau jasa yang ditawarkan. 
  • Secara tidak langsung, company profile dapat dijadikan sebagai cara untuk mempromosikan perusahaan atau kesadaran merek kepada masyarakat. 
  • Company profile berfungsi untuk menonjolkan keunikan karakter sebuah merek atau perusahaan. Informasi yang terangkum dalam company profile tidak hanya ditujukan untuk klien potensial, tetapi juga menunjukan kekhasan perusahaan di mata mitra, investor, ataupun pelamar kerja.

Jenis Company Profile 

Company profile perusahaan terdiri dari beragam jenis, yakni:

1. Web

Jenis Company Profile : Website

Kehadiran internet membuat jarak tak menjadi penghalang seseorang mengakses informasi. Hal ini dimanfaatkan untuk menciptakan profil perusahaan berbasis website yang dapat dilihat oleh siapa saja, di mana saja.  

Contoh profile web yang banyak digunakan, antara lain website perusahaan, web applications, web portal komunitas, dan web e-commerce . Profile web yang baik dibekali fitur Content Management System (CMS) dan Responsive Web Design (RWD). Dengan fitur tersebut, profile web dapat bekerja di beragam jenis platform, seperti PC, tablet, dan smartphone

2. Cetak

Company profile cetak adalah jenis yang paling umum digunakan sekaligus paling mudah dan praktis untuk mempresentasikan perusahaan kepada klien. Sesuai namanya, company profile perusahaan cetak mengutamakan tulisan dan gambar. Desainnya yang simpel, tetapi tampak elegan, eksklusif, dan berkelas membuat company profile cetak sangat menarik.

3. Video

Company profile video bersifat multimedia. Jenis ini merupakan gabungan antara animasi, teks, foto, grafik, dan suara yang diolah sedemikian rupa sehingga menarik di mata klien. Umumnya company profile video berdurasi singkat.

Jenis Company Profile : Video

Itulah mengapa konsepnya wajib dipikirkan secara matang. Pasalnya, konten company profile video harus dikemas secara menarik, singkat, jelas, dan padat. Mengingat sebagian besar orang lebih menyukai kegiatan menonton dan mendengar dibandingkan membaca, kehadiran company profile video akan sangat membantu melengkapi jalannya presentasi.

4. Interaktif (Program atau Aplikasi)

Tak berbeda jauh dengan company profile video, company profile interaktif juga dilengkapi suara, foto, video, dan animasi untuk memberikan audiens pengalaman yang menyenangkan selama penjelajahan. 

Company profile perusahaan jenis ini fokus pada interaktivitas. Secara tidak langsung klien ikut terlibat dalam memilih informasi yang dibutuhkan dan menentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menikmati company profile melalui menu yang tersedia. 

Company profile interaktif dapat diaplikasikan di berbagai jenis media multitouch, ponsel pintar, atau tablet. Untuk menciptakan company profile jenis ini, Anda bisa menghubungi penyedia layanan mobile app development atau software development

Perlukah Perusahaan Memiliki Company Profile? Ini Alasannya!

Jika Anda telah cukup lama berkecimpung di dunia bisnis, maka disarankan untuk membuat company profile perusahaan. Secara tidak langsung, company profile menceritakan banyak hal mengenai bisnis atau merek Anda. 

Mengingat dunia bisnis sangat kompetitif, memiliki profil perusahaan yang unik dan menarik akan membuat bisnis lebih menonjol. Tentunya, hal ini juga memberi banyak keuntungan bagi Anda. Meskipun usaha yang Anda bangun belum begitu besar, company profile akan membantu bisnis semakin berkembang dan dikenal luas.

Agar lebih yakin, simak sederet alasan mengapa Anda memerlukan company profile berikut ini. 

1. Alat Pemasaran Terbaik

Company profile menggambarkan sekilas tentang perusahaan atau bisnis Anda sekaligus membantu menentukan karakter dan target yang hendak dicapai. Profil perusahaan akan membantu Anda menarik atensi audiens.

Website profil perusahaan ini berfungsi sebagai alat untuk melancarkan strategi pemasaran digital. Berkat company profile, Anda tak perlu susah payah membujuk dan meyakinkan klien potensial untuk menjalin kerja sama bisnis. 

Selain kemudahan tersebut, media promosi praktis ini juga memberikan banyak keuntungan, di antaranya:

  • Terjangkau – Dibandingkan media promosi konvensional, biaya yang dikeluarkan untuk membuat company profile lebih terjangkau sehingga dapat menghemat anggaran. 
  • Jangkauan Lebih Luas Website company profile merupakan media yang menggunakan internet sehingga jangkauannya lebih luas. Dengan begitu, siapa pun dapat mengakses profil perusahaan atau bisnis Anda di mana pun dan kapan pun.
  • Lebih Efisien dan Efektif – Melalui company profile, Anda bisa berinteraksi langsung dengan klien. Ketika terjadi masalah, Anda bisa lebih mudah menemukan solusi terbaik. Anda juga bisa menentukan strategi pengembangan bisnis, tanpa mengeluarkan banyak biaya dan menghabiskan banyak waktu.

Oleh karena itu, manfaatkan hal tersebut. Buat audiens menyadari keberadaan Anda. Agar lebih optimal, gunakan format cetak atau distribusikan company profile dalam format digital melalui email bisnis atau proposal. Dengan cara ini, peluang untuk mendapatkan klien potensial semakin tinggi.

2. Media Untuk Menceritakan Kisah Bisnis atau Perusahaan

Dunia bisnis berkembang pesat dan sangat kompetitif. Dibutuhkan lebih dari sekadar kemampuan menjual untuk menciptakan peluang bisnis. Jika Anda merasa kesulitan mengembangkan bisnis, maka gunakan company profile untuk menceritakan kisah tentang bisnis atau perusahaan Anda.  

Disadari atau tidak, cara tersebut sangat efektif mempererat hubungan dan meningkatkan kepercayaan calon klien terhadap bisnis Anda.

3. Media Informasi Lengkap

Melalui company profile, Anda bisa memberikan informasi secara rinci kepada klien atau mitra. Mulai alamat perusahaan, nomor kontak, produk dan layanan, sejarah pendirian, promo, dan lain-lain. 

Informasi akurat tidak hanya memudahkan klien mengenal bisnis Anda, melainkan juga dapat meminimalisasi hal yang tak diinginkan, seperti rumor tak bertanggung jawab atau kasus penipuan yang mengatasnamakan bisnis Anda. 

4. Meningkatkan Brand Awareness

Keberadaan company profile menjadi sarana meningkatkan brand awareness perusahaan. Informasi lengkap yang terangkum di halaman company profile perusahaan sangat menguntungkan. Pasalnya, hal ini memungkinkan perusahaan mendapatkan kesan pertama yang positif di mata audiens.

5. Meningkatkan Kredibilitas Perusahaan

Company profile berperan penting dalam membangun citra atau branding, dan meningkatkan kredibilitas perusahaan. Tampilan profil yang profesional dengan isi berkualitas dan informasi jelas akan membuat klien mempercayai produk atau layanan yang Anda tawarkan. 

6. Selangkah Lebih Maju

Anda tentu ingin bisnis atau perusahaan lebih dikenal luas. Salah satu cara termudah untuk mewujudkan keinginan tersebut adalah dengan membuat company profile perusahaan. Dibandingkan cara promosi lain, company profile lebih efektif, praktis, dan inovatif. 

Company profile dapat memengaruhi image perusahaan atau merek di mata klien. Dengan biaya relatif murah, Anda selangkah lebih maju dari kompetitor yang belum memiliki profil perusahaan. 

7. Pembaruan Informasi

Biasanya, company profile menyajikan informasi terbaru mengenai produk atau layanan, kebijakan dan ketentuan perusahaan, promosi khusus, dan sebagainya. Cara ini akan membuat audiens selalu terhubung dan merasa lebih dekat dengan bisnis Anda. Bukan mustahil, beberapa audiens tersebut akan menjadi klien setia di masa mendatang.

Dibandingkan biaya membuat iklan baru di radio, televisi, atau banner, pembaruan melalui website lebih praktis, hemat waktu, tenaga, dan anggaran.

8. Memaparkan Visi dan Misi

Company profile berguna sebagai media informasi untuk memaparkan visi dan misi perusahaan kepada khalayak umum. Mulai dari kegiatan rutin, agenda atau event penting, hingga rekam jejak dan perkembangan bisnis selama perusahaan berdiri.

Melalui informasi tersebut, bisnis Anda akan lebih dikenal luas. Keberadaan bisnis atau perusahaan Anda akan dicari. Hal ini secara otomatis akan memunculkan peluang dan pasar baru yang jangkauannya lebih luas. 

9. Memperluas Target Market

Company profile perusahaan dapat diakses oleh seluruh orang di dunia. Secara otomatis, peluang untuk menarik klien dari berbagai daerah dan negara terbuka lebar. Dengan kemudahan tersebut, Anda bisa mendapatkan keuntungan lebih banyak. 

10. Meningkatkan Kepuasan Konsumen

Keberadaan company profile dapat memicu peningkatan kepuasan konsumen. Hasil penelitian Nielsen Norman Group mengungkap bahwa website profil efektif meningkatkan kepuasan pelanggan hingga Sembilan persen dalam lima tahun terakhir.

Bagaimana Cara Membuat Website Company Profile Perusahaan yang Menarik?

Untuk membuat website profil perusahaan yang menarik, Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut ini. 

- Menentukan Jenis Perusahaan

Pastikan untuk menentukan jenis perusahaan agar halaman company profile lebih terarah. Jenis perusahaan bisa Anda lihat dari segmentasi pasar, nilai perusahaan, atau berdasarkan produk atau layanan yang ditawarkan.

- Tujuan Pembuatan Profil

Tujuan umum pembuatan company profile adalah untuk memperkenalkan perusahaan. Namun, tak dapat dimungkiri bahwa profil perusahaan juga kerap digunakan sebagai portofolio untuk menarik minat para investor. Apa pun tujuannya, profil perusahaan harus dibuat semenarik mungkin.

- Buat Profil yang Singkat dan Padat

Sebaiknya profil perusahaan dibuat secara singkat, jelas, dan padat. Jika company profile berbentuk teks, maka disarankan tak lebih dari dua halaman. Selain menghemat waktu, hal ini dilakukan untuk mencegah kebosanan yang memicu audiens mengabaikan informasi yang dipaparkan. Jika company profile dibuat dalam format video, maka hindari durasi panjang untuk meminimalisasi kejenuhan. 

- Gunakan Data Akurat

Data yang digunakan dalam pembuatan company profile haruslah akurat dan bisa dipertanggungjawabkan. Selain meningkatkan kredibilitas, hal ini dapat menambah kepercayaan audiens terhadap bisnis atau perusahaan Anda. 

- Pertahankan Orisinalitas

Orginialitas ada Company Profile

Membuat profil perusahaan memang bukan perkara mudah. Orisinalitas adalah kunci utama merancang company profile perusahaan yang baik dan menarik. Hindari menyadur profil perusahaan lain kemudian diganti dengan milik Anda. Selain menyebabkan profil perusahaan menjadi kurang berbobot, hal ini bisa mendorong klien menaruh rasa curiga dan tidak percaya terhadap bisnis Anda.

- Kreatif

Pembuatan company profile yang jauh dari kata kreatif hanya dapat menarik atensi audiens untuk melihatnya sekilas. Lain halnya jika profil perusahaan Anda memiliki tampilan menarik. Audiens akan merasa penasaran dan tertarik. Bahkan, audiens rela menghabiskan waktunya untuk membaca informasi secara detail. 

Mengingat pengaruh company profile dalam menciptakan kesan baik terhadap perusahaan sangat besar, profil perusahaan harus dilengkapi dengan sejumlah hal berikut ini.

  • Informasi Dasar – Mencakup alamat, kontak, visi dan misi, sejarah, deskripsi layanan atau produk, pertumbuhan, tim inti, dan portofolio klien. 
  • Pengakuan Industri – Penjelasan mengenai pencapaian perusahaan berupa penghargaan, sertifikasi, pengakuan dan liputan media, testimoni klien, dan kemitraan. 
  • Informasi Tambahan – Mencakup target keuangan, penjualan tahunan, jumlah karyawan, mitra bisnis, dan dokumentasi.

Tips Memilih Jasa Pembuatan Website Company Profile 

Banyak pebisnis yang memanfaatkan profil perusahaan sebagai media promosi sekaligus mengembangkan bisnis. Tingginya kebutuhan akan company profile perusahaan membuat jasa pembuatan website tumbuh subur. 

Anda bisa menemukan banyak jasa pembuatan website profesional murah. Namun, jangan tergiur harga miring tanpa memastikan kualitasnya lebih dulu. Pasalnya, tak sedikit pengguna yang mengeluh karena hasil profil perusahaan yang dipesan tidak sesuai harapan.

Agar Anda tak salah pesan, simak panduan memilih jasa pembuatan website profesional perusahaan berikut ini.

1. Cek Tampilan Website Penyedia Jasa

Banyak orang yang menyepelekan tampilan website penyedia, padahal hal ini sangat penting untuk menilai kinerja dan kualitasnya. Sediakan waktu untuk memperhatikan website penyedia jasa secara keseluruhan. Apakah tampilannya menarik? User friendly atau justru menyulitkan pengguna? 

Berdasarkan tampilan tersebut, Anda akan lebih mudah menilai kualitas produk yang dihasilkan penyedia jasa website.

2. Cek Profil dan Legalitas

Lakukan penelusuran secara mendalam terkait tim yang terlibat dalam pembuatan company profile. Meskipun kegiatan ini menghabiskan banyak waktu, Anda akan mendapat informasi penting mengenai anggota tim, spesifikasi keahlian yang dimiliki, dan pengalaman karier.

Pastikan penyedia jasa pembuatan website mengantongi surat izin resmi. Legalitas yang jelas tidak hanya memberikan nilai lebih pada jasa tersebut, tetapi juga memberikan rasa aman pada Anda sebagai klien. Ketika terjadi masalah, Anda akan lebih mudah meminta bantuan.  

3. Memiliki Portofolio

Sebelum menetapkan pilihan, ada baiknya untuk mengecek rekam jejak penyedia jasa pembuatan company profile. Biasanya penyedia jasa akan menampilkan portofolio di website resmi. Portofolio tidak harus banyak, yang penting adalah kualitas dan keberhasilan tim menyelesaikan proyek. Kepuasan pelanggan adalah bukti keberhasilan secara nyata. 

4. Produk yang Tersedia

Hal lain yang patut dipertimbangkan sebelum menyewa jasa pembuat website profil perusahaan adalah mengecek produk yang ditawarkan. Apakah produk yang tersedia sesuai dengan kebutuhan Anda? Jika tidak, maka jangan ragu untuk bertanya melalui layanan customer service

5. Bergaransi

Beri nilai lebih pada penyedia jasa website yang memberikan garansi. Meskipun tampak sepele, garansi merupakan jaminan yang diberikan oleh penyedia jasa terhadap konsumen. Dengan garansi, konsumen akan terlindungi dari hal yang tidak diinginkan, seperti spesifikasi produk yang tidak sesuai, website sering mengalami lag, atau terjadi galat ketika loading

Garansi juga mencakup pemeliharaan website. Maintenance wajib dilakukan untuk menjaga performa website tetap optimal. 

6. Cek Testimoni

Pentingnya Section Testimoni pada Company Profile

Pastikan untuk mengecek testimoni klien yang pernah bekerja sama dengan penyedia jasa tersebut. Testimoni merupakan bukti dari kualitas dan kinerja penyedia jasa pembuatan company profile. Testimoni bernada positif dapat meningkatkan rasa percaya Anda terhadap jasa tersebut. Gunakan testimoni tersebut sebagai bahan pertimbangan pengambilan keputusan.

7. Mempertimbangkan Harga dan Pelayanan

Petimbang Harga dan Pelayanan jika Ingin membuat Company Profile

Selain enam poin di atas, hal lain yang tak boleh Anda lupakan adalah harga dan pelayanan. Tak ada salahnya untuk mengecek harga pasaran lebih dulu kemudian membandingkannya dengan harga dari sejumlah penyedia jasa lain. Jika tempat yang Anda pilih mematok harga lebih mahal, maka cek layanan dan fitur yang ditawarkan. Apakah harga tersebut sepadan dengan kualitas dan fitur yang akan Anda dapatkan?

Selain harga, pelayanan yang diberikan oleh penyedia jasa juga bisa dijadikan sebagai parameter sebelum memutuskan. Pilih penyedia jasa pembuatan website profil perusahaan yang mudah dihubungi, ramah, dan tak segan menjawab segala pertanyaan terkait produk atau layanan yang Anda butuhkan.

Rekomendasi Jasa Pembuatan Company Profile

Kesulitan menemukan penyedia jasa pembuatan website terpercaya dan berkualitas? Jatuhkan pilihan Anda pada SoftwareSeni. Software house yang berlokasi di Kota Yogyakarta ini memiliki rekam jejak mumpuni. 

Berbagai proyek, baik website development, mobile app development, dan software development sukses diselesaikan sesuai dengan standar tinggi dan kualitasnya telah teruji secara internasional. Untuk mengetahui proyek-proyek yang sudah berkolaborasi dengan SoftwareSeni, kunjungi halaman berikut ini.

Selain itu, dengan dukungan dari ratusan tenaga ahli, IT Consultant, dan staf berpengalaman, SoftwareSeni menawarkan kemudahan bagi Anda untuk menciptakan website atau aplikasi sesuai kebutuhan. Silahkan kunjungi halaman ini untuk mengetahui anggota tim yang ada di SoftwareSeni.

Demikianlah informasi lengkap mengenai company profile yang perlu Anda pahami. Dengan beragam manfaat yang ditawarkan, tak perlu lagi merasa ragu membuat website profesional untuk menunjang bisnis Anda. Konsultasikan kebutuhan Anda pada costumer service atau IT Consultant SoftwareSeni untuk mendapatkan solusi terbaik.


FAQ

Table of Contents

+ Show

Punya Project atau Ingin Membuat Aplikasi?

Hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan aplikasi Anda lebih lanjut
Office Address Image

SYDNEY

55 Pyrmont Bridge Road,
Pyrmont NSW 2009 Australia
+61 2 8123 0997

YOGYAKARTA

Unit A & B
Jl. Prof. Herman Yohanes No.1125, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223
+62 858 6514 9577