OTHERS
Daftar pertanyaan yang sering diajukan oleh klien kami terkait layanan, model kerjasama hingga informasi umum lainnya mengenai Softwareseni.
Referensi konkrit yang Softwareseni sediakan untuk membantu Anda menemukan jawaban atas pertanyaan dan kebutuhan digital Anda.
Rincian kebijakan Softwareseni terkait dengan penggunaan, pengungkapan, penyimpanan, penghapusan, pengiriman dan/atau perlindungan Informasi Pribadi milik klien kami.
ABOUT US
Tentang Softwareseni
Softwareseni adalah salah satu Software House dengan compliance terbaik yang ada di Indonesia. Softwareseni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, aplikasi serta IT developer outsourcing. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara, hingga di 2017 Softwareseni mulai mengerjakan berbagai project digital untuk perusahaan Indonesia.
Indonesia
© 2022 SoftwareSeni all rights reserved.
Blog
Dev
Mengapa Mobile Friendly itu Penting Bagi Website?
Jelajahi lebih jauh berbagai layanan otomotif kami di sini!
MULAI
MULAI
Dev
Dec 20, 2023
Dec 14, 2021

Mengapa Mobile Friendly itu Penting Bagi Website?

PENULIS
Ahid Maulana
BAGIKAN ARTIKEL INI

Teknologi mobile memang telah berkembang begitu cepat dalam satu dekade terakhir, tak heran jika banyak masyarakat yang kini semakin akrab dengan perangkat mobile, hingga tak jarang dari mereka (red. masyarakat) yang ketergantungan dengan gadget mereka. 

Lantas mengapa gadget begitu mempengaruhi masyarakat sekarang? Dan apa dampak dari gadget, ketika seseorang sudah terlanjur “jatuh cinta” dan ketergantungan pada sebuah gadget

Perubahan minat dan perilaku masyarakat

Berdasarkan data yang dihimpun oleh HootSuite & We Are Social, jumlah perangkat mobile yang terkoneksi internet di Indonesia melonjak tajam menjadi 345,3 juta, dengan pengguna yang aktif di sosial media mencapai 170 juta atau naik 10 juta dari periode sebelumnya dan diperkirakan akan terus naik setiap tahunnya.

Data tersebut menjadi bukti bahwa perkembangan teknologi mobile, khususnya di Indonesia sangat cepat. Data tersebut juga menunjukan bahwa masyarakat kini semakin akrab dan “dipaksa” untuk cepat beradaptasi dengan teknologi mobile.

Selain itu, perkembangan teknologi yang begitu cepat juga turut mempengaruhi perubahan minat dan perilaku masyarakat dalam beraktivitas, khususnya aktivitas masyarakat dalam menjelajah internet, seperti browsing, streaming hingga membaca berita pun mereka lakukan melalui smartphone mereka. 

Hal itu yang kemudian mempengaruhi dalam perkembangan website sekarang. Website sekarang dituntut untuk memperhatikan aspek mobile friendly untuk membuat user tetap nyaman ketika mereka mengunjungi website via platform mobile.

Apa itu Website Mobile Friendly?

Website Mobile Friendly merupakan website yang dirancang khusus untuk perangkat mobile  seperti tablet, iPad, smartphone, dengan menyesuaikan user interface seperti ukuran, bentuk, dan konten, pada website tersebut, sehingga user yang mengunjungi website menggunakan perangkat mobile mereka akan tetap mendapatkan pengalaman yang menyenangkan. 

Setidaknya, ada beberapa alasan mengapa membangun website yang mobile friendly itu penting.

Meningkatnya Pengguna Perangkat Mobile

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ada kenaikan pengguna perangkat mobile di Indonesia menjadi 345,5 juta dan diperkirakan akan terus naik setiap tahunnya.

Artinya mayoritas user akan mengunjungi website melalui perangkat mobile mereka, sehingga penting untuk membangun website yang memiliki aspek mobile friendly. Dengan begitu user  bisa lebih nyaman dan betah untuk menghabiskan waktu di website tersebut.

Website Mobile Friendly Mempengaruhi SEO

Tahun 2015, Google merilis pembaruan terhadap algoritma hasil pencarian mereka, dimana mereka memasukan aspek mobile friendly sebagai salah satu parameter perangkingan sebuah website. 

Tentunya semua itu dilakukan untuk meningkatkan kepuasan pengalaman user ketika menjelajah sebuah website, sehingga user akan lebih nyaman dalam menjelajah website tersebut. 

Dari situ dapat ditarik kesimpulan, bahwa mobile friendly bisa jadi salah satu faktor kesuksesan strategi digital marketing dalam suatu bisnis, khususnya SEO.

Menjangkau Lebih Banyak Pelanggan dan Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

Dengan semakin banyaknya pengguna perangkat mobile yang mengakses website menggunakan perangkat mobile mereka, artinya semakin besar pula komoditas di dalamnya. Sehingga jika sebuah website telah memiliki aspek mobile friendly, sebuah bisnis berpeluang  menjangkau lebih banyak pelanggan.

Selain itu, website dengan mobile friendly juga akan meningkatkan kredibilitas sebuah bisnis, karena bagaimanapun aspek mobile friendly menjadi suatu hal yang wajib untuk era sekarang. Akan menjadi hal yang aneh untuk sekarang, jika suatu website belum memiliki aspek mobile friendly, yang tentunya hal itu akan menurunkan kredibilitas bisnis di mata masyarakat.

Lalu bagaimana caranya untuk membangun website yang mobile friendly? Jika dalam perusahaan Anda memiliki departemen IT sendiri, Anda bisa meminta mereka untuk melakukan riset terlebih dahulu mengenai bagaimana membuat website yang mobile friendly yang dibutuhkan pelanggan Anda. Namun jika Anda belum memiliki departemen IT sendiri, bekerjasama dengan perusahaan pengembang atau software house adalah solusi praktis. Dengan pengalaman mereka (red. Software house), mereka akan memberikan saran dan solusi untuk kebutuhan situs atau website Anda.

Softwareseni adalah salah satu software house dengan compliance terbaik yang ada di Indonesia. Softwareseni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, dan aplikasi. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara hingga di 2017, Softwareseni mulai bekerja dengan perusahaan Indonesia.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2021, SoftwareSeni memiliki lebih dari 200 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan - perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni.


PENULIS
Ahid Maulana
BAGIKAN ARTIKEL INI
Jelajahi lebih jauh berbagai layanan otomotif kami di sini!
MULAI
MULAI

Let's Talk!

Punya Project atau Ingin Bekerja Sama?
Hubungi kami dan kembangkan Software impianmu, sekarang!