Bagaimana Toko Online Membantu Anda Meningkatkan Omset Penjualan

Bagaimana Toko Online Membantu Anda Meningkatkan Omset Penjualan

by
Ahid Maulana
November 16, 2021

Era digital terus memberikan masyarakat kebebasan dalam memilih, fleksibilitas serta kenyamanan dalam bertransaksi. Tak heran, pada akhirnya banyak masyarakat yang beralih dari belanja offline atau konvensional, ke belanja online.

Dengan semakin banyaknya masyarakat yang beralih ke belanja online, banyak perusahaan yang pada akhirnya mengarahkan bisnis mereka ke pasar digital, dengan harapan bisnis mereka dapat bertahan di tengah ketatnya persaingan bisnis atau bahkan berpotensi untuk berkembang dan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Khusus pada industri ritel, tidak sedikit perusahaan yang mentransformasi bisnis mereka ke arah digital, seperti membuat website atau membangun aplikasi mobile untuk meningkatkan "gairah" bisnis mereka di hadapan masyarakat agar terlihat lebih menarik.

Dari situlah tren toko online mulai menjamur di kalangan pebisnis ritel. Banyak dari pebisnis yang kemudian mengadopsi toko online untuk menjangkau setiap lapisan masyarakat demi mengakuisisi calon konsumen baru mereka.

Manfaat Toko Online bagi Konsumen

Selain fleksibilitas dan kenyamanan dalam berbelanja, toko online sendiri memiliki beberapa manfaat lain bagi konsumen, diantaranya adalah:

Belanja Menjadi Lebih Praktis

Toko online memungkinkan konsumen untuk memesan atau membeli barang tanpa harus keluar rumah, bahkan ketika konsumen sedang makan pun, konsumen dapat berbelanja melalui toko online

Mereka (red. konsumen) cukup membuka website, atau aplikasi toko online, memilih barang atau produk yang mereka ingin beli, melakukan pembayaran, dan “boom” konsumen telah berbelanja melalui toko online.

Tentunya ini lebih praktis dibanding jika konsumen harus mendatangi gerai atau toko fisik untuk membeli barang atau produk yang mereka inginkan. 

Dapat Melakukan Komparasi Harga dan Kualitas Produk

Toko online membuat konsumen dapat melakukan perbandingan harga suatu produk dan juga kualitasnya. Itulah mengapa kebanyakan toko online memiliki fitur review product, hal ini selain sebagai wadah testimoni konsumen terhadap suatu produk, nyatanya fitur review product juga mempengaruhi konsumen untuk memutuskan apakah membeli produk tersebut atau tidak.

Manfaat inilah yang tidak ada di belanja offline, jika pun konsumen harus melakukannya, itu hal akan sangat merepotkan bagi konsumen, karena konsumen harus datang ke satu toko ke toko lainnya.

Pengalaman Belanja yang Lebih Menyenangkan

Toko online memberikan sensasi dan pengalaman belanja yang berbeda dibandingkan dengan belanja melalui toko konvensional atau offline. Mengapa demikian? Karena biasanya toko online banyak menawarkan konsumen promo spesial, seperti adanya cashback, diskon, hingga flash sale. Itulah yang membuat toko online semakin digemari konsumen dibandingkan dengan toko konvensional pada umumnya.

Metode Pembayaran yang Bervariasi

Tidak seperti toko konvensional atau offline, toko online cenderung memiliki fitur atau metode pembayaran yang lebih bervariasi. Hal ini tentu membuat konsumen mempunyai lebih dari satu pilihan untuk menentukan metode pembayaran apa yang akan mereka gunakan. 

Tidak hanya sebatas transfer bank, debit, maupun kredit saja, namun toko online juga memiliki metode pembayaran via e-wallet seperti gopay, ovo, shopeepay, linkaja dan e-wallet yang lainnya. Bahkan toko online juga mendukung pembayaran melalui merchant seperti indomaret atau alfamart.

Selain memiliki manfaat bagi konsumen, nyatanya toko online memiliki segudang potensi dan manfaat untuk membantu Anda mengembangkan dan meningkatkan omset penjualan bisnis Anda. 

Manfaat Toko Online bagi Konsumen

Ada beberapa manfaat toko online yang bisa didapatkan oleh pebisnis untuk mengembangkan bisnis mereka serta meningkatkan omset penjualan bisnis, diantaranya adalah:

Jangkauan Konsumen yang Lebih Luas

Tidak seperti toko offline yang ruang lingkup pemasarannya terbatas pada area geografis tertentu saja, toko online mampu menjangkau area pemasaran yang lebih luas bahkan tak terbatas pada suatu area geografis. Asalkan konsumen memiliki akses internet, konsumen akan tetap dapat berbelanja, dimanapun, dan kapanpun.

Manfaat inilah yang membuat perusahaan memiliki potensi untuk mengembangkan bisnis mereka lebih luas lagi, dengan menyasar konsumen baru, yang sebelumnya mungkin belum bisa mereka jangkau dengan toko offline.

Meningkatkan Brand Awareness Perusahaan

Dengan jangkauan yang lebih luas, secara tidak langsung toko online juga bermanfaat untuk meningkatkan brand awareness suatu perusahaan di mata publik. Tentunya hal ini membuat perusahaan akan semakin dikenal, berkembang dan tentunya tingkat kepercayaan konsumen pun akan ikut meningkat.

Promosi Produk yang Lebih Mudah

Toko online memungkinkan promosi produk menjadi lebih mudah, dukungan internet juga membuat persebaran informasi mengenai promosi produk akan lebih cepat meluas di kalangan konsumen. 

Tidak hanya promosi produk baru, Anda sebagai business owner juga bisa memberikan penawaran menarik pada konsumen dengan berbagai promo menarik, seperti diskon, cashback, hingga flash sale

Data yang Tersentral

Toko online juga memungkinkan Anda memiliki berbagai berbagai data konsumen yang bisa Anda gunakan untuk menunjang keputusan bisnis Anda. Selain sebagai data penunjang keputusan bisnis, data pada toko online dapat Anda gunakan sebagai bahan evaluasi, dan perancangan strategi baru untuk perkembangan bisnis Anda kedepannya.

Data dari toko online akan membantu Anda dalam memantau produk apa yang benar - benar dibutuhkan oleh konsumen Anda, dan mengurangi produk - produk yang memiliki performa penjualan rendah, sehingga produk yang Anda jual, akan benar - benar tepat sasaran.

Dengan berbagai manfaat yang ditawarkan oleh toko online untuk konsumen dan business owner, tidak heran banyak perusahaan yang bergerak di bisnis ritel mengadopsi sistem ini untuk mengembangkan bisnis mereka lebih besar lagi.

Namun perlu Anda ingat, untuk mengadopsi toko online untuk bisnis Anda bukanlah perkara yang mudah, perlu adanya riset yang cukup panjang mengenai kebutuhan bisnis dan kebutuhan konsumen. Oleh karena itu tidak sedikit dari perusahaan yang memutuskan untuk bekerja sama dengan software house, sebagai solusi praktis untuk membangun toko online

Softwareseni adalah salah satu perusahaan pengembang atau software house yang memiliki layanan IT terlengkap yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Softwareseni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, dan aplikasi. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara hingga di 2017, Softwareseni mulai bekerja dengan perusahaan Indonesia.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2021, SoftwareSeni memiliki lebih dari 200 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan - perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni

Jadi, apakah Anda tertarik untuk membangun toko online untuk perusahaan bersama Softwareseni?

FAQ

Table of Contents

+ Show

Punya Project atau Ingin Membuat Aplikasi?

Hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan aplikasi Anda lebih lanjut
Office Address Image

SYDNEY

55 Pyrmont Bridge Road,
Pyrmont NSW 2009 Australia
+61 2 8123 0997

YOGYAKARTA

Unit A & B
Jl. Prof. Herman Yohanes No.1125, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223