VPS dan Dedicated Server: Mana yang Paling Tepat untuk Bisnis Anda?

VPS dan Dedicated Server: Mana yang Paling Tepat untuk Bisnis Anda?

by
Winda Ayu
September 5, 2022
September 13, 2022

Apabila Anda sedang dalam proses memikirkan untuk membuat sebuah website, tentunya akan ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan dan dipikirkan dengan matang. Selain nama domain, atau memilih penyedia web hosting terbaik, ada satu lain yang pastinya tidak boleh Anda sepelekan. Yaitu adalah pemilihan jenis hosting yang tepat.

VPS dan dedicated server merupakan dua pilihan untuk Anda yang membutuhkan hosting dengan sumber daya besar dan kebebasan pengaturan. Namun, apa perbedaan VPS dan dedicated server? Dan mana yang paling tepat untuk bisnis Anda?

Mari kita simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Perbedaan VPS dan Dedicated Server

  1. Pengertian

Virtual private server atau VPS adalah hosting dengan server virtual yang bersumber daya besar dan digunakan secara bersama-sama. Meski begitu, setiap pengguna VPS mendapatkan porsi sumber daya yang terdedikasi sesuai paket yang dibeli.

Ibaratnya, VPS layaknya apartemen dengan beberapa penghuni. Namun, masing-masing penghuni memiliki ruang tinggal sendiri-sendiri.

Sementara itu, dedicated server merupakan server fisik yang juga menawarkan sumber daya yang besar untuk digunakan khusus satu orang. Jadi, jenis hosting ini bisa diibaratkan rumah pribadi karena Anda memiliki seluruh ruangnya, dan bebas menggunakan fasilitas di rumah tersebut.

  1. Fleksibilitas

Pengguna virtual private server (VPS) bisa menikmati cukup banyak keleluasaan dalam mengatur hostingnya. Sebab, VPS memperbolehkan Anda untuk menentukan sistem operasi (OS) hosting, panel kontrol, dan software penunjang seperti firewall untuk keamanan.

Tak hanya itu, sumber daya VPS yang besar dan terdedikasi sehingga lebih mumpuni menangani traffic baik dalam jumlah kecil atau besar. Jadi, ketika pada satu waktu diakses banyak pengunjung bersamaan, tetap mudah diakses.

Dedicated server menawarkan kebebasan yang lebih baik. Karena servernya digunakan sendiri, Anda mendapatkan kapasitas sumber daya yang lega.

Dengan demikian, dedicated server tidak hanya bisa menampung traffic dalam jumlah besar, tetapi juga memungkinkan Anda untuk menginstal beberapa software penunjang kebutuhan website tanpa membebani server.

  1. Keamanan

Meskipun memiliki keamanan yang baik, penggunaan server virtual private server (VPS) dengan beberapa user sekaligus mempengaruhi tingkat keamanannya. Sebab, jika ada pengguna VPS lain yang terkena serangan hacker atau malware, Anda juga akan menerima dampaknya.

Misalnya, ketika salah satu user mengalami serangan DDoS yang membebani server, performa server berkurang akan dirasakan oleh semua pengguna di server tersebut.

Dedicated server bisa dikatakan lebih aman karena Anda menggunakan servernya seorang diri. Artinya, Anda bisa lebih optimal dalam menjaga agar terhindar dari serangan cyber dengan menerapkan teknik optimasi keamanan dengan baik.

VPS dan Dedicated Server: Mana yang Paling Tepat untuk Bisnis Anda?

Dengan berbagai keunggulannya, VPS cocok bagi Anda yang ingin upgrade dari shared hosting karena membutuhkan sumber daya besar dengan harga relatif terjangkau.

Sebagai contoh, ketika Anda memiliki toko online yang lambat ketika diakses banyak pengunjung bersamaan. Dengan beralih ke VPS, toko online Anda akan lebih stabil dan cepat meskipun dibanjiri pengunjungnya.

Akan tetapi, Anda dapat memilih dedicated server apabila membutuhkan sumber daya yang lebih besar untuk menampung lebih banyak traffic dan data.

Yang tidak kalah penting, dengan sebuah dedicated server, Anda bisa memaksimalkan tingkat keamanan hosting dan website.

Selama biaya berlangganan tidak menjadi masalah, dedicated server tentu menjadi pilihan yang lebih baik.

Memilih Server Terbaik untuk Bisnis Anda

Baik VPS maupun dedicated server memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. 

VPS dapat digunakan oleh beberapa user sekaligus, sedangkan dedicated server hanya digunakan khusus untuk satu pengguna. Oleh karena itu, performa dedicated server bisa lebih optimal ketika menampung pengunjung dalam jumlah banyak.

Selain itu, tingkat keamanan dedicated server bisa dikatakan lebih baik. Karena dedicated server bersifat pribadi, Anda tidak perlu takut ada pengguna hosting lain yang websitenya diserang malware dan berimbas pada Anda.

Namun, apabila Anda memiliki keraguan dan kebingungan memilih mana yang sesuai dengan bisnis Anda, jangan ragu untuk mengkonsultasikan kebimbangan Anda kepada SoftwareSeni. Tidak hanya sebagai salah satu perusahaan pengembang yang terbaik yang telah banyak membantuk perusahaan mencapai tujuan bisnis digitalnya, SoftwareSeni juga mengambil bagian untuk menjadi jembatan dan wadah konsultasi bisnis digital sehingga perusahaan Anda tidak akan salah langkah.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2022, SoftwareSeni memiliki lebih dari 200 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan-perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni.

FAQ

Daftar Isi

+ Show

Punya Project atau Ingin Membuat Aplikasi?

Hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan digital untuk bisnis Anda lebih lanjut.
Office Address Image

YOGYAKARTA

Unit A & B
Jl. Prof. Herman Yohanes No.1125, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223

SYDNEY

55 Pyrmont Bridge Road,
Pyrmont NSW 2009 Australia
+61 2 8123 0997