Tren eCommerce yang Semakin Memuncak di Tengah Pandemi

Tren eCommerce yang Semakin Memuncak di Tengah Pandemi

by
Ahid Maulana
October 14, 2021

Pandemi Covid - 19 secara tidak langsung memicu berbagai efek domino di berbagai sektor kehidupan, tak terkecuali sektor bisnis. Banyak perusahaan ritel konvensional yang pada akhirnya “dipaksa” untuk terjun ke ranah online untuk mempertahankan eksistensi mereka di dunia bisnis.

Pandemi Covid - 19 tengah memperlihatkan kedigdayaannya dalam mempengaruhi setiap sektor bisnis. Bukan tanpa sebab, pandemi Covid - 19 dianggap sebagai faktor utama dalam perubahan minat dan perilaku konsumen secara masif. 

Hal ini yang kemudian mendorong para pebisnis untuk terus berinovasi agar bisnis mereka tetap eksis di tengah situasi yang belum pasti seperti saat ini. Situasi inilah yang kemudian menjadikan teknologi eCommerce berkembang dengan sangat cepat.

Faktor Penyebab Berkembangnya eCommerce

Perubahan perilaku konsumen yang masif, telah menciptakan tren baru dalam berbelanja (red. Belanja online). Layanan eCommerce yang semakin hari semakin nyaman dan aman, membuat sebagian besar konsumen mengalihkan minat mereka dalam berbelanja, dari yang sebelumnya belanja offline menjadi belanja online. 

Gaung eCommerce sendiri sudah mulai terdengar sejak satu dekade yang lalu, namun tidak banyak pebisnis yang menyadari akan potensi eCommerce itu sendiri, selain karena tidak adanya garansi keberhasilan di sana, perlu untuk membuat strategi yang matang agar kemudian tidak merugi. Sampai akhirnya pandemi Covid - 19 datang, dan mengakselerasi minat, perilaku serta kebutuhan konsumen.

Situasi inilah yang kemudian membuat sebagian pebisnis dalam situasi yang rumit. Mereka seakan hanya dikasih dua pilihan, maju dengan mengikuti tren untuk bertahan, atau harus menggulung tikar. 

Jika Anda adalah seorang pebisnis yang ditempatkan dalam situasi seperti ini, mana yang akan Anda pilih?

eCommerce Solusi Terbaik di Tengah Pandemi?

Tren eCommerce sendiri memang tengah booming, perkembangan teknologi eCommerce yang semakin hari semakin nyaman dan aman, serta memberikan banyak pilihan untuk kebutuhan konsumen, membuat konsumen semakin loyal dan akrab dengan eCommerce.

Bagi pebisnis sendiri, mungkin ada dua sudut pandang. Yang pertama pebisnis yang memandang eCommerce sebagai peluang untuk menangkap pangsa pasar baru yang lebih besar dan mempertahankan eksistensi mereka di dunia bisnis, sisi yang lainnya mungkin menganggap eCommerce sebagai pesaing yang bisa menjegal eksistensi mereka di dunia bisnis.

Apapun anggapannya, eCommerce telah menjadi bagian dari berkembangnya tren dan budaya belanja online masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan terus meningkatnya aktivitas belanja online masyarakat, serta banyaknya perusahaan yang mulai melakukan transformasi digital dengan mengadopsi sistem eCommerce.

Dibanding menganggap eCommerce sebagai pesaing, eCommerce justru dapat menjadi solusi yang efektif bagi Anda untuk “menyelamatkan” bisnis Anda di tengah krisis pandemi Covid - 19, selain digital marketing yang juga dianggap sebagai solusi tepat untuk keluar dari krisis pademi Covid - 19.

Platform eCommerce

Awalnya layanan eCommerce hanya tersedia dalam platform website. Namun seiring perkembangan teknologi yang begitu cepat, layanan eCommerce terus berkembang dan kini tersedia di beberapa platform digital. Adapun beberapa platform yang bisa Anda gunakan untuk membangun layanan eCommerce adalah sebagai berikut

Website

Seperti yang telah disebutkan di awal, website merupakan platform awal yang dapat menyediakan layanan eCommerce. Sebelumnya hal ini dipicu karena penggunaan internet yang terus meningkat, dan kebutuhan konsumen akan pengalaman berbelanja yang menyenangkan dan fleksibel menjadi salah satu faktornya.

Aplikasi Mobile

Popularitas aplikasi mobile beberapa tahun terakhir terus meningkat, bukan tanpa sebab menurut data Kominfo, sekitar 167 juta atau 86% dari total penduduk Indonesia telah menggunakan smartphone. Adanya potensi pasar itulah yang kemudian membuat layanan eCommerce juga hadir di aplikasi mobile. 

Sosial Media

Tidak hanya di website dan aplikasi mobile saja, kini layanan eCommerce juga bisa masyarakat temui di sosial media, seperti Facebook, Instagram dan yang terbaru adalah TikTok yang ikut meramaikan dalam menyediakan layanan eCommerce. 

Semakin "menjamurnya" layanan eCommerce di berbagai platform, menjadi berkah tersendiri bagi pebisnis. Mengapa demikian? Artinya tren layanan eCommerce masih positif, sehingga ada pangsa pasar yang bisa Anda bidik di sana. 

Faktor lainnya tentu, pandemi Covid - 19 yang tak kunjung usai, yang semakin mengakselerasi perubahan minat dan perilaku konsumen, khususnya perilaku belanja online. Ini membuat tren layanan eCommerce setidaknya akan tetap naik untuk beberapa tahun kedepan.

eCommerce Sebagai Solusi Efektif?

Jika bisnis Anda bergerak dibidang ritel, mungkin ini waktu yang tepat bagi Anda untuk melakukan transformasi digital pada bisnis Anda dengan mengadopsi layanan eCommerce. Selain berpotensi untuk menangkap peluang pangsa pasar baru akibat adanya perubahan minat dan perilaku belanja konsumen, eCommerce mungkin juga dapat menjadi solusi efektif bagi bisnis Anda yang terdampak krisis pandemi Covid - 19.

Namun sebelumnya, perlu Anda garis bawahi bahwa mentransformasi suatu bisnis dari konvensional ke digital bukanlah perkara mudah dan murah. Butuh proses yang cukup panjang serta biaya yang cukup mahal untuk melakukannya, terlebih tidak ada jaminan setelah Anda melakukan transformasi digital, bisnis Anda akan sukses.

Membangun Sistem eCommerce

Ketika Anda pada akhirnya memutuskan untuk mentransformasi bisnis Anda dengan mengadopsi layanan eCommerce, berarti Anda telah paham dengan segala bentuk konsekuensinya, serta telah membuat perencanaan dan strategi yang matang agar Anda terhindar dari kerugian yang besar.

Selain itu Anda perlu menyiapkan tim IT yang solid untuk membangun sistem eCommerce yang Anda butuhkan. Pastikan juga tim IT yang Anda miliki dapat menangkap semua ide - ide bisnis Anda yang kemudian dipresentasikan dalam bentuk sistem eCommerce.

Lalu bagaimana jika Anda belum mempunyai tim IT yang solid? Bekerja sama dengan software house merupakan salah satu solusi terbaik untuk itu. 

Softwareseni adalah salah satu software house dengan compliance terbaik yang ada di Indonesia. Softwareseni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, dan aplikasi. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara hingga di 2017, Softwareseni mulai bekerja dengan perusahaan Indonesia.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2021, SoftwareSeni memiliki lebih dari 190 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan - perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk membangun sistem eCommerce milik Anda sendiri bersama Softwareseni?


FAQ

Table of Contents

+ Show

Punya Project atau Ingin Membuat Aplikasi?

Hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan aplikasi Anda lebih lanjut
Office Address Image

SYDNEY

55 Pyrmont Bridge Road,
Pyrmont NSW 2009 Australia
+61 2 8123 0997

YOGYAKARTA

Unit A & B
Jl. Prof. Herman Yohanes No.1125, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223
+62 858 6514 9577