Mengenal Teknologi Digital Sebagai Bekal Menghadapi Revolusi 4.0

Mengenal Teknologi Digital Sebagai Bekal Menghadapi Revolusi 4.0

by
Rian Romadhon
August 20, 2021

Perubahan zaman adalah sebuah fase yang tidak bisa dihindari. Perubahan tersebut diikuti dengan munculnya tantangan-tantangan baru, dan sebagai manusia berakal sudah menjadi kewajiban kita untuk mencari solusi atas tantangan tersebut. Teknologi digital, merupakan salah satu dari sekian banyak solusi yang telah ditemukan oleh manusia.

Pengertian Teknologi Digital

Apa yang terlintas di benak kita ketika istilah teknologi digital disebut? Meskipun mungkin istilah ini sudah bukan hal asing di telinga, tetapi tidak semua orang tahu pengertian teknologi digital sebenarnya. Teknologi ini merupakan evolusi dari teknologi mekanis dan analog yang kita kenal sebelum tahun 1970.

Secara teknis, teknologi digital adalah suatu alat otomatis yang tidak memanfaatkan tenaga manusia tetapi menggunakan sistem komputerisasi. Sistem ini hanya bisa dibaca oleh komputer sehingga proses penyampaian informasinya lebih cepat dari teknologi lain.

Teknologi ini muncul pada awal 70-an dan disebut sebagai awal dari adanya revolusi teknologi. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, teknologi digital merupakan inovasi dari teknologi mekanis dan analog. Mekanis merupakan sistem otomatis yang dihasilkan sebuah mesin buatan manusia.

Pada teknologi mekanis tidak dibutuhkan komputer atau mikroprosesor. Salah satu kelemahan mekanis adalah, pengaturannya terbatas dan memiliki banyak bagian yang membutuhkan perawatan khusus. Kelemahan itu membuat mekanis digantikan oleh analog. 

Berbeda dengan mekanis, analog dioperasikan memanfaatkan sistem komputerisasi. Meskipun mungkin analog juga dikendalikan oleh mesin secara otomatis. Akan tetapi, teknologi sederhana tersebut belum bisa memproses informasi secara cepat sebagaimana digital. 

Jika teknologi analog mengubah gambar dan suara menjadi gelombang radio, maka teknologi digital mengonversi gambar dan suara tersebut menjadi data digital yang terdiri dari angka binary 1 dan 0. Contoh kecil dari ragam teknologi di atas adalah jam tangan. 

Jam tangan mekanis terdiri dari struktur mesin rumit yang harus dioperasikan secara manual oleh manusia agar bisa berputar. Adapun jam analog memanfaatkan sistem komputer otomatis dan hanya membutuhkan sumber tenaga berupa baterai. 

Sementara itu, jam digital memanfaatkan sensor untuk mengetahui keadaan di sekitar pengguna, seperti sensor cahaya, gerakan, dan lain sebagainya. Jadi informasi yang tersedia pun cukup beragam. Inilah mengapa teknologi digital dianggap lebih maju dibanding dua teknologi lainnya.

Secara garis besar, perkembangan teknologi digital bisa dilihat dari 4 era, yaitu:

  1. Lahirnya komputer pada tahun 1940 menandai awal lahirnya teknologi digital berbasis komputerisasi
  2. Lahirnya internet pada tahun 1989
  3. Lahirnya situs jejaring sosial pada tahun 1997
  4. Maraknya penggunaan internet dalam berbagai aspek kehidupan pada tahun 2000-an

Membaca penjelasan tentang pengertian teknologi digital, pasti timbul pertanyaan di benak kita tentang apa yang membuat digital lebih unggul daripada teknologi lainnya,

  1. Data yang dikirimkan dari satu tempat ke tempat lain tidak terpengaruh cuaca karena ditransmisikan dalam bentuk sinyal digital
  2. Berbagai tipe sistem komunikasi dalam bentuk digital tersedia dan mudah ditemukan
  3. Biaya perawatan lebih rendah
  4. Pengaturannya mudah

Saat ini teknologi digital dianggap paling mumpuni dan akan terus berkembang karena dipengaruhi oleh 3 hal, yaitu:

  1. Transisi digital
  2. Konvergensi jaringan
  3. Infrastruktur digital

Jenis-Jenis Teknologi Digital

Sejak teknologi digital muncul, banyak sekali bidang yang memanfaatkan teknologi ini sebagai media atau alat bantu. Hal tersebut membuat teknologi digital hadir dalam berbagai ragam ataupun jenis, di antaranya:

1. Teknologi Bisnis Digital

Sejak penggunaan media sosial marak di berbagai kalangan, memanfaatkan teknologi digital untuk memajukan bisnis bukan lagi hal baru. Bagi para pebisnis, pengertian teknologi digital lebih dari pemanfaatan alat canggih. Digital merupakan wajah baru bisnis mereka untuk menjangkau lebih banyak konsumen.

Melalui teknologi digital, pebisnis dapat melakukan ekspansi usaha tanpa harus menyewa atau membeli tempat baru. Cukup dengan memanfaatkan media sosial, segala aspek bisnis yang ingin dipermudah dapat difasilitasi oleh teknologi digital. Mulai dari pemasaran, penjualan, hingga pembayaran bisa dilakukan dengan menggunakan gadget saja. 

2. Teknologi Pendidikan Digital

Teknologi pendidikan digital beberapa waktu belakangan cukup marak karena pandemi COVID 19. Hal tersebut menstimulasi munculnya ragam pendidikan digital dalam bentuk aplikasi kelas atau situs tutorial online. Para siswa tidak hanya memanfaatkan komputer atau laptop untuk dapat menggunakan teknologi pendidikan digital.

Mereka juga bisa menggunakan smartphone yang terintegrasi dengan email untuk menyimpan, mengirim, atau bahkan mengolah data secara online. Inovasi semacam ini merupakan bukti, bahwa teknologi digital bisa menjadi solusi bagi setiap masalah kehidupan. 

3. Teknologi Komunikasi Digital

Jenis teknologi digital ini merupakan yang paling sering kita lihat. Sejak awal kemunculannya, teknologi digital memang hadir sebagai alternatif dari teknologi komunikasi analog yaitu telepon kabel yang digantikan oleh handphone. Saat ini, ragam teknologi komunikasi digital pun jauh lebih bervariasi.

Mulai dari yang memiliki bentuk fisik seperti smartphone atau komputer, hingga aplikasi seperti media sosial dan cloud. Melihat betapa pesatnya perkembangan teknologi komunikasi digital rasanya bukan lagi hal aneh apabila di masa mendatang muncul alat komunikasi berbasis digital baru yang tidak membutuhkan media sama sekali.

4. Teknologi Keuangan Digital

Uang kertas dan bank adalah produk klasik dunia keuangan. Karena saat ini adalah masanya financial technology berbasis digital. Mudah dan praktis adalah alasan utama mengapa teknologi semacam ini hadir di dunia keuangan. Apalagi saat ini hampir semua aspek kehidupan memanfaatkan keberadaan teknologi digital.

Dengan adanya teknologi keuangan digital seperti uang elektronik, mobile banking, dan online wallet, segala aktivitas online akan lebih mudah dilakukan kapan dan di mana saja.

Teknologi Digital Masa Kini

Meningkatnya kualitas hidup manusia akibat hadirnya teknologi digital membuat tuntutan hadirnya inovasi terbaru meningkat. Hal ini pula yang menjadi alasan kuat industri teknologi untuk membuat terobosan terbaru yang dapat mempermudah kehidupan kita di segala aspek.

Jadi jangan heran bisa beberapa tahun ke depan, kita akan menjadi saksi lahirnya pengertian teknologi digital baru yang membuat segala aspek kehidupan menjadi lebih mudah. Nah, berikut merupakan teknologi digital masa kini yang digadang-gadang menjadi primadona di masa mendatang,

1. 5G

5G merupakan hasil perkembangan dari 4G yang hadir 2012 silam. Menurut riset Harvard Business Review, teknologi digital ini memiliki kecepatan dan kapasitas lebih besar dengan konsumsi daya lebih kecil. Keberadaan 5G tentu dapat menjadi stimulasi munculnya produk atau inovasi komunikasi baru.

2. Internet of Things (IoT)

Sebagai bentuk baru internet, IoT menawarkan sistem pengumpulan informasi yang lebih baik dan terorganisasi. Teknologi digital ini mampu mengumpulkan data dari berbagai macam alat, sensor, dan sistem dari seluruh dunia. Teknologi ini hadir sebagai alat untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dan memenuhi kebutuhan mereka.

3. Big Data

Di era modern seperti sekarang Big Data dimanfaatkan untuk memperoleh informasi dari berbagai sumber berbeda dan digunakan untuk menghasilkan keputusan secara lebih cerdas. Sebagai sebuah inovasi terbaru di dunia teknologi digital, Big Data menawarkan kemampuan menganalisis dan interpretasi data dalam jumlah besar secepat mungkin.

4. Cloud

Komputasi cloud memang bukan hal baru di era modern seperti saat ini, Sebuah riset menunjukkan bahwa sekitar 73% bisnis telah menggunakan cloud dengan kapasitas sesuai kebutuhan. Cloud sendiri merupakan ruang penyimpanan dunia maya yang dapat diakses dari mana dan kapan saja. Cloud juga dapat diakses menggunakan alat apa pun sehingga lebih efisien. 

5. Artificial Intelligence (AI)

Saat ini ada banyak sekali perusahaan yang memanfaatkan AI atau kecerdasan buatan untuk mengatasi berbagai masalah kehidupan. AI sendiri merupakan inovasi terbaru yang memungkinkan sebuah mesin untuk memiliki kemampuan merasakan, memahami, bertindak, serta belajar layaknya manusia.

Banyak yang menganggap AI merupakan gambaran pengertian teknologi digital yang sebenarnya. Inovasi ini mampu mengatasi berbagai masalah yang dulunya hanya dapat diatasi dengan tenaga manusia. Keberadaan AI merupakan jawaban bagi usaha kecil yang sedang merintis, tetapi hanya memiliki sedikit modal untuk mengembangkan usaha mereka.

AI mampu membuat segala macam biaya menjadi jauh lebih efisien dan dijangkau oleh lebih banyak kalangan. AI juga merupakan titik awal munculnya teknologi serupa seperti automasi atau chabot. Dalam perjalanannya, teknologi ini dapat membantu segala proses bisnis menjadi lebih efisien dan akurat. 

6. Sistem Transportasi Cerdas

Sinergi teknologi digital dan kebutuhan manusia terhadap alat transportasi memadai menjadi awal munculnya sistem transportasi cerdas. Harapannya tentu saja, di masa mendatang sistem transportasi kita menjadi lebih mudah, efisien, dan tanpa hambatan. 

Banyak yang memprediksi bentuk transportasi cerdas di masa mendatang sebagai cellular vehicle to everything. Artinya, tidak lagi dibutuhkan manusia untuk menjadi masinis, nakhoda, atau bahkan pilot. Semuanya digerakkan oleh mesin yang diatur secara digital.

Saat ini, sistem transportasi cerdas sudah bisa kita temukan di negara-negara maju seperti Amerika dan Jepang. Jadi bukan tidak mungkin di masa mendatang teknologi semacam ini bisa kita lihat dengan mata kepala sendiri di negara kita.

Mengenal Revolusi Industri 4.0

Istilah “Revolusi Industri 4.0” pertama kali diperkenalkan pada publik dalam pameran industri di Hannover, Jerman tahun 2011 silam. Namun, sejarah mencatat, cikal bakal istilah ini muncul sudah ada sejak tahun 1970, ketika Revolusi Industri Ketiga berlangsung.

Pada saat itu, para pelaku usaha mulai memanfaatkan teknologi komputer untuk melakukan produksi secara masal. Penggunaan tenaga manusia pun mulai dikurangi. Sejak komputer menjadi inti dari sebuah produksi, inovasi-inovasi terbaru pun selalu muncul setiap tahunnya.

Teknologi komputer yang pada tahun 1970 mulai dikenal juga berkembang secara pesat dari berbagai sisi, mulai dari teknologi sensornya, interkoneksi, hingga kemampuan analisa data. Hingga akhirnya pada suatu titik, ide untuk mengintegrasikan seluruh fungsi teknologi pada Revolusi Industri Ketiga pun muncul.

Hal inilah yang menjadi awal dimulainya Revolusi Industri 4.0. Bisa dibilang, industri 4.0 merupakan otomasi sistem produksi dengan memanfaatkan teknologi digital secara menyeluruh. 

Bagaimana Peran Teknologi Digital dalam Menghadapi Revolusi 4.0

Jika mau dibedah, pengertian teknologi digital bisa ditafsirkan sebagai awal mula Revolusi 4.0 hadir di dunia industri. Inovasi ini merupakan cikal bakal berkembangnya ragam teknologi industri yang akhirnya membuat berbagai hal menjadi lebih efisien.

Jadi apabila bicara peran, teknologi digital bukan sekadar pengaruh, tetapi “nyawa” bagi Revolusi Industri 4.0. Lalu, apa bentuk nyata kontribusi teknologi digital pada keberlangsungan Revolusi 4.0? 

1. Kemajuan Internet

Integrasi industri dan teknologi digital ditandai dengan adanya internet. Saat ini pemanfaatan internet di pabrik bukan lagi hal baru. Hal tersebut membuat proses produksi tidak hanya mudah tetapi juga efisien dan hemat biaya. Bagaimana tidak, dengan kendali penuh dari komputer utama, seluruh mesin di pabrik bisa dikendalikan dari mana dan kapan saja.

2. Inovasi Teknologi Sensor

Kemajuan teknologi digital menstimulasi munculnya teknologi sensor pada industri. Melalui 1001 sensor, pemilik usaha mendapatkan 1001 cara untuk merekam segala hal selama 24 jam sehari. Informasi tersebut bahkan menyangkut kinerja pegawai manusia. Karena data yang terekam cukup variatif dan banyak, inovasi semacam ini juga dikenal sebagai Big Data.

Melalui Big Data pemilik usaha dapat mengevaluasi efektivitas produksi dan kinerja pegawai sehingga bisa segera dilakukan perbaikan. Dengan manajemen sistem yang mumpuni, perbaikan tersebut akan membuat industri menjadi lebih terdepan dan meminimalisasi munculnya pengeluaran sia-sia.

3. Cloud Computing

Banyaknya variabel yang direkam dan dioperasikan membuat komputer canggih dengan kapasitas memadai diperlukan dalam setiap industri. Dari sinilah muncul inovasi cloud computing yang terhubung dengan internet. Karena setiap data dan perhitungan dilakukan melalui cloud computing, sebuah perusahaan mampu mengelola cabang mereka di kota atau bahkan negara lain dengan mudah.

Dengan adanya cloud computing, ekspansi industri pun bukan lagi hal yang utopis. Setiap pemilik usaha memiliki kesempatan mengembangkan pabrik mereka karena biaya yang diperlukan tidak sebanyak ketika teknologi digital belum diperkenalkan pada dunia.

4. Machine Learning

Memiliki mesin cerdas dengan konsep perilaku layaknya manusia adalah inovasi terbaik dan perwujudan nyata pengertian teknologi digital di dunia industri. Machine learning merupakan kecerdasan buatan yang disematkan pada mesin sehingga mereka dapat melakukan berbagai tugas secara efektif dan efisien tanpa bantuan manusia setiap saat.

Saat ini penggunaan machine learning bukan hal baru di negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Jerman, dan Jepang. Jadi jangan heran bila suatu saat nanti negara berkembang seperti Indonesia juga mampu menciptakan inovasi serupa agar bisa tetap survive di era globalisasi dan Revolusi Industri 4.0.

Kombinasi empat hal di atas memang bukan hal mudah bagi negara berkembang. Namun, bukan berarti kita tidak bisa mewujudkannya. Meskipun terlihat sulit, mengaplikasikan teknologi digital secara total di Industri adalah sebuah keharusan. 

Karena bagaimanapun, tantangan baru lain akan senantiasa muncul selama Revolusi Industri 4.0 berlangsung. Jadi jika terlalu ragu, suatu saat nanti industri kita akan tertinggal jauh.

Tantangan Teknologi Digital di Masa Mendatang

Kevin Zhang, seorang ahli teknologi pernah berkata bahwa manusia tidak akan pernah berhenti bereksplorasi sehingga kita perlu melihat jauh ke depan, agar dari giat berinovasi menjadi gigih mencipta. Hal tersebut merupakan gambaran nyata dunia kita saat ini. 

Kemauan dan kebutuhan manusia yang senantiasa meningkat membuat mereka tidak pernah puas dengan teknologi yang ada. Pada dasarnya, perubahan dan evolusi di dunia teknologi bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Karena sejalan dengan munculnya inovasi baru, akan muncul pula tantangan-tantangan baru yang membutuhkan solusi.

Pada satu titik, keberadaan teknologi digital mungkin bisa digantikan oleh teknologi lain yang lebih mumpuni. Akan tetapi, selama hal itu belum terjadi, tidak ada salahnya untuk mempersiapkan diri menghadapi tantangan yang setiap tahun semakin meningkat tahap kesulitannya.

Selama kita mampu beradaptasi dan mendorong diri untuk selalu berinovasi. Tantangan teknologi di masa mendatang bisa diatasi dengan mudah. Sebagai gambaran, berikut beberapa tantangan yang mungkin akan dihadapi beberapa tahun ke depan,

1. Keamanan 

Saat ini hampir semua orang bisa mengakses segala informasi secara mudah melalui internet. Inilah yang menjadi alasan utama mengapa keamanan menjadi hal yang sangat dikhawatirkan ketika teknologi digital digunakan secara masal. Tanpa sistem keamanan yang mumpuni, kemungkinan informasi penting bocor ke publik cukup besar.

Jangankan informasi perusahaan yang bernilai ratusan milyar, informasi pribadi seseorang pun bisa menjadi komoditas berharga di pasar industri yang tidak memiliki etika. Jadi sebaiknya sejalan dengan perkembangan teknologi yang pesat, sudah sewajarnya kita mengimbangi hal tersebut dengan sistem keamanan yang memadai.

Pemanfaatan teknologi digital untuk sistem keamanan juga bisa dijadikan referensi dalam menghadapi tantangan ini. Jangan ragu untuk berinovasi dan mengembangkan sistem keamanan baru sehingga ketika teknologi digital berkembang tanpa bisa dikontrol, kita bisa tetap menggunakannya tanpa merasa khawatir.

2. Bekerja dengan Mesin

Sejak awal kemunculannya, pengertian teknologi digital semakin menunjukkan gambaran nyata. Saat ini melihat mesin bekerja secara mandiri tanpa bantuan manusia bukan lagi hal asing. Inilah mengapa kebutuhan akan lapangan pekerjaan memadai yang menggunakan tenaga manusia banyak dibutuhkan.

Jika disikapi secara negatif, kemajuan teknologi digital yang mulai memanfaatkan kecerdasan buatan akan membuat banyak orang menjadi pengangguran. Namun, jika kita mau berpikir positif, hal ini justru bisa menjadi peluang bagi manusia untuk memiliki keterampilan baru.

Diakui atau tidak, mesin canggih tidak akan bisa diwujudkan tanpa bantuan dari keterampilan dan kecerdasan manusia. Jadi untuk menghadapi tantangan teknologi digital ini, tidak ada salahnya bila kita mencoba memperbaiki diri dengan senantiasa mengasah keterampilan baru. 

Dengan selalu memberdayakan diri di bidang teknologi, manusia pun bisa bertahan meskipun kemajuan teknologi tidak bisa dikendalikan. Sampai kapan pun mereka tetap digunakan dan bisa bekerja bersama mesin. Jadikan mesin sebagai teman dan partner untuk memudahkan pekerjaan agar posisi manusia tidak tergeser.

3. Proses Inovasi Tanpa Batas

Begitu berani memanfaatkan teknologi digital sebagai upaya untuk memajukan industri, kita seharusnya tahu bahwa terobosan ini membutuhkan inovasi tanpa batas. Untuk mewujudkannya, kita harus membekali diri dengan pengetahuan tentang teknologi digital yang memadai. 

Manfaatkan ketidakterbatasan informasi sebagai sumber pengetahuan utama untuk menciptakan inovasi-inovasi terbaru. Jangan ragu melakukan percobaan, menciptakan hal baru, atau langsung mengaplikasikan inovasi yang ditemukan orang lain pada industri.

Diakui atau tidak, inovasi merupakan solusi utama segala tantangan digital yang akan kita temui di masa mendatang. Jadi tidak ada salahnya menjadi pribadi yang haus ilmu dan mau berkembang mengikuti perkembangan zaman.

Kesimpulan

Revolusi 4.0 merupakan tantangan untuk semua jenis bisnis. Namun, dengan memanfaatkan teknologi digital, Anda diharapkan dapat mengembangkan bisnis Anda. Selanjutnya, dengan mengetahui peran dan tantangan teknologi digital, bisnis Anda dapat berkembang ke arah yang lebih baik lagi.

Itulah ulasan tentang pengertian teknologi digital dan perannya dalam Revolusi Industri 4.0. Sebagai rekomendasi, Anda bisa menggunakan jasa profesional untuk membantu memanfaatkan teknologi digital yang berbasis website, software, maupun smartphone. Salah satu IT Consultant tepercaya adalah SoftwareSeni

Selain software development, SoftwareSeni ini juga ahli dalam website development, mobile app development, dan software house. Jadi, percayakan semua urusan software anda kepada SoftwareSeni!

Semoga bermanfaat.



FAQ

Table of Contents

+ Show

Punya Project atau Ingin Membuat Aplikasi?

Hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan aplikasi Anda lebih lanjut
Office Address Image

SYDNEY

55 Pyrmont Bridge Road,
Pyrmont NSW 2009 Australia
+61 2 8123 0997

YOGYAKARTA

Unit A & B
Jl. Prof. Herman Yohanes No.1125, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223
+62 858 6514 9577