Blog
Business
Strategi ZMOT untuk Bisnis di Era Digital Seperti Saat Ini
Business
Jul 29, 2021
Dec 26, 2022

Strategi ZMOT untuk Bisnis di Era Digital Seperti Saat Ini

PENULIS
Ahid Maulana
BAGIKAN ARTIKEL INI

ZMOT (Zero Moment of Truth) adalah strategi yang digunakan dalam pemasaran untuk menangkap perhatian konsumen di titik di mana mereka mulai mencari informasi tentang produk atau jasa sebelum membuat keputusan pembelian. ZMOT dapat terjadi di berbagai platform, seperti mesin pencari, platform media sosial, atau situs web pemasaran.

ZMOT menekankan pentingnya memberikan informasi yang relevan dan bermanfaat kepada konsumen selama proses pencarian mereka. Hal ini dapat dilakukan dengan menyediakan konten yang menjawab pertanyaan konsumen dan membantu mereka membuat keputusan informasi.

Selain itu, ZMOT juga menekankan pentingnya mengoptimalkan situs web perusahaan untuk ditemukan oleh konsumen melalui mesin pencari. Ini bisa dilakukan dengan menggunakan strategi SEO (Search Engine Optimization) yang efektif.

Dengan mengikuti strategi ZMOT, perusahaan dapat memastikan bahwa mereka berada di depan konsumen di titik di mana mereka mulai mencari informasi tentang produk atau jasa yang mereka minati. Ini dapat membantu perusahaan untuk memperoleh lebih banyak peluang pembelian dan meningkatkan konversi pelanggan.

Manfaat Strategi ZMOT pada Bisnis

Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh bisnis dari mengimplementasikan strategi ZMOT, di antaranya:

  • Meningkatkan visibilitas bisnis di mesin pencari, sehingga membantu meningkatkan lalu lintas situs web dan meningkatkan peluang untuk ditemukan oleh konsumen yang mencari informasi tentang produk atau jasa yang ditawarkan.
  • Memberikan informasi yang relevan dan bermanfaat kepada konsumen selama proses pencarian mereka, sehingga membantu meningkatkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan.
  • Membantu meningkatkan tingkat konversi pelanggan, karena konsumen yang sudah mendapatkan informasi yang relevan dan bermanfaat selama proses pencarian mereka lebih mungkin untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan.
  • Membantu meningkatkan keuntungan bisnis, karena dengan meningkatnya tingkat konversi pelanggan, perusahaan akan mampu memperoleh lebih banyak peluang pembelian dan meningkatkan pendapatan.

Implementasi Strategi ZMOT pada Bisnis

Implementasi strategi ZMOT sendiri, dapat dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya:

  • Menyediakan informasi yang bermanfaat dan relevan mengenai produk atau jasa yang ditawarkan, agar calon pelanggan dapat membuat keputusan yang tepat.
  • Menggunakan media sosial sebagai salah satu sarana untuk menyebarkan informasi tentang produk atau jasa yang ditawarkan, serta menjawab pertanyaan-pertanyaan yang mungkin diajukan oleh calon pelanggan.
  • Melakukan survei atau riset pasar untuk mengetahui kebutuhan dan preferensi calon pelanggan, sehingga dapat menyediakan produk atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan tersebut.
  • Menawarkan promo atau diskon pada produk atau jasa yang ditawarkan, sebagai salah satu cara untuk menarik perhatian calon pelanggan.
  • Menjalin kerjasama dengan toko atau platform online yang memiliki jumlah pengunjung yang tinggi, sebagai salah satu cara untuk meningkatkan visibilitas produk atau jasa yang ditawarkan.

Platform untuk Strategi ZMOT

Ada beberapa platform yang cocok yang bisa Anda gunakan untuk mengimplementasi ZMOT pada bisnis perusahaan Anda, diantaranya

  • Media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter, yang dapat digunakan untuk menyebarkan informasi mengenai produk atau jasa yang ditawarkan.
  • Google My Business, yang merupakan platform milik Google yang dapat digunakan untuk mempromosikan bisnis Anda di mesin pencari Google.
  • Platform e-commerce seperti Amazon, Shopee, dan Tokopedia, yang dapat digunakan untuk menjual produk atau jasa secara online.
  • Aplikasi pesan instan seperti WhatsApp dan Telegram, yang dapat digunakan untuk berkomunikasi langsung dengan calon pelanggan.
  • Blog atau website pribadi, yang dapat digunakan untuk menyediakan informasi lebih lanjut mengenai produk atau jasa yang ditawarkan.

Dari beberapa platform di atas, website pribadi menjadi platform yang paling berpengaruh selain platform e-commerce atau marketplace seperti Amazon, Shopee, dan Tokopedia. 

Pada intinya ZMOT strategi merupakan upaya untuk meningkatkan kepercayaan audience serta mempengaruhi keputusan mereka pada bisnis Anda, itulah mengapa website pribadi dianggap sebagai media paling cocok untuk menerapkan ZMOT strategi, selain meningkatkan visibilitas brand bisnis, nyatanya website pribadi juga dapat meningkatkan keberhasilan strategi ZMOT yang Anda terapkan.

Untungnya, di era digital seperti saat ini, Anda tidak perlu bingung ketika Anda ingin membangun website bisnis Anda sendiri. Sudah banyak jasa penyedia pembuatan website profesional yang dapat membantu Anda dalam membangun website Anda dan salah satunya adalah Softwareseni.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2021, SoftwareSeni memiliki lebih dari 200 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan - perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni

PENULIS
Ahid Maulana
BAGIKAN ARTIKEL INI

Punya Project atau Ingin Membuat Aplikasi?

Hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan digital untuk bisnis Anda lebih lanjut.
Office Address Image

SYDNEY

55 Pyrmont Bridge Road,
Pyrmont NSW 2009 Australia
+61 2 8123 0997

JAKARTA

Level 17, Sequis Tower,
Jl. Jenderal Sudirman No.71, Senayan,
Kec. Kebayoran Baru, Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12190
+62 858-6514-9577

YOGYAKARTA

Unit A & B
Jl. Prof. Herman Yohanes No.1125, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223