Tren Strategi Pemasaran Produk di Era Digital

Tren Strategi Pemasaran Produk di Era Digital

by
Ahid Maulana
December 7, 2021
July 13, 2022

Era digital dan pasar bebas mempunyai peranan besar dalam akselerasi laju bisnis masa kini. Bagi perusahaan sendiri, ini merupakan suatu peluang yang bagus sekaligus sebuah tantangan untuk mengembangkan bisnis mereka. 

Mengapa disebut tantangan? Karena secara tidak langsung perusahaan akan terus “dituntut” untuk terus berinovasi, baik produk dan strategi pemasaran untuk mengembangkan bisnis merak agar bisnis mereka bisa tetap eksis di tengah ketatnya persaingan bisnis masa kini.

Perubahan Minat dan Perilaku Masyarakat

Era digital dan pasar bebas telah mempengaruhi tren yang terjadi di tengah masyarakat, masyarakat seolah - olah didorong untuk mengubah minat dan perilaku mereka, khususnya perilaku belanja mereka. 

Perubahan ini dapat dilihat dari data yang dipublikasi oleh HootSuite dan We Are Social. Dikutip dari detik.com, jumlah pengguna internet di Indonesia telah menyentuh 202.6 juta pengguna internet per Januari 2021. Bila dibandingkan dengan jumlah pengguna internet pada tahun 2020, ada kenaikan sekitar 15,5% atau lebih dari 27 juta orang dalam 12 bulan terakhir.

Tidak hanya pengguna internet Indonesia saja yang meningkat, jumlah perangkat mobile yang terkoneksi internet juga melonjak tajam menjadi 345,3 juta. Dengan pengguna yang aktif di sosial media di berbagai platform mencapai 170 juta atau naik 10 juta dari periode sebelumnya.

Lebih dari itu, rata - rata pengguna internet di Indonesia dapat menghabiskan waktu sampai 8 jam 52 menit untuk mengakses internet, dengan bermain sosial media sekitar 3 jam 14 menit, streaming 2 jam 50 menit, dan menghabiskan sekitar 1 jam 38 menit hanya untuk membaca media online maupun offline.

Strategi Pemasaran Produk di Era Digital

Faktor itulah membuat banyak perusahaan yang berbondong - bondong melakukan transformasi digital pada bisnis yang mereka jalani. Tujuannya jelas, untuk memperluas pangsa pasar mereka, dan mempertahankan eksistensi mereka di dunia bisnis.

Ada beberapa strategi pemasaran produk digital yang biasanya diadopsi oleh perusahaan - perusahaan untuk mengukuhkan bisnis mereka di pasar digital, diantaranya adalah sebagai berikut: 

Menggunakan Influencer atau KOL (Key Opinion Leaders)

Strategi pemasaran menggunakan influencer telah umum digunakan oleh berbagai perusahaan untuk meningkatkan engagement bisnis mereka. Metode promosi menggunakan influencer sendiri dianggap sebagai salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan brand awareness suatu produk, terutama untuk produk yang memiliki market atau komunitas konsumen spesifik.

Tak ayal banyak perusahaan yang kemudian berlomba - lomba mencari seorang influencer untuk mempromosikan produk mereka, hingga tak sedikit dari influencer tersebut menjadi brand ambassador dari suatu produk.

Online Advertising

Salah satu metode pemasaran yang saat ini tengah populer adalah online advertising. Online advertising mampu menjangkau konsumen secara spesifik dengan berdasarkan pada demografi konsumen, interest, lokasi konsumen, hingga behavior konsumen itu sendiri.

Walaupun membutuhkan biaya yang terkadang tidak murah, namun online advertising dianggap sebagai salah satu strategi pemasaran yang efektif untuk memperoleh hasil yang lebih cepat.

SEO (Search Engine Optimization)

Selain online advertising, SEO menjadi salah satu strategi pemasaran produk yang populer dan kerap diadopsi oleh banyak perusahaan. SEO dianggap sebagai strategi yang cukup efektif, memiliki efek jangka panjang, serta cenderung lebih murah dibandingkan dengan strategi pemasaran produk lainnya. 

Platform Digital

Untuk melengkapi strategi pemasaran produk, perusahaan kini bergerak cepat dalam membangun platform digital untuk bisnis mereka. Platform digital seperti website, mobile app, hingga social media, dinilai ampuh untuk menjangkau masyarakat yang menjadi target konsumen dari bisnis perusahaan tersebut. 

Selain itu platform digital juga berfungsi sebagai media penghubung antara konsumen dan bisnis sebuah perusahaan, sehingga konsumen akan merasa lebih dekat, dan perusahaan pun akan lebih memahami apa yang menjadi kebutuhan konsumen itu sendiri.

Memang, untuk membangun sebuah platform digital bukanlah perkara mudah dan murah. Butuh proses panjang untuk membangun sebuah platform yang dapat mengoptimalkan potensi dari sebuah bisnis, dan biaya yang tidak murah karena kompleksitas dari platform digital itu sendiri.

Jika Anda ingin membangun sebuah platform digital seperti website atau mobile app, setidaknya Anda memerlukan tim IT internal yang solid, yang mampu merepresentasikan ide dan kebutuhan bisnis Anda dalam sebuah platform digital. Namun jika Anda belum mempunyai tim IT, maka bekerjasama dengan perusahaan pengembang atau software house untuk membangun platform digital yang Anda butuhkan.

Softwareseni adalah salah satu software house dengan compliance terbaik yang ada di Indonesia. Softwareseni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, dan aplikasi. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara hingga di 2017, Softwareseni mulai bekerja dengan perusahaan Indonesia.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2021, SoftwareSeni memiliki lebih dari 200 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan - perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni

FAQ

Daftar Isi

+ Show

Punya Project atau Ingin Membuat Aplikasi?

Hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan digital untuk bisnis Anda lebih lanjut.
Office Address Image

YOGYAKARTA

Unit A & B
Jl. Prof. Herman Yohanes No.1125, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223

SYDNEY

55 Pyrmont Bridge Road,
Pyrmont NSW 2009 Australia
+61 2 8123 0997