OTHERS
Daftar pertanyaan yang sering diajukan oleh klien kami terkait layanan, model kerjasama hingga informasi umum lainnya mengenai Softwareseni.
Referensi konkrit yang Softwareseni sediakan untuk membantu Anda menemukan jawaban atas pertanyaan dan kebutuhan digital Anda.
Rincian kebijakan Softwareseni terkait dengan penggunaan, pengungkapan, penyimpanan, penghapusan, pengiriman dan/atau perlindungan Informasi Pribadi milik klien kami.
ABOUT US
Tentang Softwareseni
Softwareseni adalah salah satu Software House dengan compliance terbaik yang ada di Indonesia. Softwareseni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, aplikasi serta IT developer outsourcing. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara, hingga di 2017 Softwareseni mulai mengerjakan berbagai project digital untuk perusahaan Indonesia.
Indonesia
© 2022 SoftwareSeni all rights reserved.
Blog
Business
Strategi Untuk Membangun Digital Branding pada Perusahaan
Jelajahi lebih jauh berbagai layanan otomotif kami di sini!
MULAI
MULAI
Business
Dec 20, 2023
Nov 30, 2021

Strategi Untuk Membangun Digital Branding pada Perusahaan

PENULIS
Ahid Maulana
BAGIKAN ARTIKEL INI

Jika pada artikel sebelumnya telah dibahas bagaimana manfaat dari digital branding bagi perkembangan suatu bisnis perusahaan. Pada artikel ini akan dibahas beberapa strategi digital branding yang “umumnya” banyak perusahaan telah mengimplementasikannya.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwa digital branding memegang peranan penting dalam perkembangan bisnis suatu perusahaan di era digital seperti saat ini, dimana persaingan bisnis semakin ketat, tren konsumen yang semakin dinamis, serta pertumbuhan ekosistem digital yang semakin cepat setiap harinya.

Digital branding sendiri dimaksudkan untuk memperkenalkan suatu brand kepada masyarakat luas dengan platform digital sebagai media untuk menjembatani antara konsumen dengan business owner. Digital branding sendiri dianggap cara yang jitu untuk mempertahankan bisnis di era seperti saat ini, walaupun membutuhkan proses yang panjang serta biaya yang cenderung tidak murah. 

Strategi Digital Branding

Dan berikut adalah beberapa strategi yang umumnya digunakan oleh banyak perusahaan untuk mem-branding bisnis di era digital.

Logo Brand

Logo brand acap kali dipandang sebelah mata, tak sedikit dari perusahaan yang membuat logo brand mereka secara “asal - asalan”, padahal logo brand sendiri mencerminkan atau merepresentasikan visi dan misi dari brand

Logo yang baik tentunya akan dapat dengan mudah mempresentasikan model bisnis yang ia bawa pada konsumen, sehingga brand tersebut akan mudah dikenal dan diingat oleh konsumen. Dari situ penting bagi suatu perusahaan untuk membuat brand dengan identitas yang kuat, sehingga akan menjadi ciri khas atau simbol dari brand itu sendiri.

Menciptakan logo yang memiliki identitas kuat juga merupakan langkah yang penting bagi perusahaan untuk melakukan branding pada bisnis mereka, sehingga bisnis mereka akan lebih mudah dikenal oleh konsumen secara luas.

Brand Messaging

Tak kalah pentingnya dengan logo brand dari suatu perusahaan, nyatanya brand messaging juga dapat mempengaruhi konsumen, dan dapat diperuntukan sebagai strategi untuk membangun branding dari bisnis suatu perusahaan.

Brand messaging sendiri adalah apa yang ingin bisnis Anda sampaikan kepada target konsumen Anda, seperti tagline

Pesan yang disampaikan pun harus relate dengan bisnis yang Anda, dan sebisa mungkin mencerminkan visi dan misi bisnis yang tengah berjalan terutama misi untuk fokus pada memenuhi kebutuhan konsumen.

Untuk menciptakan brand messaging yang sukses, setidaknya ada tiga pertanyaan yang harus terjawab pada brand messaging yang diciptakan. 

  • Apa yang ditawarkan bisnis Anda?
  • Apa yang bisnis Anda perjuangkan?
  • Mengapa bisnis Anda penting?

Optimalisasi Penggunaan Sosial Media

Peranan sosial media bagi bisnis di era digital, memang tidak bisa dianggap remeh dan dipandang sebelah mata. Sosial media seolah menjelma menjadi “lahan basah” baru bagi banyak perusahaan untuk mem-branding perusahaan mereka, hingga menjajakan produk mereka.

Hal ini terlihat dari total pengguna internet Indonesia yang aktif di sosial media berbagai platform mencapai 170 juta atau naik 10 juta dari periode sebelumnya, dan rata - rata mereka (red. Pengguna internet) menghabiskan sekitar 3 jam 14 menit untuk menjelajah sosial media setiap harinya, angka tersebut pun diperkirakan akan terus naik setiap tahunnya. 

Tentunya ini menjadi peluang yang legit bagi perusahaan untuk membangun brand mereka. Oleh karena itu penting bagi perusahaan untuk memanfaatkan dan mengoptimalkan peranan sosial media untuk melakukan digital branding pada bisnis mereka.

Search Engine Optimization (SEO)

SEO atau search engine optimization merupakan salah satu metode dari strategi digital marketing yang populer digunakan oleh banyak perusahaan. SEO dianggap sebagai cara jitu untuk menjangkau konsumen yang luas dengan memanfaatkan halaman hasil pencarian dari search engine.

Dengan mengoptimalkan SEO, secara tidak langsung Anda juga sedang mem-branding bisnis Anda melalui halaman hasil pencarian. Semakin mudah brand Anda ditemukan dalam halaman hasil pencarian, maka besar kemungkinan semakin banyak juga target konsumen yang akan mengenal brand Anda, dan hal yang menarik dari SEO adalah Anda dapat mengadopsi metode ini secara gratis dan cocok untuk jangka waktu yang panjang, walaupun proses di lapangan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Online Advertising

Online advertising seringkali dianggap sebagai “jalan pintas” untuk membangun brand suatu bisnis atau perusahaan, walaupun hal itu tidaklah benar sepenuhnya. Nyatanya untuk membangun brand melalui online advertising memerlukan riset seperti riset target konsumen yang kadang kala memerlukan waktu yang cukup lama, selain itu online advertising tentunya tidak seperti SEO yang gratis, online advertising membutuhkan biaya yang tidak sedikit. 

Namun, jika Anda dapat memanfaatkan dan mengoptimalkan online advertising sebagai strategi branding bisnis atau perusahaan Anda dengan baik, online advertising dapat memberikan hasil yang maksimal, dan lebih terukur pada konsumen yang memang menjadi target bisnis Anda.

Website dan Aplikasi Mobile

Website dan aplikasi mobile menjadi platform yang paling populer bagi banyak perusahaan untuk kebutuhan branding bisnis mereka. Website ataupun aplikasi mobile dianggap platform yang tepat untuk menghubungkan konsumen dengan bisnis perusahaan yang tengah berjalan.

Selain itu website ataupun aplikasi mobile juga sebagai media interaksi antara konsumen dengan bisnis perusahaan, sehingga konsumen akan merasa lebih dekat dengan bisnis Anda, dan Anda juga akan lebih memahami kebutuhan konsumen Anda sendiri. 

Dengan website dan aplikasi mobile, brand Anda akan dikenal lebih luas lagi oleh konsumen, dan tentunya tingkat kepercayaan konsumen terhadap brand Anda pun akan ikut naik.

Oleh karena itu penting bagi suatu perusahaan untuk memiliki platform digital seperti website atau aplikasi mobile sebagai strategi untuk membangun digital branding perusahaan tersebut. Namun untuk membangun sebuah website atau aplikasi mobile, Anda harus memiliki sebuah divisi IT dalam perusahaan Anda, sehingga jika Anda belum atau tidak memiliki divisi IT dalam perusahaan Anda, maka bekerjasama dengan perusahaan pengembang atau software house adalah solusi cepat dan praktis untuk membangun platform digital yang Anda butuhkan.

Softwareseni adalah salah satu software house dengan compliance terbaik yang ada di Indonesia. Softwareseni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, dan aplikasi. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara hingga di 2017, Softwareseni mulai bekerja dengan perusahaan Indonesia.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2021, SoftwareSeni memiliki lebih dari 190 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan - perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni



PENULIS
Ahid Maulana
BAGIKAN ARTIKEL INI
Jelajahi lebih jauh berbagai layanan otomotif kami di sini!
MULAI
MULAI

Let's Talk!

Punya Project atau Ingin Bekerja Sama?
Hubungi kami dan kembangkan Software impianmu, sekarang!