Blog
Business
Software House, Solusi Pengembangan Platform Digital untuk Bisnis
Business
Jul 29, 2021
Jan 11, 2023

Software House, Solusi Pengembangan Platform Digital untuk Bisnis

PENULIS
Ahid Maulana
BAGIKAN ARTIKEL INI

Era digital mendorong banyak pembisnis untuk terus berkembang dan berinovasi agar bisnis perusahaan mereka terus eksis ditengah “gempuran” pesaing yang kian hari kian banyak. Salah satu inovasi yang kini telah “umum” dikalangan pembisnis adalah dengan membangun platform digital yang mendukung proses bisnis mereka, sehingga didapatkan proses bisnis yang lebih efektif dan efisien.

Pengertian & Tren Software House di Indonesia

Software house adalah sebuah perusahaan yang menyediakan layanan pengembangan software atau aplikasi untuk klien. Mereka biasanya menawarkan jasa pembuatan aplikasi custom sesuai kebutuhan klien, atau menjual software yang sudah jadi kepada konsumen.

Di Indonesia, tren software house saat ini sedang meningkat. Banyak perusahaan yang membutuhkan jasa pengembangan software untuk keperluan bisnis mereka, sehingga memicu pertumbuhan software house yang begitu pesat. Selain itu, ada juga banyak startup yang bergerak di bidang teknologi informasi yang membutuhkan jasa pengembangan software.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan pertumbuhan software house di Indonesia kian menjamur, diantara faktor tersebut adalah:

Pertumbuhan ekosistem startup

Menurut data dari Google dan Temasek, jumlah startup di Indonesia meningkat hampir 3 kali lipat dari tahun 2015 hingga 2019, dan diperkirakan akan terus tumbuh di masa mendatang. Hal ini meningkatkan permintaan akan jasa pengembangan software untuk mendukung bisnis startup tersebut.

Peningkatan adoptasi teknologi

Selain pertumbuhan startup, ada juga peningkatan adoptasi teknologi di Indonesia. Banyak perusahaan dan organisasi yang mulai memanfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis mereka. Hal ini juga meningkatkan permintaan akan jasa pengembangan software.

Pertumbuhan industri e-commerce

Industri e-commerce di Indonesia juga sedang tumbuh pesat. Banyak perusahaan yang membutuhkan jasa pengembangan software untuk mendukung kegiatan e-commerce mereka, seperti aplikasi untuk berbelanja online, sistem pembayaran, dan lain-lain.

Peningkatan kualitas dan kompetisi

Saat ini, ada juga banyak software house di Indonesia yang meningkatkan kualitas jasa dan produk yang mereka tawarkan, sehingga terjadi persaingan yang ketat di antara software house untuk menarik klien.

Layanan Software House di Indonesia

Kebutuhan klien yang beragam membuat software house juga memiliki beberapa layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan klien maupun tren pasar. Ada beberapa layanan software house yang populer di Indonesia, diantaranya:

Pembuatan aplikasi custom

Software house bisa membuat aplikasi sesuai kebutuhan klien. Aplikasi ini bisa dibuat baik untuk keperluan internal perusahaan maupun untuk dijual kepada konsumen.

Pengembangan sistem informasi

Software house juga bisa membantu perusahaan dalam pengembangan sistem informasi yang digunakan untuk mengelola data dan proses bisnis.

Integrasi sistem

Software house bisa membantu perusahaan dalam mengintegrasikan sistem yang ada dengan aplikasi lain atau dengan platform e-commerce, seperti integrasi sistem dengan aplikasi pembayaran atau integrasi dengan platform toko online.

Jasa pemeliharaan dan perawatan

Software house juga bisa menawarkan layanan pemeliharaan dan perawatan aplikasi yang sudah ada. Ini termasuk memperbaiki bug, menambah fitur baru, dan lain-lain.

Konsultasi teknologi

Software house juga bisa memberikan konsultasi kepada perusahaan yang ingin menggunakan teknologi informasi untuk meningkatkan bisnis mereka. Mereka bisa membantu perusahaan memilih teknologi yang tepat sesuai kebutuhan, menentukan arsitektur sistem, dan lain-lain.

Model Kerjasama Software House di Indonesia

Selain memiliki beragam layanan, software house juga biasanya memiliki beberapa model bisnis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan klien. Dari situ klien dapat menimbang-nimbang model kerjasama mana yang menguntungkan dan sesuai dengan kebutuhan. Beberapa model kerjasama software house diantaranya:

Project-based

Software house bekerja sesuai dengan spesifikasi yang diberikan oleh klien, dan biaya yang dibayarkan oleh klien tergantung pada jumlah pekerjaan yang dilakukan.

Time & Material

Software house bekerja sesuai dengan spesifikasi yang diberikan oleh klien, dan biaya yang dibayarkan oleh klien tergantung pada jumlah waktu yang dihabiskan untuk menyelesaikan proyek dan material yang dibutuhkan.

Dedicated Team

Software house menyediakan tim yang terdiri dari beberapa developer yang dapat dikontrak oleh klien untuk jangka waktu tertentu. Klien membayar biaya sewa tim ini setiap bulannya.

Outsource

Software house menyediakan jasa pengembangan software kepada klien dengan cara mengerahkan timnya ke lokasi klien atau dengan cara mengerjakannya secara remote.

Joint Venture

Software house dan klien bekerja sama untuk mengembangkan aplikasi atau produk yang akan dijual kepada konsumen. Keuntungan yang diperoleh dari penjualan produk tersebut dibagi sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat.

Sistem & Aplikasi yang Umumnya Dikembangkan

Perkembangan teknologi memang mendorong perusahaan untuk terus berinovasi dan berinvestasi, khususnya dengan mengembangkan platform digital untuk kebutuhan bisnis mereka. Berikut adalah beberapa sistem dan aplikasi yang umum dikembangkan dengan bantuan software house:

Sistem informasi manajemen (SIM)

Sistem ini digunakan untuk mengelola data dan proses bisnis sebuah perusahaan, seperti sistem akuntansi, sistem pemasaran, sistem HRD, dan lain-lain.

Aplikasi e-commerce

Aplikasi ini digunakan untuk mendukung kegiatan e-commerce, seperti aplikasi toko online, aplikasi pembayaran, dan lain-lain.

Aplikasi mobile

Aplikasi yang dapat diinstall di ponsel pintar dan digunakan untuk berbagai keperluan, seperti aplikasi chatting, aplikasi sosial media, aplikasi maps, dan lain-lain.

Aplikasi web

Aplikasi yang dapat diakses melalui internet dan digunakan untuk berbagai keperluan, seperti aplikasi penyimpanan data online, aplikasi pemantauan proyek, dan lain-lain.

Aplikasi desktop

Aplikasi yang diinstall di komputer dan digunakan untuk berbagai keperluan, seperti aplikasi pembuat dokumen, aplikasi desain grafis, dan lain-lain.

Memilih Software House yang Tepat

Ada banyak sekali software house atau perusahaan pengembang di Indonesia, sakin banyaknya terkadang klien bingung bagaimana memilih software house yang tepat untuk kebutuhan digital bisnis mereka. Berikut ini adalah tips untuk memilih software house yang tepat untuk setiap kebutuhan digital perusahaan Anda:

Tentukan kebutuhan dan spesifikasi proyek

Sebelum mencari software house, tentukan terlebih dahulu kebutuhan dan spesifikasi proyek yang akan Anda kerjakan. Hal ini akan memudahkan Anda dalam menentukan software house yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan proyek Anda.

Cari tahu reputasi software house

Jika Anda sudah memiliki beberapa software house yang menarik perhatian Anda, cek reputasinya dengan cara mencari informasi di internet atau bertanya kepada klien yang pernah bekerja sama dengan mereka. Pastikan software house yang Anda pilih memiliki reputasi yang baik dan track record proyek yang sukses.

Bicarakan budget dan model kerjasama

Diskusikan budget yang tersedia dan model kerjasama yang sesuai dengan software house yang Anda pilih. Pastikan bahwa software house tersebut dapat menawarkan solusi yang sesuai dengan budget yang Anda miliki dan model kerjasama yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pilih software house yang memiliki tim yang kompeten

Pastikan bahwa software house yang Anda pilih memiliki tim yang kompeten dan berpengalaman dalam bidang yang sesuai dengan proyek yang akan Anda kerjakan.

Tentukan mekanisme komunikasi dan kebijakan revisi

Diskusikan mekanisme komunikasi dan kebijakan revisi yang akan digunakan selama proyek berlangsung. Pastikan bahwa software house yang Anda pilih dapat memberikan layanan yang memuaskan dan memiliki kebijakan revisi yang fair.

Dan salah satu software house atau perusahaan pengembang yang kompeten dan telah banyak dipercaya oleh perusahaan di Indonesia adalah Softwareseni

Softwareseni sendiri merupakan salah satu perusahaan pengembang atau software house yang memiliki layanan IT terlengkap yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Softwareseni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, dan aplikasi. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara hingga di 2017, Softwareseni mulai bekerja dengan perusahaan Indonesia.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2022, SoftwareSeni memiliki lebih dari 200 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda. 

PENULIS
Ahid Maulana
BAGIKAN ARTIKEL INI

Punya Project atau Ingin Membuat Aplikasi?

Hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan digital untuk bisnis Anda lebih lanjut.
Office Address Image

SYDNEY

55 Pyrmont Bridge Road,
Pyrmont NSW 2009 Australia
+61 2 8123 0997

JAKARTA

Level 17, Sequis Tower,
Jl. Jenderal Sudirman No.71, Senayan,
Kec. Kebayoran Baru, Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12190
+62 858-6514-9577

YOGYAKARTA

Unit A & B
Jl. Prof. Herman Yohanes No.1125, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223