Meningkatkan Profit Perusahaan dengan Sistem POS (Point of Sales)

Meningkatkan Profit Perusahaan dengan Sistem POS (Point of Sales)

by
Ahid Maulana
August 18, 2021

Secara sederhana Sistem POS atau Point of Sale merupakan sistem yang digunakan berbagai macam tipe usaha untuk kebutuhan transaksi seperti jual beli.

Pada awalnya sistem POS diperuntukan bagi para pebisnis untuk membantu dan memudahkan jalannya transaksi, seperti menghitung secara cepat, menyimpan uang, dan juga mencetak invoice. 

Namun, kini fungsi sistem POS telah berkembang dengan semakin majunya teknologi. Sistem POS kini dapat diperuntukan untuk penyimpanan data customer, menghitung laba dan rugi, hingga merekap laporan penjualan. Selain itu sistem POS juga kini bisa diintegrasikan dengan device dengan basis Android maupun iOS.

Mengapa Sistem POS (Point of Sale) Menjadi Penting?

Jika anda adalah seorang pebisnis yang memiliki bisnis sedang berkembang dan ingin memiliki sistem memudahkan jalannya transaksi jual beli, sehingga proses transaksi perusahaan anda menjadi lebih efektif dan efisien, maka sistem POS sangat layak anda miliki.

Di antara keuntungan penggunaan sistem POS (point of sale) bagi pebisnis, adalah

Dapat mencatat transaksi offline maupun online

Dengan fitur ini, anda dengan mudah mencatat data transaksi secara lengkap yang kemudian dapat diproses menjadi laporan yang mudah dianalisa. Pencatatan transaksi akan tetap berlangsung meskipun tanpa internet dan kemudian akan disinkronkan ketika koneksi internet kembali tersambung.

Data yang tersentralisasi

Sistem yang terintegrasi dengan internet membuat data menjadi tersentralisasi, sehingga anda dengan mudah menganalisis performa bisnis anda melalui sebuah dashboard yang sudah tersedia dalam sistem POS (Point of System)

Inventory Tracking

Anda dengan mudah dapat mengupdate persediaan barang secara real-time, memantau penjualan tiap produknya, hingga anda bisa mendapatkan notifikasi jika stok barang anda mulai menipis.

Metode Pembayaran yang Beragam

Fitur ini memungkinkan proses transaksi dengan metode pembayaran yang beragam seperti tunai, kartu kredit, kartu debit bahkan e-wallet / e-money.

Management Return, Refund, & Kredit Barang yang Lebih Mudah

Anda dapat mengatur proses pengembalian barang, penukaran barang hingga, cicilan pembayaran secara efektif dan mudah.

Promo & Membership

Anda dapat dengan mudah mengelola data pelanggan dan membership, serta membuat personal promosi untuk produk / barang.

Fitur Reporting yang Lengkap

Jika anda adalah pebisnis yang memiliki lebih dari 1 cabang bisnis, maka sistem POS ini cocok untuk anda. Sistem POS dapat membuat laporan mengenai laba dan rugi tiap cabang, produk best seller, hingga behavior konsumen anda dengan mudah.

Sistem Billing yang Sangat Mudah

Dengan POS anda dengan mudah mencetak atau mengirim invoice setelah dilakukannya transaksi, dan disesuaikan jumlah uang yang diterima dengan catatan transaksi secara otomatis.

Selain menguntungkan bagi para pelaku bisnis, sistem POS (Point of Sale) ini juga menguntungkan bagi para konsumen, diantara keuntungannya adalah: 

Memudahkan Pemesanan

Jika sistem POS diterapkan pada restoran, maka konsumen dapat dengan mudahnya memilih, membayar, hingga menambah pesanan tanpa harus repot-repot memanggil pramusaji. Ini merupakan salah satu keuntungan dari fitur yang dimiliki POS yaitu integrasi data.

Fleksibel

Sistem POS memungkinkan konsumen melakukan pembayaran dengan menggunakan berbagai metode seperti cash, kartu kredit, kartu debit, maupun e-wallet / e-money. Hal ini tentu akan memudahkan para pelanggan dan terasa lebih fleksibel karena didukung dengan berbagai metode pembayaran.

Lalu, Bagaimana Merancang Sistem POS (Point of Sale)?

Bagi Anda yang baru akan beralih dari sistem konvensional ke sistem POS, ada beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan sebelum akhirnya memutuskan beralih ke sistem POS. 

Kebutuhan bisnis, budgeting, hingga value dari sistem POS itu sendiri bagi kelangsungan bisnis anda, merupakan hal-hal dasar yang harus anda pertimbangkan sebelum membuat sistem POS.

Beberapa hal lain yang anda harus perhatikan sebelum membuat sistem POS (Point of Sale) adalah sebagai berikut.

Buatlah Sistem POS dengan Fitur Lengkap Namun Tetap Sesuai Kebutuhan.

Penting bagi anda untuk membuat Sistem POS yang memiliki fitur lengkap namun tetap sesuai “pakem” kebutuhan bisnis atau usaha anda. 

Mengapa demikian? Fitur lengkap dalam sebuah sistem memang penting, namun jika fitur tersebut tidak sesuai dengan kebutuhan bisnis, maka bisa dibilang sistem tersebut terlalu berlebihan.

Buatlah Sistem POS yang Mudah Digunakan.

Dengan membuat sistem yang mudah digunakan, proses migrasi sistem dari konvensional ke sistem POS menjadi lebih cepat, anda juga secara tidak langsung juga memudahkan karyawan / staff anda untuk beradaptasi dengan sistem POS tersebut.

Memiliki Fitur untuk Membuat Berbagai Jenis Laporan

Penting bagi sistem POS dapat membuat berbagai jenis laporan untuk memudahkan bisnis anda. Kenapa? Karena anda harus mengetahui setiap data yang diinput dan dihasilkan untuk kebutuhan analisis bisnis di masa depan. Laporan seperti pendapatan, stok barang, laba-rugi, dan jumlah konsumen haruslah ada dalam sebuah sistem POS, selain itu laporan tersebut harus bisa diakses dimana saja secara realtime dan cepat.

Fitur Metode Pembayaran yang Beragam

Selain dirancang untuk memudahkan pebisnis dalam memanage segala kebutuhan bisnisnya, sistem POS juga harus dirancang untuk memudahkan para konsumen agar proses transaksi menjadi lebih cepat dan efisien.

Salah satu fitur yang wajib ada adalah sistem POS mendukung berbagai metode pembayaran konsumen, seperti cash, kartu kredit, kartu debit maupun e-wallet / e-money, sehingga konsumen dapat secara fleksibel menentukan metode pembayaran apa yang ingin mereka gunakan.

Pertimbangkan Budget yang Anda Miliki

Penting bagi anda untuk melakukan estimasi biaya yang harus anda keluarkan sebelum membuat sistem POS. 

Mengapa demikian? Sistem POS bukan hanya sekedar aplikasi atau perangkat lunak saja, namun perlu juga adanya integrasi hardware (perangkat keras) dan support di dalamnya, sehingga sistem POS dapat digunakan secara maksimal. 

Dari sini juga anda dapat mengkalkulasi kebutuhan bisnis dan fitur yang ingin anda buat dalam sistem POS untuk memudahkan bisnis anda. Jangan sampai sistem yang anda buat, merupakan sistem yang “berlebihan” sehingga tidak tepat guna bagi kebutuhan bisnis anda.

Pilihlah Software House yang Tepat

Jika anda tidak memiliki tim dedicated untuk membuat sendiri sistem POS, maka software house merupakan alternatif solusi dari hal tersebut.

Pertanyaan lainnya adalah, bagaimana memilih software house yang tepat untuk membuat sistem POS sesuai dengan kebutuhan bisnis anda? Sedangkan memilih software house yang tepat anda untuk kebutuhan bisnis anda bukanlah perkara yang mudah.

Profesionalisme dari tim software house, harga yang ditawarkan, hingga bagaimana software house tersebut dapat menjaga privasi dan kerahasiaan data perusahaan anda adalah hal-hal yang harus anda perhatikan sebelum hire software house untuk memenuhi kebutuhan anda.

SoftwareSeni merupakan salah satu software house terbaik di Indonesia yang bisa menjadi pilihan tepat untuk anda dalam membangun sistem POS yang sesuai kebutuhan bisnis anda.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2021, SoftwareSeni memiliki lebih dari 170 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan - perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni

Jadi jika anda adalah seorang pebisnis yang sedang mencari software house untuk kebutuhan sistem POS (Point of Sale) di perusahaan anda, SoftwareSeni adalah pilihan software house yang tepat bagi anda untuk memenuhi kebutuhan digitalisasi perusahaan anda.

Berminat untuk mengembangkan sistem POS (Point of Sale) bersama SoftwareSeni?

FAQ

Table of Contents

+ Show

Punya Project atau Ingin Membuat Aplikasi?

Hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan aplikasi Anda lebih lanjut
Office Address Image

SYDNEY

55 Pyrmont Bridge Road,
Pyrmont NSW 2009 Australia
+61 2 8123 0997

YOGYAKARTA

Unit A & B
Jl. Prof. Herman Yohanes No.1125, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223
+62 858 6514 9577