OTHERS
Daftar pertanyaan yang sering diajukan oleh klien kami terkait layanan, model kerjasama hingga informasi umum lainnya mengenai Softwareseni.
Referensi konkrit yang Softwareseni sediakan untuk membantu Anda menemukan jawaban atas pertanyaan dan kebutuhan digital Anda.
Rincian kebijakan Softwareseni terkait dengan penggunaan, pengungkapan, penyimpanan, penghapusan, pengiriman dan/atau perlindungan Informasi Pribadi milik klien kami.
ABOUT US
Tentang Softwareseni
Softwareseni adalah salah satu Software House dengan compliance terbaik yang ada di Indonesia. Softwareseni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, aplikasi serta IT developer outsourcing. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara, hingga di 2017 Softwareseni mulai mengerjakan berbagai project digital untuk perusahaan Indonesia.
Indonesia
© 2022 SoftwareSeni all rights reserved.
Blog
Tech
Sistem Manajemen Sekolah, Solusi untuk Sekolah dikala Pandemi
Jelajahi lebih jauh berbagai layanan otomotif kami di sini!
MULAI
MULAI
Tech
Dec 20, 2023
Oct 6, 2021

Sistem Manajemen Sekolah, Solusi untuk Sekolah dikala Pandemi

PENULIS
Ahid Maulana
BAGIKAN ARTIKEL INI

Tahun 2020 menjadi tolak awal dan tantangan baru bagi sistem pendidikan Indonesia. Pandemi Covid19 secara tidak langsung memaksa agar proses belajar mengajar dilakukan secara online atau daring. 

Hal ini tentu menjadi sebuah issue sekaligus tantangan bagi sektor pendidikan di Indonesia. Bagaimana tidak, banyak sekolah - sekolah yang seakan belum siap untuk melakukan proses belajar mengajar secara online atau daring. Issue dan tantangan ini semakin terlihat nyata ketika tidak semua wilayah di Indonesia memiliki infrastruktur yang merata, khususnya untuk ketersediaan jaringan internet. 

Namun terlepas dari keterbatasan infrastruktur yang ada, sistem manajemen sekolah bisa menjadi solusi praktis di tengah tantangan untuk menjembatani kebutuhan belajar mengajar secara online atau daring.

Lalu, apa itu Sistem Manajemen Sekolah?

Sistem manajemen sekolah adalah sebuah sistem yang dirancang untuk mengelola kebutuhan - kebutuhan administrasi dan operasional sekolah. Sistem ini memiliki beberapa modul yang dapat diintegrasikan serta dapat diakses oleh semua anggota sekolah, seperti guru, wali kelas, siswa hingga orang tua atau wali siswa. 

Manfaat dari Sistem Manajemen Sekolah

Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan, jika sistem manajemen sekolah ini diterapkan pada sekolah Anda, diantaranya adalah sebagai berikut

Proses Pembelajaran Lebih Efektif

Dengan data yang terpusat proses pembelajaran dan evaluasi siswa akan berlajan lebih mudah dan efektif. Ini tentunya dapat menjadi solusi yang praktis ditengah krisis pandemi Covid19, proses belajar mengajar akan tetap berjalan, namun tidak mengurangi efektivitas pembelajaran bagi siswa.

Sistem Administrasi yang Mudah

Sistem ini memungkinkan proses administrasi menjadi lebih ringkas dan sederhana, karena semua kebutuhan sudah ditangani secara otomatis, pembayaran SPP siswa, ataupun hal yang lainnya yang berkaitan dengan administrasi akan menjadi lebih mudah, sehingga proses administrasi sekolah pun menjadi lebih efisien.

Produktivitas Pegawai Akan Meningkat

Salah satu hal yang dikhawatirkan ketika melakukan proses belajar mengajar secara online atau daring adalah produktivitas pegawai yang menurun. Namun dengan sistem ini, pihak sekolah dapat menjaga produktivitas pegawainya. Sharing data pembelajaran, komunikasi antar staf akan menjadi lebih efektif dan tersentralisasi. Fitur notifikasi pada sistem ini juga dapat membantu pegawai dalam mengingat pekerjaan apa yang harus mereka lakukan.

Sistem Monitoring Siswa

Sistem ini akan memudahkan para wali kelas dan orang tua atau wali siswa dalam memantau perkembangan siswa. Dengan data yang terkumpul dengan rapi pada sistem, wali kelas dan wali siswa akan dapat melihat data progres perkembangan siswa dengan lebih mudah. Pihak sekolah juga akan lebih mudah dalam melakukan evaluasi terhadap siswa - siswanya, sehingga kualitas pembelajaran dan mutu sekolah akan tetap terjaga dengan baik. 

Pengambilan Keputusan yang Lebih Objektif

Manfaat lain dari sistem manajemen sekolah adalah Anda dapat melakukan evaluasi dan pengambilan keputusan yang lebih mudah. Dengan data yang telah terkumpul pengambilan keputusan pun akan jauh lebih objektif, dengan begitu resiko adanya human error dari pengambilan keputusan pun akan dapat diminimalisir.

Fitur - Fitur Sistem Manajemen Sekolah

Absensi Online

Fitur ini berfungsi untuk mencatat kehadiran siswa melalui sistem. Data yang masuk dalam sistem nantinya bisa menjadi bahan laporan dan evaluasi untuk mengukur prosentase kehadiran siswa dalam kelas daring atau online

Dashboard Manajemen Siswa dan Wali Siswa

Dengan fitur ini siswa dan wali siswa dapat memantau secara langsung mengenai kegiatan, nilai, serta perkembangan pembelajaran siswa secara real time. Fitur ini juga membantu para wali siswa untuk melakukan evaluasi terhadap anaknya secara objektif berdasarkan data yang telah disediakan.

PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) Online

Fitur ini dapat membantu pihak sekolah dalam mengelola penerimaan peserta didik baru. Dengan sistem yang terintegrasi secara online, pihak sekolah akan lebih mudah mengontrol proses penerimaan peserta didik, data yang didapat juga akan tersimpan lebih rapi dan terorganisir. Hal ini tentu membuat proses penerimaan peserta didik baru menjadi lebih efektif dan efisien.

Manajemen Tugas dan Ujian Siswa

Dengan sistem manajemen sekolah, guru dapat dengan mudah mengelola dan menentukan jadwal tugas serta ujian bagi siswanya. Siswa juga akan mendapat notifikasi perihal waktu pengerjaan tugas atau ujian, serta waktu deadline untuk mengerjakan tugas tersebut. 

Manajemen Proses Pembelajaran

Fitur ini memungkinkan pihak sekolah mengatur proses pembelajaran, seperti jadwal kelas, guru yang mengajar, dan mata pelajaran secara otomatis tanpa khawatir terjadi “tabrakan” jadwal. Dengan begitu proses pembelajaran dapat menjadi lebih teratur dan terorganisir dengan lebih rapi.

Perpustakaan Online

Merupakan fitur dimana pustakawan bisa mengelola buku di perpustakaan serta melakukan pekerjaan administrasi secara otomatis. Selain buku fisik, perpustakaan online ini juga memungkinkan pihak sekolah menyediakan resource pembelajaran dalam bentuk buku elektronik.

Bagaimana Merancang Sistem Manajemen Sekolah?

Bagi Anda yang baru akan beralih menggunakan sistem manajemen sekolah sebagai solusi untuk proses pembelajaran online atau daring, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk beralih ke sistem manajemen sekolah secara keseluruhan.

Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum Anda merancang sistem manajemen sekolah.

Memiliki Fitur Lengkap.

Mengapa sebuah fitur pada sistem itu penting? Karena dengan fitur - fitur dalam sistem tersebutlah yang membuat suatu pekerjaan yang tadinya dikerjakan secara manual bisa menjadi otomatis.

Jadi jika Anda ingin merancang atau membuat sistem manajemen sekolah, Anda harus terlebih dahulu mengetahui apa saja kebutuhan - kebutuhan yang ada dalam sekolah Anda dan pastikanlah fitur pada sistem tersebut dapat meng-cover setiap kebutuhan sekolah Anda.

Mudah Digunakan.

Pertimbangkan juga user interface (UI) atau tampilan sistem yang ingin Anda buat. Pastikan sistem yang akan Anda akan buat memiliki tampilan (user interface) yang baik, sehingga setiap pengguna sistem tersebut tidak bingung dalam mengoperasikannya. 

Pertimbangkan Budget yang Anda Miliki

Kebutuhan sistem yang kompleks seringkali membuat biaya pengembangan sistem menjadi lebih mahal. Hal ini perlu Anda perhatikan sebelum Anda memutuskan untuk mengembangkan sebuah sistem. 

Pastikan Anda membangun sistem yang tepat guna, yaitu sistem yang dapat meng-cover kebutuhan Anda, sehingga budget yang Anda keluarkan untuk mengembangkan sistem tidak terkesan sia - sia.

Pilihlah Software House yang Tepat

Jika Anda ingin menggunakan pihak ketiga untuk mengembangkan sistem yang Anda butuhkan, ada beberapa kriteria sebelum Anda memutuskan untuk bekerja sama dengan pihak ketiga tersebut dalam hal ini software house

Profesionalisme dari tim software house, harga yang ditawarkan, hingga bagaimana software house tersebut dapat menjaga privasi dan kerahasiaan data perusahaan Anda adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memutuskan untuk bekerja sama dengan software house tersebut.

SoftwareSeni merupakan salah satu software house terbaik di Indonesia yang bisa menjadi pilihan tepat untuk anda dalam mengembangkan sistem manajemen sekolah yang Anda butuhkan.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2021, SoftwareSeni memiliki lebih dari 180 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Salah Satu Software House dengan Compliance Terbaik

Anda tidak perlu mengkhawatirkan mengenai privasi dan kerahasiaan data Anda dalam proses pengembangan sistem, SoftwareSeni akan menjamin keamanan data dan privasi Anda dengan compliance perusahaan yang jelas. 

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni dipercaya oleh banyak perusahaan - perusahaan besar di Indonesia. 

Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni

Jadi jika anda adalah seseorang yang ingin mengembangkan sistem manajemen sekolah, maka SoftwareSeni adalah pilihan software house yang tepat bagi anda untuk memenuhi kebutuhan sistem Anda.

Berminat untuk mengembangkan sistem Sistem Manajemen Sekolah bersama SoftwareSeni?


PENULIS
Ahid Maulana
BAGIKAN ARTIKEL INI
Jelajahi lebih jauh berbagai layanan otomotif kami di sini!
MULAI
MULAI

Let's Talk!

Punya Project atau Ingin Bekerja Sama?
Hubungi kami dan kembangkan Software impianmu, sekarang!