Bagaimana Sistem Manajemen Inventory Bermanfaat Bagi Laju Bisnis Suatu Perusahaan?

Bagaimana Sistem Manajemen Inventory Bermanfaat Bagi Laju Bisnis Suatu Perusahaan?

by
Ahid Maulana
October 28, 2021

Seakan tak pernah berhenti, masuknya era pasar bebas terus mendorong perkembangan teknologi yang lebih maju dan bermanfaat bagi industri bisnis, seperti halnya sistem manajemen inventory.

Sistem manajemen inventory pada awalnya hanyalah sistem yang berfungsi sebagai spreadsheet untuk melacak persediaan stok barang atau inventory di gudang, namun seiring perkembangan, sistem ini berubah menjadi lebih kompleks untuk menyesuaikan tuntutan kebutuhan bisnis.

Sistem manajemen inventory sendiri telah menjadi bagian penting dalam bisnis sekarang. Bisnis ritel, grosir, F&B dan industri bisnis yang lainnya, yang membutuhkan pengelolaan stok barang secara cepat dan tepat. 

Lalu apa itu Sistem Manajemen Inventory?

Secara umum sistem manajemen inventory merupakan sebuah sistem yang mengkombinasikan perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), proses, serta berbagai flow atau prosedur yang berfungsi mengawasi pemantauan dan pemeliharaan barang - barang atau aset bisnis suatu perusahaan. Barang atau aset bisnis yang dimaksud adalah aset perusahaan, baik bahan baku, atau produk jadi yang siap didistribusikan pada distributor atau konsumen.

Sistem manajemen inventory sendiri saat ini dapat diintegrasikan dengan sistem - sistem lainnya untuk menunjang kebutuhan bisnis, seperti sistem akuntansi, sistem pembelian, dan bahkan menjadi salah satu bagian dari kompleksitas sistem ERP. Sistem manajemen inventory juga memungkinkan perusahaan untuk mengelola setiap aset perusahaan di berbagai lokasi.

Manfaat Sistem Manajemen Inventory

Dengan fungsi utama sebagai sistem yang mampu menyederhanakan proses pengelolaan persediaan yang kompleks, banyak perusahaan yang mengadopsi sistem manajemen inventory untuk memudahkan proses bisnis mereka.

Selain bermanfaat untuk menyederhanakan proses pengelolaan persediaan yang kompleks, ada manfaat lain dari sistem manajemen inventory, diantaranya adalah sebagai berikut:

Data yang Terpusat

Dengan sistem yang berbasis cloud, data perusahaan akan disimpan secara terpusat. Hal ini akan memudahkan Anda dalam melakukan pengecekan ketersediaan stok barang, walaupun berada di gudang atau lokasi yang berbeda pada sistem yang sama. Selain itu Anda juga dapat melakukan pemrosesan pesanan dan tracking pengiriman barang.

Stok Barang Lebih Terkontrol

Sistem manajemen inventory memungkinkan Anda untuk memantau stok barang secara real time, sehingga Anda dapat dengan mudah mengetahui berapa jumlah barang yang tersedia di gudang, barang apa saja yang stoknya sudah menipis. Sistem ini juga memungkinkan Anda untuk melakukan pengaturan notifikasi jika barang pada gudang stoknya sudah menipis, sehingga Anda akan dapat segera melakukan pemesanan barang tersebut.

Tentunya dengan fitur ini stok barang lebih mudah Anda sesuaikan dengan kebutuhan konsumen dan pasar. Sehingga penjualan barang atau produk tidak terganggu dengan ketersediaan barang atau produk di gudang.

Kinerja yang Lebih Efisien

Dengan sistem manajemen inventory, tugas yang komplek pun akan lebih sederhana, tentunya hal ini berpengaruh pada kinerja Anda yang menjadi lebih efisien, sehingga Anda bisa mengalihkan waktu Anda untuk tugas - tugas yang lebih penting. Laporan bulanan, atau laporan tahunan mengenai stok barang dapat Anda buat dengan lebih mudah dengan sistem manajemen inventory.

Biaya yang Lebih Murah

Sistem manajemen inventory dapat menjadi sebuah solusi bagi perusahaan Anda dengan menjauhkan perusahaan dari kerugian finansial akibat human error, stok barang yang berlebih, pembelian barang yang tidak diperlukan, hingga kompensasi untuk keterlambatan pengiriman barang kepada konsumen Anda.

Selain itu, Anda juga dapat mengurangi biaya untuk membayar tenaga kerja yang diperuntukan untuk mengelola inventaris perusahaan. Ini yang membuat sistem manajemen inventory menjadi solusi untuk biaya pengeluaran yang lebih murah bagi perusahaan Anda.

Produktivitas Meningkat

Karena tugas untuk melakukan mencatat stok barang, ataupun pembuatan laporan stok barang yang sudah ter-handle oleh sistem, maka Anda bisa mengalihkan waktu Anda untuk tugas yang lainnya, sehingga produktivitas Anda pun akan meningkat dan bisnis perusahaan pun akan semakin berkembang.

Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Sistem manajemen inventory memastikan bahwa semua kebutuhan pesanan konsumen terpenuhi dengan baik berkat adanya fitur informasi real time terkait tingkat persediaan barang yang perusahaan Anda miliki. Sistem ini juga memungkinkan Anda untuk melacak pengiriman barang hingga sampai ke tangan konsumen, dengan begitu sistem manajemen inventory pun bisa Anda gunakan sebagai quality control bagi perusahaan Anda untuk meningkatkan kepuasan pelanggan atas layanan bisnis Anda.

Strategi Bisnis Menjadi Lebih Akurat

Dengan data yang terpusat, perencanaan bisnis pun akan lebih mudah dibuat. Anda bisa dengan mudah mengetahui produk apa yang paling populer, dan produk apa yang sepi peminat oleh konsumen. Dengan begitu Anda juga akan lebih mudah untuk memasok produk yang memang dicari dan dibutuhkan oleh konsumen Anda. Dari situ Anda bisa membuat strategi bisnis yang lebih akurat, untuk meningkatkan keuntungan perusahaan Anda.

Fitur - Fitur Sistem Manajemen Inventory

Ada beberapa fitur utama dalam sistem manajemen inventory yang bermanfaat untuk membantu bisnis Anda, diantaranya:

Manajemen Stok

Fitur ini memungkinkan Anda untuk memantau setiap stok produk yang Anda miliki di setiap lokasi gudang Anda, dengan begitu Anda akan dapat dengan mudah mengetahui produk yang masuk dan keluar. Jika ada produk atau barang yang keluar dari toko, maka fitur ini akan secara otomatis meng-update jumlah stok produk yang Anda miliki.

Manajemen Procurement

Fitur ini akan membuat Anda lebih mudah dalam mengatur jadwal pemesanan produk atau barang yang diperlukan ketika jumlah stok produk atau barang dalam gudang Anda telah mencapai batas minimum. Tentu Anda juga akan mendapatkan notifikasi jika jumlah produk atau barang telah mencapai tingkat minimum.

Manajemen Supplier

Fitur ini berfungsi menyimpan seluruh informasi lengkap terkait supplier barang dan produk Anda, dengan begitu Anda akan lebih mudah untuk mencari supplier dengan harga yang lebih murah.

Barcode Scanning

Dengan barcode scanning memungkinkan pengguna untuk membuat barcode secara otomatis sehingga mempercepat proses pelabelan. Fitur ini penting terutama untuk perusahaan yang bergerak pada bisnis ritel dan grosir

Shipment Tracking

Dengan fitur ini, Anda dapat dengan mudah tracking pengiriman produk atau barang hingga sampai ke tangan konsumen, selain itu beberapa sistem manajemen inventory juga mengizinkan pelanggan untuk mengkonfirmasi penerimaan barang atau produk yang telah sampai

Laporan Inventaris

Yang terakhir sistem manajemen inventaris memungkinkan Anda untuk memantau data analitik lengkap melalui dashboard sistem. Data yang dilaporkan dapat berkaitan dengan pergerakan stok, valuasi stok, jumlah stok, inventory turnover, dan masih banyak lagi. Dengan data yang yang rapi dan terstruktur, membuat Anda dapat mengambil keputusan bisnis secara objektif sesuai dengan kebutuhan bisnis di masa yang akan datang.

Jika Anda adalah seorang pebisnis di industri ritel, grosir atau di industri yang memerlukan pencatatan barang atau produk di gudang, Sistem manajemen inventory “wajib” Anda miliki. Selain untuk memudahkan pekerjaan Anda dalam memantau stok barang, sistem ini juga secara tidak langsung berperan untuk membuat langkah bisnis Anda semakin cepat.

Lalu bagaimana membangun sistem manajemen inventory? Untuk membangun sebuah sistem yang kompleks maka Anda memerlukan tenaga ahli yang berkompeten, maka dari itu Anda harus memiliki tim IT yang solid, yang dapat merepresentasikan ide dan kebutuhan bisnis perusahaan Anda dalam sebuah sistem. Namun jika Anda belum memiliki tim IT, maka bekerjasama dengan software house bisa menjadi salah satu solusi tepat.

Softwareseni adalah salah satu software house dengan compliance terbaik yang ada di Indonesia. Softwareseni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, dan aplikasi. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara hingga di 2017, Softwareseni mulai bekerja dengan perusahaan Indonesia.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2021, SoftwareSeni memiliki lebih dari 190 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan - perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni

Jadi bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mengembangkan sistem manajemen inventory bersama Softwareseni?

FAQ

Table of Contents

+ Show

Punya Project atau Ingin Membuat Aplikasi?

Hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan aplikasi Anda lebih lanjut
Office Address Image

SYDNEY

55 Pyrmont Bridge Road,
Pyrmont NSW 2009 Australia
+61 2 8123 0997

YOGYAKARTA

Unit A & B
Jl. Prof. Herman Yohanes No.1125, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223