OTHERS
Daftar pertanyaan yang sering diajukan oleh klien kami terkait layanan, model kerjasama hingga informasi umum lainnya mengenai Softwareseni.
Referensi konkrit yang Softwareseni sediakan untuk membantu Anda menemukan jawaban atas pertanyaan dan kebutuhan digital Anda.
Rincian kebijakan Softwareseni terkait dengan penggunaan, pengungkapan, penyimpanan, penghapusan, pengiriman dan/atau perlindungan Informasi Pribadi milik klien kami.
ABOUT US
Tentang Softwareseni
Softwareseni adalah salah satu Software House dengan compliance terbaik yang ada di Indonesia. Softwareseni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, aplikasi serta IT developer outsourcing. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara, hingga di 2017 Softwareseni mulai mengerjakan berbagai project digital untuk perusahaan Indonesia.
Indonesia
© 2022 SoftwareSeni all rights reserved.
Blog
Tech
Sistem Manajemen Armada, Sistem yang Cocok untuk Mengembangkan Perusahaan Otobus
Tech
Jul 29, 2021
Feb 10, 2023

Sistem Manajemen Armada, Sistem yang Cocok untuk Mengembangkan Perusahaan Otobus

PENULIS
Ahid Maulana
BAGIKAN ARTIKEL INI

Perusahaan Otobus, atau yang lebih sering dikenal dengan PO merupakan salah satu industri bisnis yang terus berkembang, khususnya di Indonesia. Mekipun layanan transportasi kini semakin beraneka ragam pilihannya, namun bus tetap menjadi sarana transportasi yang masih banyak digemari oleh konsumen. Tak heran, selain semakin ketatnya persaingan bisnis, perusahaan otobus juga kini semakin aktif untuk terus berinovasi agar tetap menjadi pilihan utama bagi konsumen, serta menjadikan mereka tetap eksis di tengah ketatnya persaingan di industri otobus.

Selain berinovasi dengan armada mereka, banyak perusahaan otobus juga “menggandakan” jumlah armada mereka untuk dapat melayani konsumen lebih banyak lagi. Sayangnya terkadang penambahan armada tidak diikuti dengan perbaikan dari manajemen bisnis itu sendiri. Padahal perbaikan manajemen bisnis merupakan salah satu yang vital dalam perusahaan agar mereka lebih mudah berkembang di waktu yang akan datang. 

Untungnya perkembangan teknologi membuat perusahaan otobus kini bisa “bergerak” lebih cepat, dengan adanya sistem manajemen armada. 

Pengertian Sistem Manajemen Armada

Sistem manajemen armada adalah sistem yang digunakan untuk mengelola dan mengoptimalkan penggunaan armada (kendaraan) dalam sebuah perusahaan otobus. Hal ini termasuk mengelola jadwal perjalanan, mengatur mekanik kendaraan, dan mengelola biaya operasional armada.

Dengan sistem manajemen armada, proses bisnis perusahaan otobus akan semakin cepat dan efektif, sehingga diharapkan laju bisnis akan semakin cepat juga.

Fitur Pada Sistem Manajemen Armada

Setidaknya ada beberapa fitur pada sistem manajemen otobus yang membuat sistem ini dapat membantu perusahaan otobus semakin cepat dan efektif dalam menjalankan proses bisnisnya, diantaranya:

Penjadwalan perjalanan

Fitur ini digunakan untuk mengelola jadwal perjalanan otobus sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan mencocokkannya dengan ketersediaan armada.

Manajemen mekanik

Fitur ini digunakan untuk mencatat dan mengelola perawatan dan perbaikan yang diperlukan untuk setiap kendaraan, termasuk pembelian suku cadang dan jadwal perawatan berkala.

Manajemen biaya

Fitur ini digunakan untuk mengelola biaya operasional armada, termasuk biaya bahan bakar, perawatan, dan asuransi.

Laporan

Fitur ini menyediakan laporan yang membantu manajemen untuk memahami kinerja armada dan mengambil keputusan yang tepat.

Pencatatan pemeliharaan

Fitur ini digunakan untuk mencatat dan mengelola data pemeliharaan kendaraan, seperti tanggal perawatan, jenis perawatan, dan biaya yang dikeluarkan.

Integrasi dengan sistem lain

Fitur ini memungkinkan sistem manajemen armada untuk terintegrasi dengan sistem lain, seperti sistem manajemen keuangan atau sistem manajemen pelanggan, sehingga memudahkan proses pencatatan dan pengelolaan data.

Notifikasi

Fitur ini menyediakan notifikasi kepada pengguna tentang jadwal perjalanan, perawatan kendaraan, atau perubahan lainnya yang terjadi.

Akses dari mana saja

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengakses sistem manajemen armada dari mana saja melalui perangkat seluler atau komputer yang terhubung ke internet.

Manfaat Sistem Manajemen Armada

Nyatanya selain dapat mempercepat proses bisnis, ada beberapa manfaat lain jika perusahaan otobus menggunakan sistem manajemen armada, diantaranya:

Efisiensi operasional

Dengan mengelola jadwal perjalanan dan mekanik kendaraan secara terintegrasi, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi operasional dan mengurangi waktu tunggu.

Penghematan biaya

Sistem manajemen armada dapat membantu perusahaan untuk mengatur pembelian bahan bakar dan suku cadang sesuai dengan kebutuhan, sehingga dapat mengurangi biaya operasional.

Peningkatan kepuasan pelanggan

Dengan mengelola jadwal perjalanan yang tepat dan memastikan ketersediaan armada yang cukup, perusahaan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dengan memberikan layanan yang tepat waktu dan handal.

Peningkatan produktivitas

Sistem manajemen armada dapat membantu manajemen untuk mengatur dan mengelola armada secara lebih efektif, sehingga dapat meningkatkan produktivitas perusahaan.

Analisis data

Sistem manajemen armada biasanya menyediakan laporan yang membantu manajemen untuk memahami kinerja armada dan mengambil keputusan yang tepat berdasarkan data yang tersedia.

Compliance

Sistem manajemen armada juga dapat membantu perusahaan untuk memenuhi persyaratan regulasi yang berlaku, seperti standar keselamatan dan emisi gas buang.

Membuat Sistem Manajemen Armada

Setidaknya ada beberapa hal - hal yang perlu diperhatikan, jika Anda tertarik untuk membangun sistem amanjemen armada, diantaranya:

Tentukan tujuan sistem manajemen armada

Sebelum memulai pembangunan sistem, penting untuk menentukan tujuan apa yang ingin dicapai dengan implementasi sistem manajemen armada. Misalnya, apakah tujuannya adalah untuk meningkatkan efisiensi operasional, mengurangi biaya operasional, atau meningkatkan kepuasan pelanggan.

Identifikasi kebutuhan

Setelah menentukan tujuan, selanjutnya adalah mengidentifikasi kebutuhan yang harus dipenuhi oleh sistem manajemen armada. Ini termasuk mengidentifikasi proses-proses yang akan dilakukan oleh sistem, fitur-fitur yang diinginkan, dan data yang akan dikelola oleh sistem.

Pilih solusi sistem

Setelah mengidentifikasi kebutuhan, selanjutnya adalah memilih solusi sistem yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Ada banyak pilihan sistem manajemen armada yang tersedia di pasaran, sehingga perusahaan perlu memilih solusi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan budget yang tersedia.

Implementasi dan pengujian

Setelah memilih solusi sistem, selanjutnya adalah melakukan implementasi dan pengujian sistem. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa sistem tersebut dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Pelatihan dan dokumentasi

Setelah sistem terimplementasi, perusahaan perlu memberikan pelatihan kepada pegawai yang akan menggunakan sistem tersebut, serta menyediakan dokumentasi yang memudahkan penggunaan sistem.

Evaluasi dan pemeliharaan

Selanjutnya, perusahaan perlu melakukan evaluasi terhadap sistem manajemen armada secara berkala untuk memastikan bahwa sistem tersebut masih sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan berjalan dengan baik. Selain itu, perusahaan juga perlu melakukan pemeliharaan terhadap sistem untuk memastikan bahwa sistem tersebut tetap dapat berjalan dengan optimal.

Untungnya di era digital seperti saat ini, Anda tidak perlu bingung ketika ingin membangun sistem manajemen armada. Sudah banyak layanan dari software house atau perusahaan pengembang yang tersedia untuk membangun sistem manajemen armada tersebut. Salah satunya adalah Softwareseni.

Softwareseni merupakan perusahaan software multinasional yang memiliki kehadiran di Australia dan Indonesia. Softwareseni menawarkan beragam model kerjasama dan layanan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda, termasuk pengembangan website, aplikasi mobile, dan software khusus. 

Selain itu, kami juga merupakan perusahaan konsultasi IT dan penyedia jasa outsourcing. Bersama dengan dedikasi Softwareseni terhadap inovasi dan pelayanan terbaik, Softwareseni hadir di Indonesia pada tahun 2017 untuk membantu perusahaan di Indonesia dalam mengoptimalkan bisnis mereka melalui digitalisasi.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2022, SoftwareSeni memiliki lebih dari 200 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda. 

PENULIS
Ahid Maulana
BAGIKAN ARTIKEL INI

Let's Talk!

Punya Project atau Ingin Bekerja Sama?
Hubungi kami dan kembangkan Software impianmu, sekarang!