Peluang Sistem Logistik di Tengah Menjamurnya Layanan E-Commerce di Indonesia

Peluang Sistem Logistik di Tengah Menjamurnya Layanan E-Commerce di Indonesia

by
Ahid Maulana
December 3, 2021

Curah pertumbuhan e-commerce di Indonesia semakin deras. Hadirnya pandemi Covid-19 menambah subur pertumbuhan e-commerce di Indonesia. Menurut Budi, Co-founder dan COO Shipper Indonesia, dikutip dari Antaranews berdasarkan data transaksi e-Commerce yang dirilis oleh Bank Indonesia, pada tahun 2021 diperkirakan mencapai Rp 337 triliun, atau naik 33% dari tahun 2020 yang berada di angka Rp 253 triliun.

Pesatnya pertumbuhan e-Commerce di Indonesia telah menciptakan peluang di sektor logistik, bagaimana tidak menurut data Nilai Gross Merchandise Value (GMV) e-Commerce Indonesia diprediksi akan tumbuh dari 32 miliar dolar AS menjadi 83 miliar dolar AS pada tahun 2025.

Peningkatan tersebut berbanding lurus dengan meningkatnya kebutuhan akan layanan logistik. Apalagi dengan masih adanya pandemi Covid-19 dan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuat sebagian besar masyarakat memilih untuk berbelanja online dibandingkan harus belanja offline atau mendatangi gerai toko konvensional.

Tentunya ini menjadi angin segar bagi para penggerak bisnis startup untuk berinovasi di sektor logistik. Dengan peluang yang terbuka lebar, serta dukungan teknologi yang kian hari kian mumpuni, rasanya peluang ini sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Tren Kebutuhan Layanan Logistik

Tren kebutuhan layanan logistik setidaknya akan terus membumbung tinggi untuk beberapa tahun kedepan, selain pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai sebagai faktor utama, konsumen Indonesia juga sudah kadung nyaman dengan budaya belanja online yang semakin praktis dan memudahkan. 

Hal itu pun seakan didukung dengan banyaknya kemudahan dan benefit yang diberikan kepada konsumen ketika mereka memutuskan untuk berbelanja secara online. Promo seperti diskon, cashback hingga gratis ongkir (ongkos kirim) masih jadi “primadona” yang dapat menarik minat konsumen untuk terus berbelanja online.

Dukungan Teknologi dan User Behavior

Seperti yang telah dijelaskan di atas, setidaknya ada 2 faktor utama yang menyebabkan layanan logistik memiliki potensi yang untuk beberapa tahun kedepan. Pertama adalah dukungan teknologi yang semakin mumpuni, yang kedua tentu adanya pengaruh user behavior

Tidak bisa dipungkiri, perkembangan teknologi yang begitu cepat juga mempengaruhi aspek kehidupan, tak terkecuali pada kegiatan masyarakat sehari - hari. Teknologi yang kian hari kian memudahkan secara tidak langsung telah mengubah minat dan perilaku masyarakat, atau bisa disebut user behavior.

User behavior yang berubah akan menciptakan tren baru yang mungkin akan bertahan lama, tergantung bagaimana hype-nya di tengah masyarakat. Dan salah satu tren yang kini sedang berkembang pesat di tengah masyarakat adalah tren belanja online. Memang tidak bisa dipungkiri juga, jika adanya pandemi Covid-19 ikut berperan dalam mengakselerasi meningkatnya tren belanja online ini, walaupun sebenarnya e-Commerce telah dikenal kurang lebih satu dekade yang lalu.

Imbas Pertumbuhan e-Commerce

Pertumbuhan eCommerce yang sangat cepat, memberi “imbas” pada layanan logistik. Kebutuhan layanan logistik pun naik hingga berkali kali lipat sejalan dengan meningkatnya jumlah konsumen yang berbelanja online.

Layanan logistik sendiri memegang peranan sentral dalam bisnis e-Commerce. Bagaimana tidak, layanan logistik memastikan perputaran di ekosistem e-Commerce tidak tersendat atau terganggu. 

Perusahaan e-Commerce umumnya akan berkolaborasi dengan jasa layanan logistik yang memiliki fasilitas penyimpanan yang baik untuk menjaga ketersediaan stok barang tetap aman serta jasa layanan antar yang memiliki jangkauan luas, sehingga proses pengiriman barang ke tangan konsumen menjadi lebih cepat.

Bagaimana Sistem Logistik Bekerja?

Dengan segala potensi bisnis yang besar yang dimiliki oleh layanan logistik, lalu seperti apa idealnya sebuah sistem logistik itu bekerja? Setidaknya ada lima poin penting yang harus ada dalam sistem logistik, agar arus barang dan distribusi logistik dapat berjalan dengan baik. Lima poin itu adalah:

Lokasi Fasilitas Logistik

Merupakan suatu keharusan sistem logistik memiliki jaringan lokasi yang luas. Tujuannya tentu untuk penjadwalan atau perencanaan dari madan dan kemana barang atau produk akan diangkut. 

Dengan memiliki jaringan lokasi yang bisa diatur dengan strategis dan baik, proses perpindahan barang dari tangan produsen ke konsumen pun akan lebih cepat. Di sisi lain perusahaan akan mendapatkan banyak keuntungan, seperti meningkatnya trust konsumen terhadap perusahaan. Selain itu dengan jaringan lokasi yang lebih terstruktur kinerja layanan logistik menjadi lebih efisien dan efektif. 

Transportasi

Hal penting lainnya adalah transportasi. Biasanya suatu perusahaan logistik memiliki tiga opsi untuk mendukung kemampuan transportasinya.

Yang pertama, armada peralatan swasta yang bisa perusahaan beli ataupun sewa. Yang kedua dengan melakukan suatu kontrak tertentu dengan pemilik jasa pengangkutan barang, sedangkan opsi lainnya adalah dengan mendapatkan berbagai jasa dari perusahaan transportasi yang telah mendapatkan izin yang menawarkan jasa pengangkutan barang.

Dalam poin ini perusahaan logistik harus mempertimbangkan beberapa faktor guna meningkatkan layanan logistik itu sendiri, faktor biaya, kecepatan pengiriman, hingga konsistensi pengiriman merupakan suatu keharusan untuk terus “memupuk” trust perusahaan.

Manajemen Pengadaan

Penting bagi perusahaan logistik untuk memiliki manajemen pengadaan yang baik. Dengan memiliki manajemen pengadaan yang baik, perusahaan dapat mengelola dan mengatur cara untuk mendapatkan persediaan barang, proses penyimpanannya, hingga persediaan barang yang nantinya akan dikeluarkan atau dimanfaatkan.

Adapun tujuannya untuk bisa mempertahankan kualitas barang yang sesuai dengan sasaran pelayanan perusahaan itu sendiri.

Komunikasi

Poin penting dalam layanan logistik adalah komunikasi. Perusahaan logistik wajib memiliki komunikasi yang baik, jika tidak, bukan hanya performa kerja yang menurun, namun reputasi sebagai perusahaan logistik juga akan dipertanyakan.

Penyimpanan

Penyimpanan mencangkup seluruh aspek operasional, baik pengepakan, pergerakan, penyimpanan barang, hingga pengemasan. Seluruh aspek tersebut berkaitan dengan flow persediaan barang atau produk yang berguna untuk memenuhi kebutuhan terkait produk atau barang tersebut

Peran Layanan Logistik Terhadap eCommerce

Tidak bisa dipungkiri jika layanan logistik turut berperan dalam perkembangan eCommerce. Ada beberapa poin mengapa layanan logistik menjadi ujung tombak dalam bisnis eCommerce

Berorientasi pada Pemasaran

Logistik memiliki peranan yang cukup krusial, khususnya untuk bisnis online atau ecommerce. Layanan logistik secara tidak langsung menjadi salah satu faktor tolak ukur kepuasan pelanggan ketika mereka belanja online. Tentunya layanan logistik yang memiliki kecepatan pengiriman suatu barang menjadi salah satu pertimbangan konsumen ketika mereka berbelanja online.

Memberikan Nilai Tambah

Selain kualitas produk, penting bagi pemilik bisnis online atau ecommerce untuk memperhatikan kualitas layanan logistik yang dipakai. Seperti yang telah dijelaskan pada poin pertama, layanan logistik yang prima akan menciptakan “rasa candu” untuk konsumen, sehingga konsumen tidak segan untuk melakukan repeat order hingga memberikan penilaian terbaik.

Itulah mengapa layanan logistik memegang peranan krusial dalam bisnis ecommerce, tidak hanya kualitas produk, kini konsumen juga menjadikan layanan logistik sebagai bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk melakukan transaksi. Dari situlah layanan logistik akan memberikan nilai tambah pada bisnis ecommerce jika layanan logistik tersebut memberikan kinerja yang prima.

Perpindahan Produk yang Efisien

Sistem logistik yang baik nyatanya mampu menciptakan proses pemasokan produk yang tepat, di tempat yang tepat, pada waktu yang tepat, serta dalam kondisi yang baik pula, dan tentunya dengan biaya yang lebih “ramah” bagi konsumen. Bagi layanan logistik sendiri, dengan perpindahan produk yang efisien, akan memperbesar profit mereka secara tidak langsung.

Pada akhirnya layanan logistik turut andil terhadap perkembangan bisnis e-commerce khususnya di Indonesia. Itulah mengapa pada akhirnya bermunculan startup layanan logistik yang tentunya memberikan banyak kemudahan bagi konsumen.

Nah, apakah Anda tertarik untuk menangkap potensi dari layanan logistik? Jika iya, ini adalah waktu yang tepat untuk Anda melakukannya.

Dengan perkembangan teknologi yang sudah semakin mumpuni dan budaya e-Commerce yang terus meningkat, sangat disayangkan jika Anda melewatkan begitu saja. 

Yang perlu Anda lakukan adalah riset target pasar Anda, tentukan UVP bisnis Anda, dan bangun sistemnya. 

Anda bisa bekerja sama dengan software house untuk memudahkan Anda dalam membangun sistem layanan logistik baik website ataupun mobile app, dengan catatan Anda belum memiliki divisi IT pada perusahaan Anda. 

Softwareseni adalah salah satu software house dengan compliance terbaik yang ada di Indonesia. Softwareseni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, dan aplikasi. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara hingga di 2017, Softwareseni mulai bekerja dengan perusahaan Indonesia.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2021, SoftwareSeni memiliki lebih dari 190 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan - perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni

Jadi bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mengembangkan sistem layan logistik bersama Softwareseni?


FAQ

Table of Contents

+ Show

Punya Project atau Ingin Membuat Aplikasi?

Hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan aplikasi Anda lebih lanjut
Office Address Image

SYDNEY

55 Pyrmont Bridge Road,
Pyrmont NSW 2009 Australia
+61 2 8123 0997

YOGYAKARTA

Unit A & B
Jl. Prof. Herman Yohanes No.1125, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223