Blog
Business
Semakin Ramai, SuperApp Justru Kian Banyak Diminati Oleh Perusahaan
Business
Jul 29, 2021
Jan 3, 2023

Semakin Ramai, SuperApp Justru Kian Banyak Diminati Oleh Perusahaan

PENULIS
Ahid Maulana
BAGIKAN ARTIKEL INI

Pandemi Covid-19 menjadi tolak balik bagi perkembangan teknologi. Keterbatasan gerak, meningkatnya kebutuhan dan permintaan konsumen, serta tuntutan akan percepatan layanan memicu perkembangan teknologi secara radikal. Dari sinilah kemudian muncul berbagai layanan SuperApp sebagai solusi untuk konsumen.

Di Indonesia sendiri, SuperApp merupakan kecenderungan untuk menggabungkan berbagai layanan dan fitur dalam satu aplikasi tunggal yang bisa digunakan oleh pengguna untuk berbagai keperluan seperti pesan, belanja, pembayaran, transportasi, dan lain-lain. Contohnya adalah Gojek, Grab, dan Tokopedia.

Superapp menjai salah satu model bisnis yang sedang populer di Indonesia, terutama di bidang teknologi dan layanan digital. Dengan menyediakan banyak layanan dalam satu aplikasi, superapp bisa menjadi one-stop solution bagi penggunanya dan memudahkan interaksi dengan berbagai merchant atau penyedia layanan. Selain itu, superapp juga bisa menawarkan layanan yang lebih luas dan kaya kepada penggunanya, serta meningkatkan loyalitas pengguna terhadap aplikasi tersebut.

Namun, tren superapp juga memiliki beberapa tantangan, seperti persaingan yang ketat antar aplikasi, ketergantungan terhadap pengguna dan merchant yang terdaftar, serta perlu memenuhi standar keamanan dan privasi yang tinggi.

Peta Persaingan Pengembangan SuperApp

Peta persaingan superapp di Indonesia tergantung pada layanan yang ditawarkan oleh masing-masing aplikasi. Beberapa aplikasi superapp yang terkenal di Indonesia adalah Gojek, Grab, dan Tokopedia.

Gojek merupakan aplikasi superapp yang menawarkan layanan transportasi, pengiriman barang, pembayaran, dan layanan lainnya. Grab merupakan aplikasi superapp yang fokus pada layanan transportasi dan logistik. Tokopedia merupakan aplikasi superapp yang fokus pada layanan e-commerce, namun juga menawarkan layanan pembayaran dan lainnya.

Selain itu, ada juga beberapa aplikasi superapp lainnya seperti Shopee, Bukalapak, dan LinkAja yang fokus pada layanan e-commerce, serta Ovo yang fokus pada layanan pembayaran.

Peta persaingan superapp di Indonesia sangat ketat, terutama di bidang transportasi dan e-commerce. Setiap aplikasi berusaha untuk menawarkan layanan yang lebih luas dan inovatif untuk menarik pengguna dan merchant. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa Gojek, Grab, dan Tokopedia merupakan aplikasi superapp yang paling populer dan dominan di Indonesia saat ini.

Peluang Mengembangkan SuperApp di Indonesia

Indonesia sendiri merupakan pasar yang menarik untuk mengembangkan superapp, ada beberapa alasan mengapa Indonesia menjadi pasar yang menarik untuk mengembangkan SuperApp, diantaranya:

Pertama, Indonesia memiliki jumlah penduduk yang cukup besar dan tingkat penetrasi internet yang semakin meningkat, sehingga potensi pengguna aplikasi sangat besar. 

Kedua, Indonesia merupakan salah satu negara dengan tingkat adopsi teknologi yang cukup tinggi, terutama di bidang layanan digital. Ini menjadikan Indonesia sebagai pasar yang menarik bagi perusahaan yang ingin mengembangkan layanan digital. 

Ketiga, Indonesia juga memiliki banyak merchant atau penyedia layanan yang bisa bekerjasama dengan aplikasi superapp, sehingga dapat meningkatkan interaksi dengan berbagai penyedia layanan dan meningkatkan pendapatan. 

Keempat, Indonesia juga memiliki beberapa tantangan yang bisa dijadikan peluang, seperti masih rendahnya tingkat penetrasi kartu kredit dan sistem pembayaran online yang masih terbatas, sehingga ada potensi untuk mengembangkan layanan pembayaran yang lebih inovatif dan mudah digunakan.

Manfaat Pengembangan SuperApp Bagi Binis Perusahaan

Meski peta persaingan pengembangan SuperApp begitu ketat, namun tidak menyurutkan keinginan para pemilik bisnis untuk mengembangkan SuperApp mereka sendiri. 

Nyatanya pengembangan superapp dapat memberikan beberapa manfaat bagi perusahaan, di antaranya:

  1. Meningkatkan loyalitas pengguna: Dengan menyediakan banyak layanan dalam satu aplikasi, superapp dapat meningkatkan loyalitas pengguna terhadap aplikasi tersebut. Pengguna yang sudah terbiasa menggunakan aplikasi tersebut untuk berbagai keperluan akan lebih cenderung terus menggunakannya.
  2. Menambah sumber pendapatan: Superapp dapat meningkatkan interaksi dengan merchant atau penyedia layanan lainnya, sehingga dapat meningkatkan pendapatan dari berbagai sumber.
  3. Memperluas jangkauan layanan: Superapp dapat memperluas jangkauan layanan yang ditawarkan kepada pengguna, sehingga bisa menarik lebih banyak pengguna baru dan meningkatkan pengguna aktif.
  4. Memudahkan interaksi dengan merchant: Superapp dapat menjadi one-stop solution bagi pengguna, memudahkan interaksi dengan berbagai merchant atau penyedia layanan, dan meningkatkan efisiensi penggunaan aplikasi.
  5. Meningkatkan efisiensi bisnis: Dengan menggabungkan berbagai layanan dalam satu aplikasi, perusahaan dapat mengurangi biaya operasional dan meningkatkan efisiensi bisnis.

Manfaat Superapp Bagi Konsumen

Selain memberikan manfaat bagi pemilik bisnis, pengembangan SuperApp juga memberikan manfaat bagi konsumen yang menggunakan layanannya, diantaranya:

  1. One-stop solution: Superapp menyediakan banyak layanan dalam satu aplikasi, sehingga konsumen dapat menggunakannya untuk berbagai keperluan seperti pesan, belanja, pembayaran, transportasi, dan lain-lain. Ini memudahkan interaksi dengan berbagai merchant atau penyedia layanan dan menghemat waktu dan usaha konsumen.
  2. Layanan yang lebih luas: Superapp dapat menawarkan layanan yang lebih luas dan kaya kepada konsumen, sehingga konsumen bisa menemukan berbagai pilihan layanan yang sesuai dengan kebutuhannya.
  3. Kemudahan pembayaran: Superapp biasanya menyediakan layanan pembayaran yang mudah digunakan, seperti dengan menggunakan kartu kredit atau sistem pembayaran online. Ini memudahkan konsumen untuk melakukan pembayaran tanpa perlu menggunakan uang tunai.
  4. Promo dan diskon: Superapp seringkali menawarkan promo dan diskon untuk pengguna aktifnya, sehingga konsumen bisa mendapatkan harga yang lebih murah dari layanan yang dibeli.
  5. Kemudahan akses: Dengan hanya menggunakan smartphone, konsumen bisa mengakses layanan yang ditawarkan oleh superapp kapan saja dan di mana saja, selama terdapat koneksi internet. Ini memudahkan konsumen untuk menggunakan layanan superapp, terutama di daerah yang tidak terjangkau oleh layanan tradisional.

Bagiamana, apakah Anda tertarik untuk mengembangkan SuperApp milik Anda sendiri? Dengan segala manfaatnya, pengembangan SuperApp terlihat sebagai peluang bisnis yang tidak boleh dilewatkan, namun ada beberapa tantangan yang harus dihadapi perusahaan ketika membangun SuperApp, di antaranya:

  • Persaingan yang ketat: Saat ini terdapat banyak aplikasi superapp yang tersedia di Indonesia, sehingga persaingan untuk menarik pengguna dan merchant sangat ketat. Perusahaan harus bisa menawarkan layanan yang lebih luas dan inovatif untuk bisa bersaing dengan aplikasi lainnya.
  • Ketergantungan terhadap pengguna dan merchant: Superapp bergantung pada pengguna dan merchant yang terdaftar untuk menyediakan layanan dan meningkatkan pendapatan. Perusahaan harus bisa menjaga kepuasan pengguna dan merchant agar tidak beralih ke aplikasi lain.
  • Standar keamanan dan privasi yang tinggi: Superapp harus memenuhi standar keamanan dan privasi yang tinggi untuk menjaga kepercayaan pengguna. Hal ini menjadi tantangan tersendiri karena perlu mengelola banyak data pengguna dan transaksi yang terjadi.
  • Biaya operasional yang tinggi: Membangun superapp membutuhkan biaya operasional yang cukup tinggi, terutama untuk menjaga kualitas layanan yang ditawarkan dan mengembangkan fitur-fitur baru. Perusahaan harus bisa mengelola biaya operasional dengan baik untuk bisa menjaga kelangsungan bisnis.
  • Kemajuan teknologi yang cepat: Industri teknologi dan layanan digital berkembang sangat cepat, sehingga perusahaan harus bisa mengikuti perkembangan terbaru dan mengembangkan fitur-fitur baru yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaan yang ingin terus bersaing di pasar.

Memang terlihat rumit, untungnya sekarang sudah banyak perusahaan pengembang yang menyediakan jasa mereka untuk pembuatan sistem membership berbasis website, maupun mobile app. Dan salah satu perusahaan pengembang yang telah dipercaya oleh banyak perusahaan adalah Softwareseni.

Softwareseni sendiri merupakan salah satu perusahaan pengembang atau software house yang memiliki layanan IT terlengkap yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Softwareseni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, dan aplikasi. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara hingga di 2017, Softwareseni mulai bekerja dengan perusahaan Indonesia.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2022, SoftwareSeni memiliki lebih dari 200 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan - perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni

PENULIS
Ahid Maulana
BAGIKAN ARTIKEL INI

Punya Project atau Ingin Membuat Aplikasi?

Hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan digital untuk bisnis Anda lebih lanjut.
Office Address Image

SYDNEY

55 Pyrmont Bridge Road,
Pyrmont NSW 2009 Australia
+61 2 8123 0997

JAKARTA

Level 17, Sequis Tower,
Jl. Jenderal Sudirman No.71, Senayan,
Kec. Kebayoran Baru, Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12190
+62 858-6514-9577

YOGYAKARTA

Unit A & B
Jl. Prof. Herman Yohanes No.1125, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223