Sales Force Automation, Aplikasi untuk Meningkatkan Omzet Sales Perusahaan

Sales Force Automation, Aplikasi untuk Meningkatkan Omzet Sales Perusahaan

by
Ahid Maulana
October 8, 2021

Sales & Marketing merupakan tim penting di setiap perusahaan, apapun bisnis Anda, sebesar apapun bisnis Anda, tanpa adanya tim sales & marketing perusahaan Anda akan sulit untuk bersaing dengan perusahaan lain dan berkembang sesuai dengan visi yang Anda inginkan.

Dengan peranan yang begitu penting dalam sebuah perusahaan, maka tidak heran tim sales & marketing perlu “dimanja” agar tugas - tugas penjualan semakin mudah, cepat, dan sederhana.

Sales Force Automation merupakan tools yang dapat membantu tim sales & marketing dalam menyederhanakan tugas - tugas penjualan, proses otomatisasinya biasanya berfokus pada task yang memiliki kesamaan, atau yang sifatnya berulang, termasuk didalamnya hal - hal administratif sehingga tugas tim sales & marketing semakin efektif dan efisien.

Mengapa Sales Force Automation Penting?

Ada beberapa alasan mengapa sales force automation menjadi aplikasi yang penting untuk perusahaan, diantaranya:

Mengefisiensikan Tugas Tim Sales

Dengan melakukan otomatisasi pada tugas - tugas tertentu yang memiliki kesamaan sifat, maka beban kerja tim sales pun akan berkurang dan waktu kerja yang tersisa pun bisa digunakan tim sales untuk fokus pada task yang lainnya, seperti mengatur strategi untuk penjualan kedepannya, atau melakukan evaluasi pada tugas - tugas sebelumnya.

Meminimalisir Human Error

Tools sales force automation ini juga dapat meminimalisir adanya human error, sehingga mengurangi adanya kesalahan input data, atau lupa.

Tools ini akan membantu tim sales sebagai pengingat prioritas tugas yang harus dikerjakan oleh tim sales, seperti kapan waktunya untuk mengirim email, kapan harus melakukan follow up hingga kapan harus melakukan call pada klien. Tentu ini secara tidak langsung dapat meningkatkan integritas perusahaan dan menaikan trust perusahaan di mata klien.

Grouping Data Penting

Jika perusahaan Anda memiliki lebih dari satu orang sales, dan mereka memiliki klien sendiri - sendiri, maka akan sangat sulit bagi Anda jika ingin melihat performa dari masing - masing anggota sales, tanpa adanya integrasi data antara sales yang satu dengan yang lain. 

Dengan tools ini Anda dapat dengan melihat performa masing - masing anggota tim sales dalam satu dashboard system saja, selain itu Anda juga dapat mengelompokan klien - klien berdasarkan tingkat prospektifitasnya.

Fungsi Utama Sales Force Automation

Dilansir dari Drift, setidaknya ada beberapa tugas tim sales yang bisa diotomatisasikan menggunakan sales force automation, diantaranya:

Memilih Klien yang Prospek

Sales force automation dapat membantu Anda dalam menemukan klien yang lebih prospek, bagaimana bisa begitu? Karena dalam sales force automation ada berbagai data klien yang bisa Anda kumpulkan, dan kemudian Anda nilai untuk menentukan siapa klien yang memiliki prospektifitas tinggi.

Menilai Leads yang Masuk

Selain dapat memilih klien yang prospek, sales force automation juga dapat membantu Anda untuk melakukan penilaian dan kapan waktu terbaik menghubungi mereka. Informasi terkait menghubungi lewat media apapun bisa terlihat. Anda bisa melakukan penilaian siapa yang paling bisa diubah untuk jadi pelanggan.

Penjadwalan Meeting dan Follow Up

Yang terakhir adalah penjadwalan meeting secara otomatis. Dengan sistem ini klien bisa melihat waktu luang Anda dengan menggunakan kalender digital, kemudian klien dapat memilih waktu yang paling tepat untuk melakukan meeting. Anda juga dapat melakukan otomatisasi untuk follow up terhadap klien yang ingin Anda update proses kerjasamanya.

Fitur-Fitur Sales Force Automation 

Order dan Retur Produk

Fitur ini berfungsi untuk melakukan taking order, canvassing atau melakukan retur oleh tim sales. Bon penjualan juga dapat langsung dicetak langsung untuk melakukan kegiatan canvassing

Produk dan Stok

Fitur ini memungkinkan untuk tim sales mengetahui jumlah produk yang dijual oleh tim distributor, termasuk didalamnya informasi jenis produk, harga produk hingga ketersediaan stok barang. 

Hal ini tentu akan memudahkan tim sales untuk melakukan penawaran produk yang dimiliki kepada calon pelanggan

Customer Profile

Dengan fitur ini tim sales akan lebih mudah untuk mengetahui historical pelanggan, seperti profil pelanggan yang akan dikunjungi, alamat lengkapnya, piutang pelanggan, berapa jumlah dana yang sudah jatuh tempo, hingga data pemesanan sebelumnya dari pelanggan tersebut.

Route Plan dan Direction

Selanjutnya adalah fitur Route Plan and Direction, fitur dapat membuat jadwal kunjungan harian untuk tim sales atau sesuatu yang biasa disebut dengan permanent journey plan (PJP). sehingga tim sales hanya perlu mengikuti jadwal yang sudah di buatkan oleh aplikasi.

Selain itu fitur ini juga sudah dilengkapi dengan maps direction, bahkan tim sales juga bisa merekam titik koordinat outlet agar lebih memudahkan dalam menentukan kunjungan selanjutnya

Collection

Fitur ini akan memudahkan tim sales dalam melakukan proses penagihan. Dengan fitur ini tim sales tidak perlu membawa banyak dokumen, tim sales hanya perlu mengakses data pelanggan menggunakan laptop atau smartphone mereka yang terhubung dengan internet.

Delivery

Fitur delivery akan memudahkan driver dalam melakukan pengiriman barang, dengan dilengkapi dengan maps direction dan penjadwalan pengiriman barang membuat pengiriman akan menjadi lebih efektif dan efisien. Laporan dari hasil pengiriman pun akan dapat dilihat melalui dashboard aplikasi.

Promo Scheme

Dengan fitur ini, tim sales dapat memantau secara langsung daftar promo yang sedang berlangsung, sehingga akan memudahkan tim sales dalam menawarkan produk pada calon pelanggan, detail ketentuan dan persyaratan promo pun telah tersedia, dan akan secara otomatis akan diaplikasikan jika pembelian barang sudah memenuhi syarat.

Performance Dashboard 

Dengan fitur performance dashboard tim sales dapat dengan sendirinya melakukan evaluasi terhadap kinerjanya. Data performance pada dashboard juga memudahkan tim sales dalam melakukan audit dan membuat strategi baru untuk meningkatkan performa dari tim sales itu sendiri.

Dokumentasi Pekerjaan

Tim sales juga bisa lebih mudah dalam melakukan dokumentasi mengenai semua task yang telah dikerjakan. Laporan akan tersimpan dengan rapi, dan tersentral, sehingga mudah untuk melakukan audit.

Dari penjabaran diatas Anda bisa dengan mudah menyimpulkan betapa pentingnya sistem sales force automation untuk kebutuhan marketing dan sales perusahaan Anda. Jika Anda adalah seorang pebisnis yang ingin mengembangkan bisnis Anda dengan lebih tertata, maka sistem sales force automation bisa menjadi sistem yang tepat untuk membantu Anda mengembangkan bisnis Anda.

Lalu bagaimana jika Anda ingin membangun sales force automation? Yang terpenting untuk membangun sebuah sistem digital, tentu adalah Anda memiliki divisi IT yang bisa mendeliver ide - ide dan kebutuhan bisnis Anda menjadi sebuah sistem digital. Lantas bagaimana jika Anda tidak memiliki divisi IT dalam perusahaan Anda? Bekerjasama dengan dengan software house profesional merupakan solusi terbaik untuk membangun sistem yang Anda butuhkan.

Softwareseni merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, dan aplikasi. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara hingga di 2017, Softwareseni mulai bekerja dengan perusahaan Indonesia.

Telah dipercaya berbagai perusahaan besar Indonesia seperti, Traveloka, Astra Internasional, Peduli Anak, JHPiego, Angkasa Pura dan masih banyak lagi, membuat Softwareseni terus berbenah dan meningkatkan setiap layanan yang bisa diberikan kepada client Softwareseni.

Keunggulan Softwareseni Lainnya

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2021, SoftwareSeni memiliki lebih dari 190 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan - perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni

Jadi, apakah Anda tertarik untuk membangun sistem sales force automation bersama Softwareseni?

FAQ

Table of Contents

+ Show

Punya Project atau Ingin Membuat Aplikasi?

Hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan aplikasi Anda lebih lanjut
Office Address Image

SYDNEY

55 Pyrmont Bridge Road,
Pyrmont NSW 2009 Australia
+61 2 8123 0997

YOGYAKARTA

Unit A & B
Jl. Prof. Herman Yohanes No.1125, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223
+62 858 6514 9577