Peranan Teknologi terhadap Penyedia Pelayanan Kesehatan di Indonesia

Peranan Teknologi terhadap Penyedia Pelayanan Kesehatan di Indonesia

by
Winda Ayu
June 20, 2022
June 24, 2022

Berkembangnya era teknologi menjadi semakin maju dan cepat saat ini sudah banyak menyentuh berbagai bidang dan aspek kehidupan, termasuk bidang kesehatan. Sudah diketahui bahwa pelayanan kesehatan merupakan salah satu bidang yang esensial dan dibutuhkan banyak orang. 

Penerapan teknologi informasi di bidang kesehatan diyakini dapat memberikan berbagai manfaat bagi penyedia layanan kesehatan. Dengan dukungan teknologi tersebut, manfaat yang dapat diperoleh antara lain adalah tersedianya informasi kesehatan yang akurat dan komprehensif, sehingga penyedia layanan kesehatan dapat memberikan berbagai kemungkinan perawatan terbaik. Lebih lanjut dengan penerapan teknologi informasi yang lengkap dan akurat dapat membantu dalam proses diagnosa, kesalahan medis serta dapat menawarkan pelayanan kesehatan yang aman dengan biaya rendah.

Lalu bagaimana peranan teknologi dalam pelayanan kesehatan? Mari kita pelajari pada ulasan berikut ini.

Manfaat Teknologi dalam Pelayanan Kesehatan

Memudahkan Informasi yang diakses Pasien

Hadirnya teknologi sangat memudahkan pasien dan calon pasien terutama dalam mengakses informasi dan pelayanan kesehatan. Hanya dengan ponsel atau komputer, kini pasien dapat mengakses berbagai macam informasi kesehatan di internet.

Selain itu, berbagai macam layanan kesehatan yang hadir secara online juga memudahkan pasien dalam mengakses pelayanan kesehatan. Pasien kini dapat mengakses informasi, mendapat layanan konsultasi, hingga melakukan penebusan resep obat secara online. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi tenaga dan waktu yang dimiliki pasien.

Mempersingkat Waktu Tunggu Pasien

Selain memudahkan pasien dalam mengakses pelayanan kesehatan, teknologi di bidang kesehatan juga dapat mempersingkat waktu tunggu pasien. Apabila melakukan pelayanan kesehatan di rumah sakit dapat mengantri hingga berjam-jam untuk mendapatkan pelayanan, kini dengan adanya teknologi tidak perlu menunggu lama. Pasien pun juga dapat membuat janji secara online dan melakukan konsultasi secara tatap muka di pelayanan kesehatan.

Peningkatan Derajat Kesehatan Masyarakat

Dengan lebih cepatnya dan mudah tercapainya akses ke pelayanan kesehatan, kesehatan masyarakat tentunya akan meningkat. Terutama berbagai informasi yang tersedia di internet, ditambah layanan kesehatan secara online dapat meningkatkan pengetahuan pasien dan membuat pasien lebih cepat ditangani.

Selain itu, dengan berkembangnya teknologi alat-alat kesehatan juga mengalami kemajuan. Berbagai macam alat kesehatan yang mempermudah dokter dalam mendiagnosa dan menangani pasien. Beberapa teknologi yang mempermudah dokter dalam menangani pasien adalah alat cuci darah. Tentunya hal ini sangat membantu dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Mempermudah Dokter dan Tenaga Medis

Dengan adanya perkembangan teknologi di bidang kesehatan, dokter dan tenaga medis lainnya menjadi jauh lebih mudah dijangkau pasien. Kini hanya dengan koneksi internet dan ponsel, dokter dan tenaga medis lainnya dapat membantu menolong pasien tanpa harus bertatap muka.

Penyimpanan Data Lebih Mudah

Teknologi tidak hanya memudahkan dari sisi pasien dan tenaga medis saja. Akan tetapi juga membantu pada sisi penyedia layanan kesehatan. Dengan adanya teknologi, penyedia layanan menjadi lebih mudah dalam menyimpan data-data penting milik pasien seperti rekam medis, atau data penting lainnya. Penyedia layanan kesehatan dapat membuka dan menyimpan data kembali secara mudah.

Alat Pemasaran

Pelayanan kesehatan dapat menjadikan teknologi sebagai alat pemasaran layanan kesehatannya. Pelayanan kesehatan dapat memasang iklan atau membuat situs web yang memuat informasi mengenai produk-produknya. Hal ini akan membantu penyedia layanan kesehatan yang menjangkau pasien dengan lebih luas. Terlebih dengan adanya teknologi orang-orang dapat mengakses berbagai macam informasi meski dengan jarak yang jauh.

Menjangkau Pasien Lebih Luas

Dengan adanya teknologi, pasien dari berbagai daerah dapat mengetahui mengenai keberadaan dan pelayanan informasi kesehatan secara mudah. Hal ini akan meningkatkan jumlah kunjungan pasien ke pelayanan kesehatan dan membuat pelayanan kesehatan lebih dikenal oleh masyarakat.

Membuat Website dan Aplikasi Berbasis Kesehatan

Dengan maraknya instansi dan perusahaan yang membuka kesempatan untuk memiliki platform online, ada baiknya membuka kesempatan juga bagi instansi penyedia layanan kesehatan untuk memiliki platform online.

Sebab, tidak hanya membantu pasien dan tenaga medis, memiliki platform online dapat juga menjadi alat untuk merapikan sistem kerja instansi dan juga dapat menjadi alat pemasaran untuk menjangkau pasien lebih banyak dan efisien.

Tidak perlu khawatir tentang bagaimana memulai atau membuat platform online yang diinginkan, karena sekarang sudah banyak jasa penyedia pembuatan software salah satunya adalah SoftwareSeni.

SoftwareSeni merupakan salah satu perusahaan pengembang terbaik yang telah banyak memiliki pengalaman membangun website dan aplikasi untuk instansi dan perusahaan terkemuka di Indonesia.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2022, SoftwareSeni memiliki lebih dari 200 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan-perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni.

FAQ

Daftar Isi

+ Show

Punya Project atau Ingin Membuat Aplikasi?

Hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan digital untuk bisnis Anda lebih lanjut.
Office Address Image

YOGYAKARTA

Unit A & B
Jl. Prof. Herman Yohanes No.1125, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223

SYDNEY

55 Pyrmont Bridge Road,
Pyrmont NSW 2009 Australia
+61 2 8123 0997