Peranan Digital Marketing dalam Sebuah Website

Peranan Digital Marketing dalam Sebuah Website

by
Winda Ayu
February 25, 2022
July 13, 2022

Persaingan bisnis online sekarang ini semakin ramai. Pasalnya, banyak sekali lapisan masyarakat yang terjun ke dunia bisnis online karena berbagai banyak faktor. Mudahnya akses internet menjadi salah satu faktor utama menjamurnya bisnis online di Indonesia. Salah satu strategi online marketing yang tepat dan efektif untuk sebuah bisnis yaitu melakukan promosi bisnis melalui website.

Website adalah salah satu media yang dapat digunakan untuk mempromosikan bisnis secara online. Banyak pebisnis online yang telah menggunakan website dan merasakan manfaatnya. Website sering disebut-sebut sebagai holy grail dari digital marketing. Semua perusahaan dituntut untuk memiliki website agar strategi pemasaran digitalnya semakin efektif. 

Sebelum kita melangkah lebih jauh untuk membedah mengapa website sangat berpengaruh dalam kegiatan pemasaran digital atau digital marketing, mari kita telaah apa itu digital marketing.

Pengertian Digital Marketing

Digital marketing merupakan salah satu cara yang bisa ditempuh oleh perusahaan untuk memasarkan bisnis yang sedang dikelola. Aktivitas pemasaran dinilai penting dalam perusahaan dikarenakan pemasaran sangat menentukan keberlangsungan sebuah bisnis.

Tanpa adanya pemasaran bisnis yang berjalan, bisnis akan sangat sulit untuk berkembang. Hal ini dikarenakan sangat sedikitnya orang yang mengetahui keberadaan perusahaan.

Seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi, aktivitas marketing mulai berkembang. Seorang pebisnis bisa melakukan pemasaran melalui dua cara, pertama melalui offline dan yang kedua melalui online. Digital marketing Indonesia juga sudah mulai merambah sangat luas. Bagi para pebisnis dan pengusaha yang sudah mengepakkan sayap bisnis mereka ke berbagai platform sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, Blog, Whatsapp dan lain sebagainya.

Berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh Mondo, sebuah provider teknologi dan digital marketing menunjukkan hasil risetnya bahwa banyak perusahaan yang berencana untuk meningkatkan budget digital marketing perusahaan mereka. Dinyatakan bahwa sekitar 80% perusahaan akan meningkatkan budget digital marketing selama setahun sampai 18 bulan ke depan, yang mana 40% perusahaan akan meningkatkan budget sebanyak 5-10%, 32% perusahaan akan meningkatkan budgetnya 10-25% dan sisa perusahaan yang lain akan menaikkan budget digital marketing mereka setara dengan 0-5%.

Apa Tujuan Digital Marketing?

Sebenarnya, apa sih tujuan digital marketing? Sampai-sampai riset mengatakan bahwa lebih dari 50% perusahaan sangat tertarik untuk meningkatkan budget digital marketing mereka. Salah satu tujuan utama dari digital marketing adalah menjangkau target pelanggan dengan lebih efisien dan efektif melalui media digital yang ada. Dengan begitu, digital marketing Layaknya strategi bisnis yang lain, digital marketing juga memiliki tantangan yang harus dihadapi oleh para penggunanya. Salah satu tantangan utamanya adalah ruang lingkup dan skala digital marketing itu sendiri. Maksudnya, jika Anda berminat untuk menerapkan digital marketing, maka Anda harus memikirkan rencana dan teknik digital marketing seperti apa yang akan digunakan, menentukan jumlah kegiatan digital marketing yang akan dikelola, menentukan konten yang dinamis, menarik, terprogram, dan lain sebagainya.diharapkan dapat merangkul konsumen secara lebih cepat, tepat dan luas.

Mengapa Digital Marketing Itu Penting?

Brand Awareness Bagi Perusahaan

Digital marketing sangat penting karena dapat mengembangkan brand awareness bagi calon pelanggan. Selain itu, digital marketing juga dapat memberikan arah dan tujuan yang jelas dan pasti bagi orang-orang yang ada di dalamnya dalam menentukan strategi untuk menggaet calon pelanggan.

Salah satu teknik digital marketing adalah dengan menggunakan website dan media sosial yang dimiliki oleh perusahaan. Melalui kedua sarana ini, Anda sebagai pebisnis dapat memberikan informasi terbaru yang berkaitan dengan perusahaan; informasi tentang produk terbaru, diskon yang akan diadakan, dan agenda marketing lainnya.

Peluang yang Lebih Besar

Pertumbuhan pengguna internet setiap tahunnya semakin meningkat. Hal ini menjadikan internet sebagai alternatif yang bisa dimanfaatkan oleh perusahaan untuk memasarkan berbagai produk dan jasa secara lebih luas. Kombinasi digital marketing melalui media sosial, iklan, SEO, dan website sering kali digunakan oleh perusahaan untuk mendapatkan pasar yang lebih luas lagi.

Digital marketing memiliki efek meluaskan pasar yang dimiliki dikarenakan sebagian besar agenda digital marketing memiliki efek yang bernama direct marketing. Artinya, pesan yang disampaikan lewat digital marketing tidak memiliki hambatan dan langsung menuju target pasar yang diinginkan oleh perusahaan.

Hemat Anggaran

Perusahaan yang baru dirintis atau sebuah perusahaan yang masih memiliki skala yang kecil memiliki sumber daya modal yang lebih sedikit dibandingkan dengan perusahaan besar yang telah berkembang. Hadirnya digital marketing membuat budget perusahaan semakin aman dan tidak boros. Kita tidak perlu lagi mengeluarkan banyak biaya untuk print flyer, iklan-iklan cetak, membuat baliho, dan media cetak lainnya.

Melalui digital marketing, Anda sebagai pebisnis dapat mulai memasarkan berbagai produk dan mengenalkan perusahaan lewat media sosial atau melalui email marketing. Sebuah survey yang dilakukan oleh Gartner Digital Marketing menyatakan bahwa sebanyak 28% pelaku bisnis akan mengganti anggaran pemasaran lewat saluran tradisional untuk kemudian diinvestasikan ke teknik digital marketing. Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab sebesar 40% responden mengakui bahwa mereka telah mendapatkan penghematan yang cukup besar saat menggunakan teknik digital marketing untuk mempromosikan layanan dan produknya.

Mengapa Harus Memiliki Website sebagai Alat Digital Marketing?

Adalah sebuah kelebihan tersendiri dari memiliki website dibandingkan dengan yang tidak sebagai alat untuk melakukan digital marketing. Kelebihan penggunaan website sebagai alat untuk melakukan digital marketing adalah sebagai berikut;

Menguasai 100% Data Aktivitas

Jika menggunakan platform pihak ketiga seperti marketplace atau social media, data perusahaan yang Anda miliki tidak sepenuhnya milik Anda. Ada limitasi-limitasi yang diberikan, seperti tidak bisa melihat secara pasti dari mana sumber lalu lintas pengunjung akun sosial media/marketplace milik perusahaan Anda. Anda juga tidak bisa merekam aktivitas-aktivitas khusus seperti mempelajari flow pengunjung dari konten ke konten atau menganalisa perilaku dari setiap CTA (call to action) yang dipasang.

Berbeda dengan website dimana kita memegang kendali 100% terhadap data yang kita inginkan. Kita bisa tahu persis dari iklan mana traffic berasal, kemana saja pengunjung berjalan dari satu halaman ke halaman lain, dan sebagainya.

Tracking Lebih Fleksibel

Satu-satunya cara untuk melakukan tracking yang paling fleksibel hanyalah dengan menggunakan website. Di website, Anda bisa benar-benar tahu seberapa jauh kualitas halaman/produk/konten yang telah dibuat dengan berbagai macam metrik.

Mulai dari Bounce Rate, Conversions Rate, sampai Conversion Attribution semuanya bisa Anda dapatkan. Dengan begitu Anda bisa memilih dan mengoptimasi produk-produk yang memberikan performa terbaik saja, dan meninggalkan produk lain yang mengurangi performa digital marketing Anda.

Penyesuaian Funnel Marketing yang Lebih Mendalam

Di platform lain, Anda mengalami keterbatas membuat funnel marketing untuk menarget pelanggan berdasarkan dari kegiatan mereka. Di Instagram misalnya, opsi penargetan ulang (retargeting) hanya terbatas pada engaged post dan engaged account saja, dan tidak ada yang lain.

Di marketplace malah Anda sama sekali tidak bisa melakukan proses retargeting. Padahal pemasaran berbasis funnel marketing sangat penting untuk memberikan pengalaman yang sesuai dengan aktivitas pengguna.

Dapat Dikombinasikan dengan Berbagai Strategi

Dengan menggunakan website, bukan berarti media lain menjadi tidak berguna. Justru dengan adanya website, Anda berkesempatan untuk memaksimalkan potensi dari beragam cara digital marketing. Seperti penggunaan conversions goal dalam FB ads dan Google Ads. Anda pun dapat menganalisa strategi mana yang memberikan hasil terbaik dan mana yang tidak.

Pembuatan website pun kini menjadi lebih mudah, karena hampir semua perusahaan pengembang atau software house memiliki developer yang dapat membuat website sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan digital marketing perusahaan Anda. Dan Softwareseni adalah salah satu dari perusahaan pengembang tersebut.

Softwareseni adalah salah satu software house dengan compliance terbaik yang ada di Indonesia. Softwareseni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, dan aplikasi. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara hingga di 2017, Softwareseni mulai bekerja dengan perusahaan Indonesia.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2021, SoftwareSeni memiliki lebih dari 200 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan - perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni.


FAQ

Daftar Isi

+ Show

Punya Project atau Ingin Membuat Aplikasi?

Hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan digital untuk bisnis Anda lebih lanjut.
Office Address Image

YOGYAKARTA

Unit A & B
Jl. Prof. Herman Yohanes No.1125, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223

SYDNEY

55 Pyrmont Bridge Road,
Pyrmont NSW 2009 Australia
+61 2 8123 0997