Peranan Aplikasi eCommerce untuk Meningkatkan Omzet Perusahaan

Peranan Aplikasi eCommerce untuk Meningkatkan Omzet Perusahaan

by
Ahid Maulana
October 5, 2021

eCommerce dan Marketplace, dua hal yang mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Tren eCommerce dimulai ketika internet secara tidak langsung sudah menjadi kebutuhan primer bagi setiap orang, apalagi hal ini didukung dengan masuknya era pasar bebas. 

Meskipun di awal kemunculannya tidak semua orang menyambut dengan baik, karena ada kekhawatiran mengenai privasi dan penipuan, namun seiring dengan berkembangnya teknologi serta adanya payung hukum yang melindungi konsumen, tren e commerce semakin meningkat pesat.

Puncaknya pada awal tahun 2020 hingga sekarang, ecommerce menjadi suatu sistem yang paling banyak diminati. Hal ini tentu tidak terlepas dari pandemi Covid-19 yang secara tidak langsung “memaksa” konsumen untuk mengubah perilaku belanja mereka, dari yang tadinya bersifat konvensional atau offline menjadi online. 

eCommerce dan Peluang Meningkatkan Omzet Perusahaan

Dengan “dipaksanya” konsumen untuk mengubah perilaku belanja mereka, dari yang tadinya offline menjadi online karena pandemi Covid-19, tentu ini menjadi peluang bisnis baru bagi perusahaan untuk sesegera mungkin mengadopsi atau mentransformasi model usaha mereka yang tadinya hanya berbasis offline, menjadi online

Transformasi ini penting, mengapa demikian? Selain agar bisnis Anda tetap bisa survive di tengah badai pandemi, Anda juga berarti menangkap peluang untuk mengembangkan bisnis Anda lebih jauh lagi, serta bukan tidak mungkin omzet perusahaan Anda akan ikut naik. Perlu Anda ketahui, salah satu keunggulan eCommerce dibanding toko offline atau toko fisik adalah Anda dapat menjangkau target konsumen lebih luas, bahkan target konsumen yang tidak mungkin Anda jangkau jika hanya mengandalkan toko offline atau toko fisik.

Manfaat dan Keuntungan dari Sistem eCommerce

Selain dapat menjangkau target konsumen yang lebih luas, ada beberapa manfaat dan keuntungan lain dari eCommerce, diantaranya:

Ajang Promosi secara Global

ECommerce dapat menjadi sarana bagi Anda pelaku usaha untuk mempromosikan jasa maupun produk Anda secara online, sehingga memungkinkan Anda menjangkau lebih banyak lagi calon konsumen yang potensial bagi bisnis Anda. Dengan begitu market perusahaan pun menjadi lebih luas dibandingkan dengan toko offline.

Menghemat Anggaran untuk Infrastruktur

Di awal pembuatannya, mungkin sistem eCommerce akan memerlukan biaya yang lumayan mahal, terlebih lagi jika Anda menginginkan fitur eCommerce yang lengkap. Namun jika kita melihat kedepan, sistem eCommerce justru dapat membantu Anda dalam menghemat anggaran untuk biaya infrastruktur yang mungkin berlebihan. 

Mengapa demikian? Karena dengan eCommerce, Anda tidak perlu lagi membuka banyak cabang untuk penjualan ataupun distribusi. Bisa dibilang Anda hanya cukup memiliki satu toko fisik sebagai nilai tambah untuk lebih meningkatkan trust issue di mata konsumen Anda. Selebihnya Anda cukup menggunakan eCommerce untuk kebutuhan promosi produk atau aktivitas jual beli.

Lebih Efektif dan Efisien

Dengan eCommerce, sistem penjualan di toko Anda akan menjadi lebih rapi, efektif serta efisien. Semua produk masuk dan keluar akan tercatat dengan rapi, Anda juga bisa mengetahui performa penjualan produk Anda melalui laporan digital, sehingga Anda bisa membuat keputusan yang tepat untuk kelangsungan bisnis Anda.

Fitur yang Memudahkan

Ada banyak sekali fitur dalam eCommerce untuk percepatan perputaran bisnis Anda. Salah satunya adalah Anda dapat menyediakan berbagai opsi pembayaran dalam sistem eCommerce. Dengan banyaknya opsi pembayaran, konsumen Anda bisa memilih metode pembayaran yang menurut mereka paling mudah. Dari situlah proses transaksi akan menjadi lebih cepat, sehingga perputaran bisnis Anda pun akan semakin cepat juga.

Selain manfaat di atas, tentu masih banyak manfaat dan keuntungan lainnya jika Anda menggunakan sistem eCommerce untuk kebutuhan penjualan produk bisnis Anda. Yang kemudian menjadi pertanyaan adalah bagaimana merancang sistem eCommerce yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda?

Sebelum Anda memutuskan untuk membangun sistem eCommerce untuk kebutuhan bisnis Anda, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terlebih dahulu, diantaranya:

Memiliki Fitur Lengkap Namun Tetap Sesuai Kebutuhan.

Penting bagi Anda untuk membuat sistem eCommerce yang memiliki fitur lengkap, terutama fitur yang memudahkan konsumen Anda dalam melakukan transaksi, seperti dukungan metode pembayaran yang beragam, opsi kurir yang lebih bervariatif, hingga fitur untuk kebutuhan promosi. 

Selain itu, penting juga bagi sistem eCommerce yang Anda bangun memiliki fitur yang dapat menunjang keberlangsungan bisnis Anda, seperti laporan digital mengenai performa penjualan produk.

Mudah Digunakan.

Sistem yang baik adalah sistem yang mudah digunakan, istilah tersebut merupakan sebuah keharusan jika Anda ingin membangun sistem eCommerce yang baik. Anda harus membangun sistem eCommerce yang memiliki user interface dan user experience yang baik untuk menciptakan pengalaman belanja yang menyenangkan.

Pertimbangkan Budget yang Anda Miliki

Membangun sistem eCommerce bukanlah perkara yang murah, apalagi jika Anda menginginkan sistem yang memiliki fitur yang kompleks. Maka daripada itu Anda perlu mempertimbangkan budget yang Anda miliki sebelum Anda memutuskan untuk membangun sistem eCommerce.

Dari sini juga Anda dapat mengkalkulasi kebutuhan bisnis dengan fitur yang ingin Anda buat. Jangan sampai sistem yang Anda buat, merupakan sistem yang “berlebihan” sehingga tidak tepat guna bagi kebutuhan bisnis Anda.

Memilih Software House yang Tepat

Jika Anda tidak memiliki tim dedicated untuk membangun sistem eCommerce, menggunakan jasa software house yang tepat merupakan solusi tepat bagi Anda.

Pertanyaan lainnya adalah, bagaimana memilih software house yang tepat untuk membuat sistem eCommerce sesuai dengan kebutuhan bisnis anda? Sedangkan memilih software house yang tepat anda untuk kebutuhan bisnis anda bukanlah perkara yang mudah.

Profesionalisme dari tim software house, harga yang ditawarkan, hingga bagaimana software house tersebut dapat menjaga privasi dan kerahasiaan data perusahaan Anda adalah hal-hal yang harus anda perhatikan sebelum hire software house untuk memenuhi kebutuhan anda.

SoftwareSeni merupakan salah satu software house terbaik di Indonesia yang bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda untuk membangun sistem eCommerce yang sesuai kebutuhan bisnis anda.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2021, SoftwareSeni memiliki lebih dari 190 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan - perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni

Jadi apakah Anda tertarik untuk membangun sistem eCommerce bersama Softwareseni?


FAQ

Table of Contents

+ Show

Punya Project atau Ingin Membuat Aplikasi?

Hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan aplikasi Anda lebih lanjut
Office Address Image

SYDNEY

55 Pyrmont Bridge Road,
Pyrmont NSW 2009 Australia
+61 2 8123 0997

YOGYAKARTA

Unit A & B
Jl. Prof. Herman Yohanes No.1125, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223
+62 858 6514 9577