Pentingnya Data Untuk Perkembangan Bisnis Perusahaan

Pentingnya Data Untuk Perkembangan Bisnis Perusahaan

by
Ahid Maulana
November 8, 2021

Data kini menjadi barang yang “mewah” sekaligus krusial, khususnya di lini bisnis digital seperti saat ini. Tak heran banyak kemudian istilah baru muncul, misalnya big data, data analyst, hingga data scientist.

Sebenarnya bukan hal yang mengejutkan, jika data memiliki peranan penting bagi sebuah bisnis, khususnya bagi mereka yang ingin memperluas pangsa pasar, atau baru ingin merambah pasar baru. Peranan data menjadi sangat krusial untuk menentukan kemana arah selanjutnya dari sebuah bisnis.

Entah disadari atau tidak, era digital menuntut seorang pebisnis untuk lebih kritis dan pintar dalam membaca data yang ada. Tak cukup rasanya jika Anda ingin membangun bisnis di era digital saat ini dengan hanya bermodalkan insting saja. 

Lalu, apa sebenarnya manfaat data bagi kelangsungan bisnis?

Manfaat Data untuk Bisnis

Menganalisis Tren Pasar

Tren pasar digital cenderung tidak stabil dan kerap kali berubah dalam waktu yang relatif singkat, oleh karena itu perusahaan dituntut untuk cermat dalam mengambil setiap peluang pasar yang tersedia.

Hal itu akan lebih mudah, jika perusahaan memiliki data (konsumen) agar mereka bisa beradaptasi dari tren pasar digital yang tengah berjalan. Nyatanya tren pasar digital memang bisa dikalkulasikan dan “diprediksi” melalui data yang diolah dan kemudian dikonversi sebagai langkah pengambilan strategi pemasaran perusahaan.

Membantu Strategi Pasar Perusahaan

Seperti yang telah dijelaskan pada poin pertama, data dapat membantu perusahaan dalam mengkalkulasikan dan memprediksi tren pasar digital. Dari sini data berperan sebagai “pedoman” bagi perusahaan untuk membuat strategi yang sesuai dengan tren pasar saat itu, namun tetap berada dalam koridor bisnis yang telah disepakati.

Hal ini tentu akan memudahkan perusahaan dalam membuat strategi pemasaran yang fit dengan kebutuhan pasar, sehingga strategi yang dibuat akan lebih efektif.

Membantu Memahami Konsumen

Dengan data, perusahaan juga akan lebih mudah dalam menebak kebutuhan konsumen mereka, seperti seberapa besar tingkat kebutuhan konsumen terhadap produk mereka, hingga bagaimana minat, dan respon konsumen terhadap produk yang dihasilkan oleh perusahaan itu sendiri.

Dengan dukungan strategi pasar yang tepat, dan data yang akurat, perusahaan akan selangkah lebih maju untuk memahami konsumen mereka. Sehingga produk yang dihasilkan pun bukan produk berasal dari insting belaka, namun benar - benar produk yang didasarkan adanya data yang akurat, sehingga menghasilkan produk yang memuaskan konsumen mereka, serta lebih efektif di pasar

Meminimalisir Resiko Kegagalan

Data juga akan membantu perusahaan dalam meminimalisir terjadinya resiko kegagalan dikarenakan kesalahan dalam pengambilan keputusan atau strategi pemasaran yang diterapkan.

Data akan membantu perusahaan dalam merinci tren apa yang sedang berlangsung, produk apa yang memang dibutuhkan konsumen mereka, hingga detail kecil seperti bagaimana melakukan improvement terhadap produk mereka, dan apa yang perlu diperbaiki dari strategi pemasaran yang telah dilakukan sebelumnya. Dengan begitu perusahaan dapat membuat strategi bisnis yang lebih efektif “dilempar” ke pasar.

Mendorong Inovasi Bisnis

Era pasar digital menuntut setiap perusahaan untuk terus berinovasi demi mengembangkan bisnisnya. Perkembangan teknologi yang begitu cepat, ditambah dengan tren minat dan perilaku belanja konsumen yang cenderung berubah - ubah, membuat perusahaan dipaksa untuk terus berbenah demi mempertahankan eksistensi bisnis mereka.

Dengan data, perusahaan akan lebih mudah dalam berinovasi. Data akan membantu mereka (red. perusahaan) untuk menentukan inovasi apa yang tepat, yang perlu mereka lakukan untuk meningkatkan bisnis mereka di mata pasar. 

Banyak inovasi yang bisa dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan performa bisnis mereka, terutama di era pasar digital seperti saat ini. 

Dan dari sekian pilihan inovasi, transformasi digital merupakan salah satu inovasi strategi tengah booming untuk saat ini. Alasannya sederhana, transformasi digital pada bisnis dianggap strategi yang jitu untuk memperluas jangkauan konsumen, serta relevan dengan kondisi saat ini.

Website development, Mobile App development, social media, hingga penggunaan strategi SEO dan online advertising sudah lumrah dilakukan oleh banyak perusahaan untuk memperluas pangsa pasar bisnis mereka.

Sayangnya, banyak dari perusahaan yang tidak benar - benar paham ketika melakukan transformasi digital untuk inovasi bisnis mereka, alih - alih memperluas jangkauan pangsa pasar mereka, mereka justru merugi baik secara finansial maupun waktu karena tidak adanya riset dan data yang memvalidasi strategi yang mereka akan bangun.

Ambil contoh, jika suatu perusahaan ingin menggunakan strategi SEO (part of digital marketing) untuk memperluas jangkauan konsumen mereka, maka setidaknya mereka (red. perusahaan) harus memiliki website yang SEO friendly terlebih dahulu, artinya mereka tidak hanya sekedar membangun website, namun juga harus memperhatikan bagaimana menerapkan struktur SEO dalam website mereka agar menjadi website SEO friendly

Hal lainnya adalah mereka juga harus riset keyword yang relevan dengan tren pasar untuk dijadikan konten dalam website mereka. Dengan konten yang relevan dan sesuai dengan model bisnis perusahaan (produk atau jasa yang ditawarkan pada konsumen), maka perusahaan akan mendapatkan user traffic yang sesuai dengan target konsumen mereka, sehingga peluang untuk mendapatkan konversi dari trafik tersebut menjadi lebih besar.

Contoh lainnya adalah ketika perusahaan ingin membangun mobile app untuk meningkatkan brand awareness serta menawarkan eksklusivitas layanan mereka pada konsumen, maka perusahaan perlu melakukan riset, dan mengumpulkan data terlebih dahulu sebelum mereka memutuskan untuk membangun mobile app seperti data behavior user mereka, apakah user mereka memang lebih banyak mengakses layanan mereka melalui perangkat seluler mereka, atau apakah konsumen perusahaan tersebut memang benar - benar membutuhkan mobile app untuk keperluan mengakses layanannya.

Dari dua contoh di atas, menunjukkan data memegang peranan penting sebagai rujukan bagi perusahaan untuk membantu mereka dalam menunjang keputusan strategi mereka terutama dalam hal inovasi bisnis, sehingga mereka dapat meminimalisir terjadinya resiko dan kerugian perusahaan.

Melakukan transformasi digital pada sebuah bisnis memang bukan perkara mudah dan murah. Setidaknya perlu strategi yang matang, dan data yang cukup, sehingga Anda tidak bingung platform apa yang akan Anda bangun.

Jika Anda tidak tahu harus dari mana untuk memulai membangun platform digital untuk bisnis Anda, Anda bisa memulainya dengan membangun Web Apps. Web Apps sendiri dapat menjembatani bisnis perusahaan Anda dengan konsumen Anda, apapun jenis platform yang mereka gunakan, baik desktop maupun mobile. 

Namun jika Anda masih ragu dengan hal tersebut, berkonsultasi dengan software house merupakan solusi yang tepat untuk kebutuhan transformasi digital bisnis Anda. Software house akan membantu Anda, mulai dari konsep, scoping sampai estimasi biaya yang harus dikeluarkan.

Softwareseni adalah salah satu software house dengan compliance terbaik yang ada di Indonesia. Softwareseni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, dan aplikasi. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara hingga di 2017, Softwareseni mulai bekerja dengan perusahaan Indonesia.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2021, SoftwareSeni memiliki lebih dari 190 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan - perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mentransformasi bisnis Anda bersama Softwareseni?

FAQ

Table of Contents

+ Show

Punya Project atau Ingin Membuat Aplikasi?

Hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan aplikasi Anda lebih lanjut
Office Address Image

SYDNEY

55 Pyrmont Bridge Road,
Pyrmont NSW 2009 Australia
+61 2 8123 0997

YOGYAKARTA

Unit A & B
Jl. Prof. Herman Yohanes No.1125, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223