OTHERS
Daftar pertanyaan yang sering diajukan oleh klien kami terkait layanan, model kerjasama hingga informasi umum lainnya mengenai Softwareseni.
Referensi konkrit yang Softwareseni sediakan untuk membantu Anda menemukan jawaban atas pertanyaan dan kebutuhan digital Anda.
Rincian kebijakan Softwareseni terkait dengan penggunaan, pengungkapan, penyimpanan, penghapusan, pengiriman dan/atau perlindungan Informasi Pribadi milik klien kami.
ABOUT US
Tentang Softwareseni
Softwareseni adalah salah satu Software House dengan compliance terbaik yang ada di Indonesia. Softwareseni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, aplikasi serta IT developer outsourcing. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara, hingga di 2017 Softwareseni mulai mengerjakan berbagai project digital untuk perusahaan Indonesia.
Indonesia
© 2022 SoftwareSeni all rights reserved.
Blog
Business
Pentingnya Data Analytic untuk Perkembangan Bisnis
Jelajahi lebih jauh berbagai layanan otomotif kami di sini!
MULAI
MULAI
Business
Dec 20, 2023
Nov 23, 2021

Pentingnya Data Analytic untuk Perkembangan Bisnis

PENULIS
Ahid Maulana
BAGIKAN ARTIKEL INI

Penggunaan platform digital dibarengi dengan strategi pemasaran digital marketing sudah menjadi rahasia umum bagi setiap perusahaan yang ingin mengakuisisi konsumen baru di tengah ketatnya persaingan pasar digital seperti saat ini.

Platform seperti website, mobile app, hingga social media marak digunakan oleh perusahaan untuk memasarkan produk mereka. Sedangkan untuk memperkuat strategi pemasaran mereka (red. perusahaan) banyak perusahaan yang kemudian mengadopsi strategi digital marketing seperti SEO, paid traffic, hingga email marketing sebagai solusi untuk mengakuisisi pasar dan konsumen baru mereka. 

Kombinasi platform digital dan strategi pemasaran digital, dianggap sebagai solusi jitu bagi perusahaan untuk mempertahankan eksistensi mereka di dunia bisnis. Selain karena lebih fleksibel, nyatanya dengan menggunakan platform digital dan strategi pemasaran digital, perusahaan mampu menjangkau konsumen lebih luas lagi, dibanding dengan strategi pemasaran konvensional pada umumnya.

Sayangnya, tidak banyak perusahaan yang dapat memanfaatkan secara maksimal potensi yang dimiliki oleh platform digital dan strategi pemasaran digital yang mereka terapkan, karena tidak adanya report yang mencatat sudah sejauh mana tingkat keberhasilan dari strategi pemasaran digital dan platform digital yang mereka terapkan.

Oleh karena itu, penting bagi perusahaan yang ingin mengadopsi platform digital dan strategi pasar digital untuk menerapkan analytic tracking agar mereka (red. perusahaan) dapat memantau progress dari strategi digital pemasaran yang diterapkan.

Salah satu, analytic tracking yang popular digunakan adalah Google Analytic. Google Analytic mampu memenuhi kebutuhan perusahaan untuk dalam hal data analytic, layanan Google Analytic juga bersifat free, sehingga perusahaan tidak membutuhkan anggaran biaya untuk menggunakannya. 

Manfaat Google Analytic

Selain gratis, Google Analytic juga memiliki manfaat lain yang pastinya dapat membantu perusahaan dalam mengembangkan bisnisnya, diantaranya adalah sebagai berikut.

Content Benchmarking

Salah satu faktor keberhasilan dalam strategi SEO adalah konten. Oleh karena itu perusahaan wajib menyajikan konten - konten yang relevan dengan produk atau model bisnis yang ditawarkan perusahaan kepada konsumen, sehingga konsumen akan benar - benar mengetahui produk apa yang perusahaan tawarkan kepada mereka. 

Dengan Google Analytic perusahaan akan dapat dengan mudah melihat konten - konten mana saja yang memberikan kontribusi trafik paling banyak bagi website perusahaan. Sehingga perusahaan akan lebih mudah untuk mengevaluasi tipe konten atau topik seperti apa yang banyak mendatangkan trafik.

Prime Time 

Fitur selanjutnya adalah fitur tracking prime time. Fitur ini dapat membantu perusahaan dalam menentukan plan untuk penjadwalan terhadap konten - konten yang akan dipublikasi di website. 

Hari, dan jam kunjungan konsumen ke website perusahaan dapat dengan mudah dilihat melalui dashboard Google Analytic, sehingga perusahaan dapat membuat penjadwalan yang ideal kapan konten mereka harus diterbitkan pada halaman website.

Ad Campaign Monitoring

Dengan Google Analytic, perusahaan juga dapat memonitoring performa iklan (dalam hal ini iklan Google Ads) yang tengah berjalan dengan mengintegrasikan account Google Ads pada Google Analytic, sehingga perusahaan dapat melakukan evaluasi dan audit iklan secara berkala. 

Dari data tersebut, perusahaan dapat mempunyai lebih banyak “gambaran” untuk melakukan optimasi terhadap iklan yang tengah berjalan, baik optimasi dari sisi biaya, maupun optimasi dari sisi akuisisi keywords.

Memahami Potensi Keywords

Google Analytic juga memungkinkan perusahaan untuk mengetahui bagaimana konsumen mengetahui website mereka melalui keywords (kata kunci) yang diketikan konsumen melalui laman pencarian search engine seperti Google dengan mengintegrasikan account Google Search Console pada Google Analytic.

Dari fitur ini perusahaan dapat dengan mudah mengetahui, keywords apa saja yang memiliki potensi untuk membantu mereka dalam mengembangkan bisnis. Sehingga perusahaan dapat menyasar konsumen baru melalui strategi digital yang lebih optimal, baik itu iklan ataupun konten artikel dalam website.

Memahami User Behavior

Dari sekian banyak fitur, fitur user behavior merupakan fitur yang paling berpengaruh dalam upaya perusahaan mengembangkan bisnis mereka.

Dengan fitur ini perusahaan dapat mengetahui bagaimana perilaku konsumen yang mengunjungi website mereka, seperti demografi konsumen, lokasi, hingga device apa yang konsumen gunakan untuk mengakses website perusahaan tersebut.

Di dalam fitur demografi konsumen, perusahaan akan menemui tipe gender (laki - laki atau perempuan) konsumen mereka, hingga klasifikasi umur konsumen mereka. Sedangkan pada fitur lokasi, perusahaan akan dapat mengetahui lokasi konsumen mereka ketika mengakses website. Dan yang terakhir adalah fitur device, dimana dengan fitur ini perusahaan mampu mengetahui berapa jumlah konsumen yang menggunakan mobile smartphone, desktop dan tablet yang mengakses website perusahaan tersebut. 

Tentunya dengan data user behavior tersebut membuat perusahaan semakin mudah dalam membuat keputusan dan strategi bisnis, seperti kapan harus membangun mobile app, kapan sebaiknya menggunakan strategi digital marketing, hingga menciptakan produk apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh konsumen mereka, sehingga ketika perusahaan akan melakukan inovasi, baik inovasi produk atau strategi bisnis, inovasi tersebut benar - benar sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh konsumen, dan tentunya masih dalam koridor model bisnis perusahaan itu sendiri.

Dengan berbagai manfaat dari fitur Google Analytic, sudah sewajarnya jika perusahaan mengimplementasikan Google Analytic pada platform digital mereka, seperti website. Selain bermanfaat dalam membantu pertumbuhan dan perkembangan bisnis, data yang dikumpulkan melalui Google Analytic, dapat menghindarkan perusahaan dari kerugian akibat kesalahan dalam inovasi bisnis, seperti salah dalam menebak kebutuhan konsumen, atau membangun sebuah aplikasi mobile yang sebenarnya tidak relevan dengan kebutuhan bisnis pada saat itu.

Oleh karena itu, jika Anda adalah seorang pebisnis yang baru ingin membangun website, atau sudah memilikinya sebagai platform digital bisnis Anda, maka Anda harus mengimplementasi Google Analytic, atau analytic tracking lainnya pada website Anda. 

Anda bisa meminta pada divisi IT perusahaan Anda untuk mengimplementasikannya, atau jika Anda belum atau tidak mempunyai divisi IT sendiri, Anda bisa berkonsultasi pada pihak ketiga seperti software house atau perusahaan pengembang.

Softwareseni adalah salah satu perusahaan pengembang atau software house yang memiliki layanan IT terlengkap yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Softwareseni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, dan aplikasi. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara hingga di 2017, Softwareseni mulai bekerja dengan perusahaan Indonesia.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2021, SoftwareSeni memiliki lebih dari 200 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan - perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni

PENULIS
Ahid Maulana
BAGIKAN ARTIKEL INI
Jelajahi lebih jauh berbagai layanan otomotif kami di sini!
MULAI
MULAI

Let's Talk!

Punya Project atau Ingin Bekerja Sama?
Hubungi kami dan kembangkan Software impianmu, sekarang!