OTHERS
Daftar pertanyaan yang sering diajukan oleh klien kami terkait layanan, model kerjasama hingga informasi umum lainnya mengenai Softwareseni.
Referensi konkrit yang Softwareseni sediakan untuk membantu Anda menemukan jawaban atas pertanyaan dan kebutuhan digital Anda.
Rincian kebijakan Softwareseni terkait dengan penggunaan, pengungkapan, penyimpanan, penghapusan, pengiriman dan/atau perlindungan Informasi Pribadi milik klien kami.
ABOUT US
Tentang Softwareseni
Softwareseni adalah salah satu Software House dengan compliance terbaik yang ada di Indonesia. Softwareseni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, aplikasi serta IT developer outsourcing. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara, hingga di 2017 Softwareseni mulai mengerjakan berbagai project digital untuk perusahaan Indonesia.
Indonesia
© 2022 SoftwareSeni all rights reserved.
Blog
Business
Pentingnya Company Profile Sebagai Branding Perusahaan
Jelajahi lebih jauh berbagai layanan otomotif kami di sini!
MULAI
MULAI
Business
Dec 20, 2023
Jan 24, 2022

Pentingnya Company Profile Sebagai Branding Perusahaan

PENULIS
Winda Ayu
BAGIKAN ARTIKEL INI

Lahirnya sebuah bisnis baru tidak akan terlepas dari pentingnya branding dari sebuah perusahaan. Mengapa branding ini begitu perlu untuk sebuah perusahaan? The Branding Journal mendefinisikan branding sebagai proses memberikan makna kepada perusahaan, produk atau jasa dengan membuat dan membentuk nilai brand di dalam ingatan pelanggan. 

Branding juga merupakan strategi yang didesain oleh perusahaan untuk membantu masyarakat agar mereka dapat secara cepat mengidentifikasi produk dan organisasi mereka, serta memberikan audiens alasan untuk lebih memilih produk perusahaan terkait dibanding para kompetitornya.

Strategi branding ini memang menjadi signifikan bagi bisnis karena dapat memberikan dampak yang besar bagi perusahaan yang dijalankan. Seperti dapat mengubah perspektif masyarakat terhadap brand, juga bisa memperluas jangkauan bisnis serta meningkatkan brand awareness.

Lalu bagaimana memulai branding bagi sebuah perusahaan? Anda bisa memulainya dengan membuat sebuah company profile. Apa sih sebenarnya company profile itu?

Apa Itu Company Profile?

Company profile adalah gambaran umum mengenai perusahaan dan biasanya bertujuan untuk memberi tahu kepada audiens terkait produk atau layanan yang ditawarkan. Company profile biasanya dapat berupa situs resmi perusahaan untuk memberikan gambaran informasi penting kepada customers tentang bisnis perusahaan seperti kisah berdirinya perusahaan, produk, layanan dan posisi brand di pasar.

Namun, sebaiknya hindari membuat company profile yang sarat dengan bahasa berat dan sulit karena malah bisa menjadikan Anda kehilangan target customers. Yang Anda butuhkan adalah company profile yang ditulis dan dirancang secara profesional sehingga akan memberikan bisnis Anda keunikan yang dibutuhkan dan layak serta meninggalkan kesan yang baik dan abadi di benak customers.

Apa Fungsi Company Profile?

Setelah memahami apa itu pengertian dari company profile, mari kita belajar lebih jauh mengenai peran dan fungsi company profile untuk meningkatkan brand awareness dari sebuah perusahaan. Umumnya, peran dan fungsi dari sebuah company profile adalah;

  • Memberi gambaran tentang bisnis perusahaan kepada target customers dengan begitu mereka tahu apa yang berusaha ditawarkan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan mereka.
  • Membantu menciptakan brand story. Perusahaan dapat menceritakan bagaimana sejarah perusahaan dalam bisnis, apa yang berusaha dicapai dan ditawarkan kepada customers hingga pencapaian yang diraih. Ini penting karena dalam dunia bisnis, brand story adalah salah satu cara terbaik menjalin koneksi dengan mitra potensial.
  • Membantu mempromosikan brand. Profil perusahaan membantu mempromosikan brand perusahaan di antara masyarakat.
  • Mengkomunikasikan keunikan karakter perusahaan. Tidak hanya untuk ditujukan pada klien potensial, informasi dalam company profile juga berguna untuk menunjukkan keunikan perusahaan di mata investor, mitra hingga pelamar kerja.

Informasi Yang Harus Ada Dalam Company Profile Perusahaan

Membuat company profile perusahaan pada sebuah website ibarat merangkai sebuah facade yang akan menyambut para tamu untuk memasuki bangunan di dalamnya.

Kira–kira, informasi apa saja yang harus tercantum pada sebuah website company profile? Company profile harus dirancang dengan memasukkan informasi penting seperti: 

  • Detail bisnis. Detail bisnis merupakan tinjauan singkat dari perusahaan, seperti: nama perusahaan, alamat kantor, nomor telepon, dan email perusahaan.
  • Detail perusahaan, meliputi rincian tentang perusahaan itu sendiri. Mulai dari visi misi, tanggal berdiri, deskripsi terhadap produk atau layanan perusahaan, sejarah pertumbuhan dan perkembangan perusahaan hingga portofolio klien.
  • Pengakuan industri. Di dalam profil perusahaan terkadang juga dijelaskan pencapaian yang pernah diraih demi membuktikan nilai lebih perusahaan. Seperti sertifikasi, penghargaan, liputan media, testimoni hingga kemitraan.

Pentingnya Company Profile Bagi Perusahaan

Company profile penting dibutuhkan karena;

  • Company profile menjadi media yang informatif, menyoroti mengapa perusahaan berdiri serta merinci pertumbuhan bisnis. Apa yang telah perusahaan capai sejauh ini dan langkah apa yang akan dilakukan untuk menjadi lebih baik.
  • Membantu perusahaan berinteraksi dengan calon klien, calon karyawan dan bahkan media agar mereka lebih memahami apa yang membuat perusahaan berbeda dan lebih baik. Menyoroti karakteristik yang membuat perusahaan menonjol dibandingkan pesaing.
  • Company profile menjadi kesempatan bagi perusahaan untuk berbicara tentang kekuatan, pencapaian dan penghargaan penting yang telah dimiliki.
  • Merupakan aset besar dalam membangun dan membantu promosi brand. Company profile adalah alat yang efektif dalam menciptakan hubungan bisnis atau memasarkan inovasi nilai baru. Ini bukan alat yang tidak dapat diubah atau diperbaiki; melainkan alat yang cukup dinamis yang dapat digunakan untuk mendorong berbagai aspek dan komponen dari merek.
  • Company profile dapat bertindak sebagai materi gratis untuk membantu dalam pencapaian target penjualan.
  • Menciptakan identitas brand. Company profile berpotensi memposisikan merek Anda sebagai ahli di bidang / industri tersebut. Ini juga membantu calon klien memiliki definisi tentang apa yang perusahaan Anda lakukan.
  • Company profile dapat membantu dalam memasarkan perusahaan dan menarik pelanggan untuk membeli, baik melalui surat langsung, pertemuan fisik, atau melalui platform sosial. Hal ini dapat digunakan sebagai alat pelengkap strategi pemasaran.

Jangan menempatkan perusahaan Anda dalam posisi defensif sambil mempertimbangkan apakah Anda harus mulai mengambil alasan untuk membuat company profile atau tidak. Karena pesaing Anda sudah mulai menghasilkan konten baru untuk desain company profile yang lebih efektif dan berorientasi penjualan. Bagaimanapun, penting halnya untuk memulai langkah baru untuk pertumbuhan bisnis Anda.

Apabila Anda memerlukan jasa pembuatan website company profile, SoftwareSeni hadir untuk menjawab segala pertanyaan Anda mengenai pembuatan company profile.

Softwareseni adalah salah satu software house dengan compliance terbaik yang ada di Indonesia. Softwareseni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, dan aplikasi. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara hingga di 2017, Softwareseni mulai bekerja dengan perusahaan Indonesia.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2021, SoftwareSeni memiliki lebih dari 200 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan - perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni.


PENULIS
Winda Ayu
BAGIKAN ARTIKEL INI
Jelajahi lebih jauh berbagai layanan otomotif kami di sini!
MULAI
MULAI

Let's Talk!

Punya Project atau Ingin Bekerja Sama?
Hubungi kami dan kembangkan Software impianmu, sekarang!