Blog
Business
Payment Gateaway: Solusi Pembayaran Bisnis Online
Business
Dec 21, 2021
Oct 18, 2022

Payment Gateaway: Solusi Pembayaran Bisnis Online

PENULIS
Winda Ayu
BAGIKAN ARTIKEL INI

Dengan maraknya bisnis online, banyak orang yang memutuskan untuk mulai menjalani bisnis berbasis online. Tidak hanya itu, beberapa perusahaan pun juga memutuskan untuk mengekpansi bisnisnya sehingga memiliki jalur online. Tentu ada beberapa hal yang memerlukan perhatian lebih seperti misalnya proses pembayaran. Merupakan hal yang sangat krusial untuk diberikan perhatian khusus karena menyangkut kemudahan pengunjung dalam melakukan transaksi.

Payment gateaway dapat menjadi solusi pembayaan bisnis online Anda. Melalui pemasangan payment gateaway, proses pembayaran akan dapat menjadi semakin lebih mudah dan efisien. Lalu, bagaimana cara memilih payment gateaway terbaik untuk platform digital bisnis Anda?

Apa itu Payment Gateaway?

Payment gateaway merupakan layanan pembayaran yang memudahkan penjual dan pembeli melakukan transaksi online.

Payment gateaway akan memberikan kemudahan dalam memastikan prosses pembayaran berjalan baik, apapun metode pembayarannya. Metode pembayaran yang dimaksud dapat berupa transfer bank, kartu kredit, virtual account, debit, e-wallet, dan gerai minimarket.

Sistem pada payment getaway, dalam prosesnya, akan melihat informasi penting dari customer, toko online dan bank. Lalu, apakah bisa dijamin bahwa data-data yang masuk akan aman? Tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Sistem keamanan pada paymemt gateway telah dijamin keamanannya.

Payment gateaway memiliki standar keamanan seperti berikut:

  • Address Verification System: Dengan sistem ini, rincian tagihan customer akan diperiksa dan disesuaikan dengan alamat kartu yang sudah resmi terdaftar. Jadi, tidak perlu takut salah tagih.
  • Card Security Code: Setiap proses transaksi hanya akan diproses kalau memiliki tiga digit terakhir nomor kartu kredit/debit.
  • 3D Secure Password: Pengguna akan selalu menggunakan password yang aman ketika transaksi online dijalankan.

Manfaat Penggunaan Payment Gateaway

Penggunaan payment gateaway tidak hanya menguntungkan pelaku bisnis, tetapi juga memudahkan pelanggan ketika bertransaksi. 

  1. Metode Pembayaran Variatif

Salah satu manfaat yang sangat membantu dari payment getaway yakni menyediakan metode pembayaran yang bervariasi. Hal ini akan memudahkan konsumen ketika berbelanja di toko online Anda. Sebab, konsumen punya banyak pilihan ketika ingin melakukan pembayaran sesuai keinginan mereka.

Dengan adanya payment gateway, peluang Anda memperoleh pelanggan yang melakukan pembayaran produk menjadi semakin meningkat dikarenakan pelanggan akan merasa terfasilitasi dengan adanya metode pembayaran yang lebih variatif.

  1. Instalasi Mudah

Instalasi payment gateaway tidak serumit yang Anda bayangkan. Pemasangan payment gateway pada website toko online merupakan hal yang cukup mudah. Apalagi jika website Anda menggunakan WordPress. Ada banyak pilihan plugin yang bisa Anda gunakan.

Tak jarang penyedia layanan payment gateway menyediakan support 24/7 sehingga Anda tak perlu khawatir ketika mengalami masalah.

  1. Proses Transaksi Cepat

Dengan menggunakan payment gateway, semua proses transaksi yang berlangsung akan berjalan secara otomatis dan cepat. 

Jika tanpa menggunakan payment gateway, transaksi pembelian akan terjadi secara manual. Konsumen harus mengirimkan uang melalui transfer antar bank dan melakukan konfirmasi pembayaran terlebih dahulu. Pemilik toko online pun juga harus membuat invoice secara manual.

Intinya, perlu waktu cukup lama untuk menyelesaikan satu transaksi saja. Akan tetapi, dengan menggunakan payment gateway, kendala di atas dapat teratasi dengan mudah dan Anda bisa fokus pada masalah-masalah krusial lain di bisnis digital Anda.

  1. Proses Transaksi Lebih Aman

Payment gateway menyediakan solusi agar transaksi di toko online Anda lebih aman bagi pelanggan dan juga Anda selaku pemilik bisnis. Perusahaan penyedia payment gateway memiliki sistem keamanan yang canggih, sehingga dapat memeriksa semua transaksi dengan cepat dan mencegah adanya transaksi fiktif yang merugikan.

Berbeda dengan metode pembayaran manual, Anda tak perlu mengecek sendiri setiap transaksi. Selain memakan waktu, bisa saja terjadi kesalahan sehingga transaksi yang fiktif terproses dan Anda mengalami kerugian.

  1. Jangkauan Internasional

Dengan sistem payment gateway, Anda bisa menjangkau konsumen lebih luas lagi. Apabila Anda memiliki pasar internasional, menggunakan payment gateway memiliki potensi transaksi yang lebih besar. Alasannya, metode pembayarannya lebih banyak sehingga konsumen dapat membeli produk toko online Anda dengan mudah.

Menggunakan Payment Gateway Sebagai Solusi Pembayaran Anda

Dengan berbagai penjelasan diatas mengenai apa itu payment gateway dan juga berbagai macam kegunaan untuk bisnis online Anda, memperhitungkan memakai payment gateway bukan menjadi masalah yang harus dipikir dua kali. 

Anda akan mendapatkan berbagai kemudahan dengan menggunakan payment gateway sebagai teman pembayaran bisnis online Anda.  Namun, apabila Anda memiliki kebingungan darimana harus memulai semuanya, Anda bisa mengkonsultasikannya kepada ahlinya.

Sekarang ini, sudah banyak perusahaan pengembang yang dapat membantu Anda dalam melakukan kelengkapan dan kebutuhan digitalisasi bisnis Anda. Anda pun juga dapat berkonsultasi mengenai pembuatan website hingga pemasangan payment gateway. Salah satu perusahaan pengembang yang dapat membantu Anda dalam pengerjaan kebutuhan bisnis digital Anda adalah SoftwareSeni.

SoftwareSeni dikenal sebagai salah satu software house dengan standar tim yang tinggi dan terpercaya. Berpengalaman dalam mengerjakan berbagai macam proyek dari beberapa klien yang berbeda membuat SoftwareSeni mampu menjadi tempat yang tepat untuk membantu Anda menyusun dan memilih tech stack yang tepat untuk bisnis Anda.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2022, SoftwareSeni memiliki lebih dari 200 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan-perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni.

PENULIS
Winda Ayu
BAGIKAN ARTIKEL INI

Punya Project atau Ingin Membuat Aplikasi?

Hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan digital untuk bisnis Anda lebih lanjut.
Office Address Image

SYDNEY

55 Pyrmont Bridge Road,
Pyrmont NSW 2009 Australia
+61 2 8123 0997

JAKARTA

Level 17, Sequis Tower,
Jl. Jenderal Sudirman No.71, Senayan,
Kec. Kebayoran Baru, Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12190
+62 858-6514-9577

YOGYAKARTA

Unit A & B
Jl. Prof. Herman Yohanes No.1125, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223