OTHERS
Daftar pertanyaan yang sering diajukan oleh klien kami terkait layanan, model kerjasama hingga informasi umum lainnya mengenai Softwareseni.
Referensi konkrit yang Softwareseni sediakan untuk membantu Anda menemukan jawaban atas pertanyaan dan kebutuhan digital Anda.
Rincian kebijakan Softwareseni terkait dengan penggunaan, pengungkapan, penyimpanan, penghapusan, pengiriman dan/atau perlindungan Informasi Pribadi milik klien kami.
ABOUT US
Tentang Softwareseni
Softwareseni adalah salah satu Software House dengan compliance terbaik yang ada di Indonesia. Softwareseni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, aplikasi serta IT developer outsourcing. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara, hingga di 2017 Softwareseni mulai mengerjakan berbagai project digital untuk perusahaan Indonesia.
Indonesia
© 2022 SoftwareSeni all rights reserved.
Blog
Tech
Optimasi Website dengan SEO Factor untuk Meningkatkan Penjualan
Jelajahi lebih jauh berbagai layanan otomotif kami di sini!
MULAI
MULAI
Tech
Dec 20, 2023
Nov 23, 2021

Optimasi Website dengan SEO Factor untuk Meningkatkan Penjualan

PENULIS
Ahid Maulana
BAGIKAN ARTIKEL INI

Teknologi digital telah membawa gelombang besar perubahan di setiap sektor kehidupan, tak terkecuali sektor bisnis dan sektor sosial masyarakat. 

Di sektor bisnis sendiri, teknologi digital memegang peranan penting dalam laju sebuah bisnis, hingga “merangsek masuk” sebagai salah satu strategi yang “wajib” dimiliki oleh setiap perusahaan agar bisnis mereka tetap bertahan. Sedangkan dengan sektor sosial, konsumen kini semakin akrab dan dekat dengan teknologi yang kemudian mempengaruhi minat dan perilaku mereka terhadap aktivitas bisnis, seperti berbelanja.

Dengan begitu besarnya dampak teknologi digital pada bisnis, banyak perusahaan yang pada akhirnya “dipaksa” untuk terus berinovasi dan beradaptasi dengan gerak pasar digital yang semakin cepat. Oleh karena itu, pada akhirnya banyak perusahaan yang mentransformasi bisnis mereka ke arah digital demi mempertahankan eksistensi mereka di dunia bisnis dan menjangkau lebih banyak lagi konsumen mereka.

Mengembangkan platform digital seperti website dan mobile app serta mengakuisisi pasar dan konsumen baru menggunakan strategi digital marketing menjadi solusi bagi banyak perusahaan untuk mengembangkan bisnis mereka di era digital seperti saat ini.

Dari sekian banyak pilihan strategi digital marketing yang ada, SEO menjadi salah satu strategi digital yang paling banyak diminati oleh perusahaan. Selain karena biayanya yang cenderung murah dibanding strategi pemasaran pada umumnya, SEO juga dianggap sebagai cara jitu untuk terus mem-branding bisnis perusahaan melalui hasil pencarian di search engine.

Sayangnya, tidak banyak yang tahu, bahwa untuk membangun strategi SEO yang baik diperlukan website yang proper. Sehingga strategi SEO yang dijalankan akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Ada beberapa faktor pada website yang setidaknya perlu Anda perhatikan, sebelum memutuskan untuk membangun strategi SEO pada bisnis Anda.

Update Konten & Relevansi Konten

Tidak sedikit dari perusahaan yang jarang meng-update konten di website mereka, padahal untuk membangun strategi SEO yang baik, perlu adanya update konten secara berkala, sehingga website akan lebih mudah mendapatkan ranking di hasil pencarian search engine seperti Google.

Sedangkan, tidak sedikit pula dari perusahaan yang mengambil langkah “instan” untuk meningkatkan trafik website mereka dengan mem-publish konten - konten yang tidak relevan dengan model bisnis yang perusahaan jalankan. Ini cukup krusial, mengingat suatu bisnis dibangun diatas sebuah brand yang memiliki ciri khas unik, sehingga mudah diingat oleh konsumen. Mem-publish konten - konten yang tidak relevan memang dapat meningkatkan trafik dari sebuah website, tapi apakah konsumen yang datang pada website perusahaan sesuai dengan target konsumen perusahaan itu sendiri?

UI/UX (User Interface & User Experience)

UI/UX yang baik menjadi nilai tambah tersendiri pada strategi SEO yang akan Anda bangun. Mengapa demikian? Perlu diingat, Anda membuat sebuah website bukan hanya untuk robots (red. Robots search engine, seperti Googlebot), artinya ada konsumen yang perlu Anda perhatikan juga. Website sendiri dapat diibaratkan sebagai suatu toko yang mempresentasikan bisnis Anda, dimana konsumen yang datang akan melihat produk atau jasa yang Anda tawarkan. 

Jika user interface yang Anda suguhkan hanya sebatas ala kadarnya, maka konsumen akan cenderung tidak betah berlama - lama menjelajah website Anda, sehingga Anda akan kehilangan kesempatan untuk mengkonversi trafik Anda menjadi sebuah sales untuk produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Nyatanya UI/UX juga menjadi salah satu faktor penentu dalam sebuah strategi SEO, sehingga Anda perlu memperhatikannya.

Mobile Friendly

Dengan semakin banyaknya pengguna smartphone, membuat perilaku konsumen sedikit bergeser, khususnya ketika mereka menjelajah sebuah website. Berdasarkan data dari WeAreSocial & HootSuite, total pengguna smartphone yang terhubung ke internet di Indonesia mencapai 345,3 juta pengguna atau naik 4 juta pengguna dalam kurun waktu 12 bulan saja (Januari 2020 - Januari 2021). 

Dari data tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa konsumen kini lebih senang mengakses laman website menggunakan smartphone mereka dibanding menggunakan perangkat desktop ataupun tablet karena cenderung lebih mudah, dan fleksibel ketika mereka ingin mengakses sebuah lawan website.

Oleh karena itu, Anda tidak boleh mengabaikan faktor mobile friendly dalam sebuah website, karena hal itu akan menjadi sangat krusial, terlebih lagi konsumen yang datang di website Anda, lebih dominan menggunakan smartphone dibandingkan device yang lainnya.

Kecepatan Situs

Kecepatan situs menjadi faktor yang paling krusial dibanding faktor lainnya. Kecepatan situs sendiri dipengaruhi banyak hal seperti, performance server, teknologi yang dipakai, hingga konten yang dimuat dalam website. 

Kecepatan situs menjadi krusial, semenjak Google menetapkan standar dan parameter baru untuk menentukan kualitas dari sebuah website, yaitu core web vital. Core web vital sendiri kemudian menjadi parameter baru sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi SEO, khususnya dalam perankingan sebuah website.

Dengan demikian “haram” bagi Anda yang menginginkan strategi SEO yang baik pada bisnis Anda namun mengabaikan kecepatan situs website Anda.

Dari sini, kemudian dapat ditarik kesimpulan bahwa struktur website memegang peranan penting untuk membangun strategi SEO yang baik, sehingga dapat memberikan dampak positif bagi bisnis Anda.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk merancang struktur website yang dapat mengoptimalkan strategi SEO Anda dan menaikan potensi bisnis Anda di pasar digital seperti saat ini. Sehingga jika Anda ingin membangun sebuah website untuk kebutuhan bisnis Anda, Anda dapat membuat website yang ideal, atau jika Anda mempercayakan pembangunan website Anda pada perusahaan pengembang atau software house, Anda bisa memasukan faktor - faktor di atas sebagai KPI dari projek tersebut.

Softwareseni adalah salah satu perusahaan pengembang atau software house yang memiliki layanan IT terlengkap yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Softwareseni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, dan aplikasi. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara hingga di 2017, Softwareseni mulai bekerja dengan perusahaan Indonesia.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2021, SoftwareSeni memiliki lebih dari 200 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan - perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni

Jadi, apakah Anda tertarik untuk membangun website yang SEO friendly untuk perusahaan Anda bersama Softwareseni?

PENULIS
Ahid Maulana
BAGIKAN ARTIKEL INI
Jelajahi lebih jauh berbagai layanan otomotif kami di sini!
MULAI
MULAI

Let's Talk!

Punya Project atau Ingin Bekerja Sama?
Hubungi kami dan kembangkan Software impianmu, sekarang!