Mulai Suburnya Bisnis Food & Beverage Di Era Digital

Mulai Suburnya Bisnis Food & Beverage Di Era Digital

by
Ahid Maulana
May 4, 2022
July 13, 2022

Perlahan namun pasti, bisnis food and beverage semakin tumbuh subur. Selain teknologi digital, perubahan minat dan perilaku konsumen dalam berbelanja menjadi kunci semakin berkembangnya bisnis ini.

Teknologi digital sendiri berperan sebagai jembatan penghubung yang tak terbatas pada ruang dan waktu antara konsumen dengan pelaku bisnis. Sedangkan perubahan minat dan perilaku konsumen berperan sebagai booster semakin bertumbuhnya bisnis food and beverage.

Perubahan minat dan perilaku konsumen sendiri dipicu oleh banyak faktor, selain akibat perkembangan teknologi yang semakin cepat, juga diakibatkan adanya “kejadian tak terduga” seperti wabah Covid-19 yang secara langsung memaksa konsumen untuk mengubah perilaku belanja mereka.

Tak heran jika dari situ kita banyak melihat lahirnya startup food and beverage melalui layanan e-commerce maupun marketplace. 

Lalu, mengapa industri ini tumbuh begitu subur? Dan diterima ditengah masyarakat luas?

Setidaknya ada beberapa alasan mengapa industri food and beverage melalui layanan ecommerce maupun marketplace diterima oleh masyarakat luas. 

Solusi yang Efektif

Platform (baik website maupun aplikasi) e-commerce dan marketplace food and beverage dinilai menjadi solusi yang efektif, khususnya dalam kurun waktu dua tahun ke belakang, dimana ruang gerak masyarakat dibatasi karena adanya Covid-19. Sehingga layanan ecommerce maupun marketplace menjadi solusi praktis bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga sehari - hari, seperti sayur mayur, buah-buahan, daging, hingga produk olahan.

Pilihan yang Lebih Bervariasi

Layanan ecommerce maupun marketplace cenderung memiliki banyak varian produk, sehingga konsumen dapat memiliki banyak pilihan ketika mereka ingin berbelanja. Hal ini yang mendorong bisnis ecommerce atau marketplace food and beverage tumbuh dengan cepat.

Kualitas yang Lebih Baik

Layanan ecommerce maupun marketplace food and beverage juga dinilai konsumen menyediakan produk yang lebih baik, baik dari segi kemasan, hingga kehigienisan produknya. Inilah yang kemudian menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen.

Fleksibilitas Transaksi

Salah satu faktor mengapa layanan ecommerce maupun marketplace food and beverage berkembang dengan sangat cepat adalah karena faktor fleksibilitas transaksi. Konsumen dapat melakukan pemesanan produk dari mana saja, dan kapan saja. Tidak hanya itu layanan ecommerce maupun marketplace juga telah didukung oleh berbagai metode pembayaran yang semakin memudahkan konsumen dalam melakukan transaksi.

Pengalaman Belanja yang Menyenangkan

Bagi konsumen, adanya promo, diskon produk hingga giveaway mempunyai sensasi tersendiri yang terkadang membuat pengalaman belanja yang menyenangkan, dan layanan ecommerce maupun marketplace food and beverage memiliki hal tersebut. Sehingga banyak konsumen yang beralih ke platform ini.

Sedangkan bagi pebisnis sendiri, platform ecommerce maupun marketplace dapat membuat bisnis mereka berkembang lebih cepat. Hal ini tentunya karena ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan ketika sebuah bisnis diintegrasikan dengan platform digital seperti ecommerce maupun marketplace, diantaranya:

Jangkauan Konsumen yang Lebih Luas

Platform digital menjadi salah satu kunci dimana perusahaan dapat menjangkau lebih luas lagi target bisnis mereka tanpa dibatasi letak geografis dari target konsumen itu sendiri. Integrasi platform digital dengan cloud computing membuat suatu bisnis dapat dengan mudah menjangkau target konsumen lebih jauh lagi.

Media Promosi dan Penjualan yang Efektif

Dengan jangkauan yang semakin luas, membuat platform ecommerce dan marketplace menjadi salah satu media promosi dan penjualan yang efektif, terlebih lagi masyarakat kini “mulai” terbiasa dengan “kebiasaan” berbelanja online

Lebih Menghemat Anggaran

Dibandingkan dengan kebutuhan maintenance toko offline, anggaran yang dibutuhkan untuk maintenance ecommerce cenderung lebih murah. Dari situ Anda sebagai pebisnis bisa mengalihkan sisa anggaran untuk kebutuhan bisnis yang lainnya.

Keuntungan yang Berlipat Ganda

Dengan jangkauan yang lebih luas, dapat dijadikan sebagai media promosi yang efektif serta biaya maintenance yang cenderung lebih murah, membuat keuntungan bisnis Anda juga dapat berlipat ganda.

Teknologi memang berperan penting dalam pertumbuhan suatu industri bisnis, khususnya food and beverage. Dengan teknologi, Anda bisa mengakselerasi bisnis Anda dengan lebih cepat dan mencapai goal bisnis Anda lebih cepat juga. 

Oleh karena itu, jika Anda merupakan seorang pebinis yang bergerak diindustri food and beverage dan ingin mengembangkan bisnis Anda lebih cepat lagi, transformasi digital dengan membuat platform ecommerce atau marketplace bisa menjadi solusi yang tepat untuk mempercepat laju bisnis Anda.

Softwareseni merupakan salah satu perusahaan pengembang terbaik di Indonesia yang telah memiliki banyak pengalaman dalam membangun platform ecommerce dan marketplace dapat membantu Anda untuk memenuhi setiap kebutuhan development platform ecommerce atau marketplace Anda.

Softwareseni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, dan aplikasi. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara hingga di 2017, Softwareseni mulai bekerja dengan perusahaan Indonesia.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2021, SoftwareSeni memiliki lebih dari 200 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan - perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni.

FAQ

Daftar Isi

+ Show

Punya Project atau Ingin Membuat Aplikasi?

Hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan digital untuk bisnis Anda lebih lanjut.
Office Address Image

YOGYAKARTA

Unit A & B
Jl. Prof. Herman Yohanes No.1125, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223

SYDNEY

55 Pyrmont Bridge Road,
Pyrmont NSW 2009 Australia
+61 2 8123 0997