Mobile App vs Website dan Kenapa Bisnis Online Shop Harus Punya

Mobile App vs Website dan Kenapa Bisnis Online Shop Harus Punya

by
Ahid Maulana
November 11, 2021

Tren pengguna smartphone terus meningkat selama 5 tahun terakhir, dan hadirnya pandemi Covid-19, membuat jumlah penggunaan smartphone kian meningkat setiap harinya. Pandemi Covid-19 membuat masyarakat secara tidak langsung bergantung pada smartphone untuk melakukan beberapa aktivitas mereka, sebut saja sekolah online, absensi karyawan hingga berbelanja online

Khusus untuk belanja online ada fakta menarik terkait hal itu, menurut data eMarketer.com, transaksi mobile commerce menyumbang hingga 54% dari total transaksi e-commerce. Dengan konsumen yang semakin menunjukan adanya perubahan minat dan perilaku, khususnya dalam belanja, ini menunjukan bahwa kemudahan dalam melakukan transaksi, fleksibilitas, dan ketersediaan informasi mempengaruhi keputusan konsumen ketika ingin melakukan transaksi belanja online.

Saat ini, konsumen merasa lebih nyaman untuk melakukan transaksi atau berbelanja melalui aplikasi yang dirancang khusus untuk ecommerce. Hal ini terbukti dengan penelitian oleh Criteo yang menunjukan bahwa mobile app commerce memiliki rasio konversi 3x lebih tinggi dibandingkan dengan website commerce. Tentu ini peluang baru bagi pebisnis untuk mengembangkan aplikasi mobile guna mendapatkan konsumen lebih banyak lagi.

Penyebab Konsumen Lebih Memilih Menggunakan Mobile App

Ada beberapa hal yang menyebabkan mengapa konsumen lebih memilih berbelanja online melalui aplikasi mobile dibanding menggunakan website.

Fleksibilitas dan Supporting System

Aplikasi mobile tergolong lebih praktis dibandingkan dengan website, hal itu karena konsumen tidak perlu membuka halaman browser kemudian mengetikan alamat website sebelum melakukan transaksi atau berbelanja. 

Aplikasi mobile juga memungkinkan penjual untuk memberikan push notification pada konsumen untuk keperluan promosi, atau hanya sekedar mengingatkan konsumen mengenai proses transaksi yang sedang berlangsung. Fitur push notification juga dianggap dapat meningkatkan konversi hingga 3-10 kali lipat.

Adanya fleksibilitas bagi konsumen, serta supporting system bagi penjual membuat aplikasi mobile commerce memberikan pengalaman belanja yang lebih menyenangkan dibandingkan website.

Meningkatkan Brand Awareness

Aplikasi mobile commerce juga dapat meningkatkan brand bisnis Anda. Secara tidak langsung aplikasi mobile commerce yang Anda bangun telah merepresentasikan “wajah” bisnis Anda, semakin baik aplikasi mobile Anda, maka semakin positif pula pandangan konsumen terhadap brand Anda. Hal ini menjadi penting karena sebagian konsumen di luar sana mempertimbangkan kemudahan dalam menggunakan aplikasi mobile sebelum memutuskan untuk melakukan transaksi belanja online.

Menawarkan Eksklusifitas dan Fitur Personalisasi

Hal lain mengapa konsumen lebih memilih berbelanja online via aplikasi mobile commerce adalah adanya fitur personalisasi. Dengan fitur ini pengalaman belanja konsumen akan lebih menyenangkan, karena aplikasi mobile commerce akan memberikan rekomendasi produk yang dipersonalisasikan khusus untuk Anda. 

Fitur personalisasi inilah yang kemudian menawarkan ekslusifitas, artinya setiap konsumen akan mendapatkan rekomendasi produk yang berbeda dengan yang lain, sesuai dengan minat dan historical pencarian produk pada aplikasi mobile commerce mereka. Hal ini yang kemudian meningkatkan retensi dan loyalitas konsumen bisnis Anda.

Potensi yang Besar

Berdasarkan data statistik, pengguna smartphone rata - rata menjalankan setidaknya 9 aplikasi setiap harinya dan terus meningkat seiring dengan kondisi pandemi Covid-19 yang tak kunjung pasti seperti saat ini. Tren belanja online melalui aplikasi mobile pun terus tumbuh, selain karena fleksibilitas yang ditawarkan oleh aplikasi mobile, faktor lain seperti pengalaman belanja yang lebih menyenangkan, fitur personalisasi, serta rasa eksklusifitas membuat konsumen semakin nyaman dengan aplikasi mobile commerce.

Beberapa Poin yang Perlu Dipertimbangkan

Dengan segala potensi besar yang dimiliki aplikasi mobile, Anda harus tetap memperhatikan beberapa poin berikut sebelum akhirnya memutuskan untuk membangun aplikasi mobile commerce guna mengembangkan bisnis yang Anda miliki.

Riset Konsumen

Tidak semua bisnis memiliki karakter konsumen yang sama, oleh karena itu sebelum Anda membangun aplikasi mobile commerce untuk bisnis Anda, Anda harus melakukan riset konsumen terlebih dahulu. Anda perlu memahami perilaku konsumen Anda, mengerti apa yang membuat mereka tertarik untuk berbelanja, dan mengetahui minat belanja mereka. 

Hal itu penting bagi Anda sebelum Anda membangun aplikasi mobile commerce untuk bisnis Anda. Tujuannya jelas, agar konsumen Anda mendapatkan pengalaman belanja yang menyenangkan, dan Anda pun akan memiliki lebih besar kesempatan untuk menjadikan mereka (red. konsumen) menjadi loyal customer.

Kedepankan Aspek Rasionalitas dan Kebutuhan Bisnis

Memang tidak ada yang salah jika Anda memiliki idealisme dalam bisnis, yang menjadi masalah adalah jika Anda mengedepankan idealisme Anda dibandingkan data yang ada.

Dalam membangun aplikasi mobile commerce penting bagi Anda untuk mengedepankan aspek rasionalitas, artinya ada data yang harus Anda jadikan pedoman sebelum akhirnya memutuskan membangun aplikasi mobile commerce. Hal ini terkait dengan budget yang harus Anda keluarkan, serta timeline pengerjaan untuk membangun aplikasi mobile commerce tersebut.

Selain itu pastikan Anda membangun aplikasi mobile commerce sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda pada saat itu, jika tidak dan Anda ingin membuat aplikasi dengan fitur yang kompleks, maka yang harus Anda garis bawahi adalah membuat sebuah aplikasi mobile bukanlah perkara yang mudah dan murah.

Konsultasikan dengan Pakarnya

Ketika Anda telah membaca data yang Anda kumpulkan dari konsumen Anda, dan Anda melihat potensi bisnis Anda yang akan berkembang jika Anda membangun sebuah aplikasi mobile, namun Anda belum memahami betul tentang teknologi yang akan dipakai? Maka berkonsultasi dengan pakar IT merupakan solusi yang tepat.

Anda bisa mengutarakan gagasan - gagasan yang Anda punya, serta arah bisnis Anda kepada konsultan IT, dan biarkan mereka yang menentukan teknologi apa yang cocok untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda.

Bangun Aplikasi dengan Tim IT yang Solid

Penting bagi Anda untuk membangun aplikasi dengan sumber daya tim IT yang solid. Dengan tim IT yang solid, mereka (red. Tim IT) akan dengan mudah merepresentasikan gagasan - gagasan bisnis Anda dalam sebuah aplikasi mobile. Hal ini penting mengingat aplikasi mobile juga merupakan cerminan “wajah” bisnis Anda. 

Tentunya aplikasi mobile yang kurang baik akan berpengaruh pada reputasi bisnis Anda, selain itu retensi dan loyalitas konsumen pun mungkin akan menurun, karena buruknya pengalaman belanja mereka menggunakan aplikasi mobile Anda.

Lalu bagaimana jika Anda belum memiliki tim IT yang solid? Bekerjasama dengan software house adalah solusi yang tepat. 

Softwareseni adalah salah satu software house dengan compliance terbaik yang ada di Indonesia. Softwareseni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, dan aplikasi. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara hingga di 2017, Softwareseni mulai bekerja dengan perusahaan Indonesia.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2021, SoftwareSeni memiliki lebih dari 190 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan - perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni

Jadi bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk membangun aplikasi mobile bersama Softwareseni? 


FAQ

Table of Contents

+ Show

Punya Project atau Ingin Membuat Aplikasi?

Hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan aplikasi Anda lebih lanjut
Office Address Image

SYDNEY

55 Pyrmont Bridge Road,
Pyrmont NSW 2009 Australia
+61 2 8123 0997

YOGYAKARTA

Unit A & B
Jl. Prof. Herman Yohanes No.1125, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223