Menjangkau Lebih Banyak Konsumen dengan Digital Marketing

Menjangkau Lebih Banyak Konsumen dengan Digital Marketing

by
Ahid Maulana
October 18, 2021

Masuknya era digital dan dibukanya era pasar bebas menciptakan potensi baru untuk mengembangkan bisnis lebih luas lagi. Banyak perusahaan yang berlomba - lomba melakukan transformasi digital demi menjangkau market yang lebih luas dan mendapatkan keuntungan yang lebih besar lagi.

Digital marketing seakan menjadi “primadona” baru bagi banyak perusahaan, terlebih karena digital marketing dianggap cara jitu untuk mengakuisisi market baru, dan juga menjangkau calon konsumen yang sebelumnya belum bisa dijangkau.

Awal Mula Digital Marketing

Istilah digital marketing sendiri sudah ada sejak tahun 1990, disusul kemudian lahirnya WWW (World Wide Web) satu tahun setelahnya, 1991. Dua tahun berselang muncul banner iklan berbasis online untuk pertama kalinya. 

Pada tahun 1994, Yahoo! Hadir sebagai e-Commerce pertama di dunia, dengan 160 juta pengguna yang bisa melakukan transaksi jual beli online.

Digital marketing berkembang pesat pada era milenium atau sekitar tahun 2000an. Banyaknya layanan online yang hadir semakin memanjakan pengguna internet dengan segala bentuk kebutuhan mereka. Mesin pencari, blog, email, aplikasi pemutar musik, hingga video streaming, disusul kemudian tren sosial media yang membanjiri dunia hingga saat ini.

Perubahan Minat dan Perilaku Konsumen

Munculnya berbagai layanan berbasis digital dengan segala kemudahan, dan fleksibilitas-nya yang dapat meng-cover setiap kebutuhan masyarakat, secara tidak langsung telah menjadi “candu” dan ketergantungan produk digital pada masyarakat. 

Hal itu yang kemudian tanpa disadari telah mengubah minat dan perilaku konsumen dan menciptakan tren dan budaya baru, khususnya budaya belanja online, yang kemudian diakselerasi dengan adanya pandemi Covid-19.

Peluang yang Terbuka Lebar

Perubahan minat dan perilaku konsumen ini yang kemudian menjadikan mereka ekosistem baru yang memiliki power buying, sehingga bisa Anda bidik sebagai target market bisnis Anda.

Menurut HootSuite dan We Are Social, dikutip dari detik.com, jumlah pengguna internet di Indonesia menyentuh angka 202.6 juta atau 73.7% pengguna internet per Januari 2021. Bila dibandingkan dengan jumlah pengguna internet pada tahun 2020, ada kenaikan sekitar 15,5% atau lebih dari 27 juta orang dalam 12 bulan terakhir.

Tidak hanya pengguna internet Indonesia saja yang naik, jumlah perangkat mobile yang terkoneksi internet juga melonjak tajam menjadi 345,3 juta dengan pengguna yang aktif di sosial media berbagai platform mencapai 170 juta atau naik 10 juta dari periode sebelumnya.

Lebih dari itu, rata - rata pengguna internet di Indonesia dapat menghabiskan waktu sampai 8 jam 52 menit untuk mengakses internet, dengan komposisi bermain sosial media sekitar 3 jam 14 menit, streaming 2 jam 50 menit, dan menghabiskan sekitar 1 jam 38 menit hanya untuk membaca media online maupun offline.

Dari data tersebut, sudah jelas jika ada potensi yang sangat besar jika Anda ingin membidik pengguna internet sebagai target market bisnis Anda.

Kelebihan Digital Marketing

Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan jika menerapkan digital marketing pada bisnis Anda, di antaranya adalah:

Penyebaran Informasi yang Lebih Cepat

Strategi pemasaran maupun promosi bisnis yang Anda tawarkan akan terdistribusi dengan lebih cepat, faktor internet sebagai media distribusi informasi itulah yang membuat proses distribusi informasi menjadi lebih cepat.

Jangkauan yang Lebih Luas

Lagi lagi, faktor internet sebagai media distribusi informasi menjadikan digital marketing dapat menjangkau calon konsumen Anda lebih luas, dibandingkan dengan cara konvensional.

Lebih Efektif dan Efisien

Digital marketing bisa menjadi strategi pemasaran yang lebih efektif dan efisien jika Anda paham memanfaatkan potensi digital marketing itu sendiri. Digital marketing sendiri memiliki banyak jenis yang bisa Anda sesuaikan dengan goal dari perusahaan Anda.

Media Digital Marketing

Seiring perkembangan teknologi, sekarang sudah banyak media yang Anda bisa manfaatkan untuk keperluan digital marketing bisnis Anda, di antaranya:

Website

Website merupakan salah satu media yang paling banyak digunakan untuk strategi digital marketing perusahaan. Mengapa? Bisa dibilang website adalah representasi dari perusahaan itu sendiri, adanya website dapat memberi informasi terkait bisnis perusahaan Anda, atau promo yang ditawarkan. Website juga dapat menjadi media yang menunjukan profesionalisme perusahaan guna meningkatkan trust konsumen pada perusahaan Anda.

Aplikasi Mobile

Banyaknya pengguna yang mengakses internet melalui smartphone mereka, merupakan salah satu penyebab maraknya aplikasi mobile sekarang. Lebih dari 90% pengguna internet Indonesia berselancar di dunia maya menggunakan smartphone mereka. Aplikasi mobile juga dianggap menawarkan eksklusivitas yang lebih dibandingkan dengan website.

Social Media

Popularitas social media yang masih tinggi, membuka peluang bagi Anda untuk menjangkau calon konsumen Anda melalui social media. Pengguna internet di Indonesia sendiri “rela” menghabiskan waktu mereka di social media dengan rata - rata durasi 3 jam 14 menit. 

Selain itu, beberapa netizen juga menganggap social media merupakan cara yang ampuh untuk mendapat respon yang lebih cepat jika mereka menemui suatu kendala. Hal ini yang kemudian membuat banyak perusahaan memutuskan untuk membuat official account social media.

Email

Popularitas email mungkin tidak setinggi social media. Hal ini juga dipengaruhi oleh behavior user Indonesia yang jarang membuka email mereka, padahal email sendiri bisa menjadi media yang cocok bagi perusahaan untuk maintenance loyal konsumen mereka dengan mengirimkan newsletter. Selain itu official email perusahaan juga menunjukan profesionalisme dan formalitas dari perusahaan tersebut.

Strategi Digital Marketing

Ada banyak metode yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat strategi digital marketing yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi bisnis Anda. 

Search Engine Optimization (SEO)

Search engine optimization atau lebih dikenal dengan istilah SEO, merupakan salah satu metode digital marketing yang paling populer. Tak heran banyak perusahaan - perusahaan berinvestasi dengan metode ini, mereka (red. perusahaan) berlomba - lomba untuk mencari seorang SEO specialist.

Metode ini dianggap berhasil menaikan brand awareness suatu perusahaan dengan menempatkan website pada halaman utama pencarian Google. Selain itu metode SEO dianggap metode yang “ramah di kantong”, serta memprioritaskan hasil jangka panjang. 

Search Media Optimization (SMO)

Hampir sama dengan SEO, Social Media Optimization atau SMO juga merupakan salah satu metode digital marketing untuk menaikan brand awareness suatu perusahaan atau suatu produk. 

Bedanya jika SEO diperuntukan untuk search engine seperti halnya Google, Bing dan yang lainnya. SMO diperuntukan untuk social media seperti Facebook, Instagram, Twitter hingga yang terbaru TikTok.

App Store Optimization (ASO)

Jika perusahaan Anda sudah memiliki aplikasi mobile resmi, maka Anda perlu mempertimbangkan untuk menggunakan metode ASO. Sama halnya dengan SEO dan SMO, ASO juga merupakan metode optimasi digital marketing dengan meningkatkan brand awareness perusahaan Anda dengan menempatkan aplikasi Anda pada bagian atas pada halaman pencarian aplikasi mobile, harapannya tentu membuat aplikasi Anda semakin dikenal oleh pengguna internet yang secara tidak langsung juga akan meningkatkan trust  konsumen pada perusahaan Anda.

Online Advertising / Paid Traffic

Merupakan metode digital marketing dengan menggunakan pihak ketiga untuk melakukan periklanan demi mendapatkan goal yang diinginkan, seperti trafik website, leads, engagement, hingga sale yang bisa di sesuaikan dengan kebutuhan bisnis perusahaan Anda.

Untuk sekarang Anda tidak perlu khawatir mencari penyedia layanan online advertising / paid traffic. Google, Facebook, LinkedIn hingga TikTok telah menyediakan layanan tersebut untuk membantu Anda menjangkau konsumen lebih luas lagi.

Paid Promote

Hampir mirip dengan paid traffic bedanya adalah jika untuk paid traffic Anda beriklan menggunakan layanan seperti Google, Facebook, TikTok atau penyedia layanan serupa, maka jika paid promote Anda beriklan menggunakan account seseorang atau bisnis yang Anda anggap memiliki kekuatan untuk meng-influence calon konsumen Anda, seperti seorang selebgram, atau online media.

Berapa Anggaran Digital Marketing?

Mahal atau tidaknya digital targeting tergantung pada metode yang Anda pilih, jika Anda memilih SEO, SMO atau ASO mungkin anggaran yang harus dikeluarkan akan lebih “ramah dikantong”, namun perlu Anda garis bawahi jika metode tersebut tidak dapat memberikan hasil yang instan.

Berbeda halnya jika Anda menggunakan paid traffic atau paid promote, Anda mungkin dapat melihat hasilnya secara instan, namun Anda memerlukan anggaran lebih untuk melakukan hal tersebut.

Bagaimana Memulai Digital Marketing?

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memulai digital marketing

Pahami Kebutuhan Bisnis Anda

Banyaknya metode digital marketing membuat Anda harus “pintar - pintar” memilah dan memilih metode apa yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Jika Anda salah memilih untuk menentukan “langkah” pertama dalam memilih metode yang akan dipakai, maka hasilnya tentu kerugian bagi perusahaan, tidak hanya kerugian berupa materi, namun juga immateri seperti waktu dan tenaga yang digunakan untuk membangun metode digital marketing.

Kenali Target Konsumen Anda

Dengan mengenali siapa target konsumen Anda, Anda akan bisa dengan bijak menentukan metode digital marketing apa yang paling cocok dan selaras dengan bisnis Anda, selain issue anggaran yang dibutuhkan untuk running metode digital marketing yang dibutuhkan.

Tentukan Media yang Akan di Optimasi

Penting bagi Anda untuk menentukan media apa yang akan Anda optimasi menggunakan metode digital marketing, hal ini tentunya berkaitan dengan rencana anggaran, dan juga metode yang akan dipilih untuk memperluas target konsumen Anda.

Tentu hal diatas tidak akan menjadi masalah jika Anda sudah menyiapkan media apa yang akan Anda optimasi menggunakan metode digital marketing. Namun bagaimana jika Anda belum memiliki website atau aplikasi mobile yang akan Anda gunakan sebagai media digital marketing?

Jika demikian, maka Anda perlu membangun website atau aplikasi mobile terlebih dahulu, sebelum Anda melakukan optimasi bisnis Anda melalui digital marketing. Memang Anda bisa menggunakan account media sosial sebagai alternatif solusi sementara mengembangkan bisnis Anda, tapi jika Anda ingin bisnis Anda berkembang dengan cepat website atau aplikasi mobile merupakan “keharusan” di era digitalisasi seperti saat ini.

Lalu bagaimana jika ternyata perusahaan Anda tidak atau belum memiliki divisi IT untuk membangun website atau aplikasi mobile? Bekerja sama dengan software house merupakan pilihan ideal bagi Anda untuk mempercepat dalam membangun website atau aplikasi mobile. 

Softwareseni adalah salah satu software house dengan compliance terbaik yang ada di Indonesia. Softwareseni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, dan aplikasi. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara hingga di 2017, Softwareseni mulai bekerja dengan perusahaan Indonesia.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2021, SoftwareSeni memiliki lebih dari 190 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan - perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni

Jadi bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mengembangkan website atau aplikasi mobile bersama Softwareseni? 

FAQ

Table of Contents

+ Show

Punya Project atau Ingin Membuat Aplikasi?

Hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan aplikasi Anda lebih lanjut
Office Address Image

SYDNEY

55 Pyrmont Bridge Road,
Pyrmont NSW 2009 Australia
+61 2 8123 0997

YOGYAKARTA

Unit A & B
Jl. Prof. Herman Yohanes No.1125, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223