Mengoptimalkan Potensi Website dengan SEO Untuk Mengembangkan Bisnis

Mengoptimalkan Potensi Website dengan SEO Untuk Mengembangkan Bisnis

by
Ahid Maulana
November 2, 2021

Peran website telah berubah seiring perkembangan zaman, dan kebutuhan informasi yang semakin bervariasi. Selain sebagai media informasi atau portal berita, kini website juga dapat berperan sebagai media branding perusahaan atau company profile, penjualan produk atau ecommerce hingga sebagai media pembelajaran online atau yang lebih dikenal dengan istilah elearning.

Faktor perkembangan teknologi yang semakin cepat, serta pengguna internet yang kian meningkat setiap harinya, membuat peran website menjadi krusial di hampir semua industri bisnis. 

Berdasarkan data dari HootSuite dan We Are Social, total pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta pengguna atau 73,7% dari total penduduk Indonesia per Januari 2021. Angka tersebut naik sekitar 15,5% atau lebih dari 27 juta pengguna dalam 12 bulan terakhir. 

Data lain menyebutkan jumlah perangkat mobile yang terkoneksi internet juga melonjak tajam menjadi 345,3 juta pengguna, sedangkan pengguna internet yang aktif di sosial media berbagai platform mencapai 170 juta atau naik 10 juta dibanding dengan periode sebelumnya.

Tentu itu merupakan angka yang sangat besar, angka tersebut pun diperkirakan akan terus naik seiring bertambahnya pengguna internet di Indonesia. Hal ini tentu menjadi peluang bagi pebisnis untuk mengembangkan bisnis mereka melalui platform digital seperti website.

Strategi Pemasaran Digital

Melihat data diatas, peluang pemasaran digital begitu menggiurkan. Tak ayal banyak perusahaan yang berbondong - bondong mentransformasi bisnis mereka dan beralih menggunakan strategi pemasaran digital untuk mengembangkan bisnis mereka yang tengah berjalan.

Strategi pemasaran digital sendiri bermacam - macam caranya, dan salah satu strategi yang tengah popular pada saat ini adalah SEO. SEO sendiri merupakan serangkaian optimasi pada website agar website muncul pada halaman utama hasil pencarian search engine.

Mengoptimalkan Potensi Website dengan SEO

SEO memang tengah “digandrungi” oleh banyak perusahaan untuk mengembangkan bisnis mereka, hal itu dapat dilihat dari banyaknya perusahaan yang melakukan hiring untuk posisi SEO Specialist atau posisi sejenis. 

Mereka (red. perusahaan) percaya dengan melakukan serangkaian optimasi SEO pada website, mereka akan mendapatkan trafik (organic) baru yang kemudian akan mereka konversi menjadi pelanggan baru mereka atau memperluas jangkauan pasar, khususnya di dalam ekosistem pasar digital. Selain itu SEO juga dianggap sebagai strategi pemasaran yang lebih ramah dikantong dibandingkan dengan strategi pemasaran konvensional pada umumnya.

Sayangnya, tidak sedikit perusahaan yang “salah kaprah” dalam memahami konsep kerja SEO sebagai salah satu strategi pasar digital. Tak jarang beberapa perusahaan menuntut hasil instan dari strategi ini, padahal strategi SEO sendiri membutuhkan proses yang panjang sebelum akhirnya strategi tersebut benar - benar memberikan hasil.

Setidaknya ada beberapa faktor yang perlu Anda ketahui mengenai SEO, agar website perusahaan Anda lebih SEO friendly (red. sebutan untuk website yang memenuhi kualifikasi SEO)

Technical SEO

Untuk memiliki website yang SEO friendly, Anda harus mengimplementasikan technical SEO. Technical yang dimaksud di sini bisa berupa struktur kode dalam website Anda, implementasi script 3rd party, setup server, hingga UI/UX yang diterapkan pada website Anda. 

 Technical SEO sendiri berkaitan erat dengan core web vital yang menjadi salah satu faktor penilaian search engine (dalam hal ini Google) dalam melakukan perankingan sebuah website. 

Memang tidak mudah untuk membangun website dengan technical SEO yang kuat sebagai pondasinya. Perlu adanya koordinasi dan komunikasi yang baik antara SEO specialist dengan website developer sehingga kebutuhan SEO secara teknikal dapat terpenuhi.

Update Konten pada Website

Selain technical SEO, hal krusial lainnya dalam sebuah website agar mendapat predikat SEO friendly adalah konten. Anda harus menyajikan konten yang berbobot dan relevan dengan model bisnis Anda. 

Konten dalam website juga secara tidak langsung merepresentasikan tujuan dari dibangunnya website tersebut, atau model bisnis yang tengah Anda jalani. Maka dari itu untuk membuat konten yang relevan dengan bisnis atau goal Anda, perlu adanya riset (pasar) terlebih dahulu, seperti informasi apa yang dibutuhkan oleh user atau pelanggan Anda. 

Anda juga harus memikirkan bagaimana caranya untuk mengkonversi organic traffic yang datang ke dalam website Anda, sehingga user yang datang ke website Anda benar - benar memiliki bobot dan sesuai target bisnis Anda.

Perlu Anda garis bawahi, konten yang dimaksud disini tidak hanya berupa artikel saja, namun bisa gambar, audio atau bahkan video, namun setiap konten memiliki cara yang berbeda - beda terkait treatment dan optimasi SEO di dalamnya.

Maintenance Website

Membangun website yang SEO friendly dan membuat konten yang relevan saja tidaklah cukup. Anda setidaknya harus melakukan maintenance secara berkala pada website Anda untuk memastikan website Anda masih berada dalam koridor SEO friendly. Hal ini terkait dengan adanya update algorithm dari search engine (seperti Google) yang dilakukan juga secara berkala untuk memperbaiki kualitas hasil pencarian di search engine tersebut.

Untuk itu memonitor performa website Anda, Anda bisa melakukan instalasi analytic tools seperti Google Analytic untuk memantau user performance dari website Anda, dan juga webmaster tools seperti Google Search Console untuk memastikan website Anda tidak memiliki issue yang menyebabkan penurunan ranking.

Poin di atas merupakan beberapa faktor yang perlu Anda ketahui untuk mengoptimasi website Anda agar lebih SEO friendly. Tentunya untuk mengembangkan bisnis Anda dengan strategi SEO, Anda harus memiliki website terlebih dahulu yang kemudian Anda optimasi. 

Lalu bagaimana jika Anda belum atau tidak memiliki tim IT untuk membangun website yang seo friendly? Bekerjasama dengan perusahaan pengembang atau software house bisa menjadi solusi yang tepat dan praktis untuk Anda.

Softwareseni adalah salah satu software house dengan compliance terbaik yang ada di Indonesia. Softwareseni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, dan aplikasi. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara hingga di 2017, Softwareseni mulai bekerja dengan perusahaan Indonesia.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2021, SoftwareSeni memiliki lebih dari 190 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan - perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk membangun website seo friendly milik Anda sendiri bersama Softwareseni?

FAQ

Table of Contents

+ Show

Punya Project atau Ingin Membuat Aplikasi?

Hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan aplikasi Anda lebih lanjut
Office Address Image

SYDNEY

55 Pyrmont Bridge Road,
Pyrmont NSW 2009 Australia
+61 2 8123 0997

YOGYAKARTA

Unit A & B
Jl. Prof. Herman Yohanes No.1125, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223