Blog
Tech
Menggunakan Google Analytics untuk Meningkatkan Pertumbuhan Bisnis Anda
Tech
Dec 21, 2021
Oct 18, 2022

Menggunakan Google Analytics untuk Meningkatkan Pertumbuhan Bisnis Anda

PENULIS
Winda Ayu
BAGIKAN ARTIKEL INI

Apa yang dimaksud dengan Google Analytics? Tidak hanya sebatas mengetahui traffic website, tools analisis dari Google ini juga mempunyai “pengaruh” yang besar untuk meningkatkan performa bisnis perusahaan Anda. Maka dari itu, penting memahami manfaat Google Analytics agar bisa menggunakannya secara optimal dalam kebutuhan bisnis Anda.

Apa itu Google Analytics?

Google Analytics adalah perangkat lunak (software) berbasiskan web yang dikembangkan oleh Google, yang digunakan untuk menganalisis kinerja website dan juga karakteristik pengunjung dari website Anda, seperti demografi pengguna, geografis pengguna, halaman yang paling banyak diakses, jumlah pengunjung hingga CTA mana yang paling mempengaruhi pengguna ketika mengakses website Anda. 

Analisis yang dilakukan di Google Analytics dapat dijadikan sebagai bahan atau referensi untuk evaluasi performa website atau perencanaan dalam membuat konten yang lebih baik untuk pengunjung (customers). Jadi Google Analytics bisa menjadi referensi bagi Anda dalam mengembangkan situs web yang lebih menarik untuk menjawab kebutuhan pasar.

Manfaat Google Analytics untuk Menunjang Bisnis

Terdapat banyak fitur pada Google Analytics yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis perusahaan; terlebih jika bisnis yang sedang Anda kembangkan berkaitan erat dengan digitalisasi bisnis.

Ada beberapa fitur-fitur Google Analytics yang penting untuk diketahui. Berikut adalah beberapa kegunaan Google Analytics untuk menunjang bisnis perusahaan Anda:

  1. Analytics Intelligence

Analytics Intelligence adalah serangkaian fitur yang menggunakan machine learning untuk membantu Anda lebih memahami dan bertindak berdasarkan data Anda.

Ia juga akan membantu Anda untuk mendapatkan data-data yang Anda butuhkan untuk mengembangkan bisnis Anda lebih jauh lagi, terutama dari sisi digital marketing. Dari sini, Anda bisa mendapatkan beberapa informasi terkait dengan kinerja website maupun karakteristik pengunjung dari website Anda. Selain itu, Anda juga dipermudah dengan kemampuan pemodelan informasi canggih yang akan membantu Anda untuk memahami setiap data yang didapatkan.

Google Analytics akan selalu memberikan data terbaru, perubahan tren, dan peluang lain yang penting untuk Anda ketahui untuk kemajuan bisnis Anda.

  1. Reporting (Pelaporan)

Reporting dari Google Analytics adalah satu alat yang memungkinkan Anda melacak dan memvisualisasikan karakteristik pengunjung website Anda dalam beberapa metrik Google Analytics di satu dasbor. Anda dapat membuat laporan Google Analytics menggunakan Google Analytics itu sendiri, spreadsheet Excel, atau alat pelaporan otomatis.

Anda bisa mendapatkan berbagai laporan. Termasuk bagaimana pelanggan (customers) / pengunjung berinteraksi dengan website. Laporan ini dengan mudah dapat Anda bagikan dengan rekan kerja ke berbagai macam aplikasi pelaporan.

Laporan yang bisa Anda dapatkan menggunakan Google Analytics cukup detail, seperti laporan Pengunjung (Audience), Iklan (Advertising), Akuisisi (Acquisition), Tingkah Laku Pengunjung (Behavior), Konversi (Conversion), Laporan Langsung (Real-Time Reporting), dan Diagram Alur Pengunjung (User Flow Reporting). Anda bisa mendapatkan seluruh informasi tersebut hanya dengan menggunakan Google Analytics.

  1. Data Analysis and Visualization 

Google Analytics juga dapat membantu Anda memvisualisasikan berbagai data, mengaksesnya, dan mengatur sesuai dengan kebutuhan bisnis. Visualisasi akan menjadikan penggambaran data menjadi lebih mudah dipahami. Sehingga akan memudahkan di dalam membaca / menganalisis bagian yang bisa dan masih perlu dikembangkan.

Kemudahan lain yang ditawarkan dari Google Analytics adalah kemudahan dalam pengaksesan. Anda dapat mengakses di mana pun berada; tentu selama masih ada koneksi internet. Perangkat lunak ini menyediakan versi mobile (Android dan iOS), memiliki notifikasi email untuk kebutuhan report tertentu, dan integrasi dengan berbagai macam produk Google.

  1. Data Collection and Management

Google Analytics mendukung penggunaan library JavaScript, aplikasi SDK, dan Open Measurement (OM) protocol. Protokol OM memungkinkan Anda untuk mengimpor data dari berbagai macam aplikasi pihak ketiga yang terhubung dengan internet. Kemudian mengombinasikannya dengan data yang sudah dikumpulkan dari Google Analytics untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap. 

  1. Bounce Rate Website

Melalui Google Analytics, Anda akan dapat menemukan jumlah pengunjung dan bagaimana perilaku mereka di situs web Anda. Banyak calon konsumen mengunjungi situs web Anda tetapi mereka pergi setelah melihat satu halaman atau "bounce" karena beberapa alasan.

Dengan Google Analytics, Anda akan dapat memahami alasan tersebut dan mengambil tindakan untuk mengoptimalkan situs web Anda melalui penyempurnaan desain, konten yang menarik, dan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Dengan meningkatkan performa situs web Anda, Anda akan dapat meningkatkan keterlibatan dan mempertahankan pengunjung di situs web Anda lebih lama.

  1. Keywords Research

Keyword atau kata kunci merupakan hal yang esensial dalam taktik SEO untuk meningkatkan peringkat maupun situs. Menggunakan kata kunci yang tepat itu penting tetapi ada beberapa langkah lain yang perlu Anda ambil untuk mengoptimalkan bisnis Anda. Dengan bantuan Google Analytics dan Search Console, Anda akan dapat mengidentifikasi kata kunci yang tepat, menemukan penempatan yang benar, dan meningkatkan visibilitas situs web Anda pada hasil pencarian mesin pencari seperti Google.

Gabungan strategi kata kunci yang tepat akan meningkatkan pengunjung web dan meningkatkan konversi untuk kesuksesan bisnis Anda.

Menggunakan Google Analytics untuk Perkembangan Bisnis Perusahaan

Setelah mengenali apa itu Google Analytics dan berbagai keuntungan yang di dapatkan dari memakai perangkat tersebut, tentunya dapat menjadi bahasan penting dalam strategi pengembangan bisnis perusahaan Anda.

Selain yang disebutkan dari artikel ini, Anda dapat menjelajahi lebih jauh lagi tentang pemanfaatan Google Analytics untuk bisnis perusahaan Anda. Akan tetapi apabila Anda memiliki kendala dalam bagainana memaksimalkan Google Analytics untuk bisnis Anda, Anda dapat berkonsultasi kepada ahlinya.

Sekarang ini, sudah banyak perusahaan pengembang yang dapat membantu Anda dalam melakukan research yang terdedikasi untuk kebutuhan digitalisasi bisnis Anda maupun konsultasi untuk penggunaan Google Analytics untuk bisnis perusahaan Anda. Salah satu perusahaan pengembang yang dapat membantu Anda dalam pengerjaan kebutuhan bisnis digital Anda adalah SoftwareSeni.

SoftwareSeni dikenal sebagai salah satu software house dengan standar tim yang tinggi dan terpercaya. Berpengalaman dalam mengerjakan berbagai macam proyek dari beberapa klien yang berbeda membuat SoftwareSeni mampu menjadi tempat yang tepat untuk membantu Anda menyusun dan memilih tech stack yang tepat untuk bisnis Anda.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2022, SoftwareSeni memiliki lebih dari 200 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan-perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni.

PENULIS
Winda Ayu
BAGIKAN ARTIKEL INI

Punya Project atau Ingin Membuat Aplikasi?

Hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan digital untuk bisnis Anda lebih lanjut.
Office Address Image

SYDNEY

55 Pyrmont Bridge Road,
Pyrmont NSW 2009 Australia
+61 2 8123 0997

JAKARTA

Level 17, Sequis Tower,
Jl. Jenderal Sudirman No.71, Senayan,
Kec. Kebayoran Baru, Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12190
+62 858-6514-9577

YOGYAKARTA

Unit A & B
Jl. Prof. Herman Yohanes No.1125, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223