Blog
Business
Mengenal Website Marketing: Alat Pemasaran Terbaik Bagi Bisnis Anda
Business
Dec 21, 2021
Dec 2, 2022

Mengenal Website Marketing: Alat Pemasaran Terbaik Bagi Bisnis Anda

PENULIS
Winda Ayu
BAGIKAN ARTIKEL INI

Bisa dikatakan jika website merupakan alat pemasaran terbaik bagi bisnis Anda di era digital seperti saat ini. Bahkan apabila Anda terbiasa mengandalkan referensi dari pelangan, website yang memiliki visual yang baik dan berisikan konten yang berkualitas dapat membedakan bisnis Anda dari kompetitor hingga dapat meingkatkan revenue perusahaan.

Lalu bagaimana cara memasarkan bisnis Anda melalui sebuah website? Mari kita pelajari lebih jauh mengenai website marketing.

Apa Itu Website Marketing?

Website marketing adalah alat promosi strategis sebuah situs web untuk mengarahkan trafik yang relevan ke situs web yang dituju. Target utama dari website marketing adalah untuk menarik orang yang mempunyai probabilitas tinggi tertarik dengan suatu produk atau layanan bisnis perusahaan. Semakin banyak trafik yang datang ke sebuah situs web, maka semakin besar juga peluang untuk menempatkan proposisi nilai bisnis kepada calon pelanggan.

Website marketing menjadi salah satu primadona metode pemasaran yang efektif untuk mengembangkan bisnis perusahaan. Karena dengan satu platform website, Anda dapat menerapkan berbagai macam jenis aktivasi marketing.

Upaya aktivasi marketing melalui website mencakup: penggunaan media sosial, mesin pencari, blogging, video, dan email. Dengan berbagai bentuk seperti: banner iklan, promosi email, dan postingan media sosial, dan masih banyak lagi.

Lalu apa manfaat penggunaan website marketing bagi bisnis Anda?

Manfaat Penggunaan Website Marketing

Setelah mengenal apa itu website marketing, mari kita pelajari lebih jauh tentang manfaat penggunaan website marketing yang tidak akan ditemui melalui traditional marketing atau secara offline.

  1. Hemat Biaya

Traditional marketing membutuhkan biaya yang jauh lebih besar bagi sebuah perusahaan. Jika dihitung-hitung, menggunakan Facebook Ads tiga kali lebih murah dan lebih tertarget jika dibandingkan beriklan di media radio, televisi, atau cetak. Menggunakan kecanggihan internet untuk memperluas dan melibatkan audiens Anda akan jauh lebih hemat, selama Anda memiliki perencanaan yang matang dan terstruktur sebelumnya, yang dapat membantu menentukan audiens yang Anda inginkan.

  1. Mudah Ditemukan Pelanggan

Website marketing dapat menjadi alat agar perusahaan atau bisnis Anda mudah ditemukan oleh pelanggan. Pada umumnya, sebelum menggunakan suatu layanan atau membeli suatu produk, calon pengguna atau pembeli pasti akan mencari informasi terlebih dahulu melalui internet, misalnya melalui search engine seperti Google.

Potensi website bisnis Anda ditemukan oleh pelanggan akan menjadi lebih tinggi apabila webiste Anda teroptimasi SEO (Search Engine Optimization). Hal ini dapat terjadi dikarenakan ketika pengguna memasukkan kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda pada mesin pencarian, maka Google akan merekomendasikan website Anda untuk muncul pada halaman pencarian.

  1. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan 

Internet merupakan pasar yang sangat luas. Pelanggan Anda dapat menemukan banyak jenis produk atau layanan yang serupa dengan bisnis yang Anda jalankan baik melalui website ataupun sosial media. Pertanyaan selanjutnya adalah, mengapa mereka harus memilih bisnis Anda?

Sebuah bisnis yang memiliki website akan terlihat lebih terpercaya. Hal ini dikarenakan terdapat berbagai persyaratan yang perlu dipenuhi jika ingin membuat dan memiliki sebuah website. Misalnya saja, sebuah perusahaan harus membeli hosting dan domain terlebih dahulu untuk membuat sebuah website. Hal ini tentunya membutuhkan modal yang menunjukkan keseriusan sebuah perusahaan. Terlebih jika harus menggunakan ektensi domain seperti .co.id yang membutuhkan dokumen penting seperti KTP, NPWP Perusahaan, dan bahkan Surat Kepemilikan Merk.

Sebab, melalui website juga pengunjung dapat dengan mudah mendapatkan informasi mengenai bisnis mulai dari spesifikasi produk, review dan juga testimoni dari pelanggan lain. Jadi harus ada yang dipertanggungjawabkan dari sebuah perusahaan kepada seorang pengguna.

  1. Sarana Memahami Pengguna

Melalui website yang Anda miliki, Anda dapat mengetahui apa yang dibutuhkan oleh pelanggan, apa yang mereka cari, pada halaman website mana mereka berinteraksi, berapa lama mereka berada pada website Anda, perangkat apa yang mereka gunakan, dan lain sebagainya.

Dengan memahami data mengenai perilaku pengguna, Anda akan menjadi lebih terbantu untuk merencanakan pengembangan bisnis perusahaan Anda, seperti:

  • Memasarkan produk sesuai dengan target market pengguna, seperti: usia, lokasi, minat, dan sebagainya.
  • Memproduksi barang sesuai dengan minat pelanggan.
  • Menyajikan konten yang relevan dengan kebutuhan pengunjung website.

  1. Efisiensi Proses Marketing

Anda dapat melakukan dan mengimplementasikan banyak jenis aktivasi digital marketing secara terpusat melalui website. Misalnya untuk meningkatkan traffic website melalui blog yang sudah teroptimasi SEO, Anda dapat mendapatkan leads dari proses tersebut.

Selain itu, Anda juga cukup mengunggah informasi yang relevan ke website Anda, maka pengunjung yang membutuhkan informasi mengenai bisnis Anda akan dapat mengunjugi website Anda secara langsung.

Dengan begitu, proses marketing bisnis dapat lebih ringan karena Anda dapat memaksimalkan proses marketing hanya dengan melalui website.

Melakukan Strategi Website Marketing

Aktifitas marketing memiliki strategi yang berbeda-beda sesuai dengan kanal marketing yang digunakan. Nah, berikut adalah langkah-langkah melakukan strategi website marketing:

  1. Membuat Konten yang Relevan

Membuat konten yang relevan dengan kebutuhan pengguna dapat memudahkan penguna untuk menemukan website Anda pada halaman pencarian. Bahkan dapat menjadi salah satu cara untuk mendatangkan traffic ke website Anda.

  1. Desain Website yang Responsif

Kenyamanan pengguna dalam mengakses website Anda dipengaruhi besar oleh desain website. Terlebih, perangkat yang digunakan pengguna untuk mengakses website berbeda-beda. Dapat melalui desktop, tab, ataupun mobile. Maka dari itu, desain website yang tidak hanya menarik tetapi juga responsif dan dapat digunakan dengan mudah menjadi penting untuk diperhatikan.

  1. Memetakan Alur Pengunjung

Memetakan alur pengunjung atau customer journey menjadi hal yang perlu diperhatikan sebab Anda dapat dengan mudah memahami perilaku pengunjung website Anda. selain itu, Anda juga dapat dengan mudah mengetahui bagian-bagian website Anda yang perlu dimaksimalkan.

  1. Mulai Membangun Website Marketing

Dengan mengetahui berbagai macam manfaat dan beberapa strategi untuk menjalankan sebuah website marketing, kini waktu yang tepat bagi Anda untuk memulai membangun website marketing.

Apabila Anda mengalami kesulitan dan bingung darimana untuk memulainya, Anda dapat mulai berkonsultasi dengan ahlinya. Telah tersedia banyak pilihan perusahaan penyedia layanan konsultasi dan jasa developer di Indonesia yang menawarkan berbagai pelayanan menarik dan juga talenta-talenta terbaik untuk memenuhi kebutuhan akan pengembangan website marketing untuk bisnis Anda, salah satunya adalah SoftwareSeni Indonesia.

SoftwareSeni dikenal sebagai salah satu software house dengan standar tim yang tinggi dan terpercaya. Berpengalaman dalam mengerjakan berbagai macam jenis proyek dari beberapa klien yang berbeda, membuat SoftwareSeni mampu menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk membantu Anda mempersiapkan dan mengintegrasikan webiste marketing untuk bisnis Anda.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2022, SoftwareSeni memiliki lebih dari 200 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan-perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni.

PENULIS
Winda Ayu
BAGIKAN ARTIKEL INI

Punya Project atau Ingin Membuat Aplikasi?

Hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan digital untuk bisnis Anda lebih lanjut.
Office Address Image

SYDNEY

55 Pyrmont Bridge Road,
Pyrmont NSW 2009 Australia
+61 2 8123 0997

JAKARTA

Level 17, Sequis Tower,
Jl. Jenderal Sudirman No.71, Senayan,
Kec. Kebayoran Baru, Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12190
+62 858-6514-9577

YOGYAKARTA

Unit A & B
Jl. Prof. Herman Yohanes No.1125, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223